Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)/Arsip (Feb-08)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



Permintaan pemblokiran untuk Mimihitam

Halo pengurus, saya minta pengguna Mimihitam diblokir karena telah memvandal baik halaman pembicaraan saya dan halaman pengguna saya. Diluar tuduhannya yang mengatakan bahwa saya telah menyerang secara pribadi, saya tidak pernah merusak halaman pribadi dia, baik halaman pengguna maupun pembicaraan (beberapa kali saya memang terpancing -- setelah -- bukan sebelum). Diluar dari sumbangsihnya yang baik di wikipedia, namun secara mental dan sosial nampaknya ia perlu banyak bimbingan, ini terlihat dari aksinya pada beberapa hal. Saya minta maaf secara terbuka untuk beberapa pengguna yang saya panggil "anak kecil" karena memang keluhan utama saya nampaknya akhir-akhir ini wikipedia banjir anak kecil (musibah tidak cuma bencana alam ternyata). Namun saya tidak akan menarik perkataan saya tentang Mimi hitam seorang pengecut karena ternyata dia telah membuktikannya dengan pengrusakan. Sebagai catatan benturan argumentasi saya terjadi dengan banyak pengguna namun hanya mimi hitam yang merusak berkali-kali. Oh ya, saya sendiri bersedia diblokir karena kesalahan saya. Terimakasih.

Ps: Sorry karena tidak ada sysop saat itu, saya minta agar satpam lain turun tangan. Serenity

siapa yang merusak halaman pribadi, masak anda ga ngerti arti penyerangan pribadi? ;D blok? silahkan saja, saya bisa pakai proxy lagi buat masuk sini ;D  Mimihitam   Bicara 

p.s. ga ngerti kata protes? saya kasih tag {{hapus|kat=no}} sebagai lambang protes tanpa hapus seluruh halaman! anda sendiri juga vandal kok dengan menghapus seluruh halaaman pembicaraan gue ;D  Mimihitam   Bicara  00:10, 13 Januari 2008 (UTC)

Di luar siapa yang salah, siapa yang benar, penggunaan open proxy tidak diperbolehkan di Wikipedia (meta:No open proxies). Kemudian, daripada saling vandal, lebih baik diomongkan baik-baik, keberatan MimiHitam itu apa? keberatan Serenity itu apa? borgx(kirim pesan) 00:58, 13 Januari 2008 (UTC)

Saya sembunyikan semua tanggapan yang masuk karena tanggapan-tanggapan tersebut tidak membuat masalah ini menjadi selesai tetapi malah menambah keruwetan masalah. Sebagai pengurus saya nyatakan agar masalah ini tidak perlu diperpanjang lagi dan agar pihak-pihak yang terlibat untuk cool down. Tidak ada yang akan diblok untuk masalah ini. borgx(kirim pesan) 00:45, 16 Januari 2008 (UTC)

Borgx, FYI gue ngga emosi dan permintaan gue sederhana: gue mau peraturan ditegakkan, biar pengguna lain tau bahwa wikipedia pun ada aturan mainnya, tidak semaunya.
Kalau mau diurut lagi kejadiannya, Mimi hitam itu sudah merusak halaman pembicaraan saya dengan menaruh tag hapus, saat gue peringati dan batalkan ia taruh lagi - berkali-kali.
Saat halaman pembicaraan saya dilindungi, dia lalu merusak halaman pengguna saya.
Saat halaman pengguna saya dilindungi, dia juga tidak lantas berhenti dan saya harus mematikan pengalihan dari halaman yang khusus dibuat untuk memvandal halaman pengguna saya.
Sebagai catatan saat halaman saya sudah dilindungi, tidak ada yang bisa menghalangi saya untuk terus "mengerjai" halaman dia, tapi toh itu tidak saya lakukan. Untuk apa?
Sekarang, kalau halaman saya sudah selesai perlindungannya, apa jaminan saya bahwa dia tidak akan merusak lagi?
Seharusnya dengan menggunakan peraturan three revert rule kita berdua sudah harus diblok. Dan gue ngga ada niat mengakali proxi kalo nanti di blok. Semua pengguna harus tau bahwa merusak dan mengganggu pengguna lain itu tidak boleh, dan untuk terakhir kali peraturan harus ditegakkan agar semua pengguna nyaman. Kenapa mimi hitam harus diperlakukan beda? Karena dia anak kecil? Dia juga musti belajar bahwa saat dia masuk dalam komunitas yang sudah eksis dahulu ada aturan, dan kalau dia mau main dia harus patuhi aturan tersebut dan tidak semaunya sendiri. Serenity 14:41, 16 Januari 2008 (UTC)

baca lagi debat panjang di bawah :D disitu ada kutipan tentang vandal anda pula  Mimihitam   Bicara  14:47, 16 Januari 2008 (UTC)

btw, ngapain repot2 ngurusin buat ngeblok gue, gue masih akan terus balik kok :D  Mimihitam   Bicara  14:54, 16 Januari 2008 (UTC)

Wah gimana sih kalian? Kayaknya udah mulai gak lucu lagi nih, tadinya gw pikir debat kusir biasa, ternyata jadi "tunjuk2-an begini". Ini kan Wikipedia, tugas kita untuk mengisinya dengan hal-hal yang baik, bukan pertengkaran. Kalau semuanya seperti ini, lanjutin aja diluar, kalau mau kontribusi silakan kontribusi, gak usah bertengkar disini. Pantesan negara kita gak pernah maju-maju, hal kayak beginian aja diperdebatkan.

