Wikipedia:Pelecehan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pelecehan didefinisikan sebagai suatu pola perilaku menyerang yang tampak bertujuan tidak baik terhadap orang yang menjadi sasarannya, biasanya (tapi tidak selalu) dengan tujuan untuk mengancam atau mengintimidasi target utamanya. Tujuan tindakan ini adalah untuk membuat target menjadi tidak nyaman menyunting Wikipedia, merendahkan, menakut-nakuti, atau bahkan membuat mereka kecil hati hingga akhirnya sama sekali tidak mau menyunting.

Pelecehan dan gangguan[sunting | sunting sumber]

Pelecehan, ancaman, pesan mengganggu dan tak diinginkan yang berulang-ulang, serta serangan pribadi yang berulang dapat mengurangi kenyamanan seorang kontributor di Wikipedia dan dapat mengakibatkan gangguan pada proyek ini jika tidak ditangani.

Penguntitan[sunting | sunting sumber]

Istilah "penguntitan" ditujukan untuk perilaku mengikuti seorang kontributor tertentu, dengan antara lain mengikuti diskusi terhadap halaman atau topik yang disuntingnya, untuk melakukan konfrontasi atau menghambat karya mereka secara berulang, dengan tujuan untuk membuat kejengkelan, gangguan, atau kesusahan terhadap kontributor tersebut.

Jika tindakan pelacakan terhadap seorang pengguna ini disertai dengan serangan pribadi atau perilaku merusak lainnya, hal tersebut dapat menjadi masalah yang serius dan dapat berakibat pada pemblokiran dan pembatasan penyuntingan lain.

Ancaman[sunting | sunting sumber]

Mengancam orang lain dianggap sebagai suatu pelecehan. Ini termasuk ancaman untuk membahayakan orang lain, mengganggu karya mereka di Wikipedia, atau bahkan menyakiti mereka.

Ancaman hukum dianggap sebagai kasus khusus dengan kebijakan penyelesaian yang khusus. Pengguna yang memberikan ancaman hukum umumnya akan diblokir selamanya. Jadi, jangan mengancam orang lain!

Pembeberan informasi pribadi[sunting | sunting sumber]

Pembeberan informasi pribadi orang lain (nama asli, tanggal lahir, nomor identifikasi, alamat rumah atau kerja, jabatan dan organisasi tempat kerja, nomor telepon, alamat email, atau informasi kontak lain, tak peduli apakah informasi itu benar atau salah) adalah suatu pelecehan, kecuali jika orang tersebut secara sukarela memuat informasi tersebut, atau memberikan pranala ke informasi tersebut, di Wikipedia. Pengiriman informasi seperti ini mengenai penyunting lain adalah suatu pelanggaran privasi yang tak dapat dibenarkan serta dapat membahayakan kontributor tersebut di "dunia nyata". Suntingan yang memuat informasi pribadi ini harus segera dikembalikan dan diajukan permintaan kepada Pengawas untuk menghapus suntingan tersebut secara permanen dari Wikipedia.

Jika Anda melihat seorang kontributor mengirimkan informasi pribadi mengenai orang lain, jangan mengonfirmasi atau membantah keakuratan informasi tersebut karena ini malah akan memberikan umpan balik bagi orang yang memberikan informasi tersebut atau orang lain yang membaca halaman tersebut mengenai keakuratan informasi tersebut. Sewaktu melaporkan upaya pembeberan informasi ini, jangan memberi komentar tentang keakuratan informasi tersebut, cukup nyatakan sebagai "suatu upaya pembeberan informasi".

Kecuali tidak disengaja dan tidak bermaksud membahayakan (sebagai contoh, jika Wikipediawan saling mengenal di luar situs, kadang mereka saling menggunakan nama asli dalam diskusi), percobaan pembeberan adalah dasar bagi pemblokiran seketika.

Korespondensi pribadi[sunting | sunting sumber]

Pembeberan korespondensi pribadi di luar Wikipedia tanpa persetujuan pengirim tidak disarankan untuk dilakukan. Pengaduan mengenai hal ini dapat menyebabkan pemblokiran, tergantung pada penilaian terhadap bahaya yang ditimbulkannya.

Pelecehan di ruang nama pengguna[sunting | sunting sumber]

Pemberian peringatan-peringatan palsu atau diragukan di halaman pembicaraan seorang pengguna, pemasukan kembali komentar semacam itu setelah dihapus, penempatan tag "dicurigai sebagai pengguna siluman" dan tag-tag serupa lainnya di halaman pengguna dari seorang kontributor aktif, serta upaya menampilkan isi yang dapat mengganggu atau mempermalukan seseorang di halaman penggunanya, adalah suatu bentuk umum pelecehan.

Halaman pengguna disediakan bagi kontributor untuk dapat memberikan informasi umum mengenai diri mereka, sedangkan halaman pembicaraan pengguna disediakan untuk memfasilitasi komunikasi. Keduanya tidak boleh digunakan untuk menampilkan hal-hal yang merupakan dugaan tanpa bukti. Dugaan semacam itu sebaiknya segera diajukan pada salah satu pengurus dan tidak menjadi bahan perang suntingan untuk memaksakan pandangan Anda di halaman pengguna lain.

Menangani pelecehan dan gangguan[sunting | sunting sumber]

Jika Anda merasa dilecehkan atau diganggu, sangat ditekankan untuk pertama-tama berusaha bersikap dan bereaksi dengan tenang, walaupun sulit. Jika Anda merasa masalah semakin tidak dapat dikendalikan, Anda dapat mengontak salah satu pengurus melalui surat-e secara pribadi.

Konsekuensi untuk pelecehan[sunting | sunting sumber]

Walaupun para kontributor disarankan untu mengabaikan atau menjawab dengan sopan untuk insiden-insiden pelecehan, bukan berarti bahwa insiden tersebut dapat diterima atau tak ada konsekuensinya. Pola permusuhan mengurangi kepercayaan komunitas terhadap niat baik seseorang, dan dapat dianggap sebagai tindakan yang mengganggu. Pengguna yang terus menerus menggunakan gaya konfrontasi yang ditandai dengan pelecehan atau serangan pribadi dapat menghadapi konsekuensi serius seperti pemblokiran atau pemboikotan oleh komunitas.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]