Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)/Arsip (Sep-06)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Kopi darat

Kalo bisa dilakukan di Indonesia namun ..saya sendiri di Bpp dan mungkin agak kesulitan menentukan waktu u hadir ..mohon maaf. Zaini Suherly 12:48, 19 Agustus 2006 (UTC)

Sayang sekali pas kemarin di indonesia kopidarat kurang terencana dengan baik sehingga hanya saya dan wicak yang nongol di Bakoel Koffie. Lain kali deh kopidaratnya.. sekarang via online aja dulu diskusinya. Chaerani 16:57, 11 September 2006 (UTC)

Yayasan Wikimedia Indonesia dan masa depan wikipedia Indonesia?

Terimakasih Meursault atas tanggapannya mengenai Yayasan cabang Indonesia. Di meta:Local chapter FAQ bisa dijumpai dasar-dasar untuk mendirikan cabang yayasan. Apakah komunitas wikipedia indonesia sudah merasa perlu mendirikan cabang?Chaerani 16:52, 18 Agustus 2006 (UTC)

mengenai yayasan Wikipedia Indonesia kurasa perlu cuma mungkin bagaimana kelanjutannya dan wujudnya apa yayasan di dunia maya saja ataukah ada semacam sekertariat ? trus apakah mungkin mengajakan kalangan akademisi kita ?

saya sih setuju saja..lagian masih banyak artikel yang insya Allah akan saya coba sumbangkan ke Wikipedia (terutama artikel warisan kliping koran ibu saya) hanya saja saya usahakan bila ada waktu senggang untuk mengetik ulang

salam Zaini Suherly 12:48, 19 Agustus 2006 (UTC)

Pembentukan Yayasan Wikimedia Indonesia, jika memang dirasa perlu, harus dipertimbangkan dengan serius, terutama berkaitan dengan aspek hukumnya. Untuk saat ini, usaha ke arah itu bisa kita rintis dengan pertemuan2 para wikiwan Indonesia. Ngemeng2, kita sudah punya daftar pengguna berdasarkan lokasi nggak yah? Hal ini berkaitan dengan kemungkinan penyelenggaraan pertemuan, misalnya, tentunyaakan lebih baik jika kita memilih lokasi yang paling banyak dihuni pengguna. Kalo belum, bikin daftarnya, yu? --kandar 13:36, 28 Agustus 2006 (UTC)

Yaa saya setuju dengan ide kang Kandar. Meursault2004 13:39, 28 Agustus 2006 (UTC)

Di meta ada daftarnya, lihat m:Category:Lists of Wikipedians. Kalau WBI gimana jika dimulai dari:

borgx(kirim pesan) 03:40, 30 Agustus 2006 (UTC)

setuju, langsung dimulai aja, gue udah mulai yg Wikipedia:Daftar pengguna menurut lokasi, tapi kalo yg bidang ilmu mending dilist dulu kategorinya bidang ilmunya kali yaa? -- Ciko bicara 04:35, 30 Agustus 2006 (UTC)
Betul juga Steph, sepertinya duplikasi dengan Kategori:Pengguna menurut domisili. Tapi kalau Wikipedia:Daftar pengguna menurut lokasi mungkin lebih enak dilihat kali karena dalam 1 halaman.
Bagaimana jika Wikipedia:Daftar pengguna menurut bidang ilmu dan ketertarikan diganti dengan judul Wikipedia:Daftar pengguna menurut minat dan kemahiran (kemahiran = kompetensi), atau "keahlian"? --kandar 03:57, 31 Agustus 2006 (UTC)
Ya setuju dengan Kandar. Andreas Erick 16:37, 31 Agustus 2006 (UTC)

Saya baru tambahkan di meta:Wikimedia chapters#Ideas_for_new_chapters, silakan jika mau memulai memasukkan draft-draft dokumen dan daftar calon anggota wikimedia inodnesia di sana. Chaerani 16:57, 11 September 2006 (UTC)

