Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)/Arsip/2008

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



Arsip Desember 2008

BANTUAN UAN 2009

Saya ada usul bagaimana bila di wikipedia juga dibahas tentang cara-cara mudah menghadapi soal UAN, membantu mencari alamat tentang soal-soal prediksi UAN dan membahas tentnag prediksi UAN 2009, agar semua siswa lebih tertarik untuk menjadi anggota Wikipedia daripada susah mencari sumber yang lain

Terima Kasih, Hormat sayaBobby18 (bicara) 08:08, 3 Desember 2008 (UTC)

Wikipedia adalah ensiklopedia. Dan Anda tak mungkin menemukan hal-hal seperti itu di ensiklopedia. --BlackKnight(kirim pesan) 14:56, 3 Desember 2008 (UTC)
Klo kayak gini sih gw udah ngewiki, 3 bulan lagi UAS :D --i VP 08:53, 6 Februari 2009 (UTC)

Pancapilar

Di Wikipedia:Pancapilar sila pertama tertulis: "Wikipedia juga bukan tempat untuk kamus, koran, maupun koleksi naskah sumber. Jenis isi seperti ini masing-masing dapat diletakkan di proyek wiki lainnya, KamusWiki, Wikinews, dan Wikisource sebagaimana mestinya." (emphasis addedd)

Namun lihat saja catatan kaki artikel-artikel panjang seperti misalnya Barack Obama atau Jackie Chan, bukannya artikel itu secara tidak langsung telah menjadi koleksi naskah sumber? – (-_-)V bennylin (404sumbangan) 15:56, 4 Desember 2008 (UTC)

Kalau yang saya tangkap Wikisource itu buat naskah asli atau sumber pertama. Ensiklopedia kan bukan sumber pertama. Coba lihat Wikisource Indonesia: ada naskah Madilog, syair Hamzah Fansuri, dan naskah Undang-Undang Dasar. Itu semua sumber pertama (primary sources). Gombang (bicara) 11:31, 5 Desember 2008 (UTC)

Nama provinsi Filipina

Kebijakan memuat foto porno?

Tolong ada yang bisa bantu tidak membuat kebijakan ini, agar cepat rampung? Terima Kasih MaxiManuel111 (bicara) 05:20, 27 Desember 2008 (UTC)

Arsip November 2008

Rancangan Undang-undang

(topik ini saya tulis juga di Wikisource)
Dapatkah naskah RUU dicantumkan di Wikisource? Naskah itu setahu saya perlu disosialisasikan dan merupakan domain umum (karena dikeluarkan oleh negara). Kalau boleh, masuk di mana? Soalnya kalau di bagian UU, ia belum jadi UU. Kembangraps 12:34, 28 Oktober 2008 (UTC)

Rasanya bisa saja dan saya setuju dengan alasannya: domain umum - krn disusun oleh wakil rakyat, yang berasal dari rakyat, kita; dan wikisource merupakan sarana yang tepat untuk mensosialisasikannya. "Di mana?" maksudnya "di kategori mana?" atau "di wikisource atau wikipedia?" ? – (-_-)V bennylin (404sumbangan) 08:35, 6 November 2008 (UTC)

Tapi jangan masukin ke Wikiquote dong. ...Muhraz... (bicara) 05:50, 11 November 2008 (UTC)

Dah gw bikin sendiri. Kembangraps (bicara) 18:05, 12 November 2008 (UTC)

Pemuatan gambar

Sebenarnya gambar seperti apa saja yang boleh dan tidak boleh dimuat di Wikipedia, dan gambar apa saja yang bisa dimuat di Commons? Apakah harus hasil potret sendiri, atau boleh yang kita download dari suatu website? terimakasih jawabannya. Pædian (bicara) 07:53, 14 November 2008 (UTC)

Bisa lihat di sini. Salam, Naval Scene (bicara) 08:36, 14 November 2008 (UTC)

Mengubah judul artikel/postingan

Bagaimana caranya mengubah judul artikel/postingan? Saya bertanya karena saya ingin membetulkan judul artikel yang salah, terutama TV E menjadi TVE. Kumohon, karena ejaan TVE yang benar, bukan TV E. -__- Thisiplin kirim pesan 16:31, 18 November 2008 (UTC)

bisa dengan dipindahkan (lihat tab disebelah atas saat menyunting) atau dialihkan, bisa baca di sini: Wikipedia:Penggabungan_dan_pemindahan --Ciko bicara 19:41, 18 November 2008 (UTC)

Arsip Oktober 2008

Catatan kaki gimana kalau sumber dihapus ???

Halo,

Gimana tentang cacatan kaki yang mengandung templat {{Citeweb}} sama halaman web yang sudah dihapus seperti dalam The Jakarta Symphony cacatan boleh dihapus juga ( biasanya banyak terbitan kompas ) ??? gimana buat halaman bantuan tentang sumber web yang tetap seperti tempo contohnya, umumnya ada bot yang mengecek kalau pranala2 mati atau tidak ???? terima kasih Serpicozaure (bicara) 18:58, 1 Oktober 2008 (UTC)

Harus dicarikan penggantinya, atau cari di cache yang disimpan Google. Tidak ada bot yang mengecek pranala luar. dragunovadiscuss 04:21, 4 Oktober 2008 (UTC)
Eh.. itu juga masalah gw dari dulu. Kompas sering seenaknya matiin artikel. Gimana kalau Kompas digolongkan ke sumber yang tidak disarankan untuk dijadikan referensi? 125.160.162.171 09:09, 26 Oktober 2008 (UTC) (hariadhi lupa login)

Catatan kaki atau referensi (rujukan)n?. Beda lho (walaupun catatan kaki biasanya harus mencantumkan rujukan). Sebetulnya ada trik supaya kita ngga "keki" kalau pranala rujukan dihapus. Kita kutip teks yg kita rujuk sebagai catatan kaki, lalu dicantumkan tanggal akses ke pranala rujukan itu. Kalau alamat rujukan ngga valid lagi, ditambah saja di teks ctatan kaki, bahwa sejak pengecekan tanggal sekian, pranala rujukan sudah tidak aktif atau sudah dipindahkan. Memang sebetulnya, untuk ensiklopedia, rujukan daring sejauh mungkin dihindari (ngga cuma kompas atau koran saja) karena keamanannya tidak terjamin, kecuali mungkin jurnal ilmiah. Kalau terpaksanya si kontributor artikel harus merujuk ke sumber daring, disimpanlah sendiri secara luring, jadi kalau ada yg mempertanyakan bisa ditunjukkan buktinya. Kembangraps (bicara) 09:22, 26 Oktober 2008 (UTC)

Templat "Pelanggaran Hak Cipta"

Saya cari templat untuk menunjukkan sebuah artikel yang, tampaknya, melanggar kebijakan hak cipta di wikipedia ini, saya sudah cari di Wikipedia:Hak cipta, juga di Pemeliharaan, tapi saya belum berhasil menemukan templat yang cocok, templat itu sudah ada belum ??? tk Serpicozaure (bicara) 10:22, 11 Oktober 2008 (UTC)

Maksud Anda seperti ini? --Gombang (bicara) 11:08, 11 Oktober 2008 (UTC)

{{copyvio}} (gunakan templat {{copyvio}}) borgx(kirim pesan) 01:28, 15 Oktober 2008 (UTC)

ya persisnya , terima kasih lagi Serpicozaure (bicara) 11:50, 11 Oktober 2008 (UTC)

Sumber dana

Bagaimana cara wikipedia mendapatkan dana atau masukan dengan on-line di internet?

