Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)/Arsip/Juli 2012

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bebek ICHIE khas Madura di Jl. Raya Cisauk Sampora, Tangerang. Datang dan nikmati empuk dagingnya dan khas sambelnya yg super huah...huah.... Menerima pesanan di 087888373535 - 081318769007 buka jam 1600-2100

kebijakan artikel tentang melayu[sunting sumber]

tanya: apa sebab wikipedia bahasa indonesia memecah-mecah artikel tentang melayu? ada Melayu Bengkulu, Melayu Palembang, Melayu Riau, melayu jambi, melayu deli dll. yang padahal semuanya sejatinya adalah MELAYU. mengapa tidak disatukan saja ke dalam artikel Melayu (seperti di dalamnya ada melayu malaysia dan thailand). kalau Suku Jawa, walaupun secara administrasi pemerintah mereka dipisahkan, namun mereka tetap bersatu dalam identitas etnis mereka, yaitu JAWA. budakmelaka

suk jawa, walau mereka menyebar dan telah lama menetap di lampung, mereka tidak pernah menamakan diri mereka SUKU JAWA LAMPUNG? budakmelaka

Saudara Budakmelaka, hal ini menurut saya karena Wikipediawan Indonesia beranggapan bahwa suku-suku Melayu di Indonesia tersebut memiliki kekhasan tersendiri dalam dialek bahasa dan adat budaya mereka, meskipun tetap banyak kesamaannya.
Contoh, bahasa Melayu Palembang: "Budak tino Pelembang emang cindo-cindo galo. Baseng kau la, aku dak melok-melok bae", apakah terasa jelas oleh anda? Bagaimana dengan bahasa Melayu Bengkulu ini: "Bingung pulo ambo kalo ditembak cak iko. Ambo dak pacak nyebutkan namo tu di siko, maaf nian donga"? Itu baru dari segi bahasa. Dalam segi budaya, Wong Kito (sebutan Orang Palembang) merasa budayanya ada kekhasan tersendiri bila dibandingkan dengan Orang Deli, Orang Bengkulu, Orang Jambi, dll, demikian pula sebaliknya.
Mengenai etnis Jawa, sebenarnya tidak homogen juga dan memiliki kekhasan tersendiri dalam dialek bahasa dan adat budaya mereka, misalnya seperti Jawa Tengahan, Jawa Banyumasan, Jawa Timuran, Jawa Osing, dan Jawa Tengger. Di Wikipedia bahasa Indonesia, kekhasan itu dibahas tersendiri. Demikian sedikit komentar saya. Salam, Naval Scene (bicara) 3 Juli 2012 13.04 (UTC)[balas]

Kelayakan artikel restoran[sunting sumber]

Menurut saya artikel restoran tidak memenuhi kriteria kelayakan, karena bersifat promosi. Misalnya Bakmi GM, Hema Dutch, Ayam Goreng Fatmawati, dan Wanna B Cafe & Resto. ‑Bennylin runding 23.15, 5 Juli 2012 (WIB)

Mungkin kalau Bakmi GM masih layak (walaupun isinya harus dibedah lagi), tetapi kalau saya ambil contoh McDonald's atau KFC atau mungkin lagi Es Teler 77 saya rasa masih bisa dipertahankan. Albertus Aditya (bicara) 5 Juli 2012 17.17 (UTC)[balas]
Kalau waralaba yang sudah nasional dan cabangnya puluhan seperti D'Cost mungkin boleh lah, tapi kalau cuma di beberapa lokasi saya rasa itu promosi. ‑Bennylin cakap 02.05, 6 Juli 2012 (WIB)
OK, Bu Fatmawati boleh lah... :p ‑Bennylin dialog 02.06, 6 Juli 2012 (WIB)
Bagaimana jika pakai indikator keberadaan mereka (baca:restoran) di luar Jawa? Ezagren (kirim pesan) 5 Juli 2012 23.44 (UTC)[balas]

Mohon Maaf, Masih Belajar[sunting sumber]

Kepada Yth admin Wikipedia, Sepesial kepada mas Sutanto..