Gimana kalau pembicaraannya dipindah ke halaman diskusi khusus. Kayanya bisa menuh2in warung kopi nih...Hariadhi 03:04, 19 September 2006 (UTC)

publikasi wikipedia

sebagai media informasi, publikasi wikipedia sanga diperlukan pada semua kalangan masyarakat. hal tu dikarenakan hampir semua lapisan masyarakat saat ini dapat menikmat layanan internet, bahkan kalangan pedesaan. alangkah besar jasa wikipedia jika masyarakat tahu keberadaan wikipedia dalam mempermudah masyarakat untukk mencari suatu hal di dunia maya internet tanpa kesusahan. hidayat_fird,202.148.31.242 15:44, 30 Agustus 2006 (UTC)

kalau ada yang mau bikin promosi wikipedia id lebih terencana & teratur gw mau bantu desain2 grafisnya.Hariadhi 13:00, 18 September 2006 (UTC)
Dikarenakan wikipedia ditangani oleh sukarelawan dan tidak ada unsur bisnis, maka cara promosi yang kita gunakan sangat terbatas. Kebanyakan orang mengetahui wikipedia ini dari google search. Namun dengan berkembangnya wikipedia ini diharapkan di masa datang kita dapat membuat versi CDnya. Namun sepertinya masih dalam waktu yang lama. roscoe_x 00:21, 2 September 2006 (UTC)
Nanti kalau chapter Indonesia sudah ada, kita bisa membuat cd-ya. Meursault2004 19:13, 2 September 2006 (UTC)
Saya sedang dalam proses membuat mirror lokal (di IIX/OIX) untuk wikipedia indonesia. Hasilnya sementara sudah bisa dilihat di Groups.or.id. Mirror lokal wikipedia akan memudahkan lebih banyak orang untuk membuat versi offline wikipedia indonesia. Beberapa sudah merespons dan sudah berhasil menyediakan wikipedia di LAN nya sendiri berdasarkan mirror disitu.
Berbagai institusi lainnya seperti Yayasan Tunas Cendekia adalah yang bisa memanfaatkan Wikipedia versi offline. Baru-baru ini mereka mendistribusikan komputer ke lokasi-lokasi yang terpencil berikut beberapa CD pengetahuan. CD Wikipedia Indonesia bisa menjadi tambahan yang sangat berarti pada program-program seperti ini.
Namun seperti yang bisa dilihat, mirror tersebut masih versi lama (November 2005).
Kini saya sedang mencoba untuk mendapatkan versi barunya dari sini. Tapi masih ada satu masalah lagi - image dump masih versi November 2005; dan itupun tidak lengkap. Bisa dilihat disini, gambar-gambar di halaman depan saja tidak ada.
Ada yang bisa membantu saya ? Terimakasih banyak sebelumnya. --Sufehmi 08:38, 4 September 2006 (UTC)

Wah url-nya salah tuh, data dump untuk Wikipedia Indonesia terakhir adalah tertanggal 6 Agustus 2006. Kalau gambar khusus di id.wikipedia ada di sini ("hanya" 711 MB). Kalau storage-nya kuat bisa download juga images commons di sini ("hanya" 290 GB). borgx(kirim pesan) 08:47, 4 September 2006 (UTC)

Data dump yang ada di direktori latest ini otomatis akan selalu yang terbaru, dan barusan saya cek, betul tertanggal 6 Agustus 2006 juga. Kalau yang Groups.or.id itu saya download dari versi static-nya -- yang sayangnya, terakhir di update Nov 2005.
Gambar khusus id.wikipedia di URL yang Anda berikan juga masih yang versi Nov 2005; sama seperti yang dipajang di Groups.or.id (masih banyak gambarnya yang tidak ada).
Apakah ada arsip gambar id.wikipedia yang sudah lebih baru ? Kalau belum ada, bisakah dimintakan ke Yayasan Wikipedia agar mereka lebih teratur meng updatenya (mungkin bisa dengan alasan agar mirror lokal kita bisa lebih up to date). Terimakasih banyak. --Sufehmi 09:20, 4 September 2006 (UTC)