Baca di sini saja 125.160.162.171 18:44, 26 Oktober 2008 (UTC) (hariadhi males login)

Alur hak cipta

Tadi lihat halaman pembicaraan pentul, Ricky make alur dalam Bahasa Inggris. Iseng gw coba terjemahin dalam Bahasa Indonesia, disesuain sama hukum sini. Masih ada yang salah ga?Hariadhi - Ngobrol 10:35, 26 Oktober 2008 (UTC)

Keren har, tapi Ada beberapa hal yg pengen gw koreksi:
  • huruf "a" di kata "Anda" pake huruf kapital,
  • kata "mati" diganti "meninggal", dan
  • beri keterangan kalo ijo = ya, merah = tidak.
Segitu dulu dari gw. --BlackKnight(kirim pesan) 14:27, 26 Oktober 2008 (UTC)

Satu lagi, mestinya cabang merah (tidak) dari "apakah ada pihak lain yang terlibat dalam hak cipta? (misal penerbit)" itu menuju ke "muat." --BlackKnight(kirim pesan) 14:30, 26 Oktober 2008 (UTC)

ok, gw perbaiki ntar. Tapi untuk masalah izin penerbit, yang merah harusnya ga langsung ke pilihan muat. Soalnya itu sudah termasuk tipe gambar yang tidak public domain (balikin lagi liat ke awal alurnya). 125.160.162.171 14:56, 26 Oktober 2008 (UTC) (hariadhi udah ga login lagi)
Warna gw ganti untuk ngebantu yang buta warna, tapi ga tau bisa ngebantu beneran apa kaga. Ada yang buta warna di sini? Hariadhi - Ngobrol 19:19, 26 Oktober 2008 (UTC)

Oh ya, sorry gak liat belakangya. --BlackKnight(kirim pesan) 06:32, 27 Oktober 2008 (UTC)

Arsip Agustus 2008

Pengguna tidak aktif

Apakah ada kebijakan yg memperbolehkan pengurus menghapus akun pengguna? Kalau ada saya usul pengurus untuk menghapus akun tanpa kontribusi (atau sangat minim) yg sudah lama tidak aktif (mis: > 1 tahun) dan akun yang diblokir selamanya. --  ERd  ►  10:59, 3 Agustus 2008 (UTC)

Pengguna tidak bisa dihapus secara perangkat lunak. borgx(kirim pesan) 00:12, 4 Agustus 2008 (UTC)
Ok, trims --  ERd  ►  08:34, 5 Agustus 2008 (UTC)

apa yang Anda ingin tambahkan?

courtesy of Arkwatem

Jika menurut Anda ada yang perlu ditambahkan, Anda bisa menambahkan sendiri, tapi ingat harus ada sumbernya, dan bukan dijadikan sarana menyampaikan opini. Sebenarnya apa yang Anda ingin tambahkan ? Arkwatem 03:00, 1 Agustus 2008

(UTC)

Halo Arkwatem, apa khabar ? nampak saya akan lebih banyak mempergunakan kata kita ketimbang kata saya, baiklah kita mulai dimensi penulis dalam wiki tempat dimana kita sekarang berkumpul, wiki ini adalah sebuah proyek ensiklopedi terbuka dan bebas (? :D) sesuatu yg akan kita perlakukan selayaknya kita berpedomanan pada sebuah prinsip dasar dan sistim yang dianut oleh wiki, dalam wiki dikenal dengan penulisan bebas (? :D) betul tidak ? adalah sebuah sistim terbuka berarti siapa saja boleh atau mempunyai kesempatan yang sama untuk menulis (apalagi di wiki versi indonesia disebut memberikan konstribusi) dari sini kita harus sepakat dahulu, berarti di dalam wiki tdk dikenal dengan "pengakhiran" lalu dari kita mulai beranjak kepada batasan penulisan terutama penulisan dalam dunia politik, seperti kita ketahui dalam dunia politik tidak ada "dunia" yg satu warna, "dunia" yg tunggal, "dunia" penuh dengan jargon, "dunia" penuh dengan "kampanye" bahkan "dunia" yang dinamis sekali baik dalam idiologi, peristiwa ataupun para tokoh pelakukanya lalu beralih kembali pada pendapat seorang teman yang menginginkan adanya sebuah penulisan yg seharusnya menurutnya yang bersifat netral, tdk bermuatan "kampanye" dstnya, masalah ini apakah yang dimaksud adalah seseorang yg awam (asumsi wiki) membuat tulisan hal-prihal "warna" dengan tdk mengikutkan serta "warna" ataukah tdk sesuai ketentuan dengan ketentuan penulisan "warna" menjadi ensiklopedis ? bagaimana apakah kita boleh begitu saja mengambaikan dimensi sang pembaca ? apakah seseorang pembaca tidak mempunyai hak ? apakah tujuan seseorang membaca ensiklopedi ? apakah seseorang pembaca itu adalah seorang yg dungu ? atau jikalau saya diperkenankan memberikan usulan, bagaimana bila tdk atau belum memenuhi ketentuan ensiklopedis maka ddiberikan kategori masih berupa bahan dan diberikan templat agar pembaca diminta lebih bijak dalam membaca ? saya mohon ijin agar pembicaraan kita ini dapat diperbicarakan secara umum, terima kasih. salam pentoel

Manual for new and small Wikipedias

Hello, at Meta there is the project of a Manual to help new and small Wikipedias, and a set of Wikipedia pages and help pages every Wikipedia should have. You gained experience in these questions when building up your language edition, and I would like you to have a look and comment. Kind regards --Ziko (bicara) 13:36, 9 Agustus 2008 (UTC)

Proposal baru

Telah dibuat proposal baru: Wikipedia:Pengindonesiaan judul berbahasa asing. Dimohon partisipasinya di bagian II: Komentar (bukan di Warung Kopi ini). – (-_-)V bennylin (404sumbangan) 07:30, 14 Agustus 2008 (UTC)

Arsip Juli 2008

Kebijakan Wikipedia Indonesia mengenai gambar vulgar

Apakah wikipedia Indonesia mengijinkan penggunaan gambar-gambar vulgar (misalnya gambar alat kelamin) dalam suatu artikel? Sudah pernah dibahas belom? Hehehe.... terutama gambar ini: http://commons.wikimedia.org/wiki/Image:Ejaculation_educational_ani_short.gif WOW!!

