Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)/Arsip/Desember 2012

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Kebijakan untuk Site Notice Wikipedia Bahasa Indonesia

Kebijakan bodoh pilih satu diantara enam dan tidak ada yang tanggung jawab

Halo admin,

  • Kebijakan untuk site notice Wikipedia bahasa Indonesia mengiklankan facebook dan twitter tertentu via site notice Wikipedia bahasa Indonesia yang disumbang oleh berbagai sukarelawan - aturannya mana yah?
  • Saya lihat di facebook paling tidak ada enam akun facebook Wikipedia Bahasa Indonesia; mulai dari Pengguna Wikipedia bahasa Indonesia (grup), Anime Wikipedia Bahasa Indonesia, Wikipedia bahasa Indonesia (umum, halaman komunitas), Indonesian Wikipedia yang fungsinya mengutip orang orang difacebook yang mencantumkan Wikipedia Bahasa Indonesia di status mereka. Tapi hanya satu akun yang diiklankan di site notice. Kenapa? Kenapa akun ini yang dipilih? Siapa adminnya? Ada berapa? Siapa yang bertanggung jawab kalau ternyata akunnya dipersalah gunakan padahal diiklankan via site notice Wikipedia bahasa Indonesia yang notabene dioperasikan oleh Wikimedia Foundation?
  • Mengapa tidak dibuka siapa yang bertanggung jawab disini? Karena admin tersebut mengatas namakan Wikipedia Bahasa Indonesia yang namanya banyak, bukan satu.
  • Seharusnya iklan tersebut dicabut karena rentan masalah. Biar saja pengguna facebook memilih mereka mau ikut akun yang mana. Serenity (bicara) 26 Desember 2012 05.54 (UTC)[balas]
Kapasitas saya dalam menjawab pertanyaan ini adalah sebagai pribadi dan tidak mewakili seluruh pengurus. Setahu saya, Facebook (http://www.facebook.com/id.wiki) dan Twitter (https://twitter.com/idwiki) yang "diiklankan" adalah akun Facebook yang dijalankan oleh sejumlah pengguna aktif dan pengurus Wikipedia bahasa Indonesia, termasuk saya menjadi pengurus di laman Facebook, namun saya pribadi tidak terlalu aktif; sementara akun Twitter meng-"tweet" yang sama dengan akun Facebook; ralat bila salah. Di laman Facebook, setahu dan seingat saya ada 8 (delapan) orang admin, tidak semuanya pengurus di WBI, tetapi boleh dikatakan pengguna aktif atau mungkin sangat aktif di WBI.
Untuk pertanggung jawaban yang mungkin ditanyakan Serenity, pengubahan pada Sitenotice dilakukan oleh Pengurus Bennylin. Salam. Albertus Aditya (bicara) 26 Desember 2012 06.12 (UTC)[balas]

Lalu siapa admin admin dalam facebook itu dan bagaimana menghubunginya kalau akun facebook tersebut dipersalah gunakan padahal iklannya ada di Wikipedia bahasa Indonesia? Apa kita hanya terus pergi ke delapan orang yang tidak tahu siapa dan menghubunginya bagaimana? Serenity (bicara) 26 Desember 2012 07.38 (UTC)[balas]

Agar terjadi transparasi, maka berikut nama-nama admin halaman http://www.facebook.com/id.wiki (secara alfabetis):
Salam. ·· KℇℵℭK 27 Desember 2012 05.54 (UTC)[balas]
Hihihi... beginilah kalau Ibu Presiden sudah mencak-mencak.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   27 Desember 2012 17.24 (UTC)[balas]
Berkas:Perempuan dengan rok mini enam bulan dipenjara.png
kampanye negatif terhadap perempuan status 1
Berkas:Menampar perempuan didepan umum.png
kampanye negatif terhadap perempuan status 2
Halo,
Saya sebagai Ketua Umum Wikimedia Indonesia secara resmi meminta site notice di Wikipedia bahasa Indonesia dicabut. Hal ini karena beberapa statusnya, dimana pranalanya diiklankan dengan menggunakan situs web Wikipedia Bahasa Indonesia, telah mengkampanyekan hal negatif dan kekerasan terhadap perempuan untuk wilayah Indonesia. Permintaan ini sekali lagi adalah permintaan untuk mencabut site notice yang mengiklankan twitter dan facebook tertentu untuk Wikipedia Bahasa Indonesia dalam 1x24 jam atau ke delapan pegurus situs facebook tersebut akan saya laporkan pada Geoff Bringham penasehat hukum Wikimedia Foundation atas penggunaan situs Wikipedia untuk mengiklankan hal negatif diatas. Saya tunggu kerja samanya. Siska.Doviana (bicara) 28 Desember 2012 08.16 (UTC)[balas]
Sudah diubah Albertus Aditya. SpartacksCompatriot lapak stensil 28 Desember 2012 09.05 (UTC)[balas]
Dan post yang terkait di Facebook telah dihapus. ·· KℇℵℭK 28 Desember 2012 09.07 (UTC)[balas]

