Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)/Arsip/Maret 2013

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Beraninya Wikipedia bahasa Perancis[sunting | sunting sumber]

Bosan melihat artikel-artikel dari Wikipedia bahasa Inggris, saya melihat Wikipedia bahasa Perancis mengembangkan banyak artikel jadi AP selagi banyak Wikipedia lainnya termasuk Wikipedia bahasa Inggris tidak berani mengembangkannya:

Mungkin bagi yang mempunyai kemampuan cukup dalam bahasa Perancis bisa mengembangkannya juga disini mungkin.

Tambahan:

Mungkin bagi peminat bahasan perang ada juga yang mau mengembangkan mengenai beberapa artikel mengenai Perang Vietnam yang di Wikipedia bahasa Inggris banyak yang sudah jadi AP:

--Erik Fastman (bicara) 2 Maret 2013 02.01 (UTC)

Sy sudah lihat "keberanian" Wikipedia bahasa Perancis. Namun, ini kaitannya dgn AP. Di Wikipedia bhs. Indonesia, apakah calon AP itu salah/bener, setuju aja. Inilah kebodohan kita, sebagai pengguna Wikipedia Bahasa Indonesia dlm memilih AP. Seharusnya, kita sebagai pengguna yg baik itu harus mengoreksi s'tiap kesalahan dari calon artikel pilihan. Jgn-lah kita langsung setuju tanpa melihat isi dalamnya. Dalam pencalonan ? (film), kita melihat bahwa kawan2 kita langsung memilih setuju saja padahal di dalam artikel itu ada masalah kenapa mereka tdk memberi pemecahan masalah? --Akbar ini dari Kalbar 2 Maret 2013 04.15 (UTC)

Mohon Bantuan Revisinya (Semoga tidak salah tempat)[sunting | sunting sumber]

Saya baru saja menerjemahkan artikel bhs inggris (en.wikipedia.org bagian "Mazu (goddess)") ke bahasa indonesia Tian Shang Sheng Mu. Ada bbrp masalah yg tidak bisa saya bereskan:

1. Link gambar bagian

Statue of Mazu in the Thean Hou Temple, Kuala Lumpur

dan

Mazu statue at Thien Hau Temple, Los Angeles

kok tidak keluar gambarnya setelah saya copy-paste? Pdhl gambar2 yg lain keluar.

2. Ada templat dr artikel inggris yg saya ngga bisa mengubah ke id.wikipedia.org , di bagian Catatan Kaki: (Sori, templat nya kok nggak bisa aq paste, pdhl sudah bolak balik aq copy). Templat:Pd old text bla bla bla. Akhirnya saya terjemahkan langsung di bawah "templat yg nggak jadi" itu, supaya tdk melanggar hak cipta. Tolong bantuannya untuk memperbaiki templatnya :) terima kasih.

Tambahan Di artikel Chen Fu Zhen Ren ada 4 revisi tertunda. Semuanya benar. Sebenarnya yg punya otoritas adl saya, tp saya nggak tahu cara approve revisinya x_x . Tolong ajari caranya donk. Trims :) Okkisafire (bicara) 4 Maret 2013 15.30 (UTC)

Templatnya sudah saya buat (harus dibikin dulu) lantaran belum ada disini (WBI). Gambarnya harus di unggah ke WBI, karena berada di wiki-en. Download dulu dari wiki-en, baru di upload (unggah) kesini. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  22.36, 4 Maret 2013 (WIB)
Mengenai revisi tertunda, Anda harus mengajukan artikel tersebut untuk ditinjau oleh para Editor Wikipedia. Setelah ditinjau, baru revisi tersebut menjadi revisi stabil (tidak tertunda). Oh ya, gambarnya sudah dipindah ke common oleh kang Alagos. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  22.44, 4 Maret 2013 (WIB)

Terima kasih banyak bantuannya :)) Okkisafire (bicara) 4 Maret 2013 23.12 (UTC)


4 Tahun Tinggal Di Rumah Hantu[sunting | sunting sumber]

adalah sebuah cerita berdasarkan kisah nyata yang ditulis oleh kaskuser dengan ID pijar88. Cerita ini pertama kali dipublish di dalam sebuah blog pribadi di multiply, berupa satu part penggalan cerita pada tahun 2009. Pada tahun 2011 penggalan cerita tersebut dipublish dengan tidak hanya satu part melainkan sebelas part di sebuah thread forum Kaskus. Respon positif dari ratusan ribu pembaca yang menanggapi dengan antusias, akhirnya mengantarkan cerita ini untuk diterbitkan menjadi sebuah novel oleh salah satu penerbit mediakita yang bernaung di bawah kelompok Agromedia.

Berikut adalah sekelumit tentang kisah ini:

Idealnya, sebuah rumah idaman bisa mendatangkan kebahagiaan dan keberkahan bagi yang menempatinya. Namun lain halnya dengan rumah yang ditempati oleh Jaka dan keluarganya. Rumah yang terlihat asri itu ternyata menyimpan banyak misteri.