Buat Serenity: As your friend, please consider my advise, calm down... I know you're upset but please think about what this Wkipedia is all about and why we always come to every single "kopi darat"? To make this wikipedia better right? If you have problem with others, please settle this down outside, not in here. If you need someone from "pengurus" or other you think who can help to facilitate this, please do so. For me, I'll be more than happy to assist you on this.

Buat Mimi: I know you had contributed so much in here, but please respect each other and not trespassing other "properties", even you can and know how to do it. We have "pengurus" in here, which mean you need to tell them what your concern and let them discuss and decide the next action. Respect Them. Jangan Main Hakim Sendiri!!!

--Andri.h 15:27, 16 Januari 2008 (UTC)

Oh gue calm kok. Saya ngga merusak halaman, saat itu dan sekarang - setelah saya tahu halaman saya tidak bisa dirusak lagi. Masalah yang dibuat disini - jadi harus diselesaikan disini, bukan diluar.
Saya usul blokirnya adalah satu minggu, karena halaman saya di lindungi selama satu minggu kecuali ada pendapat lain. Serenity 15:32, 16 Januari 2008 (UTC)

elo ngerusak kok, malah melanggar dengan menghapus seluruh page waktu itu.. [1] lihat ini].. blokir? ga ngefek woi!!! elo mau blokir gue ratusan kali, proxy ada ribuan!  Mimihitam   Bicara  07:38, 17 Januari 2008 (UTC)

p.s. ngapain normalisasi hubungan or damai ama si tante, wong dulu udah pernah kasus kyk gini saya biarin, dan dia ga maaf sama sekali, ssekarang lagi.. ujung2nya juga kalo damai nyerang pribadi lagi, wakkakakaka :D  Mimihitam   Bicara  09:07, 17 Januari 2008 (UTC)

Kenapa disembunyikan? Arkwatem 15:59, 16 Januari 2008 (UTC)

Kalau terlalu panjang, mungkin bisa disalin ke halaman tersendiri, misalnya Wikipedia:Permohonan pendapat atau subhalaman pembicaraan seseorang. Arkwatem 16:00, 16 Januari 2008 (UTC)

Loh, kirain udah mulai tenang...*kembali mengambil popcorn* Menurut saya, sebaiknya baik Mimi maupun Serenity tidak perlu diblok karena keduanya sama2 bersalah, dan juga sudah mengakui kesalahan masing2. Ketemu saja di kopdar, tuntas semua masalah--(^_^)BlackKnight (kirim pesan) 16:15, 16 Januari 2008 (UTC)

Sudah ditutup saja

Sudahlah pembicaraan di sini ditutup saja, wong tidak ada solusinya. Sebenarnya kan hal sepele dan permasalahannya mengenai halaman gambar pengguna itu. Halaman itu tetap ada dan tidak dihapus. Saya kira tidak ada perlunya mengungkit2 hal-hal lain. Sampai saat ini tidak ada yang akan diblokir. Meursault2004ngobrol 09:28, 19 Januari 2008 (UTC)

udah damai ya? ayo joget Fjr_ab 10:04, 3 Februari 2008 (UTC)

Apa yang dicari di Wikipedia Indonesia

Sebenarnya saya sudah bertanya hal ini di milis wikipedia Indonesia, tapi belum ada respon. Sekarang saya coba angkat di warung kopi.

Saya jadi terpikir, punya pertanyaan ini: Apakah yang dicari oleh pengguna yang memasukkan kata kunci pencarian di situs Wikipedia Indonesia? Adakah data statistik yang bisa didapatkan? Adakah umpan balik dari pencari? Jika ada, melalui apa pencari menyampaikan tanggapan?

Saya rasa ini jadi penting juga untuk mengetahui artikel-artikel apakah yang dicari di Wikipedia Indonesia. Walau saya tak menafikan kebebasan setiap orang untuk menulis apa saja di Wikipedia Indonesia. --za 13:03, 14 Januari 2008 (UTC)

Duh kok dingin tanpa tanggapan nih? ;-) --za 10:01, 15 Januari 2008 (UTC)
Untuk statistik search saya tidak tahu. Tapi kalau statistik halaman mana yang paling banyak dibuka dalam satu bulan terakhir bisa dilihat di sini. dragunovadiscuss 10:27, 15 Januari 2008 (UTC)
Terimakasih Dragunova! Barangkali yang lain ada yang tahu, statistik search? Kata kunci apa saja yang digunakan, dst. --za 11:30, 15 Januari 2008 (UTC)

Aku ngga tahu. :-) Kembangraps 16:58, 16 Januari 2008 (UTC)