XD Hand15 11:27, 25 Juni 2008 (UTC)

Udah pernah: Wikipedia:Rambu dewasa untuk artikel Mimihitam  • 11:32, 25 Juni 2008 (UTC)
Hueks gambarnya :( --BlackKnight(kirim pesan) 13:21, 13 Juli 2008 (UTC)
Fotografer kita sendiri, Hariadhi, memuat gambar-gambar yang cukup "seru" (atau "saru", ehehe). – (-_-)V bennylin (404sumbangan) 23:56, 1 Juli 2008 (UTC)
wakakakak, yang mana emangnya bos? dah setengah lupa gw. Hariadhi - Ngobrol 11:55, 13 Juli 2008 (UTC)
Tuh, gambar keenam di daftar gambarmu di halaman penggunamu. – (-_-)V bennylin (404sumbangan) 12:14, 13 Juli 2008 (UTC)
Ooo... hehehe. Beneran dah lama banget. kalau emang ada yang lebih ga vulgar dan informatif ya ganti aja. ;) 202.152.195.10 12:29, 16 Juli 2008 (UTC) (Hariadhi males login, lagi lelet inetnya)

Halaman Utama

Berhasil dijebol oleh anonim yang gak jelas ini sampai sampai emosi saya meledak  Azmi   Bicara  06:23, 5 Juli 2008 (UTC)

bukan halaman yang utama yg dirusak, tapi portal berita. Lagian kurang kerjaan amat ngedeface wiki :D semua orang juga bisa kali --BlackKnight(kirim pesan) 13:22, 13 Juli 2008 (UTC)

Masalah Hak Cipta Produk-Produk Pemerintah

Undang-undang hak cipta, dapat diakses di Wikisource Indonesia, di halaman s:Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002.

Tadi gw mampir ke halaman ini. Kebetulan gw kemarin-kemarin ini baru beli buku Undang-Undang soal HAKI. Di pasal 14 UU Hak Cipta ternyata udah disebutkan kalau seluruh karya pemerintah bebas disalin dan disebar ulang tanpa perlu khawatir melanggar hak cipta. Hal serupa untuk berita, lambang negara, dan lagu kebangsaan. Masalahnya apakah dengan pasal ini hal-hal tersebut sudah bisa dibilang domain umum, gw ga tau. Soalnya di bagian akhir kalimatnya ada ketentuan yang agak-agak karet: "Kecuali jika dinyatakan dilindungi baik melalui Undang-Undang maupun dinyatakan di karya ciptaannya". Jadi periset pemerintah itu bisa aja mengklaim karyanya ga boleh disalin orang lain kalau mereka mau.

Kalau pendapat gw sih mending bikin tag baru aja di luar Public domain atau fair use, misalnya seperti ini:

Produk Pemerintah
Undang-Undang Hak Cipta tahun 2002 pasal 14 sudah menyatakan bahwa seluruh publikasi yang dilakukan pemerintah bisa disalin ulang dan disebarluaskan tanpa khawatir melanggar Undang-Undang. Pengecualian hanya untuk karya yang sudah dinyatakan dilindungi.

Untuk pidato pejabat, putusan pengadilan, keputusan badan arbritase dan sejenisnya, dan salinan undang-undang sudah jelas-jelas disebutkan tidak ada hak cipta (pasal 13).

Yang gw agak heran untuk buku yang sebenarnya sudah masuk domain umum macam Max Havelaar nya Multatuli. Ternyata penerbitnya mengklaim dengan hak cipta, walaupun pengarangnya sudah lebih dari 50 tahun meninggal dunia. Atau yang lebih aneh lagi, buku Undang-Undang HAKI ini, jelas-jelas dia cuma menyalin undang-undang yang udah dinyatakan tidak berhak cipta (yah plus beberapa penjelasan yang menurut gw ga menambah nilai banyak), tapi malah diklaim sebagai hak cipta penerbitnya. Itu kan jadi aneh.

Kecuali barangkali di Indonesia tindakan menerjemahkan atau mempublikasi ulang bisa memunculkan hak cipta, gw ga tau juga. Ada yang bisa kasih opini? Hariadhi - Ngobrol 07:25, 19 Juli 2008 (UTC)

Menerjemahkan karya domain umum setahu saya hak ciptanya tersendiri (lihat pasal 12 (1) l.). Misalnya terjemahan cerita-cerita Sherlock Holmes. Jika penerbit yang anda maksud menyalin mentah-mentah dari karya aslinya, mungkin hak cipta yang dimaksud adalah hak cipta macam-macam (bukan isi) seperti layout, catatan kaki, dan sebagainya. Arkwatem 14:00, 19 Juli 2008 (UTC)
Produk pemerintah memang berada di domain umum, di commons sudah ada tagnya http://commons.wikimedia.org/wiki/Template:PD-IDGov Arkwatem 14:02, 19 Juli 2008 (UTC)
Ok, gw jadi lebih ngerti untuk kasus Max Havelaar. Tapi gimana dengan buku Undang-Undang HAKI ini? Nyaris semua buku isinya salinan Undang-Undang, tapi masak berani-beraninya mereka kasih pernyataan begini:
Hak Cipta dilindungi oleh Undang-Undang
Dilarang mengutip atau memperbanyak sebagian
atau seluruh dari buku ini tanpa izin tertulis dari penerbit
Sama sekali ga ada penjelasan apakah hak cipta yang dimaksud melingkupi layout saja, design saja, atau catatan kakinya saja. Apa itu fair? Maksud gw begini lho: kalau pernyataan seperti itu sah, pada dasarnya mereka bisa nuntut siapapun yang berani ngupload UU no 19 itu ke internet. Namanya undang-undang di manapun bunyinya akan sama, toh? :D
Omong-omong tag di Wikimedia Commons itu ada yang bisa tolongin ngebuat versi wikipedia bahasa Indonesianya? (gw ga ngerti gimana cara munculinnya di halaman pemuatan) Hariadhi - Ngobrol 15:45, 19 Juli 2008 (UTC)
Setahu saya, semua yang kegiatan yang dananya bersumber dari dana pemerintah (APBN) hasilnya adalah untuk publik dan bersifat publik. --za (bicara) 15:52, 21 Juli 2008 (UTC)

Dhi, situ mau percaya UU HAKI-nya sendiri apa pernyataan penerbit buku? Kalau memang situnya ngutip bukan dari buku UU HAKI, mau apa dia (penerbitnya)? Apa dia bisa buktikan kalo seseorang mengunggah ke wikipedia itu berasal dari bukunya? Take it easy aja kalo gue. Kembangraps 16:02, 21 Juli 2008 (UTC) (Eh, ada yg bisa jelasin, kenapa kalo gw pake 4 tilde alias signature, ngga muncul pranala ke hal pengguna gw ya?) > problem solved. thanks buat yg bantu.

sekedar tanya saja... di wiki indo apa sdh mempunyai lisensi lepas atau masih berinduk ? pentoel (bicara) 08:08, 24 Juli 2008 (UTC)