Kelihatannya memang image-nya memang tahun 2005. Situs mirror Anda kok aneh yah, mau lihat special:imagelist saja gak tau gimana caranya, banyak menu yang dimatikan. Ngomong-ngomong, mau tanya nih, kenapa mesti capek2 mengusahakan mirror dimana versi online-nya bisa diakses dengan mudah? Lagipula versi online-nya selalu diupdate pengguna2nya. borgx(kirim pesan) 09:41, 4 September 2006 (UTC)

Saya unpack data dump id.wikipedia versi statis, dan hasilnya jadi demikian - saya tidak ada ubah apapun setelahnya. Ya begitulah kalau pakai versi statis ya; updatenya mudah, tapi banyak fitur yang jadi lenyap.
Mirror lokal sangat berguna karena mempercepat akses ke id.wikipedia. Kalau Anda mengakses id.wikipedia dari Indonesia, kadangkala akan terasa lambat terutama pada peak hours (beda halnya kalau saat ini Anda sedang berdomisili di luar negeri dengan akses Internet yang kencang).
Selain itu adanya mirror lokal juga mempermudah pembuatan versi offline id.wikipedia -- yang kemudian bisa didistribusikan ke pelosok-pelosok Indonesia yang tidak ada akses Internetnya sama sekali. --Sufehmi 10:04, 4 September 2006 (UTC)

gimana kalo publikasinya melalui pamflet2 dulu, biar lebih merakyat, lagian biayanya lebih murah (100 lembar paling cuma 10 ribu). Maksudnya pamflet yang berisi tentang perkenalan dengan wikipedia; apa itu wikipedia, alamat wikipedia, keuntungan menggunakan wikipedia. lalu pamflet itu di bagikan secara serentak di seluruh indonesia oleh wikiwan/wati, siapa tau di sorot media, lumayan kan bisa jadi iklan gratis ^__^ --Ricky Setiawan (kirim pesan) 04:12, 19 September 2006 (UTC)

[Santai sejenak]Seberapa wikipediholic anda :D

Eh gue nyobain link ini [1], yg gue dapet dr hal pengguna mr meursault :). Skor gue cuma 46 :sad:, hayo yang lain juga coba :P Wiendietry Japri 10:13, 1 September 2006 (UTC)

Lumayan, 113 :) borgx(kirim pesan) 10:33, 1 September 2006 (UTC)
Wow masakan Wiendietry cuma 46 dan borgx yang kata orang mirip bot cuma 113? Kalau begitu aku yang keterlaluan sekali nich sampai 506 ... Meursault2004 18:41, 1 September 2006 (UTC)

Indikasi Pengiklanan

Saya baru saja melihat Kategori Artikel Yang Perlu Dirapikan. Banyak dari artikel tersebut yang diindikasikan memuat unsur pengiklanan. Saya merasa, bahwa Wikipedia sebagai Ensiklopedia bagi pengetahuan telah di salah gunakan untuk kepentingan komersil. Contohnya adalah artikel A Mild, AKPRIND, AKAKOM dan sebagainya. Saya mohon pengurus dapat memerhatikan hal ini. Terima kasih.ARdhan 06:48, 3 September 2006 (UTC)

Saya juga merasa begitu :) Bantu dong, kan isi Wikipedia bukan hanya tanggung jawab pengurus. Anda bisa menggunakan {{taknetral}} atau {{hapus}} lho :) •• ivanlanin •• 07:46, 3 September 2006 (UTC)
Yang AKAKOM mungkin bisa dipertahankan dengan membuang beberapa bagian yang tidak eniklopedis. Kalau A Mild sewajarnya dihapus, kalau tidak merek lain bisa masuk. Saya rasa untuk industri hanya bisa sebatas perusahaannya saja, tidak dengan produknya. Andreas Erick 14:42, 3 September 2006 (UTC)

Baiklah, saya akan coba bantu. Apabila saya menemukannya akan saya masukkan templat-templat yang telah diusulkan diatas. Terimakasih. 13:15, 5 September 2006 (UTC)

Liburwiki?

