Wikipedia:Warung Kopi (Bahasa)/Arsip/Juli 2013

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari



Nama kota di Dunia

Saya bingung mengapa di WBI sering terjadi adanya penerjemahan nama kota seperti:

  • Wina, padahal nama aslinya adalah Vienna
  • Jenewa, padahal nama aslinya adalah Genewa

Mengapa penerjemahan ini terkesan sembarangan ?--Hanamanteo (bicara) 3 Juli 2013 03.40 (UTC)

Darimana dasarnya bernama asli Vienna dan Genewa? Austria dan Swiss berbahasa resmi bahasa Jerman, dalam bahasa Jerman ditulis de:Wien dan de:Genf.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  15.10, 3 Juli 2013 (WIB)
Koreksi, Swiss ada empat bahasa resmi: Jerman, Perancis, Italia, dan Romansh (respectively, Genf, Genève, Ginevra, dan Genevra). — FarrasLa Poste 3 Juli 2013 15.49 (UTC)
Dan tidak satupun tertulis sebagai "Genewa".  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  23.28, 3 Juli 2013 (WIB)
Ada panduannya di sini --> Wikipedia:Pedoman penamaan#Nama geografis. Intinya, konsensus kita ialah untuk nama2 kota yang sudah sejak dahulu lazim diterjemahkan demikian dalam penerbitan2 di Indonesia, maka tetap mengikuti bentuk tersebut. Saya duga dulu itu penyerapannya ke Bahasa Indonesia tidak langsung dari bahasa setempat, melainkan melalui Bahasa Belanda. Salam, Naval Scene (bicara) 4 Juli 2013 01.55 (UTC)
Anda benar. Jadi, tidak ada "terkesan sembarangan?" -- Adiputra बिचर -- 4 Juli 2013 02.01 (UTC)



Pengubahan judul

Ada beberapa judul artikel yang menurut saya perlu diperhatikan. Jikalau judul artikel di bawah ini pernah didiskusikan sebelumnya, maka sekarang saya mengungkitnya lagi. Anggap saja evaluasi penamaan artikel.

  • Maag. Kata ini tidak tercantum dalam KBBI. Kalaupun ada, paling-paling dipakai dalam ragam percakapan. Mungkin sebaiknya dipindahkan menjadi sakit lambung atau istilah kedokteran yang lebih tepat.
  • Jering. Lebih baik dipindahkan ke jengkol. Sama-sama bahasa Indonesia (yang diserap dari bahasa daerah), namun kata jengkol lebih sering didapati dalam media massa (cetak maupun elektronik), dan lebih dikenal oleh orang non-Jawa sekalipun (tentu karena alasan sebelumnya). Selain itu, dalam KBBI, penjelasan dimuat dalam lema jengkol.
  • Penembak runduk. Baca halaman diskusinya.
  • Aksara Kaganga. Bisa dipindahkan ke aksara Rejang atau dibuat terpisah (materi tentang aksara Rejang dalam artikel tersebut dipindahkan untuk menjadi artikel tersendiri). Baca halaman diskusinya.

Mungkin ada artikel lain yang perlu diperhatikan. Sejauh ini hanya sebegini yang saya temui. -- Adiputra बिचर -- 30 Juni 2013 04.47 (UTC)

Ah ya, Jering vs Jengkol. Saya termasuk yang pro-Jering, karena bukan kata pungutan (bukan bahasa daerah), meskipun (sekarang) kurang populer. Saya mungkin bisa disebut termasuk "Melayuis" (orang yang sebisa mungkin mempertahankan istilah Melayu dalam bahasa Indonesia) meskipun kurang dikenal, jadi ini bukan alasan rasional juga :). Tapi kalau lebih banyak yang suka Jengkol saya akan ikut saja. Btw, di Malay Concordance Project bisa ditemukan jering sudah masuk naskah tertulis sudah lama (jengkol malah tidak ada). Gombang (bicara) 9 Juli 2013 13.52 (UTC)
P.S. Saya kira pemilihan istilah ini karena Tengku Syariful, pembuat artikel pertamanya, penutur bahasa Melayu (Pontianak?). Dan dia pengguna senior waktu itu, jadi tidak ada yang berani protes (mungkin :)) Lagipula Kembangraps yang biasa mengurus artikel tanam-tanaman juga setuju. Gombang (bicara)
Sebaiknya sikap cenderung ke pandangan tertentu dihindari. Pasti semua pengguna juga setuju. Di sini kita mencari yang lebih umum, agar lebih banyak yang tahu. Ada beberapa kata yang benar, tapi kita pakai saja yang mudah dikenali. Saya termasuk orang yang menggunakan istilah yang benar dan populer. Ambil contoh kata giant, bisa diterjemahkan jadi raksasa atau gergasi. Pasti sebagian besar orang cenderung memilih kata raksasa, meskipun gergasi juga boleh. Demikian. -- Adiputra बिचर -- 16 Juli 2013 02.02 (UTC)