Mas Revo, semoga tahu(?) --za 03:23, 17 Januari 2008 (UTC)
Wah saya tidak tahu halamannya kecuali memang statistik yang di atas ini atau statistik suntingan artikel. Meursault2004ngobrol 07:37, 17 Januari 2008 (UTC)
Hmm... semoga ilustrasi ini bisa membantu dalam memahami, mengapa pertanyaan saya muncul. Katakanlah, jika saya sedang ingin tahu soal VPN (Virtual Private Network). Jawaban yang lebih lengkap, tentu ada di Wikipedia berbahasa Inggris. Namun jika saya ingin tahu soal,... misal apa ya,... Rampak Kendang(?), atau Rendang. Jawaban yang lebih lengkap ada di Wikipedia Indonesia. --za 06:35, 19 Januari 2008 (UTC)
Setahu saya tidak ada data seperti ini di Wikipedia. borgx(kirim pesan) 00:44, 23 Januari 2008 (UTC)

Tidak ada, atau -- kalau tidak salah -- tidak diperbolehkan, karena berkaitan dengan privasi pengunjung. Wikipedia hanya merekam dan menyajikan perubahan, tidak merekam kunjungan atau pencarian yg dilakukan. Pencari memberikan umpan dengan mendaftarkan artikel/entri yang dia inginkan di suatu halaman (entah di mana, lupa). --kandar 00:58, 23 Januari 2008 (UTC)

Haha gw juga setuju soal privacy. Tapi kalau memang bener-bener penting bisa ditanya ke google analytic ga yah?Hariadhi - Ngobrol 18:38, 10 Februari 2008 (UTC)

Menambah Nama Orang di Rintisan Biografi

Halo,

Saya membaca beberepa nama di "Rintisan Biografi" Tokoh Indonesia. Saya punya beberapa nama yang menurut saya layak untuk dibuatkan biografinya. kebetulan saya punya bahannya.

Tapi, sebagai orang baru, saya tidak tahu caranya untuk menambahkan nama tersebut. Bisa dibantu?

Terima kasih

Karendra 15:07, 14 Januari 2008 (UTC)

Kelihatannya anda melihat halaman kategori. Halaman ini tidak bisa begitu saja disunting. Lebih baik anda menyunting halaman Daftar tokoh Indonesia. Dan sebaiknya anda menaruh diskusi ini di Wikipedia:Warung Kopi (Teknis). Meursault2004ngobrol 17:48, 14 Januari 2008 (UTC)
Cari saja pranala yang bewarna merah bung Karendra. Setelah diklik Anda bisa langsung menulis. Mulailah menulis kira-kira sbb:
Nama <dicetak tebal> adalah seorang <profesi> <asal negara>. Ia lahir di <tempat dan tanggal lahir>.
Lalu berikutnya cantumkan hal-hal yang menarik tentang tokoh tersebut, seperti prestasinya, dan apa yang membuatnya layak ditulis di Wikipedia supaya semua orang tahu tentang orang tersebut.
Lalu kalau bisa (supaya lebih bagus lagi) usahakan supaya ada:
  • Minimal 3 kalimat
  • Kalau Anda tahu kategori yang tepat, bisa ditambahkan kategorinya, misalnya Kategori:Penyanyi Indonesia atau semacamnya
  • Kalau ada versi bahasa lainnya, bisa cantumkan interwikinya di bawahnya. Seperti en:Soekarno atau semacamnya
  • Kalau Anda sudah ahli, bisa ditambahkan gambarnya.
(-_-)V bennylin 404 07:19, 16 Januari 2008 (UTC)

Opsis baru di Wikipedia Jawa

Para Wikipediawan yang budiman, silakan memilih calon opsis baru Wikipedia bahasa Jawa di: TracySurya dan Pras. Terima kasih sebelumnya. Meursault2004ngobrol 01:34, 15 Januari 2008 (UTC)

Pemilihan sudah selesai, terima kasih banyak atas dukungannya! Meursault2004ngobrol 05:51, 20 Januari 2008 (UTC)

Stand Wikipedia

Buka-buka, saya menemukan halaman ini Stand_Wikipedia. Apakah memang belum pernah buka stand, Wikipedia? Dulu sepertinya saya pernah baca diundang Depkominfo (CMIIW) --za 08:58, 16 Januari 2008 (UTC)

Bung za, Stand Wikipedia tersebut baru wacana/brainstorm saja dan masih menunggu dukungan sumberdaya dari komunitas untuk pelaksanaannya di masa depan. Sedangkan pada acara Depkominfo dulu, tidak sampai membuka stand tetapi baru pemasangan logo pada backdrop. Salam, Naval Scene 03:59, 23 Januari 2008 (UTC)
Terimakasih untuk penjelasannya, Naval. Baik semoga ide brainstorming itu pelan-pelan bisa kita mulai realisasikan --za 13:53, 28 Januari 2008 (UTC)

Film Wikipedia

Film Wikipedia Truth in Number yg waktu itu udah jadi belum ya? --(^_^)BlackKnight (kirim pesan) 10:49, 17 Januari 2008 (UTC)

ga tau, tapi yg jelas ada indonesianya ya kalo ga salah yang dibintangi oleh Meursault dan Borgx?  Mimihitam   Bicara  10:52, 17 Januari 2008 (UTC)
Oh ya? Ada film Wikipedia? Baru tahu aku! --za 12:05, 17 Januari 2008 (UTC)
wah benar-benar Mimi *sambil bumbuin popcorn dan ambil sedikit popcorn nya gombang Fajar Adi Buana 12:15, 17 Januari 2008 (UTC)
Wah roaming ;-) --za 13:51, 28 Januari 2008 (UTC)