Pertama-tama, saya setuju bahwa perlu lebih ada pertanggungjawaban untuk admin yang membuat post. Maka saya usulkan kepada admin-admin agar membubuhkan inisialnya di akhir status untuk menandakan admin mana yang sedang bertugas (misalkan -Ezagren, Kenrick, KN, AA, dll).

Kedua, soal pelecehan perempuan. Saya kurang setuju kalau salah satu admin dituduh melecehkan perempuan. Memang pelecehan perempuan itu mengerikan, saya sendiri juga sangat mendukung kesetaraan gender. Namun, penekanannya adalah bahwa yang dipost di status tersebut adalah fakta tentang keberadaan hukum yang tidak memihak perempuan, bukan status yang mengkampanyekan kekerasan terhadap perempuan (seperti mengajak memukuli istri secara terbuka). Dua hal ini adalah dua hal yang sangat berbeda. Untuk mengilustrasikan perbedaannya secara lebih rinci, saya sering lihat page wiki di facebook membuat status tentang peristiwa pengeboman. Saya rasa orang akan menginterpretasikan ini sebagai penyampaian fakta bahwa pernah terjadi pengeboman, bukan mengajak mengebom.

Namun, saya mencoba menelusuri sumbernya untuk memastikan kesahihan beritanya. Untuk yang rok mini, kompas melaporkan keberadaan hukum tersebut, tetapi ditampik oleh Swaziland. Untuk yang hukum pemukulan, penelusuran di google hanya menemukan situs-situs trivia yang tidak dapat dipastikan kebenarannya. Maka yang menjadi masalah di sini (dan juga masalah di semua Wikipedia secara keseluruhan) seharusnya adalah pertanggungjawaban konten dan bukan soal pelecehan. Dan soal ini, saya akan ajak admin untuk lebih menelusuri keabsahan informasinya terlebih dahulu sebelum dibuat statusnya (ini tentu bukan cuma untuk page facebook, tapi juga untuk seluruh Tahukah Anda dan bahkan semua artikel di WBI).  Mimihitam  28 Desember 2012 09.27 (UTC)[balas]

--Dede2008 (bicara) 28 Desember 2012 09.30 (UTC)[balas]
RaymondSutanto (bicara) 29 Desember 2012 08.44 (UTC)[balas]

Facebook Wikipedia sering digunakan untuk hal hal aneh dan bukan pertama kalinya hal ini diprotes, contohnya mengedepankan soal kuntilanak, kentut, setan - berturut turut. Pada saat hal diprotes, adminnya pernah posting bahwa hal hal aneh bin menarik itu akan terus menerus mereka lakukan, tentu saja hal tersebut sah sah saja - karena mereka yang buat akun dan akun itu tidak sendirian di facebook, ada banyak akun lainnya dan pengguna facebook bisa mengikuti enam akun facebook wikipedia yang ada.

Apakah saya bisa melaporkan ke polisi (karena Wikimedia Indonesia juga punya pengacara) dan memasukkan nama ke delapan admin tersebut saat itu dilakukan? Agar mereka diwawancara di Polsek, misalnya. Bisa, tapi tidak ada urusan, unlike saja facebooknya, beres.

Tapi hal ini berubah saat akun facebook "tertentu" atau pilihan satu diantara enam, diiklankan di site notice, dalam satu hari pengikutnya berlipat dari 11.000 pada posting pertama dilakukan, menjadi 12.000. Sebelum diiklankan di site notice, berapa pengikutnya? Mereka mau main posting bodoh tidak terverifikasi seperti apapun, hal itu hanya akan jadi hal yang personal. Namun setelah menjadi site notice, jangkauan mereka berubah drastis menjadi ribuan, namun kemampuan adminnya mempublikasikan dan memverifikasikan pesan tidak berubah, padahal diiklankan di site notice. Untuk yang tidak mengetahui bagaimana wikipedia bekerja, mereka akan berpikir apapun yang diposting adalah sudut pandang wikipedia sebagai satu, atau Wikimedia Foundation sebagai yang punya.

Saat ini terjadi, saya dengan senang hati memprosesnya secara hukum.

