Niko Njotorahardjo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ir. Niko Njotorahardjo

Pdt. Dr. Ir. Niko Njotorahardjo (lahir di Bondowoso, Jawa Timur, 20 Februari 1949; umur 65 tahun) adalah seorang pendeta dan tokoh gereja di Indonesia. Saat ini beliau adalah Gembala Sidang dari GBI Bethany Jakarta. Awal pelayanannya, Beliau dipercaya sebagai Worship Leader dan diusulkan menjadi Pendeta oleh Pdt. DR. Abraham Alex Tanuseputra (Pendiri GBI Bethany). Pada tahun 1988 dipercayakan oleh Pejabat GBI Bethany yang berpusat di Surabaya dibawah Pdt. DR. Abraham Alex Tanuseputra, untuk membuka dan menggembalakan GBI Bethany di wilayah Indonesia Bagian Barat. Hal ini ditandai dengan Ibadah Perdana GBI Bethany Jakarta pada hari Minggu, 4 September 1988 di Gedung Wisma Karsa Pemuda - Senayan. Dalam kelanjutannya, GBI Bethany wilayah Barat di bawah penggembalaan Pdt Niko berkembang sangat pesat baik dari jumlah cabang yang telah mencapai sekitar 800an cabang gereja lokal di dalam negeri dan luar negeri, 6000 kelompok Family Altar dengan sekitar 250 ribu jemaat.

Saat ini Pdt. Niko menjabat sebagai Pengarah Jaringan Doa Nasional dan anggota Majelis Penasehat Sinode Gereja Bethel Indonesia dan juga menjabat sebagai Ketua Umum Persekutuan & Pelayanan Hamba Tuhan Garis Depan PPHTGD.

Pada SPGI 2010, terjadi rekonsiliasi antara Pdt. Dr. Ir. Niko Njotorahardjo dengan Pdt. Prof. DR. Abraham Alex Tanuseputra dan Pdt. DR. Ir. Timotius Arifin Tedjasukmana sehingga terjadi unity/kesatuan hati kembali di antara mereka, para pemimpin Bethany setelah sempat terjadi ketidakharmonisan di antara mereka.

Saat ini Pdt. Dr. Ir. Niko Njotorahardjo sudah banyak melakukan Kebaktian Kebangkitan Rohani atau yang biasanya disebut dengan KKR, dan sering dinamakan dengan Healing Movement Crusade, dan telah banyak jiwa-jiwa yang telah dimenangkan. Dia merupakan Penasehat Church of GOD yang tergabung dalam The Council of Eighteen Church of GOD; selain itu dia juga memiliki kekhasan dalam menyampaikan khotbah.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Pdt. Niko memiliki istri bernama Hermien Irawati (Hermien Njotorahardjo). Putra dari Pdt. Niko adalah Billy Njotorahardjo yang beristrikan Milka Wira.

Gelar[sunting | sunting sumber]

Tahun 2001 Pdt. Niko mendapatkan gelar Doctor of Divinity, sebuah gelar kehormatan, dari Church of God, Lee University, Cleveland, Tennessee, Amerika Serikat.

Tahun 2011 Pdt. Niko dan beberapa Pendeta di bawah otoritas penggembalaannya, diangkat menjadi (ordained) Bishop Church of God (Cleveland)

Tahun 2013 Pentecostal Theological Seminary yang dinaungi Church of God mendirikan The Niko Njotorahardjo Endowed Chair for Global Mission Leadership and Prayer for The Restoration of The Tabernacle of David, yaitu suatu jabatan/badan akademis di dalam institusi seminari terkemuk tersebut yang bertugas untuk menyusun kurikulum, membuat forum-forum kepemimpinan, pelayanan lintas budaya yang berfokus pada pengembangan pengajaran-pengajaran dan visi-visi yang dibagikan Pdt. Niko, khususnya mengenai Pemulihan Pondok Daud.

Saat ini Pdt. Niko juga menjabat sebagai Co-Chairman dari Empowered-21 Asia, Member dari Empowered-21 Global Cabinet, Penatua dari Jerusalem House of Prayer for All Nation.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • (Indonesia) [1]