Artikel mengenai film ini dapat di lihat di en:Truth in Numbers: The Wikipedia Story. Disitu tertulis bahwa akan dirilis tahun 2008. dragunovadiscuss 12:52, 7 Februari 2008 (UTC)

Wah bentar lagi dong...nonton bareng yuk :-D --BlackKnight (kirim pesan) 16:07, 7 Februari 2008 (UTC)

Nama pengguna

Menurut saya pengguna ini harus dihapus/diblokir, karena username merupakan salah ejaan dari a**hole (dilarang oleh WP:NAMA). Arkwatem 15:41, 19 Januari 2008 (UTC)

kasih aja kesempatan dikit untuk ganti nama. Fajar Adi Buana 05:43, 20 Januari 2008 (UTC)

Udah saya warn kok. Azmi 06:26, 20 Januari 2008 (UTC)

pake bahasa inggris dong bisa aja dia orang inggris Fjr_ab 09:52, 20 Januari 2008 (UTC)

Stub ratio

Tahukah Anda berapa stub ratio Wikipedia bahasa Indonesia? Tebak.. borgx(kirim pesan) 02:16, 31 Januari 2008 (UTC)

Maksudnya perbandingan antara artikel stub dan non-stub? 10:1? (-_-)V bennylin 404 05:05, 31 Januari 2008 (UTC)
Betul maksudnya itu. 10:1 itu 91% stub ya berarti? pesimis sekali :) Tapi ngomong2, boleh dipublikasikan gak sih? Bisa jadi bahan penyerangan wiki lain nih. borgx(kirim pesan) 05:07, 31 Januari 2008 (UTC)
Yang penting tidak separah Volapuk >.< (-_-)V bennylin 404 10:00, 31 Januari 2008 (UTC)

Yup. Biar saja. Biar lebih terlecut meningkatkan mutu artikel yang sudah ada saja. 75000 sudah banyak lah. --Gombang 13:39, 31 Januari 2008 (UTC)

Iya gak papa. Bisa juga kita melihatnya lain, berarti ada 7.500 artikel non stub. BTW definisi stub itu apa? Artikel yang dibubuhi templat stub atau artikel pendek (misalkan < 2 kb) ? Sebab banyak artikel panjang yang dianggap belum lengkap masih diberi templat stub. BTW jika kita membuka sebuah ensiklopedi cetak, biasanya isi setiap lema atau entri juga merupakan stub.
Tidak usah takut saya komunitas Wikipedia yang dimaksud, kualitas mereka juga belum tentu baik. Yang jelas di sini ada semangat gotong royong :-) Meursault2004ngobrol 14:01, 31 Januari 2008 (UTC)

jadi, berapa nih ratio-nya? Saya tebak 75% stub --(^_^)BlackKnight (kirim pesan) 14:50, 31 Januari 2008 (UTC)

95% kira2 menurut saya.... yah, wajar aja kok, disini kurang orang yg ahli dalam bidangnye  Mimihitam   Bicara  14:54, 31 Januari 2008 (UTC)

Oklah, menurut perhitungan bot, di mana kriteria stub adalah artikel yang memiliki tag stub apapun, jumlah artikel stub di WBI adalah 47159 atau 62,8% dari keseluruhan artikel (75090). borgx(kirim pesan) 01:47, 1 Februari 2008 (UTC)
Ditambah artikel pendek tanpa tag stub dan dikurangi artikel yang seharusnya sudah dilepas tag stubnya saya kira-kira 50.000 dari 75.000, atau sekitar 2/3. (-_-)V bennylin 404 08:13, 1 Februari 2008 (UTC)
Oh tidak terlalu parah toh. Bung Benny, kok dapat angka ini cuma kira-kira saja? Meursault2004ngobrol 08:23, 1 Februari 2008 (UTC)

Kalo Inggris rasionya berapa borgx? --BlackKnight (kirim pesan) 09:39, 1 Februari 2008 (UTC) Oh, ngitungnya pake bot ya? Kirain udah disediain daftarnya gitu..--BlackKnight (kirim pesan) 13:56, 1 Februari 2008 (UTC)

Mungkin harus mulai digiatkan kembali WikiProject-nya, menurunkan proporsi stub --Andri.h 09:47, 1 Februari 2008 (UTC)

Betul, PW kita semuanya tidur :p  Mimihitam   Bicara  12:28, 1 Februari 2008 (UTC)

Hmm jangan mencekal orang lain, nanti bikin masalah lagi lho. Meursault2004ngobrol 17:58, 1 Februari 2008 (UTC)

mas Borgx, kalo mau tau rasio wiki laen gimana?  Mimihitam   Bicara 

Bisa saja, tapi mungkin makan waktu apalagi untuk Wiki besar seperti en, de, nl. borgx(kirim pesan) 04:55, 2 Februari 2008 (UTC)

IW

Kayaknye pengguna ini keras kepala amat kalo diminta, padahal kasus sebelumnya udah diblokir dan dihapus sampe ada warung kopi kembangkan, cuma suruh add interwiki dari EN ke ID aja susah amet ==" (meski udah tau ga bakal direspon, cuma mesti bener2 dikasih pengertian/pelajaran), dari yang capek,  Mimihitam   Bicara  14:02, 31 Januari 2008 (UTC)