Artis idol atau sinetron

Mudah2an ngga salah tempat. Dear all, terutama pengurus saya prihatin dengan banyak artis-artis idol atau finalis, atau artis sinetron yang rasanya menuh2in wikipedia. Bukan apa2 prestasinya belum jelas banget, banyak yang belum bikin perubahan mendasar, dan kalau orang mau mencari informasi mengenai mereka bisa dicari di banyak tempat di internet, misalnya di portal2 gosip :). Apa perlu dibuat kebijakan mengenai kriteria artis yang boleh menjadi artikel wikipedia? --Ira Silva (bicara) 09:07, 22 Juli 2008 (UTC)

Justru semakin banyak seseorang dibahas di internet, semakin layak dia ditulis di sini . Kriteria kelayakan artis dapat Anda temukan di halaman ini--BlackKnight(kirim pesan) 11:27, 22 Juli 2008 (UTC)

Knol

Halo, menurut pendapat Wikipediawan, bolehkah kita menjadikan artikel di Knol sebagai referensi di Wikipedia? --BlackKnight(kirim pesan)

Encyclopaedia Americana citing Enc. Britannica, Bisa ngga? Bisa aja kayaknya, cuma aneh. Sejumlah artikel di wiki Inggris juga menyitasi Ency. Britannica lho. Khusus untuk artikel ilmiah/sains, kutipan sih sebaiknya dari jurnal atau situs internet lembaga2 ilmiah langsung. Kutipan dari koran adalah untuk hal2 kejadian sehari-hari. Itu idealnya. Kembangraps (bicara) 08:52, 24 Juli 2008 (UTC)
Saya kurang setuju dengan alasan Kembangraps, yang jadi masalah disini bukanlah knol itu sebuah ensiklopedia atau bukan, tapi apakah Knol itu tepercaya atau bukan. Menurut saya dalam mengutip knol kita perlu memperhatikan kredensial penulisnya, jika ditulis oleh orang yang berkompeten dibidangnya, baru bisa dikutip di wikipedia. Selain itu saya kurang tahu apa artikel-artikel Knol memiliki editor/direview dulu, ada yang tahu? Arkwatem 09:29, 24 Juli 2008 (UTC)

Abuse oleh pengurus

Bagaimana bila tindakan abuse malahan dilakukan oleh pihak pengurus ? pentoel (bicara) 08:04, 24 Juli 2008 (UTC)

bisa diperjelas maksudnya? Abuse macam apa? --BlackKnight(kirim pesan) 08:38, 24 Juli 2008 (UTC)

Pengurus bukan pejabat. Pengurus adalah orang yang dipilih untuk mengurus hal-hal teknis tertentu (biasanya sangat rutin) di wikipedia. Boro-boro abuse, yg terjadi biasanya pengurus "males" krn kebanyakan kerjaan. Kalau ada yang merasa rugi karena tindakan pengurus silakan diprotes. Kembangraps (bicara) 08:48, 24 Juli 2008 (UTC)

Mungkin maksudnya penyalahgunaan kekuatan yang dimiliki pengurus, misalnya memblokir pengguna, melindungi artikel dan sebagainya tanpa alasan yang baik. Setahu saya hal seperti ini belum pernah terjadi di wikipedia (indonesia), tapi memang perlu ada aturan mengenai hal ini. Arkwatem 09:33, 24 Juli 2008 (UTC)

Saya membicarakan mengenai masalah Ikrar Kaum Muda Indonesia, sejak awal telah kontroversi yaitu mendapat gangguan berupa penghapusan 'tanpa terlebih dahulu dimulai dengan pembicaraan apapun bahkan saya mengetahui ada seorang dari pengurus yang dengan seenaknya memberikan komentar singkat omong kosong setelah itu terdapat usul penghapusan dan kemudian diberikan batas waktu sampai 1 agustus akan tetapi selama proses berjalan dan upaya penyuntingan agar menjadi lebih ensiklopedis belum selesai ternyata telah diambil tindakan babar ( maaf ini menurut pendapat saya) yaitu pencekalan artikel padahal prinsip dasar wiki adalah jelas adalah ( agar bahasa tdk bias) an encyclopedia, has a neutral point of view, free content, has a code of conduct dan does not have firm rules dan jangan dianggap kalau didunia maya tidak akan berlakunya hukum, sepengetahuan saya wiki indonesia belum luar lisensi oleh karena itu masih berlaku hukum asal wiki, dengan ini saya meminta agar para pengurus melakukan membicaraan atas tindakan tersebut, terima kasih. pentoel (bicara) 14:15, 24 Juli 2008 (UTC)

Saya ingin tahu, komentar seenaknya "omong kosong" itu Anda ketahui dari mana? Saya sudah memeriksa di log penghapusan artikel tersebut, tidak ada komentar "omong kosong" terhadap artikel tersebut. REX (bicara) 14:29, 24 Juli 2008 (UTC)
silakan sdr tanyakan pada sdr jagawana dan oleh karena ada pembicara mengatakan judul kurang tepat maka dialihkan menjadi Kaum muda Indonesia, demikian agar priksa, terimakasih pentoel (bicara) 14:35, 24 Juli 2008 (UTC)
lah kalo sudah penggunaan judul dan isi yang tidak berhubungan bukannya sudah masuk omongkosong??..--•• Jagawana 14:47, 24 Juli 2008 (UTC)
tolong dijelaskan dimana " omong kosong " dimateri atau korelasi judul ? terima kasih pentoel (bicara) 14:58, 24 Juli 2008 (UTC)

kalau penyerang pribadi bagaimana ? ini bukan dihutan lho

masalah beginian harus diselesaikan kalu gak salah ini masuk jurisdiksi fl nanti aku bantu Cypress 16:17, 24 Juli 2008 (UTC)

Saya pada posisi setuju artikel itu dihapus, tapi juga benar bahwa tertulis pengambilan suara sampai dengan tgl 1 agustus, tapi hari ini (atau kmrn) kok sudah di hapus. --  ERd  ►  19:21, 24 Juli 2008 (UTC)