Hal ini sudah sejak lama saya pikirkan tapi sekarang saya tanyakan mumpung habis mengutarakan evaluasi penamaan. Di KBBI ada daftar nama-nama negara di dunia. Jika ditelusuri antara KBBI dan Wikipedia Indonesia, maka akan ditemukan sejumlah perbedaan. Apakah Wikipedia akan mengikuti KBBI, atau tetap dengan judul versia Wikipedia? Berikut ini sejumlah perbedaan yang didapat:

Demikian. -- Adiputra बिचर -- 1 Juli 2013 14.03 (UTC)

[Untuk Perancis/Prancis] Sudah ada permohonan pendapat terdahulu. SpartacksCompatriot lapak stensil 1 Juli 2013 16.19 (UTC)
Untuk nama-nama negara, dan perbedaan antara KBBI dan Wikipedia, dapat dilihat di tabel di Wikipedia:ProyekWiki penamaan negara, ibu kota dan bahasa. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin mufakat 17.31, 2 Juli 2013 (WIB)

Dapat ditambahkan juga:

Lalu perbedaan minor (kiri KBBI, kanan Wikipedia)

Kesimpulan saya, KBBI bukan rujukan yang kredibel untuk nama-nama negara. Pada beberapa kasus seperti "Turkimenistan", sangat terlihat inkompetensinya. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bicara 17.44, 2 Juli 2013 (WIB)


Kalau boleh ikut menambahkan:

Penulisnya para senior, jadi takut. Terima kasih. Midori (bicara) 1 Juli 2013 14.48 (UTC)

Lucunya, ada kalimat yang kontradiktif pada artikel pulpen. Lucunya lagi, hal itu terpelihara dan diskusinya mandek. -- Adiputra बिचर -- 1 Juli 2013 15.46 (UTC)
Untuk Chili menjadi Cile, menurut saya terlalu dipaksakan, dalam arti penggunaannya sangat jarang dan jika digunakan --menurut saya-- akan menjadi aneh dan tak lazim. Untuk sisanya, saya tidak (terlalu) bermasalah. Salam. Albertus Aditya (bicara) 1 Juli 2013 17.08 (UTC)

Sekadar pemberitahuan bahwa inilah rencana pemindahan beberapa artikel ke judul baru masing-masing.

Tabel

Judul sebelumnya Usulan pemindahan Alasan Keterangan* Komen
Aksara Kaganga Aksara Rejang halaman diskusinya pindah atau pecah
Chili Cile KBBI
Ethiopia Etiopia KBBI
Fountain pen Pulpen KBBI
Greenland Grinlandia KBBI Bentrok dg en:Grinlandia
Jering Jengkol diskusi di atas
Maag Sakit lambung, radang lambung diskusi di atas masih perlu masukan lebih familiar Maag
Penembak runduk Sniper halaman diskusinya Byk hlm yg hrs diganti [1]
Perancis Prancis KBBI
Pulpen Bolpoin KBBI siap-siap pindah
Batubara Batubara (marga) Membingungkan, ketika membuat pranala
mengenai batubara (coal), mampirnya
malah ke batubara marga batak

* Yang sudah dipindahkan dapat diberi tanda dengan templat:centang.

Untuk Perancis, sudah pernah dibicarakan di sini. — FarrasLa Poste 1 Juli 2013 16.21 (UTC)
Untuk Perancis, lihat juga http://www.ambafrance-id.org/-Indonesia- (walaupun tidak konsisten juga sih, lihat [2]) ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bicara 17.26, 2 Juli 2013 (WIB)
Saya sudah tahu. Dalam diskusi itu sendiri masih menunggu kemunculan KBBI terbaru. Saya berharap ada tinjauan ulang. Kalau tidak bisa, yah, tidak apa-apa. -- Adiputra बिचर -- 2 Juli 2013 14.17 (UTC)

Untuk Greenland, sebaiknya saya sarankan untuk kata Tanah Hijau, mengacu pada Green=Hijau, Land=Tanah, bukan Grinlandia, mungkin mengapa tidak sekalian saja Thailand diubah namanya menjadi Tailandia?--Hanamanteo (bicara) 2 Juli 2013 05.02 (UTC)

Menarik. Sayangnya Anda tidak memberi rujukan mengenai nama Tailandia. -- Adiputra बिचर -- 2 Juli 2013 14.17 (UTC)