Tidak ada yang perlu dihapus dari status facebook anda (yang punya akun facebooknya), itu hak anda mengekspresikan apa yang anda ingin ekspresikan, apakah anda ingin menghukum perempuan karena mereka memakai rok mini atau menamparnya didepan umum - silahkan. Yang saya protes disini adalah adminnya bersembunyi dibelakang wajah bola wikipedia dan menumpang iklan hingga diikuti ribuan orang di site notice wikipedia.

Salam, Siska.Doviana (bicara) 29 Desember 2012 12.34 (UTC)[balas]

Saya rasa kurang fair untuk menjudge suatu page dengan mengcherrypick beberapa post yang kebetulan sedang menjadi tema saja. Topik yang dipost selalu bervariasi. Misalkan, dari 1 November 2012:

18 Oktober 2011:

9 Oktober 2011

20 Desember 2010

Seperti yang bisa kita lihat dari beberapa post (bisa dipastikan sendiri di pagenya dengan melihat historynya), topiknya bervariasi dan tidak terbatas kepada mitos kuntilanak atau pocong :) Dan saya tidak melihat masalah dalam memposting fakta unik tentang mitos kuntilanak atau pocong (sama seperti tidak masalah memposting mitos tentang Zeus), toh semua orang berhak memperoleh informasi. Tapi tentu ini akan kami anggap sebagai masukan .

Kemudian, Anda ingin memproses sesuatu secara hukum. Well, sebelumnya, saya rasa sudah sangat jelas bahwa sama sekali tidak ada pelecehan di sini. Perlu ditekankan bahwa membubuhkan fakta tidak sama dengan melecehkan. Dalam post tersebut, sama sekali tidak ada ajakan untuk memukuli istri ataupun menangkap mereka yang memakai rok mini. Analoginya juga sudah saya tekankan; kadang di page tersebut berita tentang pengeboman dikabarkan, namun kita tidak mengatakan pembubuhan fakta tersebut sebagai ajakan mengebom bukan? Ngomong-ngomong, sebaiknya Anda juga menuntut Kompas atau media-media lain yang juga membubuhkan fakta tentang hukum rok mini Swaziland atau poligami Bupati Aceng Fikri karena "mengajak melecehkan merempuan" :) Selama tidak ada elemen hukum bahwa telah terjadi pelecehan, maka menyebut-nyebut proses hukum adalah sesuatu yang tak relevan.

Jadi saya rasa sudah sangat jelas bahwa sama sekali tidak ada masalah pelecehan di sini. Saya harap bisa dipahami dengan baik :)  Mimihitam  29 Desember 2012 15.36 (UTC)[balas]

Menurut saya, tidak ada yang salah baik pemasang site notice maupun pemasang status di Facebook, karena memang tidak melanggar satu aturan pun di Wikipedia bahasa Indonesia. Saran saya, agar lebih produktif dan tidak terulang kembali Serenity bisa mengusulkan kebijakan untuk penggunaan site notice, kemudian dilihat dan didiskusikan bersama oleh komunitas. Salam. --Ricky Setiawan (bicara)
Intermezzo: Halaman penggemar resmi (langsung dioperasikan pribumi Wikipedia) Wikipedia Indonesia untuk memperkenalkan konten ensiklopedianya ke publik cuma satu, bukan enam (kalau saya jelaskan satu-satu perbedaannya bakalan panjang). Karena konsisten dan memiliki kekhasan tersendiri dalam berbagi pos, popularitasnya pun meroket sendiri melampaui yang lain. Pada umumnya, pengguna media sosial lebih suka mencari halaman resmi atau memilih halaman yang jumlah penggemarnya banyak. Tidak ngiklan pun tidak apa-apa, lagipula iklan itu baru beberapa hari yang lalu. Terlepas dari masalah "boleh-tidaknya-iklan-di-site-notice", tautan yang ditargetkan di site notice itu sudah tepat sasaran. Sip! Saatnya kembali ke topik.FarrasLa Poste 29 Desember 2012 19.14 (UTC)[balas]
Mimihitam, tampaknya anda belum mengerti juga maksud saya. Saya utarakan singkat disini sebagai pengulangan: silahkan gunakan situs facebook wikipedia untuk urusan apapun, namun site notice jangan. Penggunaan site notice itu berbahaya apabila digunakan untuk main main dan percaya atau tidak - punya implikasi hukum. Kalau mau judul, judulnya adalah conflict of interest, interestnya delapan orang tidak sama dengan interestnya ribuan orang. Dengan menaruh site notice anda membuka diri untuk dituntut juga oleh orang lain sesuai pertambahan jumlahnya, apalagi, seperti yang anda bilang sendiri, status suka tidak dicari dulu verifikasinya.
Karena sekarang sitenoticenya sudah dihilangkan, bagaimana kalau kita RFC (Request for Comment) saja di list global seperti meta dan bertanya, boleh ngga sih? Dipakai beginian? Saya yakin jawaban orang orang banyak bilang tidak boleh saat mereka tahu argumennya. Saya juga tidak percaya status facebook harus pakai ijin, seperti saya bilang diatas: silahkan, karena saya tahu akun facebook itu milik delapan orang, bukan milik komunitas, hanya delapan orang yang memaparkan pandangan resminya disana. Namun banyak orang yang tidak tahu. Salam Siska.Doviana (bicara) 30 Desember 2012 05.18 (UTC)[balas]
Secara garis besar, maksudnya mungkin begini: silakan gunakan halaman Facebook tersebut, tapi jangan gunakan site notice untuk mempromosikannya. SpartacksCompatriot lapak stensil 30 Desember 2012 05.25 (UTC)[balas]