Tulisan tanggal "1 Agustus" itu sebenarnya ditambahkan oleh Mikhailov Kusserow (suntingan ini). Tanggal tersebut tidak berdasarkan kebijakan Wikipedia tentang penghapusan (yang bisa dibaca di sini). Anda bisa melihat hasil diskusi (di sini) bahwa setelah didiskusikan selama 2 hari ternyata 100% komunitas Wikipedia menyetujui untuk dihapusnya artikel tersebut, dan ternyata pengguna yang voting tidak setuju adalah teman-teman dari pembuat artikel (bisa dilihat bahwa setelah mendaftar mereka langsung ke halaman voting, pada suntingan pertamanya, bahkan ada yang menggunakan open proxy!). Dari situ disimpulkan bahwa artikel tersebut memang belum layak, dan terlihat indikasi adanya conflict of interest, maka pengurus sudah sesuai prosedur dalam penghapusannya. dragunovadiscuss 05:44, 25 Juli 2008 (UTC)
mau tanya siapa yg memasang templat (hapus|alasan anda} dan tolong jelaskan dng alasan apa ? dan saya ingin mengetahui yg siapa berhak menentukan hal tersebut oleh karena itu saya tetap meminta hal ini dibicarakan kembali dan tolong dijelaskan dimana letak ketidak layakannya ? dan mengenai konsesus angka 100 % itu anda dapat dari mana ? terima kasih pentoel (bicara) 19:08, 25 Juli 2008 (UTC)
tambahan: mengenai {Dari situ disimpulkan bahwa artikel tersebut memang belum layak, dan terlihat indikasi adanya conflict of interest} jikalau anda tidak keberatan tolong dijelaskan kesimpulan tersebut diambil berdasarkan apa ? dan mengenai conflict of interest bukankah sejak dari awal saya menyatakan terbuka dengan masukan apapun kalau memang ada sumber lain yang mungkin tdk saya ketahui, dan mengenai (Tanggal tersebut tidak berdasarkan kebijakan Wikipedia tentang penghapusan) saya sangat berharap anda akan konsisten dengan pernyataan anda, saya mengetahui hak saya dan saya mengetahui kemana saya akan meneruskan persoalan ini sampai tuntas, terima kasih pentoel (bicara) 20:15, 25 Juli 2008 (UTC)
Ketika saya memasukkan suara saya di bagian vote dihalaman ini, saya lihat vote dimulai oleh pengurus, dan diikuti pula oleh tiga pengurus lainnya, dan tidak ada koreksi/penyangkalan terhadap tgl 1 agustus diatasnya. Jadi tentu saja apa yg saya pahami (dan juga mungkin pengguna lain), bahwa apa yg tertulis dihalaman itu benar adanya. Dan sampai sekarang pun tidak ada koreksi/penyangkalan/penjelasan di halaman itu. Ya tidak ada yg salah memang, cuma kurang informatif saja, kan tidak semua pengguna tau dan hapal ttg kebijakan2 di Wikipedia. --  ERd  ►  06:57, 25 Juli 2008 (UTC)


courtesy of Jagawana 14:45, 24 Juli 2008 (UTC)

Berdasarkan Kebijakan: Apabila suatu artikel jelas tidak memenuhi unsur kelayakan:

  1. Langsung berikan templat (hapus:kelayakan)

Pengurus akan langsung menghapus artikel yang jelas tidak memenuhi unsur kelayakan.


hal ini bahkan membuat saya menjadi bingung tolong kita bicara apa yang dimaksud dengan "kebijakan" serta kelayakan yg dimaksudkan disini terima kasih ? pentoel (bicara) 19:20, 25 Juli 2008 (UTC)


pertama saya ucapkan terima kasih kepada Mikhailov Kusserow yang telah memberikan saya kesempatan waktusehubung telah dihapus sebelum ada keputusan jelas maka semua keputusan menjadi tdk jelas, karena itu saya merasa saya masih mempunyai hak menulis artikel tersebut , kedua berdasar adanya konsensus seperti yang dikatakan oleh dragunova yaitu setelah 2 hari telah dilakukan pembicaraan ternyata belum ada jawaban dan sambil menunggu tanggapan lain yg lebih netral dan tdk terlibat dalam conflict of interest sejak awal bersama ini saya umumkan artikel tersebut akan saya lakukan perubahan dan akan saya namakan dengan perjuangan kaum muda indonesia (untuk menjadi pemimpin) jadi bilamana ada yg merasa terlanggarkan hak ciptanya silakan menghubungi saya dan bagi yg merasa nantinya ada artikel2 yg lebih omong kosong ya harap maklum saja, saya sekarang ini sedang mempunyai hobi baru untuk membuat artikel2 omdo (omong doang) dan ongkos (omong kosong) apalagi saat sekarang ini saya ini sedang bergurudng seorang staria, selain berdebat lebih baik saya ingatkan kembali pada hakikat kehadiran kita disini adalah untuk membuat ensiklopedia, bukan ? :D pentoel (bicara) 04:38, 26 Juli 2008 (UTC)

Pengalihan

Memang belum ada kebijakan yang mengatur ini, tapi sebenarnya apakah boleh kita membuat halaman pengalihan dalam bahasa asing (terutama bahasa Inggris)? Contoh: Vocabulary > Kosakata, Attachment > Lampiran, Damascus > Damaskus, Germany > Jerman, Jubilee > Yubileum, dsb masih banyak lagi. Walaupun belum pernah dicoba, tapi saya yakin apabila saya membuat [[Kosakata]] untuk dialihkan ke [[Vocabulary]] atau [[Damaskus]] untuk dialihkan ke [[Damascus]] atau [[Jerman]] untuk dialihkan ke [[Germany]] atau [[Lampiran]] untuk dialihkan ke [[Attachment]] di wikipedia bahasa Inggris, saya yakin pasti akan langsung dihapus. Maksud saya kalau namanya wikipedia bahasa Indonesia harusnya pengalihan haruslah istilah dalam bahasa Indonesia juga, yang pasti bukan merupakan terjemahan. borgx(kirim pesan) 06:12, 25 Juli 2008 (UTC)

Menurut saya hal tersebut sah-sah saja, terutama untuk istilah-istilah yang masih jarang digunakan bahasa Indonesianya, misalnya Online > Daring, offline > luring, trade-off > tarik ulur. --BlackKnight(kirim pesan) 06:46, 25 Juli 2008 (UTC)
Itu kalau istilah teknis, kalau bukan, bagaimana? borgx(kirim pesan) 07:43, 25 Juli 2008 (UTC)
Kalau nama istilah mungkin garisnya abu-abu, namun kalau nama entitas, itu perlu proposal (nama tempat dan nama tokoh). – (-_-)V bennylin (404sumbangan) 06:47, 25 Juli 2008 (UTC)
Oh, ya, tambah lagi, kalau istilah teknologi (seperti kata BlackKnight) misalnya mouse, keyboard, hard drive, dll juga perlu dipertanyakan kalau begitu. Omong-omong, ini mungkin lebih cocok di WarKop Bahasa, namun, apa padanan untuk screenshot? "Cuplikan" atau "Tampilan"? karena saya baru mengerjakan Templat:Cuplikan-film dan Templat:Web-screenshot dan bingung istilah mana yang cocok untuk kedua-duanya. – (-_-)V bennylin (404sumbangan) 06:52, 25 Juli 2008 (UTC)
Di sini karena menyangkut kebijakan, tapi itu bukan inti permasalahannya. Kalau mau sih kita buat proposalnya untuk pengalihan, bagaimana? borgx(kirim pesan) 07:43, 25 Juli 2008 (UTC)
Kalau yang lain setuju akan perlunya proposal, maka menurut saya jangan digeneralisir untuk semua bahasa. Bahasa Inggris sendiri, bahasa non-Latin sendiri, dll. Omong-omong, bagaimana dengan Wikipedia-Wikipedia non-Latin, ar.wiki atau zh.wiki misalnya? bukannya mereka pasti punya banyak peralihan serupa? Untuk nama orang, kedua bahasa tersebut mentransliterasikan semua nama, jadi semua tokoh memiliki "alias" minimal dalam bahasa Arab dan Tionghoa. (contoh: ar:John von Neumann, zh:John von Neumann) – (-_-)V bennylin (404sumbangan) 08:03, 25 Juli 2008 (UTC)

@Borgx Contoh kata Inggris lain yang perlu dibuatkan pengalihan misalnya Ivory Coast dan China.