Tidak perlu marah-marah, wikipedia ini proyek sukarela, jadi kalau ada orang yang tidak suka melakukan sesuatu itu hak dia. Arkwatem 13:00, 2 Februari 2008 (UTC)

wah saya emang keliatan marah ya? :p ga marah kok, saya juga udah diemin orangnya, capek  Mimihitam   Bicara  13:09, 2 Februari 2008 (UTC)

Ilustrasi Nabi Muhammad

Menurut wikiwan/wikiwati, di gambar ini, perlu diremove ga? soalnya sampe ada petisi buat remove gambar.. sementara mereka udah pada komentar di halaan pembicaraan Muhammad:

 Mimihitam   Bicara  03:48, 7 Februari 2008 (UTC)

Harusnya ga. Soalnya itu kan sumbernya jelas. Memang buku seni rupa banyak kok yang memuat ilustrasi itu. PErasaan tersrang atau ga itu lebih ke opini pribadi, deh. Masa dijadikan argumen untuk semua orang Islam?Hariadhi - Ngobrol 10:34, 7 Februari 2008 (UTC)
Bukan, itu bukan opini pribadi. Dalam Islam (yg saya pelajari), foto nabi Muhammad memang sama sekali dilarang untuk ditampilkan, karena ketika kita melihat "foto beliau", kita—kemungkinan besar—akan berpikir: "oh, seperti itu toh nabi muhammad." Nah, itu dilarang. Jadi memang wajar kalau orang Islam marah. (sorry nyelak, konflik penyuntingan^^)
Ngomong2, teman2 si Azwethinkweizm gak marah mungkin karena mereka itu hidup di negara sekuler dan gak pernah belajar agama secara mendalam seperti orang Islam di negeri kita. Coba suruh dia tanya ke ustad, pasti ustadnya jawab gak boleh. --BlackKnight (kirim pesan) 10:53, 7 Februari 2008 (UTC)
Dihapus mungkin tidak perlu ya, asalkan jangan langsung diletakkan di awal halaman dan diberikan peringatan bahwa ada ilustrasi yangmungkin ofensif bagi sebagian pembaca. Di :en sendiri kan gambarnya tidak langsung diletakkan di awal halaman, dan ada pula cara untuk tidak menampilkan gambar tsb (sayangnya informasi ini hanya diberitahukan di halaman pembicaraan, bukan artikelnya). Hayabusa future (\0-0/) 10:42, 7 Februari 2008 (UTC)
Saya kurang tau ya masalahnya. Tp, itu gambar apa mo dipasang di Wiki Indo? Saya nyaranin klo untuk Wiki indo jgn dipasang di artikel apapun deh cz pasti akan ada Perang Wikipediawan & menghina or menantang Islam! Jangan terlalu menuruti aturan Wikipedia en!NoiX180 12:18, 7 Februari 2008 (UTC)

tenang aja, masa kita manggil harimau secara sengaja kesini  Mimihitam   Bicara  12:42, 7 Februari 2008 (UTC)

Harimau? klo buaya ada! hehe NoiX180 12:44, 7 Februari 2008 (UTC)

Ya allah, gua ga ngerti apa yang bikin orang marah dengan gambar se-inosen itu. Lagipula gambar ini, kalo gua liat dari deskripsinya (Correct me if I am wrong) berasal dari daerah islam juga (walaupun jaman dulu) kalo emang diharamkan tentunya gambar ini kita ga bakal bisa kita liat sekarang. --Pyurio 13:11, 7 Februari 2008 (UTC)

A ha ha, disini ada yang beneran Islam ngga sih? *LoL* -- Nabi Muhammad betul ngga boleh digambar, DILARANG KERAS tepatnya, aturannya adalah kalaupun ada penggambaran untuk Nabi Muhammad sebaiknya ditulis sebagai namanya lalu dilingkari seakan akan si lingkaran nama itu sedang naik onta atau ngomong sama orang lain. Kenapa ngga boleh digambar? Ada ceritanya, larangan itu ngga cuman jatuh dari langit. Konon nabi-nabi jaman dahulu (atau pendahulunya Nabi Muhammad) -- menurut Islam -- doyan banget gambar dirinya (who doesn't? it's human nature), dari Nabi Daud yang cakep, Nabi Nuh yang lagi keringetan pas mbangun kapal, Nabi Ibrahim, Nabi Yahya yang ketelen paus, semuanya ada gambarnya. Namun karena mereka Nabi, alih-alih dihormati, malah jadi dikultuskan. Agama Islam paling terpukul pas Nabi Isa, menurut mereka (yang Islam) -- lah kok malah disembah? Dibuat patung dkk. Jadi Nabi terakhir dipastikan tidak boleh digambar, takut kejadiannya terulang. Apalagi Nabi Muhammad itu banyak yang cinta dan dihormati banget, kalau digambar ketakutan terbesarnya adalah nanti Nabi Muhammad itu malah jadi yang disembah (gambarnya) bukan Allah. Tentu saja para kartunis pada protes - karena itulah Nabi Muhammad ngga pernah ketangkep digambar lagi main basket... Jadi utk yang beragama lain harus menghormati, aturan mainnya ngga boleh digambar karena orang Islam trauma. Jadi kalo ada petisi begitu ya gue mah ikutan untuk nyoblos hapus, tapi ngga marah-marah, ngapain? Belum tentu bener juga mukanya begitu. Lagipula yang penuh misteri selalu lebih menarik hehehe, jadi gue ngga nyalahin semua upaya untuk menggambarnya. Serenity 16:01, 7 Februari 2008 (UTC)