Awalnya, Jaka beserta istri dan anaknya, merasa nyaman dan bangga bisa tinggal di rumah tersebut. Tapi yang terjadi kemudian, mereka mulai menemukan banyak kejadian aneh, ganjil, dan tidak masuk akal.

Bermula dengan hilangnya sebungkus rokok, ditemukannya seorang pria yang pingsang di tengah jalan, hingga pertemuan Jaka dengan seorang perempuan cantik yang menyentuh rasa penasarannya.

Tidak hanya itu, perlahan tapi pasti, usaha Jaka yang mulai berkembang pun kini mulai mengalami hambatan. Keadaan itu membawa Jaka ke dalam sebuah permasalahan yang sangat sensitif dan pelik. Bahkan tak jarang, orang-orang yang datang ke rumah Jaka secara tiba-tiba pergi dengan wajah pucat pasi dan terlihat ketakutan.

Pencerita (bicara) 4 Maret 2013 20.12 (UTC)

Tetottt... mana ini bab keduanya? #penasaran Hariadhi - Ngobrol 5 Maret 2013 12.44 (UTC)
Lebih baik Anda menulis cerita misteri di Wikibuku. alagos 5 Maret 2013 12.54 (UTC)

Minta review[sunting | sunting sumber]

Tlg review artikel yg sy kembangkan, Mohammad Hatta. Review apa saja dari artikel ini, baik tata bahasa, peenulisan, referensi, atw apa saja. Tlg, ya. --Akbar ini dari Kalbar 5 Maret 2013 13.06 (UTC)

saran: lengkapi bagian 1942-1945:Penjajahan Jepang. Lalu masa proklamasi, menjadi perdana menteri, dan akhirnya berpisah jalan dengan Soekarno. Itu justru bagian paling menarik dari kehidupan Hatta Hariadhi - Ngobrol 7 Maret 2013 18.28 (UTC)
Tetap semangat!
Sedikit koreksi, kakek Hatta bernama Syekh Abdurahman. Syekh Arsyad sendiri dan ayah Hatta, itu bersaudara, sama-sama anak Syekh Abdurahman.  RahmatdenasMengecat  12 Maret 2013 04.24 (UTC)
Kak, Rahmat! Bisa nggak kakak mengisi bagian 1942-1945:Penjajahan Jepang. Buku sy, yg Amrin Imran itu pinjaman sekolah. Jadi, sy tak bisa pinjam karna masih suasana ulangan mid-semester. --Akbar ini dari Kalbar 12 Maret 2013 04.27 (UTC)
Sama kita, saya juga ada mid besok. Kalau begitu, fokus saja dulu ke ujian, ntar dilanjutin. Sejauh ini, karena belum punya buku-buku biografinya, agaknya saya hanya bisa bantu-bantu review saja.  RahmatdenasMengecat  12 Maret 2013 07.39 (UTC)

Minum kopi sambil baca Novel[sunting | sunting sumber]

Hai saudara2ku, saya mau memberikan cerita, ni. Gratis, lho! Supaya tidak tegang, mari kita baca sambil minum kopi. hehehe..., maaf! Tapi sebelumnya baca dulu keterangannya di halaman pengguna saya khusus untuk itu : Pengguna:ButtuHutagalung/Electric-Man

Sampul Novel Fiksi Electric-Man

Terima kasih. Salam. ButtuHutagalung (bicara) 13 Maret 2013 11.27 (UTC)

Kreatif bung. -- Adiputra बिचर -- 13 Maret 2013 12.55 (UTC)
Saya mengusulkan agar novel ini dimasukkan ke Wikibuku. alagos 13 Maret 2013 13.00 (UTC)
Setuju Setuju dgn usul Alagos. Manfaatkan Wikibuku (daripada mubazir...) -- Adiputra बिचर -- 13 Maret 2013 13.04 (UTC)
Kalau begitu mari kita tunggu persetujuan sang penulis. alagos 13 Maret 2013 13.28 (UTC)

Terima kasih teman2, saya setuju itu dimasukkan ke wikibuku, sekarang tergantung teman2lah, karena saya belum tahu cara. Tapi, apa memang layak dimasukkan ke wikibuku, ya? Hehehe saya senang atas permintaan teman2. Kalau boleh, tolonglah dimasukkan. Salam. ButtuHutagalung (bicara) 13 Maret 2013 14.42 (UTC)

Cara berkontribusinya sebagaimana Anda berkontribusi di Wikipedia. Bisa disunting siapapun juga, termasuk Anda. Tidak ada prosedur berbelit-belit. -- Adiputra बिचर -- 14 Maret 2013 01.15 (UTC)
Kreativitas dan hobi pak Buttu patut didorong untuk dijadikan kontribusi di WikiBuku Hariadhi - Ngobrol 13 Maret 2013 16.58 (UTC)

Terima kasih banyak buat Adiputra, Hariadi, dan saudara2ku yang lainnya atas dukungannya. Saya akan mencobanya. Salam. ButtuHutagalung (bicara) 14 Maret 2013 01.45 (UTC)

Bagusnya "B-Man", bah! :D 라디오 아나운서 (메시지를 보내) 15 Maret 2013 00.53 (UTC)