Menurut saya tidak perlu karena akan sulit sekali menentukan kriterianya. Mungkin pengurus dapat menggunakan rule of thumb saja. Pengalihan-pengalihan yang dirasa tidak perlu seperti Germany > Jerman dapat langsung dihapus, kecuali ada yang dapat memberikan alasan yang baik untuk mempertahankannya.

Ngomong2 rasanya saya pernah membaca tentang masalah artikel apa yang boleh dibuat pengalihannya, tapi lupa di mana. Saya coba cari deh. Tapi yang jelas, nama-nama yang memiliki banyak alias seperti yang disebut Bennylin memang harus dibuat pengalihannya, juga nama atau kata yang menggunakan huruf tak lazim seperti á, ď, É, Ó, Ř, Š, ú, dll--BlackKnight(kirim pesan) 12:41, 25 Juli 2008 (UTC)

Beberapa pedoman mengenai pengalihan ini sudah ada dan dapat dilihat di Wikipedia:Pengalihan#Kapan seharusnya kita menggunakan pengalihan?. Halaman ini saja yang diperbaharui tanpa menciptakan kebijakan yang baru. REX (bicara) 14:52, 25 Juli 2008 (UTC) (didapat dari IvanLanin)

Arsip Juni 2008

Amandemen kebijakan

Berhubung ada yang sudah cukup lama dan memerlukan suara komunitas, seluruh pengguna Wikipedia bahasa Indonesia dipersilakan memberikan tanggapan lebih lanjut untuk amandemen kebijakan-kebijakan berikut, yang dalam waktu dekat akan dimulai pemungutan suaranya:

~Rex••pesan•• 15:26, 29 Mei 2008 (UTC)

Di Wikipedia:Nama pengguna tidak disebutkan bahwa nama binatang dilarang. Apa hal ini sebaiknya ditambahkan? Teorinya pengguna seperti Anjink dan Xxxxanjingxxxx tidak langsung diblokir melainkan hanya diperingati untuk mengganti namanya, bukan? Simak saja Istimewa:Log/newusers dan lihat nama apa saja yang perlu dilarang. (-_-)V bennylin 404 Bahasa standar selamanya adalah bahasa tulisan. STA 19:29, 3 Juni 2008 (UTC)
Nah, definisi tentang ini boleh ditambahkan di bagian nama pengguna yang ofensif. Silakan bantu :) ~REX••pesan•• 03:19, 4 Juni 2008 (UTC)

Menurut saya, kita sudah terlampau jauh mengatur nama pengguna. Yang penting nama tidak menghina, bukan bahasa kotor, memaki-maki, tidak perlu digantilah. borgx(kirim pesan) 23:42, 6 Juni 2008 (UTC)

Berhubung dengan hak cipta, ada nama-nama pengguna yang merupakan brand atau perusahaan yang tidak bisa digunakan, karena hak kontribusinya akan dialokasikan kepada nama tersebut. Selain itu, klaim terhadap suatu nama yang merupakan nama yang sudah famous (brand, perusahaan, atau nama seseorang terkenal yang masih hidup), harus ada pembuktian dulu, takutnya nanti ada kontribusi tertentu akan dianggap sebagai klaim dari famouse itu, malah repot.
Tentang nama binatang, memang tidak semua ofensif :) Ini ada di kebijakan lama yang bilang "Jika cukup banyak pengguna lain yang mengeluh tentang nama pengguna Anda, seorang Birokrat dapat mengubahnya". Maksud saya, sama saja seperti artikel, ada building consensus ^^ tentang tingkat ofensifnya. Kita toh tidak akan menganggap nama pengguna "Kelinci" sebagai ofensif. :D
~REX••pesan•• 01:06, 7 Juni 2008 (UTC)

Boloth (bicarakontrib.) gimana tuh????? kan sama juga bolot dan Aeshole (bicarakontrib.), itu merupakan kata .... Coba lihat wikt:en:aeshole. Azmi 04:03, 14 Juni 2008 (UTC)

Bolot itu bahasa betawi artinya daki, kalo badan kita banyak bolotnya itu jorok, tapi bolot bukan kata yg jorok :D --  ERd  ►  06:21, 14 Juli 2008 (UTC)

Penggunaan kata Tionghoa di Wikipedia Indonesia

Wikipedia Indonesia sepertinya cukup konsisten menggunakan "Tionghoa" untuk memaksudkan apa yang orang umum bilang "China". Apa ini sudah jadi kebijakan? Kalau iya, bisakah saya ditunjukkan pranala ke kebijakannya, dan juga pranala ke diskusi (kalau ada) yang membuahkan kebijakan tersebut?

Saya tertarik dengan fenomena ini sebab Wikipedia Indonesia memutuskan untuk menggunakan suatu kata yang menurut saya lebih jarang digunakan dibandingkan alternatifnya. Saya sendiri secara pribadi, sebagai orang non-Tionghoa, tidak pernah dari kecil sampai sekarang menempelkan konotasi negatif ke kata tersebut. Saya baru tahu ada isu kata China vs. Tionghoa malah dari Wikipedia Indonesia.

Terima kasih. Agro1986 00:09, 15 Juni 2008 (UTC)

Beberapa diskusi mengenai hal ini: Pembicaraan:Republik Rakyat Tiongkok/Pemungutan suara dan kemudian Pembicaraan:Republik Rakyat Tiongkok/Pemungutan suara 2 (keduanya cukup panjang).
Konsensus yang dicapai:
  • Komunitas memutuskan untuk mempergunakan istilah "orang/keturunan Tionghoa" untuk merujuk kepada etnis/suku keturunan di Indonesia (meskipun tidak menjadi bagian dari keputusan, sepertinya juga digunakan untuk keturunan Tionghoa di luar RRT)
  • Untuk negara dan penduduk negara tersebut: "Republik Rakyat Tiongkok" atau "Cina"
Hayabusa future (\0-0/) 12:10, 16 Juni 2008 (UTC)

Pengurus di proyekwiki Lain

kalo liat proyekwiki lain, sepertinya, tidak ada syarat jadi Admin. Kenapa bisa gitu???? Yang kebih anehnya lagi, saya pernah menyunting di Halaman Utamanya wiktionary Azmi 05:13, 15 Juni 2008 (UTC)

Apa anehnya kalau bisa menyunting di Halaman Utama? borgx(kirim pesan) 02:35, 16 Juni 2008 (UTC)

disini dilindungi Azmi 01:58, 18 Juni 2008 (UTC)

Bukannya mestinya hanya pengurus yang bisa sunting Azmi 01:59, 18 Juni 2008 (UTC)