Cuman ngingetin aja, Wikipedia Bahasa Aceh pengurusnya dicabut paksa karena penyalah-gunaan site notice. Padahal itu Wikipedia ngga banyak yang lihat. Wikipedia bahasa Indonesia peringkat 16 loh. Serenity (bicara) 30 Desember 2012 05.33 (UTC)[balas]

Baik, berarti soal konten sudah jelas ya bahwa tidak ada pelecehan atau penyalahgunaan apapun sekarang mari kita fokus ke SiteNotice. Soal ini, saya rasa pertama-tama Bennylin sebagai pemasang sitenoticenya perlu dipanggil untuk mengutarakan pendapat dan alasannya. Namun, menurut saya, sebaiknya dibuatkan saja draft kebijakannya di WBI maunya bagaimana, seperti apa konten sitenotice yang layak, supaya dirembungkan bersama dengan komunitas pengguna WBI dan kalau perlu dijadikan kebijakan resmi. Salam.  Mimihitam  30 Desember 2012 11.05 (UTC)[balas]

IMHO akun sosial media resmi harusnya diatur dengan disiplin apa yang mau ditulis sebagai status. Dicek dulu kebenarannya oleh banyak pengguna, kalau sudah tidak ada protes, baru dituliskan di wall/timeline. Harusnya mengikuti mekanisme artikel/gambar pilihan. Terus terang gw juga risih lihat pocong, hantu dan kentut kemarin masuk ke timeline. Ingat di facebook itu saat login orang-orang "terpaksa" baca timeline dari seluruh page dan friend yang dimiliki, sementara gw pernah lihat adminnya mengupload gambar hantu malam-malam, dihighlight pula sehingga fotonya memenuhi layar. Annoying, kalau ga boleh dibilang kurang ajar sebagai sebuah akun resmi.
Contoh lain, mengupload contoh pelanggaran pengguna ke wall. Itu sama saja menginspirasi pengguna lain untuk meniru. Walaupun lucu dan menghibur, bukan sesuatu yang harusnya ditulis oleh akun resmi. Kalaupun mau becanda seperti itu, pakailah akun pribadi, dan tulis ke wallnya. Jadi tidak terkesan seolah Wikipedia membenarkan, bahkan memuji, saat halamannya diobrak-abrik pengguna.
Kalau akun personal ga masalah, tapi yang dibawa kan nama seluruh pengguna di sini. Harusnya status yang mau ditulis dikurasi dulu. Di mana-mana akun sosial media resmi diatur seperti itu kok. Hariadhi - Ngobrol 5 Januari 2013 18.15 (UTC)[balas]
Supaya tidak salah paham, gw tekanin intinya: Serenity (aka Siska) punya poin yang bagus bahwa status akun "resmi" ga boleh dipakai untuk main-main, tapi apa yang sedang diperjuangkan supaya Wikipedia Bahasa Indonesia punya akun media sosial juga tujuan yang mulia. Yang diperlukan adalah bikin aturan main yang jelas. Hariadhi - Ngobrol 5 Januari 2013 19.50 (UTC)[balas]

Pengusulan/Pemilihan Gambar Pilihan 2013 periode 12

Dikarenakan tingkat partisipasi yang rendah (hanya ada 1 usulan per slot), maka agar tidak terjadi kekosongan slot (karena ada 2 slot yang gambarnya dibatalkan), maka pengusulan Wikipedia:Gambar pilihan/Usulan/2013/Periode 12 saya usulkan dibuka sampai dengan periode pemilihannya habis. Bagaimana? ·· KℇℵℭK 28 Desember 2012 11.10 (UTC)[balas]

Setuju. SpartacksCompatriot lapak stensil 29 Desember 2012 07.56 (UTC)[balas]

Pembatasan hak membuat halaman baru untuk pengguna anonim?