Saya baru membaca artikel CutiWiki di Wikipedia Malaysia. http://ms.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:CutiWiki Kayaknya kocak juga kalau dibuatkan versi Indonesia? Apa sudah ada? ^^ Andreas Erick 12:57, 4 September 2006 (UTC)

Mungkin istilah RehatWiki lebih cocok? Kayaknya sih belum ada hal yang sama di :id. Hayabusa future (bicara) 10:53, 5 September 2006 (UTC)
Tapi kalo "break"-nya beberapa hari biasa disebut cuti kan..?Aditthegrat 12:42, 5 September 2006 (UTC)

Saya kira boleh juga disalin dan disadur ke dalam bahasa Indonesia. Meursault2004 10:57, 5 September 2006 (UTC)

Kalau boleh kita mesti lebih kratif lagi nih :) Seperti templat-templatnya kalau boleh berbeda. Sehingga nantinya id wiki bisa berbeda dari yang ada. ARdhan 13:17, 5 September 2006 (UTC)

WBI di Signpost

Di Wikipedia Signpost di en.wikipedia sekarang ada artikel yang membahas Wikipedia tertentu setiap edisinya. Terakhir membahas tentang Wikipedia bahasa Italia. Bagaimana kalau kita kembangkan halaman Wikipedia bahasa Indonesia sehingga bisa dipost untuk dimasukkan dalam Wikipedia Signpost (lihat tabel edisinya). Bantuan mungkin diperlukan untuk menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris setiap kali ada perubahan. borgx(kirim pesan) 01:33, 7 September 2006 (UTC)

Mungkin kitajuga perlu untuk memantau artikel ini: Indonesian Wikipedia. Meursault2004 08:23, 7 September 2006 (UTC)

Pengguna 203.217.8.30

Perlukah untuk memblokir pengguna Address 203.217.8.30? Karena saya lihat dia mengacau di bagian perang salib (walaupun sudah dibetulkan), dan di Wikipedia Internasional pun dia sudah diblok. Xaliber 15:20, 11 September 2006 (UTC)

Saya kira tidak perlu sebab cuma sekali saja dia mengacau dan itupun sudah lama. Meursault2004 15:40, 11 September 2006 (UTC)

wikipedia di google search result

mau nanya nih, maklum masih newbie, gimana caranya artikel yg udah dibuat dan diwikifisasi supaya muncul di google search result? saya udah coba ketik dengan nambah 'wikipedia' di search word nya tetep aja nggak muncul. apa tergantung dari banyaknya click ke artikel itu baru bisa muncul di google?

Artikel baru di Wikipedia tidak langsung muncul di Google. Biasa setelah beberapa lama baru muncul. Berapa lamanya ini saya kurang tahu. Meursault2004 16:40, 11 September 2006 (UTC)
kalo tujuannya mau search artikel yg ada di wikipedia pake gugel, bisa ditambahin site:id.wikipedia.org pas nge-search di google. kisti 16:47, 11 September 2006 (UTC)

Yang saya pernah cek, sebuah suntingan kurang lebih 10 hari s/d 2 minggu baru muncul di hasil pencarian Google. borgx(kirim pesan) 01:22, 12 September 2006 (UTC)

ini tergantung robotnya om google kapan si robot ini berkunjung ke wikipedia id, kalau si robot ini sudah berkunjung, baru deh artikel baru nya masuk ke google. -- Ciko bicara 04:23, 12 September 2006 (UTC)

Buat "Pemburu Gambar"

Buat temen-temen yang suka nyari gambar buat dimuat, ternyata di flickr banyak gambar dalam lisensi creative-common, dan bisa dimuat dengan syarat2 tertentu yang ditetapkan pemiliknya. Coba link ini,http://www.flickr.com/search/advanced/ jangan lupa men-check "Only search within Creative Commons-licensed photos". Good luck! Wiendietry Japri 12:19, 12 September 2006 (UTC)