Halaman Utama hanya dilindungi jika dirasa berpotensi besar menjadi target vandalisme. Di proyek lainnya yang lebih sedikit jumlah penggunanya bisa saja tidak dilindungi. Hayabusa future (\0-0/) 11:59, 18 Juni 2008 (UTC)

Biar kasusnya gak kaya Wikipedia Bugis, kasian, dia divandal 2X Azmi 06:25, 19 Juni 2008 (UTC)

O ya, syarat syarat buat jadi ADMIN di proyekwiki lain, apa sama kaya wikipedia, atau cuma sekedar naruh nama doangan???? Azmi 06:27, 19 Juni 2008 (UTC)

Toh kebanyakan orang lebih suka ama wikipedia daripada silangnya (wikidll). @Azmi ttd nya jadi inget ttd gw yang dulu iVP (VIPEkonomiEksekutif) 11:52, 19 Juni 2008 (UTC)

Bukan gitu, jadi orang tau syarat syarat jadi ADMIN di proyekwiki laen. Masa, mo jadi ADMIN di proyekwiki laen, mesti naro nama disini. jadi aneh ntar Azmi 07:19, 23 Juni 2008 (UTC)

Lah... klo wiki kecil sigh gpp tapi klo wiktionary kayak en: sih sudah gede gitu baru wiki laen kan udah gede gede klo minta suruh aja dia ke meta: iVP (VIPEkonomiEksekutif) 07:38, 23 Juni 2008 (UTC)

Loh loh loh, emang bisa naro nama buat jadi ADMIN di wiki ini atau proyek lain, di meta bisa apa???? Azmi 03:48, 24 Juni 2008 (UTC)

Bisa kok WP:ID kan awalnya juga wiki kecil permintaan jadi pengurus di sana... iya kan mas Revo? iVP (VIPEkonomiEksekutif) 13:10, 27 Juni 2008 (UTC)

KPK ?

Masih ingat pelajaran SD tentang KPK dan FPB? Nah pas saya iseng ketik KPK kok yg muncul Komisi Pemberantasan Korupsi. Setahu saya, KPK (Kelipatan Persekutuan terKecil) sudah lebih dulu dipakai (entah sekarang masih dipakai atau tidak). Dibikin hal. disambiguasi ya? (Jadi "KPK" merupakan artikel disambiguasi, terus masing-masing kepanjangannya jadi artikel. Ditunggu satu hari (saja). Kembangraps 10:23, 19 Juni 2008 (UTC)

Iya... toh kpk dulu kok yang jadi (anak SD mana lupa pelajaran benci matematika) iVP (VIPEkonomiEksekutif) 11:53, 19 Juni 2008 (UTC)

Dibikin halaman disambiguasi aja • Mimihitam  • 12:00, 19 Juni 2008 (UTC)

Bikin wae lah disambig-nya, ntar, tinggal cari deh yang en ada gak. Kayaknya gw tau Azmi 12:16, 19 Juni 2008 (UTC)
Setuju dijadikan disambiguasi saja. dragunovadiscuss 13:14, 19 Juni 2008 (UTC)

hay bung biarlah istilah KPK terus dikembangkan kalau tempodulu kamu di SD makai itu sebagai istilah berhitung/matematika namun sekarang komisi pemberantas korupsi biar koruptor di negara kita pada kapok, agar jagan curi lagi he.........takut deh iyakan? maju terus KPK asal jangan pandang orang besar/kecil biar sama rata agar enak.......Djaferi 06:44, 30 Juni 2008 (UTC)

Arsip Mei 2008

referensi hilang

Tanya: Kalau di artikel ada referensi ke pranala luar, dan sekarang pranala tersebut telah "mati" (tidak bisa diakses lagi), apakah pernyataan yang menggunakan referensi tersebut masih bisa dipertahankan atau harus dihapus? (-_-)V bennylin 404 02:02, 22 April 2008 (UTC)

Lebih baik dicari penggantinya dari situs alternatif. Atau cari situs lain yang menyimpannya, misalnya Google cache atau Internet Archive Wayback Machine. dragunovadiscuss 12:00, 9 Mei 2008 (UTC)

Election Notice - Please translate

The 2008 Board election committee announces the 2008 election process. Wikimedians will have the opportunity to elect one candidate from the Wikimedia community to serve as a representative on the Board of Trustees. The successful candidate will serve a one-year term, ending in July 2009.

Candidates may nominate themselves for election between May 8 and May 22, and the voting will occur between 1 June and 21 June. For more information on the voting and candidate requirements, see <http://meta.wikimedia.org/wiki/Board_elections/2008>.

The voting system to be used in this election has not yet been confirmed, however voting will be by secret ballot, and confidentiality will be strictly maintained.

Votes will again be cast and counted on a server owned by an independent, neutral third party, Software in the Public Interest (SPI). SPI will hold cryptographic keys and be responsible for tallying the votes and providing final vote counts to the Election Committee. SPI provided excellent help during the 2007 elections.

Further information can be found at <http://meta.wikimedia.org/wiki/Board_elections/2008/en>. Questions may be directed to the Election Committee at <http://meta.wikimedia.org/wiki/Talk:Board_elections/2008/en>. If you are interested in translating official election pages into your own language, please see <http://meta.wikimedia.org/wiki/Board_elections/2008/Translation>.

For the election committee,
Philippe Beaudette

Kebijakan penggunaan nama pengguna

Saya kok risih yah melihat nama pengguna non-alphabetis digunakan di wikipedia bahasa Indonesia. Kebijakannya mana sih? Mau mosi ditambahkan untuk ajeg tidak boleh menggunakan aksara lain selain aksara latin untuk namanya dong. Kalau untuk bagian "kirim pesan" atau "bicara", ya terserahlah, tapi tidak untuk nama pengguna. Ada dua aja aksara rusia disini, saya sudah tidak bisa membedakan yang mana yang satu dan yang mana yang lain - pada halaman perubahan terbaru - Serenity

Agree. Ini wiki Indonesia, seharusnya menggunakan nama pengguna dengan aksara Latin, bukan aksara Mandarin dll  Mimihitam   Bicara  05:42, 27 Mei 2008 (UTC)

Ah, sudah diganti. Kebijakannya dong, biar bisa dikeraskan Serenity 05:45, 27 Mei 2008 (UTC)