Saya pengusul mengenai pemindahan batubara itu. Memang sih di KBBI ejaan yang benar adalah batu bara, namun Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia terkadang masih menggunakan istilah "batubara", bukan "batu bara". Berbagai surat kabar nasional pun demikian. Dan juga beberapa artikel yang judulnya mengandung istilah batu bara (coal) maupun yang berpranala ke sana, dituliskan dengan "batubara". Lihat Istimewa:Pranala_balik/Batubara, PLTU Batubara, Komunitas Batubara dan Baja Eropa, Tambang Batubara Bukit Asam, Daftar perusahaan batubara Indonesia. Penggunaan batubara (disambiguasi) tidak efektif. Hysocc 26 Juli 2013 10.52 (UTC)



Ejaan istilah2 Islami

Ikut berpendapat. Khususnya untuk istilah2 agama Islam dari bahasa Arab, saya merasa serapan KBBI juga tidak cocok. Saya masih sedikit "kesal" juga ketika shalat secara dipaksakan diganti menjadi salat dgn alasan ejaan KBBI. Sebab dalam penyebutan sehari2 umat Islam Indonesia dan dalam penulisan di kitab suci oleh lajnah pentashih tidak dituliskan demikian. Jadi memang sebagian besar perlu distandarkan sesuai KBBI, tapi tidak semua. Demikian pendapat saya. Salam, Naval Scene (bicara) 2 Juli 2013 12.04 (UTC)

Dalam sistem penyerapan istilah ada yang diserap utuh dan ada yang disesuaikan dengan ortografi Indonesia. Mungkin ejaan shalat disesuaikan menjadi "salat" namun dalam pengucapan masih berkiblat ke pelafalan Arab. Saya sendiri menemukan beberapa istilah dalam agama Hindu ditulis mengikuti pelafalan Sanskerta namun umat Hindu Indonesia sendiri tidak melafalkannya demikian. Contohnya 'Syiwa'. Dalam KBBI dieja "Syiwa" (menurut ejaan Sanskerta Çiva), namun dalam kehidupan sehari-hari diucapkan "Siwa". -- Adiputra बिचर -- 2 Juli 2013 14.17 (UTC)
Ya itu lah Bung Adi, KBBI (Pusba?) tidak konsisten. "Shalat" dalam kehidupan sehari-hari diucapkan "shalat" tapi ejaannya jadi "salat". Sedangkan "Siwa" yang merupakan pengucapan sehari-hari, diejanya "Syiwa". Salam, Naval Scene (bicara) 4 Juli 2013 01.44 (UTC)

Nama kota di Dunia

Saya bingung mengapa di WBI sering terjadi adanya penerjemahan nama kota seperti:

  • Wina, padahal nama aslinya adalah Vienna
  • Jenewa, padahal nama aslinya adalah Genewa

Mengapa penerjemahan ini terkesan sembarangan ?--Hanamanteo (bicara) 3 Juli 2013 03.40 (UTC)

Darimana dasarnya bernama asli Vienna dan Genewa? Austria dan Swiss berbahasa resmi bahasa Jerman, dalam bahasa Jerman ditulis de:Wien dan de:Genf.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  15.10, 3 Juli 2013 (WIB)
Koreksi, Swiss ada empat bahasa resmi: Jerman, Perancis, Italia, dan Romansh (respectively, Genf, Genève, Ginevra, dan Genevra). — FarrasLa Poste 3 Juli 2013 15.49 (UTC)
Dan tidak satupun tertulis sebagai "Genewa".  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  23.28, 3 Juli 2013 (WIB)
Ada panduannya di sini --> Wikipedia:Pedoman penamaan#Nama geografis. Intinya, konsensus kita ialah untuk nama2 kota yang sudah sejak dahulu lazim diterjemahkan demikian dalam penerbitan2 di Indonesia, maka tetap mengikuti bentuk tersebut. Saya duga dulu itu penyerapannya ke Bahasa Indonesia tidak langsung dari bahasa setempat, melainkan melalui Bahasa Belanda. Salam, Naval Scene (bicara) 4 Juli 2013 01.55 (UTC)
Anda benar. Jadi, tidak ada "terkesan sembarangan?" -- Adiputra बिचर -- 4 Juli 2013 02.01 (UTC)



Bantu memeriksa terjemahan

Adakah yang bisa membantu saya memeriksa terjemahan saya di artikel Albatros. Maklum bahasa inggris saya pas-pasan.