Mbenerin Hariadhi, bukan argumentasi orang Islam Dhi, tapi argumentasi orang Islam untuk semua orang. Gini deh, ngga usah ndengerin ustadz, diantara orang non muslim - ustadz ngga ngaruh - kita dengerin orang non muslim yang nulis sejarah ajah - Larry Gonick. Untuk yang visual type (yeah Hariadhi type to be exact) silahkan lihat ini:
Kok jadi diskusi agama? Ngomong2, biar lurus aja (karena serenity sudah terlanjur masukin gambar) larangan menggambarkan orang (tidak termasuk nabi) itu tidak ada dalam alquran dan hadis. Itu hanya kesepakatan para ulama. Tidak mungkin Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang memasukan hambanya ke neraka hanya gara2 menggambar orang (bukan kata saya, tapi kata ulama lain yg tidak sepakat). --BlackKnight (kirim pesan) 01:29, 8 Februari 2008 (UTC)
Ataghfirullahal 'adzim. Tapi, gambar/ilustrasi/foto Rasulullah Muhammad Saw -- apa pun dalilnya -- memang tidak boleh ditampilkan. Tak perlu bertanya pada ustadz atau cendekiawan. Tidak ada yang berani menggambarkan Nabi Saw seperti apa. Jadi, jangan main-main dengan SARA kala memang tidak ingin menimbulkan masalah. Contoh paling konkrit: Sekarang aja cover majalah Tempo diprotes umat Kristiani baca]. Aiken 06:20, 8 Februari 2008 (UTC)
Setau saya tidak ada yang protes. Tempo bukan yang pertama mem'peleset'kan "[[Perjamuan Terakhir". Cari saja di internet: "Transformers Last Supper", "Star Wars Last Supper", "Justice League Last Supper", "Sopranos Last Supper", "Final Fantasy Last Supper", bahkan sampai "Zombie Last Supper". Umat Kristiani secara umum lebih toleran mengenai perbedaan antara pelecehan dan humor. Jadi stay on topic, bahas sesuai topik, jangan bawa-bawa Kristiani dan "Last Supper" segala. (-_-)V bennylin 404 00:04, 9 Februari 2008 (UTC)
Tidak bolehnya menurut siapa dulu. Lagi pula itu gambar dipasang di en: cuma buat bukti sejarah bukan buat provokasi orang muslim, nggak ada yang main-main SARA disini dan kalo emang tujuannya buat provokasi pasti uda diapus dari dulu dulu. Sangat disayangkan hanya karena segelintir orang yang keimanannya lemah (kalo emang betul-betul beriman harusnya ngeliat gambarnya dia juga ga akan menyembah dia) dokumen sejarah kayak gini dihancurkan.--Pyurio 16:36, 8 Februari 2008 (UTC)
Iya, memang sebaiknya kita usulkan gambar itu dihapus saja. Lagi pula tak ada informasi apapun dari gambar itu karena gambar itu sudah pasti bukan nabi Muhammad. Itu hanya khayalan penggambarnya--BlackKnight (kirim pesan) 11:24, 8 Februari 2008 (UTC)
Oke HAPUS YUUK bareng2x biar ga bikin masalah lebih buruk karena ketentuan Islam sudah jelas bahwa Menggambar Manusia itu dilarang apalagi menggambar rupa The Prophet Muhammad SAW! Dah HAPUS aja! NoiX180 14:07, 8 Februari 2008 (UTC)
Nah... udah susah kalau dah nyinggung doktrin "pokoknya" dan "toleransi". Tapi satu hal yang pasti gambar nabi muhammad itu emang udah ada dari dulu kok. Di perpus gw banyak buku sejarah seni rupa yang nyimpan gambar-gambar muhammad dari pelukis persia. Lah mau dihapus juga ga akan ngefek. Nanti pasti orang akan upload lagi karena kenyataannya gambar itu emang bukti sejarah. Hariadhi - Ngobrol 16:10, 8 Februari 2008 (UTC)
Serenity: Okeeee, gw juga belajar dari sejarah seni rupa kalau zaman Kristen awal juga pernah melarang patung dan gambar Yesus. Tapi argumentasinya bukan masalah keimanan atau sirik-sirikan, tapi mempertahankan bukti sejarahnya itu, lho. Sama kaya Taliban di Afghanistan ngancurin Patung Buddha Bamiyan hanya karena menganggap itu menyesatkan iman masyarakat. Is that fair? Lah bikin patungnya kan bukan kaya ngebalikin jempol. Tingginya aja puluhan meter gitu kok. Kok ya dalam beberapa hari dihancurin cuma masalah paranoid iman?
Lah gw muslim tapi adanya muka nabi muhammad ga bikin gw menyembah-nyembah beliau kok? @_@
Atau katakanlah, muslim di sini percaya ga boleh ada patung-patung dengan kesan porno dan vulgar. Lah terus relief-relief di Candi Sukuh itu apa lalu boleh dirusak? Hariadhi - Ngobrol 16:20, 8 Februari 2008 (UTC)
<sarkasme>Betul harus kita enyahkan itu relief-relief yang berbau pornoaksi dan pornografi.</sarkasme> --Pyurio 16:36, 8 Februari 2008 (UTC)

Nih nyindirnya telak...