Buat Ezagre, kenapa harus "B-Man"? Apa B-Man? Hehehe. Ceritakan sudah lama dirancang dan dibuat, dan sudah disebarluaskan. Kan, tak mungkin diubah lagi. Hehehe... Terima kash ya. ButtuHutagalung (bicara) 15 Maret 2013 03.24 (UTC)

Terima kasih buat teman2 dan juga Alogos, berkat saran dan bantuannya akhirnya Cerita E-Man dapat dimasukkan dan saya sempurnakan di wikibuku - ELECTRIC-MAN. ButtuHutagalung (bicara) 15 Maret 2013 11.18 (UTC)

Usulan di Wikisource: pemasangan ekstensi export to EPUB[sunting | sunting sumber]

Rekan-rekan sekalian, saya telah mengusulkan agar Wikisource Indonesia dipasangkan ekstensi ekspor ke format EPUB. Format EPUB banyak dipakai di berbagai perangkat buku elektronik (ebook reader). Selanjutnya silakan kunjungi sendiri halaman pengusulannya di http://id.wikisource.org/wiki/Wikisource:Warung_kopi#Ekstensi_export_to_epub Gombang (bicara) 13 Maret 2013 13.24 (UTC)

Minta tolong[sunting | sunting sumber]

Kak Evremonde baru2 ini menambahi beratus2 artikel desa di Wikipedia. Sy harap, tlg hapus dgn segera -karena lebih baik menambah ilmu biologi/sejarah- atau tambahkan {{kembangkan}} mengingat sy tdk mau mengekor gaya WPMS yg menambah banyak sekali artikel tanpa memikir kualitasnya. --Akbar ini dari Kalbar 17 Maret 2013 01.45 (UTC)

Mengapa harus dihapus, Adi? Evremonde menambahkan artikel tentang desa di Indonesia, yang besar kemungkinan akan membuat pengguna baru tertarik, "wah, desa saya ada di Wikipedia." Lalu dia jadi aktif. Kan bagus, sebagai pemicu gelombang. Lihat Wikipedia bahasa Inggris tahun 2002. Bot menambahkan ratusan ribu artikel tentang county di Amerika Serikat. Itu jadi titik tolak yang besar, karena rasa kagum "wah desa saya ada di Wikipedia" tadi. Lalu, satu lagi, mengapa Anda terkesan, mohon maaf, "memaksa" orang lain berkontribusi di bidang biologi dan sejarah? Setiap orang pasti punya kegemaran sendiri; Anda tak bisa memaksa. Mohon hentikan pemaksaan terhadap Evremonde itu. Bebaskan dia menyunting. Salam, SpartacksCompatriot lapak stensil 17 Maret 2013 05.09 (UTC)
Sy tak memaksa, sy hanya sarankan lebih baik turun ke biologi/sejarah saja. Soalnya, sy melihat di artikel2 desa, bahwasanya artikel desa mereka itu tdk lain hanya dijadikan sebagai tempat melaporkan ketua RT mereka karena korupsi. Sy baru tahu klo dulu Wikipedia Bahasa Inggris kaya gitu. --Akbar ini dari Kalbar 17 Maret 2013 10.13 (UTC)
Nah, artikel-artikel desa Evremonde belum dijadikan sebagai tempat melaporkan ketua RT karena korupsi kan? Biarkan saja. Silakan berkontribusi di bidang biologi, sejarah, atau bidang apapun yang Anda sukai, dan jangan pernah memaksakan kehendak agar seorang pengguna menyunting apa yang Anda kehendaki. Bebaskan pengetahuan. Salam, SpartacksCompatriot lapak stensil 17 Maret 2013 11.52 (UTC)
Saya lebih suka jika yang dibuatnya adalah artikel kelurahan. 라디오 아나운서 (메시지를 보내) 26 Maret 2013 15.08 (UTC)

Kopi Darat 30 Maret 2013[sunting | sunting sumber]

Halo2, saya dan beberapa Wikipediawan mau mengundang rekan-rekan untuk mengikuti kopi darat pada tanggal 30 Maret 2013 di fX. Apakah ada yang berkenan ikut hadir? --Ricky Setiawan (bicara) 17 Maret 2013 13.04 (UTC)

Rencana pukul berapa, nih? Topik terbuka seperti biasa? Albertus Aditya (bicara) 17 Maret 2013 13.07 (UTC)
Rencana jam 2 siang. Topik terbuka, tapi sekalian saya juga ingin memperkenalkan insiatif ensiklopedia cetak untuk anak. --Ricky Setiawan (bicara) 17 Maret 2013 13.25 (UTC)
Aduh, jauh banget. Aku tak bisa karena tinggan di Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Hehehe, maaf. ButtuHutagalung (bicara) 18 Maret 2013 03.19 (UTC)

Mohon diperiksa[sunting | sunting sumber]

Mohon bantuan dan perhatiannya, saya mau nanya siapa penggunga ZH*TSTORM‎ (bicarakontr)...? Dia telah mengirim hal2 yang tidak saya mengerti. Mohon diperiksa. Terima kasih. Salam. ButtuHutagalung (bicara) 29 Maret 2013 11.20 (UTC)