Willybold (bicara) 3 Juli 2013 10.47 (UTC)

Pola Penamaan

Saya mengusulkan bisu dipindahkan ke tunawicara dan tuli dipindahkan ke tunarungu untuk mengikuti pola tuna-: tunanetra, tunalaras, dan tunagrahita Ilham Cahyo Nugroho Obrolan I'am

Dekret ke Dekrit

Mengapa di WBI ada artikel yang berjudul Dekret Presiden 5 Juli 1959, bukannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959? Padahal masyarakat Indonesia, terutama ahli sejarah Indonesia, lebih mengenal kata dekrit daripada dekret. Lagipula bahasa Inggris dekrit adalah decree (baca:dekri).--Hanamanteo (bicara) 5 Juli 2013 04.01 (UTC)

Kalau menurut KBBI, pilihan kata yang benar dekret. Kalau dekrit tidak ada lemanya di sana. Salam, --Dede2008 (bicara) 5 Juli 2013 14.21 (UTC)
Tidak semua bahasa serapan ditelusuri jejaknya ke bahasa Inggris. Kalau dari bahasa Inggris, mungkin bakal diserap menjadi "dekri". Kata "dekret" mungkin saja dari bahasa Belanda decreet, karena dalam KBBI ditulis pelafalannya /dekrét/. -- Adiputra बिचर -- 6 Juli 2013 03.36 (UTC)

Tim penerjemah bahasa

Kalau saya lihat, banyak sekali artikel yang belum diterjemahkan dari bahasa asalnya, misalnya bahasa Inggris, bahasa Perancis, dan bahasa Melayu. Bagaimana kalau Wikipedia Bahasa Indonesia membuat tim penerjemah artikel? Ini adalah daftar artikel-artikel yang belum diterjemahkan:

Anggota timnya adalah yang tercantum dalam daftar di bawah ini:

Anggota tim yang tercantum dalam daftar di atas sebaiknya membantu menerjemahkan artikel yang perlu diterjemahkan. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih.--Hanamanteo (bicara) 9 Juli 2013 04.14 (UTC)

Karena bersifat sukarela, mungkin kinerja tim ini tidak akan efisian. Sebaiknya Anda mengajukannya di proyek wiki bersangkutan karena topik di Warung Kopi ini diarsipkan. Kalau dicantumkan di proyek wiki maka pesertanya dapat menyimak untuk seterusnya. -- Adiputra बिचर -- 16 Juli 2013 02.02 (UTC)

Nama Arab

Saya lihat, di WBI terdapat artikel tokoh Arab yang bernama justru seperti kebarat-baratan seperti:

  • Yasser Arafat, seharusnya Yasir Arafat atau Yassir Arafat, di artikel itu juga terdapat nama lengkapnya yaitu Mohammed Abdel Rahman Abdel Raouf Arafat al-Qudwa al-Husseini, padahal nama lengkap ini menurut Wikipedia:Pedoman penamaan/Tokoh adalah Muhammad Abdurrahman Abdurrauf Arafat al-Qudwa al-Hussaini.

Bolehkah saya mengalihkan halaman yang tertera di atas karena penulisan yang tidak tepat?--Hanamanteo (bicara) 26 Juli 2013 04.21 (UTC)

Lihat di sini. Yang menjadi pertimbangan secara berturut-turut adalah:
  • nama yang populer (yang paling banyak dimasukkan orang di kotak pencarian seperti Google)
  • nama yang ingin dipakai oleh sang tokoh
  • nama yang paling sering digunakan, walaupun tidak populer (misalnya karya ilmiah)
  • nama transliterasi Indonesia dari nama lahir/nama aslinya
  • nama lahir
  • nama asli
  • nama yang terakhir digunakan.
Yasser Arafat adalah nama populer, tidak ada yang mau repot-repot mencari Muhammad Abdurrahman Abdurrauf Arafat al-Qudwa al-Hussaini di kotak pencari Google. Itu nama populernya. Hal itu juga berlaku bagi Mohamed ElBaradei. Jika Anda ingin membuat halaman pengalihan khusus, silakan. Buat halaman Muhammad Abdurrahman Abdurrauf Arafat al-Qudwa al-Hussaini dan alihkan ke Yasser Arafat. Buat halaman Muhammad Al-Barada'i, alihkan ke halaman Mohamed ElBaradei. SpartacksCompatriot bicara 26 Juli 2013 07.10 (UTC)

Parameter

Bolehkah saya mengisi parameter dalam kotak info (info box) menggunakan bahasa Indonesia, bukannya bahasa Inggris?--Hanamanteo (bicara) 31 Juli 2013 14.50 (UTC)

Semestinya begitu, karena ini Wikipedia ber-bahasa Indonesia Namun sayang belum semua templat {{Kotak info}} tersebut (parameternya) yang diterjemahkan kebahasa Indonesia. Jadi coba periksa dulu templatnya itu apa sudah diterjemahkan parameternya atau belum, karena kalau belum maka parameter yg menggunakan bhs Indonesia tidak akan dikenali infobox-nya. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  22.15, 31 Juli 2013 (WIB)