Wikipedia:Automoderator

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ilustrasi dari peralatan Automoderator ketika mengembalikan suntingan.

Automoderator adalah perkakas yang dikembangkan oleh tim Moderator Tools dari Wikimedia Foundation. Perkakas ini dapat mengembalikan suntingan berpotensi vandalisme secara otomatis berdasarkan model pembelajaran mesin. Selain itu, perkakas ini dapat dikonfigurasi berdasarkan keputusan dan/atau kebutuhan komunitas (misalnya mengaktifkan atau menonaktifkan perkakas).

Melalui perkakas ini, diharapkan dapat mengurangi beban kontributor dalam melakukan patroli untuk mencegah dan/atau memberantas vandalisme. Perkakas ini masih dalam tahap awal pengembangan dan akan diujicoba pertama kali di Wikipedia bahasa Indonesia, maka kami harapkan masukan dan partisipasi Anda.

Informasi selengkapnya mengenai perkakas ini dapat dilihat di halaman MediaWiki Automoderator.

Apa itu Automoderator?[sunting sumber]

Presentasi di Wikimania mengenai Automoderator (13:50).

Automoderator masih dalam tahap pengembangan. Perkakas ini menggunakan model pembelajaran mesin terbaru untuk mengidentifikasi suntingan yang perlu dikembalikan (dalam hal ini adalan vandalisme). Jika ada suntingan yang ditandai untuk dikembalikan, maka perkakas akan melakukan pengembalian suntingan secara otomatis berdasarkan preferensi yang ditentukan oleh komunitas.

Diperkirakan perkakas akan mengembalikan rata-rata sebanyak 7 hingga 29 suntingan per hari (lihat tabel di bawah).

Berhubung Automoderator menggunakan model pembelajaran mesin, maka sudah pasti tidak akan akurat sepenuhnya. Terkadang akan terjadi kesalahan pemeriksaan dan mengembalikan suntingan berniat baik secara tidak sengaja. Kami perkirakan, berdasarkan model ini, bahwa tingkat keberhasilan perkakas ini mencapai 99%.

Cara menggunakan[sunting sumber]

Mengaktifkan atau menonaktifkan Automoderator[sunting sumber]

masih dalam pengembangan

Mengganti ringkasan suntingan Automoderator[sunting sumber]

masih dalam pengembangan

Mengganti nama pengguna Automoderator[sunting sumber]

Layaknya akun bot, Automoderator akan memiliki akun tersendiri untuk melakukan tindakan pengembalian secara otomatis. Nama pengguna dari perkakas ini akan ditentukan secara otomatis oleh sistem, tetapi komunitas bisa mengganti nama tersebut dengan mengirimkan permohonan di halaman pembicaraan.

Kesalahan pemeriksaan[sunting sumber]

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Automoderator memiliki kemungkinan untuk melakukan kesalahan berupa pengembalian suntingan yang berniat baik tanpa sengaja. Apabila itu terjadi, maka Anda dapat langsung mengembalikannya.

Ke depannya, kami akan membuat halaman terpisah untuk melaporkan kejadian kesalahan pemeriksaan agar segera ditindaklanjuti. Bagi pengguna berpengalaman, ada baiknya Anda memantau halaman ini untuk informasi terbaru.

Umpan balik[sunting sumber]

Silakan sampaikan masukan Anda mengenai perkakas ini melalui halaman pembicaraan.

Informasi terkini[sunting sumber]

Informasi terbaru mengenai perkakas akan disampaikan di bagian ini.

April 2024[sunting sumber]

Rekaman sesi diskusi daring Automoderator pada 27 April 2024

Pada tanggal 27 April 2024, kami mengadakan sesi diskusi daring untuk membahas mengenai perkakas Automoderator dengan mengundang seluruh kontributor Wikipedia bahasa Indonesia. Sesi ini dibawakan oleh Sam Walton sebagai penanggung jawab dari proyek ini.