The act of displaying images of amphibians is the greatest lie the history has witnessed. As such there are no images or idols or photos of frogs or toads in our religion, it is strictly prohibited in herpetology. So stop this nonsense act and stop fooling around with people and hurting biological sentiments of billions and billions of frog-leg eaters throughout this universe. I hope this petition doesn't fall on dumb people.

(dari sini)Hariadhi - Ngobrol 19:22, 8 Februari 2008 (UTC)

Ini tentang gambar yang di en.wikipedia bukan? kenapa ribut-ributnya di sini? Harusnya ngusulin penghapusannya di en juga. borgx(kirim pesan) 00:18, 9 Februari 2008 (UTC)

itu bukan gambar Nabi Muhammad, Har. Para ulama takut umat Islam berpikiran seperti kamu, yang berpikir bahwa orang berjenggot, berkumis hitam itu adalah Nabi Muhammad. Dari mana pelukisnya tau dia berkumis? Padahal setahu saya ada sunnah (berarti dilakukan oleh nabi) yang menyarankan untuk mencukur kumis! Darimana juga pelukisnya tahu bahwa kumis dan jenggotnya hitam, bukan putih, misalnya?

Nah, jika Wikipedia menampilkan itu di artikelnya, sama saja Wikipedia menyebar kebohongan dan membentuk opini pembacanya bahwa Nabi Muhammad berperawakan seperti itu. Itu loh, yang tidak diinginkan oleh umat Islam.

Mau ribut di commons tapi masih kesulitan bhs Inggris, siapa tau nanti ada yg mau menyampaikan keluhan ini dalam bahasa inggris, hehe..--BlackKnight (kirim pesan) 01:07, 9 Februari 2008 (UTC)
Ah, bukan mengadu-domba atau menjelek-jelekkan agama. Tapi, memang benar bahwa Tempo menyampaikan pernyataan maaf. Baca]


Huh, sakit-sakit ngewarnet :p -- duh kenapa ribut2in gambarnya atau bukan sih? Oh orang Persia yah itu yang gambar? Gue dari kemarin lagi coba cari-cari negaranya tapi ngga ketemu. Ini gue kasih contoh lucu, ceritanya di (mungkin Persia) ada ukiran timbul nabi Muhammad dan sahabat2nya lagi pegang Qur'an di tangan yang satu dan pedang ditangan yang lain. Orang Inggris pikir gambar itu keren dan ditiru utk gedung pengadilan mereka di Virginia, belakangan Inggris jadi Amerika. Ganti abad, terus orang-orang muslim disana sadar itu gambar apa, mulai melempari gedungnya... Cerita ini diceritakan ke gue saat ada teman tidak sengaja lagi lihat foto gue (yang keren) dan diambil secara kebetulan di depan gedung tersebut, katanya itu foto bersejarah. Gue sih ngga sadar gue foto didepan gambar atau gedung apa, yang gue tau adalah tu gedung keren, dan ber oh-oh ria.

Moral of the story: gue ngga sih ngga nyalahin orang-orang yang nimpukin, untuk mereka : itu "rupa" lebih baik hancur dan tidak terlihat daripada nampang disitu. Gue tau keputusan begini untuk perupa adalah keputusan yang membuat "shock" masalahnya Nabi juga merestui Ikonaklasme ini, buktinya begitu Mekkah direbut, berhala dan lukisan dalam Ka'bah dihabisin semua, bahkan konon lukisan yang mbangun alias lukisan Nabi Ibrahim <--tidak ada sumber, gue ngga bisa buktiin.

Trus apa hubungannya kaki kodok sama relief borobudur dibawa-bawa? Yang bangun borobudur bukan orang Islam dan ngga naruh patung Budha dan ditulisin Muhammad dibawahnya, so gue mah no problem, utk gue mereka boleh lakukan apa yang mereka suka dan cetak apapun itu asal jangan nabi gue yang terakhir. Untuk kodok, I think they're cute dalam posisi apapun juga termasuk posisi kamasutra atau posisi diatas meja bedah praktikum biologi SMA gue - So? What's the problem dude? Serenity 15:19, 9 Februari 2008 (UTC)

Gw masih sekubu sama Hariadhi. Penggambaran Nabi Muhammad (saw), selanjutnya saya singkat Nabi saja, bagaimana pun sudah terjadi di kalangan umat Islam sendiri. Ini menunjukkan fakta bahwa ada pendapat internal yang membolehkan penggambaran Sang Nabi, atau paling tidak ada seniman yang menganggap penggambaran Nabi Muhammad diperlukan. Perhatikan, gambar itu DIANGGAPKAN sebagai personal Muhammad, jadi boleh saja ditafsirkan: itu bukan Muhammad. Memang sebagian besar umat Islam berpegang pada hadis larangan menyerupakan Nabi, karena alasan dijadikan "idol". Faktanya, hadits tidak membolehkan pula penggambaran hewan dan manusia. Lah, kalo mau konsisten, beribu2 gambar wikipedia harus dihapuskan dong. Sebagai penutup, gw pribadi tidak ada keberatan atas pemuatan personifikasi Muhammad. Kalau situasi masih panas gini, gambar "diturunin" juga ngga apa2, tp dirujukkan saja ke Commons. Wikipedia toh ngga perlu ngotot jadi kompor. Kita bisa fleksibel. Kembangraps 15:29, 9 Februari 2008 (UTC)