Dengan hormat..

Terimakasih banyak telah mengoreksi kesalahan saya pada latihan (tulisan) pertama di wikipedia.

Jujur saja saya penasaran dan ingin terlibat menulis dan berkontribusi di wikipedia, makanya saya mencoba memahami dengan baik tata tertibnya sebelum memulai.

Terus terang agak rumit memahami berbagai perintah yang jarang saya temukan, namun karena semangat dan maksud yang positif saya berusaha memahaminya, apalagi ada pesan dalam tatatertib bahwa "jangan takut memulai menulis, jika salah akan ada petugas Wikipedia yang akan membenarkannya.."

Saya tidak menyangka tulisan coba-coba itu kok malah ter publish. Jadi mohon maaf bukan karena sengaja mengirimkan sampah (tulsian ngawur) ke sini.

Maaf, mengutip catatan mas Sutanto pada penjelasannya tentang tulsian ngawur itu karena :


  • Baris isi

Tulisan atau karakter acak yang sama sekali tidak memiliki arti. Contohnya adalah "svn9664452=-087xk", yang dihasilkan dengan penekanan acak tombol-tombol pada keyboard (papan ketik) komputer. (Jujur saya tidak mengerti kenapa "svn9664452=-087xk" bisa muncul, apa makna kode itu, saya pun tidak mengerti).

  • Baris isi

Isi yang walaupun kelihatan bermakna, ternyata sama sekali omong kosong dan membingungkan sehingga sama sekali tidak bisa dimengerti oleh orang yang memiliki akal sehat. (Membingungkan bisa saja karena tulisan itu BELUM lengkap, tapi sudah terpublish, padahal sedang coba-coba atau latihan).


Beberapa tulisan saya masuk dalam beberapa beberapa forum diskusi. Dan tulian yang tampil itu bukanlah sampah meskipun saya sedang mencobanya tau-tau terpublish padahal belum selesai.

Demikian penjelasan saya kepada mas Sutanto, semoga berkenan menghapusnya dan memberi kesempatan pada saya untuk belajar dan mencintai wikipeida lebih mendalam lagi..

Atas perhatiannya saya haturkan terimakasih.

salam abanggeutanyo

Abanggeutanyo (bicara) 8 Juli 2012 10.51 (UTC)[balas]

Abanggeutanyo tidak ada salahnya untuk belajar mencoba-coba di wikipedia. kalau selesai menulis coba dulu dengan lihat pratayang jika sudah yakin dengan tulisan anda baru klik simpan halaman. Silahkan di coba-coba di halaman iniImanuel NS Uen (Pesan di sini) 11 Juli 2012 11.54 (UTC)[balas]
SIlahkan baca WP:Tutorial untuk belajar.   έδδφ  Ngobrol? Klik aja :) 11 Juli 2012 14.55 (UTC)[balas]

 SelesaiImanuel NS Uen (Pesan di sini) 24 Agustus 2012 14.54 (UTC)[balas]

Help decide about more than $10 million of Wikimedia donations in the coming year[sunting sumber]

(Apologies if this message isn't in your language. Please consider translating it)

Hi,

As many of you are aware, the Wikimedia Board of Trustees recently initiated important changes in the way that money is being distributed within the Wikimedia movement. As part of this, a new community-led "Funds Dissemination Committee" (FDC) is currently being set up. Already in 2012-13, its recommendations will guide the decisions about the distribution of over 10 million US dollars among the Foundation, chapters and other eligible entities.

Now, seven capable, knowledgeable and trustworthy community members are sought to volunteer on the initial Funds Dissemination Committee. It is expected to take up its work in September. In addition, a community member is sought to be the Ombudsperson for the FDC process. If you are interested in joining the committee, read the call for volunteers. Nominations are planned to close on August 15.

--Anasuya Sengupta, Director of Global Learning and Grantmaking, Wikimedia Foundation 19 Juli 2012 20.08 (UTC)[balas]

Distributed via Global message delivery. (Wrong page? Fix here.)