Flickr.com sebelumnya sudah saya tambahkan di daftar situs web yang gambar-gambarnya bisa dipakai secara bebas. borgx(kirim pesan) 23:38, 12 September 2006 (UTC)
Hehe sowwy, biasa ga liat2 dulu :D Wiendietry Japri 02:40, 13 September 2006 (UTC)

Perkenalan

Temen-temen jujur aku baru daftar di Wikipedia, aku masih bingung, aku pingin bantuan dari temen-temen.

  • gimana caranya membuka data kalau ada yang ingirim ke saya?--Rio t3kno 15:53, 12 September 2006 (UTC)
Data? Maksudnya ada yang ngirim pesan? borgx(kirim pesan) 23:38, 12 September 2006 (UTC)

Waktu saya buka-buka internet tiba2 saya melihat ada yang namanya warung kopi, saya tertarik untuk ikut serta yah itung2 dapat pengetahuan baru, tapi yang saya bingung bagaimana nantinya saya untuk mengecek atau untuk ikut kembali ke rubrik ini apakah bisa memlalui email atau bagaimana? ( email saya natural_ocean@yahoo.com)

Tapak Tuan

hi Wikimania,.. saya baru di wiki's... langsung aja,.. sebenarnya saya mau tahu kata yg benar tapak tuan atau tapak Tuhan ?

Yang benar adalah Tapak Tuan, mengacu pada sebuah kecamatan yang berada di Aceh Selatan. Atau coba search di yahoo maupun goggle, tidak ditemukan nama atau kata tapak Tuhan disana. ARdhan 04:54, 17 September 2006 (UTC)

Harga id.wikipedia.org

iseng2 nyobain layanan penghitungan nilai website di http://directory.sootle.com/website-worth/, id.wikipedia.org hanya dihargai: $ 7.446 , sebagai perbandingan, en.wikipedia.org = $ 1.876.211 dan www.detik.com = $ 409.373 -- Ciko bicara 14:36, 19 September 2006 (UTC)

Lumayan ... jv.wikipedia.org hanya $ 200,- :`-( Ngomong2 wiki id: lebih tinggi harganya dari Tokoh Indonesia yang harganya $ 3.507,-. Meursault2004 14:47, 19 September 2006 (UTC)
BTW de: nilainya jauh lebih tinggi dari en: $ 2.332.823,- dan ms: sekitar $ 6.800,- yang tak beda jauh dari id: Meursault2004 10:09, 21 September 2006 (UTC)
Kayaknya memang :de lebih berkualitas dari :en ya? Quality controlnya sepertinya lebih ketat. Hayabusa future (bicara) 10:13, 21 September 2006 (UTC)
Iya de: memang kualitasnya seringkali lebih baik daripada en: meski mereka sering dituduh diskriminasi. Meursault2004 10:16, 21 September 2006 (UTC)

Apa ya kriteria yang diapaki untuk menentukan harganya? --Andri.h 15:59, 22 September 2006 (UTC)

Selamat Berpuasa

Buat yang menjalankan ibadah puasa, saya ucapkan selamat berjuang dan menikmati ramadhan semoga puasa kali ini berbekas ke bulan-bulan selanjutnya :). Buat semua, mohon maaf lahir dan batin seandainya selama ini ada tulisan baik di warkop maupun ditempat lainnya yang kurang berkenan :) Wiendietry Japri 08:07, 23 September 2006 (UTC)

mau tanya

mau tanya, link "Pranala Permanen" yang ada di sebelah kiri itu gunanya buat apa ya? terima kasih.--Clouseth (kirim pesan) 07:06, 24 September 2006 (UTC)

Itu pranala permanen ke suatu versi artikel. Setiap kali isi artikel diubah, Wikipedia menyimpannya sebagai versi baru. Misalnya artikel Kismaayo (saat ini) mempunyai 4 versi. Keempat versi tsb masing-masing mempunyai pranala permanen yang langsung mengarah ke versi-versi tsb. Hayabusa future (bicara) 05:11, 25 September 2006 (UTC)