Gw ngenet di kamar sekarang, hehe. Tadi waktu nelpon itu baru penyembuhan (baca blog gw aja kalau mau tau sakitnya :P)
Nah, itu kembangraps ngejelasin pandangan gw. Alternatifnya ya bisa dibuat artikel atau subtopiknya tersendiri, Kontroversi Gambar Muhammad, misalnya. Jelasin deh sampe berbusa-busa di sana, apa gambar Muhammad itu haram apa halal. Tapi mbok ya bukti sejarahnya jangan disembunyiin. Kenyataannya emang orang dulu pernah gambar Muhammad. Kalau berkeras bilang ga pernah dan minta-minta hapus itu kan sama aja kaya perbuatan zaman pertengahan. Menutupi informasi demi alasan iman.
Gambar itu palsu? Oh, come on... kalau perlu besok gw ke perpus. Gw fotoin deh bukunya. Tuh buku udah keluar sejak tahun 1960an. Lah balik lagi ke prinsip pemastian kan? Yang paling penting di wikipedia bukan masalah "benar" dan "baik", tapi apa referensinya bisa ditelusuri atau tidak.
Hubungannya sama kodok? Ganti kata-kata dalam sindiran itu. Gambar kodok ganti gambar Muhammad, ilmu perkodokan ganti dengan agama Islam, dan penikmat kaki kodok ganti dengan umat Islam. Tersinggung gw bilang Muhammad sama dengan kodok? Lah kenyataannya itulah yang sekarang sedang kita lakukan! (don wurry, gw muslim, dan sindiran itu gw pikir mengena ke tingkah kita semua)Hariadhi - Ngobrol 15:51, 9 Februari 2008 (UTC)
*OOT* Oh gitu ya mbang, ngga sekubu sama gue yah, jadi maunya sekubu sama Hariadhi *CTAR* (bunyi cemeti) silahkan. Asal tau aja si Hariadhi lagi sakit, biar ketularan deh sekalian. Ingat ya, duit masih di gue, kalau gue sampai tidak senang *CTAR* bisa gue beliin nasi padang nih... Serenity 16:02, 9 Februari 2008 (UTC)
Soal kodok, ya beda lah kodok sama Nabi Muhammad, sakit lo makin parah yah? Trus ngomong ngga usah muter-muter pake kata ganti segala, say what you have to say. For one thing, Nabi Muhammad can speak for himself (then) no? Kodok emang peduli gambarnya ada apa engga? Untuk dia, dapet serangga juga udah seneng. Serenity 16:02, 9 Februari 2008 (UTC)
Serenity, itu SINDIRAAAAAN! *geeze . Kayanya lu bakal bikin penyakit gw kambuh deh. :D Hariadhi - Ngobrol 16:05, 9 Februari 2008 (UTC)

*CTAR* Aooouuww, damn! You're so f*****' s**y! More pls...pls..? ;-p (Kyknya udah jelas ya, syukur wiki id: dari awal2 ngga ada gambar2 satu pun di artikelnya. (Kembangraps 21:16, 10 Februari 2008 (UTC)

Gyahahahaha. Kebayang kalau beneran ada di ID. Pasti berantemnya bisa berlembar-lembar berlayar-layar. Tapi seenggaknya kalau nanti ada yang usil ngupload kita udah tahu argumentasi masing-masing pihak. So... peace ah... v(^_^) v 219.83.0.253 04:11, 11 Februari 2008 (UTC) (Hariadhi malas login)

Gyaaaaaaaa, setelah berbulan-bulan ga ngewiki, jenguk warung kopi isinya panjang lebar berdebat ttg ilustrasi the prophet. Rekan-rekan lama juga kyknya masih lengkap semua (keren kalian semua, ga pernah abis bensinnya). Pendapat gue sederhana, gw muslim, dari golongan yang percaya bahwa memang tidak dibenarkan untuk mencoba mengilustrasikan beliau. Tapi gw juga sadar bahwa tidak semua orang mempercayai hal yang sama dengan gw, dan gw ga ada hak untuk memaksakan sesuatu berdasarkan kepercayaan gw. Cukuplah gw minta kebijaksanaan mereka yang berbeda untuk menghormati apa yg gw percayai. Bijaksana dalam arti menimbang apa yang terbaik buat semua. Untuk wiki en mungkin ditampilkan, namun tidak frontal, untuk wiki id, gw yakin semua sepakat kalau yang paling baik saat ini adalah tidak ditampilkan, sama saja pengen barbeq pake bakar2 pompa bensin. Buat serenity, sorry ga bisa bantu di OLPC seperti yg gw janjikan, ternyata kerja + kuli bnr2 ngabisin stamina gw :(, sorry dear Wiendietry Japri 15:25, 13 Februari 2008 (UTC)