Setelah sebelumnya anonim tidak bisa membuat artikel baru, Aldo samulo sekarang mengusulkan pembatasan hak membuat halaman baru untuk pengguna anonim. Jadi yang diusulkan dibatasi sekarang semua halamannya. Menurut saya sih, kalau sampai halaman baru tidak boleh itu cukup absurd. Beberapa alasan:

  1. Tidak bisa membuat artikel baru saja sebenarnya sudah melanggar salah satu prinsip dasar Wikipedia bahwa "Wikipedia bisa disunting oleh siapa saja."
  2. Misalnya ada anon yang ingin membuat halaman pembicaraan suatu artikel untuk memberi masukan konstruktif (seperti keakuratan, dll). Hal ini akan menjadi terhambat jika mereka tidak bisa membuat halaman pembicaraan yang masih merah.
  3. Kebijakan ini tidak efektif. Vandal jika ingin nakal tinggal membuat akun baru, membuat beberapa suntingan, lalu membuat artikel baru yang ngawur.

Karena kebetulan ada momennya, maka saya sekalian membuka wacana untuk mencabut larangan anon untuk membuat artikel baru, karena selain melanggar pilar wikipedia bahwa ensiklopedia ini bisa disunting oleh siapa saja, juga kebijakan tersebut tidak efektif, karena vandal hanya perlu membuat akun untuk melakukan vandalisme (pengalaman dengan vandal yang suka membuat artikel palsu, dengan mudahnya membuat akun baru).

Bagaimana pendapat rekan-rekan yang lain? Salam  Mimihitam  28 Desember 2012 12.07 (UTC)[balas]

Setuju. Usul saya juga, pengembali revisi diperbanyak. SpartacksCompatriot lapak stensil 28 Desember 2012 15.34 (UTC)[balas]
Setelah sy bertafakur sambil nulis Perang Dayak Desa, alangkah baiknya kalo anon dilarang nulis artikel baru. Sementara, untuk halaman pembicaraan baru, kita hanya melarangnya saja. Sehingga, kalo ada anonim yg mau nulis halaman pembicaraan baru tdk-lah mengapa, kecuali utk menulis artikel baru. Soalnya, ada juga toh yg memberi saran yg membangun utk pengembangan artikel wikipedia di halaman pembicaraan. Iya, tho? --Akbar ini dari Kalbar 28 Desember 2012 15.10 (UTC)[balas]
Dengan melihat fakta selama ini bahwa umumnya suntingan pengguna anonim kurang menyenangkan kita, saya rasa sebaiknya --setidaknya untuk saat ini-- kesempatan menulis artikel baru untuk anon tidak dibuat dahulu. Tetapi, saya tidak setuju jika halaman lainnya dibatasi hanya untuk pengguna terdaftar. Salam. Albertus Aditya (bicara) 28 Desember 2012 23.21 (UTC)[balas]
Saya mendukung Mimihitam. Yang kita harapkan dari anon yang menulis artikel bukanlah sebuah artikel yang ditulis dengan baik, karena mustahil itu bisa didapatkan dari orang yang pertama kali menyunting di Wikipedia. Yang diharapkan adalah munculnya ketertarikan sang anon untuk mulai menulis di Wikipedia. Mungkin perlu diingatkan sekali lagi bahwa kesalahan adalah sesuatu yang wajar, bahkan dianjurkan di Wikipedia. Keterbukaan pembuatan artikel untuk anon juga sekaligus menjadi media show-off bagi Wikipedia untuk menunjukkan bahwa Wikipedia berbeda dengan situs lainnya. Silakan dibuat pemungutan suaranya, Mimihitam. --Ricky Setiawan (bicara) 4 Januari 2013 19.38 (UTC)[balas]
Saya usul agar ada fitur twinkle ada di WPID, agar setiap ujicoba/vandal/patroli artikel baru lebih mudah dan cepat. --Dede2008 (bicara) 9 Januari 2013 13.11 (UTC)[balas]
Penerjemahan skripnya susah karena memakai puluhan skrip berbeda yang saling berhubungan. Selain itu butuh puluhan templat baru untuk menyesuaikan.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   9 Januari 2013 15.57 (UTC)[balas]