Suku & Bangsa

Halo smuanya.....mau nanya donk. Klo nulis ttg negara, pasti kan ada bagian demografi; nah di situ banyak tentang orang2. The problem is, contoh di Latvia, mau bikin pranala ke artikel ttg orang Latvia; tadi nulisnya tadi pake "bangsa ..." tapi klo ngeliat ttg Indonesia, yg sering dipake itu "suku ..." Jadi menurut smuanya, yang bener itu pake "suku ..." apa "bangsa ..."??? Thanks ya!!! -- aDiT, skitar jam 12 WIB hari kedua Ramadan 2006

bangsa biasanya merujuk ke nama negara, mis: bangsa indonesia. kalau suku, suku jawa, suku sunda, dll (cmiiw) -- Ciko bicara 17:17, 24 September 2006 (UTC)
Suku atau suku bangsa merujuk ke etnisitas. Benar seperti suku Jawa dll. Namun bisa pula kita katakan suku bangsa Arab atau Yahudi yang tidak mutlak merujuk ke nama negara. Meursault2004 17:46, 24 September 2006 (UTC)

wah iya, suku sama bangsa kadang suka ketuker2. kalo dari baca2 sepintas, pengelompokkan orang berdasarkan keturunan, bahasa dan adat istiadat, disebut suku bangsa atau kelompok etnis. Kalo kelompok atau gabungan dari kelompok tersebut mendefinisikan dirinya secara politik berbeda dari kelompok lain, maka mereka menjadi sebuah bangsa. detilnya bisa dibaca di [2]. Tentang orang latvia, daripada bingung apakah ini tergolong suku atau bangsa, mending pake istilah orang latvia aja. kisti 11:49, 25 September 2006 (UTC)

Artikel Knoxville, Tennessee

Aduh, mengapa artikel Knoxville, Tennessee dihapus? Artikel ini 'kan termasuk dalam daftar tunggu pengembangan artikel yang sudah saya jadwalkan (karena ini merupakan kota di mana saya berkuliah di AS). Padahal isinya juga lumayan. Menurut log penghapusan, isinya:'Knoxville merupakan nama kota yang terletak di Kabupaten Knox, Amerika Serikat. Pada tahun 2005, jumla...'. Itu pun masih ada ..., yang menunjukkan kalo artikelnya belum selesai. Sayang sekali, padahal akan sangat membantu walaupun cuma sedikit, seperti peribahasa sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Bagaimana tanggapannya? Tommy Yalidae 06:52, 27 September 2006 (UTC)

Hmm, aneh sekali. Artikel ini sekarang sudah ada kembali dan ternyata isinya cukup panjang. Padahal kemarin baru saja didelete. Ada yang tahu mengapa? Tommy Yalidae 06:59, 27 September 2006 (UTC)

Wikipedia:ProyekWiki Subdivisi negara

Halo semua, Wikipedia:ProyekWiki Subdivisi negara sedang dirintis. Silakan lihat deskripsinya, tambahkan jika perlu, dan ayo bergabung! Thx :) •• ivanlanin •• 16:30, 27 September 2006 (UTC)

MetroTV

Barusan lihat berita di MetroTV tentang Kudeta Thailand, dilengkapi dengan beberapa kudeta lainnya di dunia. Di layar sebelah kanan bawah, sewaktu sedang ditayangkan kudeta-kudeta di dunia, tertulis "sumber: wikipedia.org" (kemungkinan dari en:). Jadi memacu saya untuk terus berkontribusi di Wikipedia Indonesia, bermimpi suatu hari jadi salah satu acuan pertama knowledge untuk orang Indonesia.

Salut Wikipedia! :D Rex 18:19, 29 September 2006 (UTC)

Saya dukung Mas Leo --Andri.h 22:54, 29 September 2006 (UTC)