Menurut saya cukup diberi teguran untuk mengganti akun saja. Saya rasa juga tidak perlu dikeraskan, karena kebanyakan yang menggunakan aksara alien seperti itu adalah warga mancanegara yang belum tahu kebijakan di sini (apalagi kebijakan tentang nama pengguna kita ada dalam bahasa Indonesia).  Mimihitam   Bicara  02:29, 29 Mei 2008 (UTC)
Menurut saya justru tidak perlu dipermasalahkan mau aksara apa yang digunakan, namanya juga nama, masak nama diubah-ubah cuma gara-gara berkunjung ke rumah orang. borgx(kirim pesan) 03:11, 29 Mei 2008 (UTC)
Huruf latin juga berasal dari bahasa asing. Bahasa Indonesia bisa saja dituliskan dengan huruf kiril, Jawi, atau bahkan aksara Cina. Sebelum kita disekolahkan ortu, huruf latin juga aksara asing. Saya, Anda, kita semua dulu buta huruf. Takut dengan aksara asing? Mengapa? Tidak tahu maka dari itu kita takut. Mari belajar supaya ga buta "huruf alien". Mulai dari bahasa negara tetangga, Thai, Vietnam, semua saudara-saudara kita. Awasi saja dan sediakan daftar pengguna beraksara asing 81.169.167.206 04:52, 29 Mei 2008 (UTC) (hapus komentar ini kalau tidak suka anonim)
Wah terima kasih 81.169.167.206 anda telah menunjukkan maksud saya. Kalau begitu ngga usah pakai nama pengguna saja, baik dalam huruf latin atau huruf lainnya, kita pakai angka semua...bagaimana? IP Address... kan bisa., terus kita tinggal bikin dafar pengguna dengan IP addressnya (hahaha). Kalau begitu untuk apa ada log masuk dan lainnya? Karena hal ini memanusiakan manusia, dengan maksud baik supaya lebih dikenal, kita menggunakan nama yang bisa kita mengerti, ucapkan, dan kenali - walaupun itu nama-namaan. Bagaimana kalau kita semua kembali saja ke jaman batu dan main lempar-lemparan tongkat untuk menjelaskan maksud kita? Ya jawabannya klasik: tidak bisa, karena sekarang yang kita gunakan adalah yang kita mengerti, dengan alasan yang samalah artikel Bahasa Indonesia di en.wikipedia tidak ditulis dengan Bahasa Indonesia tetapi Indonesian Language.
PS saya tidak ada masalah dengan anonim, tapi geli aja lihat orang suka lempar batu sembunyi tangan Serenity 08:19, 29 Mei 2008 (UTC)

Memang 81.169.167.206 itu siapa?  Mimihitam   Bicara  08:46, 29 Mei 2008 (UTC)


Sehubungan dengan kebijakan global Wikimedia, dan adanya preferensi log masuk global, maka tidak dapat dihindari, kebijakan nama pengguna kita akan diamandemen. Nama pengguna dalam aksara non-Latin sekarang diperbolehkan secara global. [Sebaliknya] boleh-boleh saja kan kalau kita login di ar.wikipedia dengan nama latin. Nama pengguna dengan IP address tentu saja tidak diperbolehkan. :) ~Rex••pesan•• 08:51, 29 Mei 2008 (UTC)

Ah SIAL :D Serenity

gini aja: kalau ada yang pakai huruf non-latin, diminta menuliskan transliterasinya di halaman penggunanya. Alasannya: praktis, buat komunikasi. Di punggung pemain bola rusia atau yunani kan juga pakai huruf latin. Sebagai "tuan rumah" boleh dong bikin pembatasan sedikit. Kembangraps 10:28, 1 Juni 2008 (UTC)

Mendaftar akun lagi

ini gimana nih??? Azmi 12:45, 28 Mei 2008 (UTC)

Secara global, di proyek-proyek Wikimedia, hal seperti ini sudah cukup sering terjadi. Tidak apa-apa. Yang penting, tidak digunakan sebagai alat untuk meat-puppet ataupun sock-puppet/pengguna siluman. :) ~Rex••pesan•• 15:30, 29 Mei 2008 (UTC)

Arsip April 2008

UU ITE

Link: di sini.

Agak prihatin dengan pasal ini:

Bagaimana dengan pranala interwiki pada artikel-artikel dengan isi terkait dengan seksologi/pornografi? Dapatkah itu dianggap sebagai "membuat dapat diaksesnya ... yg melanggar kesusilaan"? karena watak artikel di wiki en:, misalnya, lebih liberal dan pranala luarnya bisa-bisa nyambung ke beberapa situs porno. Repotnya adalah pada pengertian "yang melanggar kesusilaan" sebetulnya atau ketidakmampuan beberapa pihak melihat aspek edukasi pada pemuatan berkas-berkas provokatif secara seksual. (Atau aku aja yang terlalu ketakutan?) Kembangraps 16:18, 3 April 2008 (UTC)

menurut gue pasal 27 ayat 1 (kesusilaan), 2 (pencemaran nama baik), 3 (permusuhan individu/kelompok) itu pasal karet semua tuh.. kalo kita parno, ntar jadinya banyak artikel yg kudu dihapus terutama bagian "kontroversi" nya. menurut gue, selama kita yakin bener dan demi ilmu pengetahuan dan informasi publik, gue pikir kita gak usah parno dulu. --Ciko bicara 16:36, 3 April 2008 (UTC)

Mo ada pertemuan tuh buat blogger hari senin di depkominfo. katanya sosialisasi. Kalo ada yg punya blog , terus berani dateng, ditanyakan bgmn dg situs (kyk wikipedia) yang memberikan pranala ke forum2 atau situs "bermasalah" (re: pasal2 karet tadi). Kembangraps 08:01, 4 April 2008 (UTC)

Arsip Maret 2008

Orang yang sama dalam pandangan dan cerita yang berbeda

Silakan lanjutkan perbincangan di Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)/Arsip (Feb-08)

Penyelesaian akhir

Oke, setelah berbincang dan brain storming sebentar sama Japri, kita menemukan solusi yang semua pihak menang. Solusinya adalah subtopik netral untuk semua artikel.

Contoh paling ekstrim adalah apakah Yesus Kristus atau Nabi Isa? Jawabannya adalah keduanya, dengan penulisan yang sama. Dalam Yesus Kristus seharusnya ditulis juga subtopik dalam pandangan Islam dengan pranala yang mengarah ke Nabi Isa, dan dalam Nabi Isa ditulis juga subtopik dalam pandangan Non-Islam yang mengarah ke topik-topik yang bersangkutan. Jadi dilihat dari sisi agama sebelah manapun tetep orangnya sama hanya diulas lebih banyak (dalam artikel sendiri) dengan cara yang berbeda. Teknisnya ngerti kan? Gimana? Serenity 15:36, 18 Maret 2008 (UTC)

Solusi akhir? LOL sometimes you're so funny, linking Jews with "solusi akhir". 132.229.155.182 15:02, 19 Maret 2008 (UTC)


I may be funny, but I sure hell ain't a coward, and you are? ... Serenity 16:48, 19 Maret 2008 (UTC)

yg waras ngalah.. hehehe --Ciko bicara 11:39, 26 Maret 2008 (UTC)

Wikipedia:Format penamaan di Wikipedia

Mohon tanggapannya Wikipediawan/wati sekalian di Wikipedia:Format penamaan di Wikipedia. (-_-)V bennylin 404 01:17, 4 Maret 2008 (UTC)

Arsip Februari 2008

.

Halo semua, gue merhatiin ada artikel salin-tempel tentang musa di WBI dan protes karena rambunya banyak banget. Tiba-tiba ada Ayun gagrag yang protes balik ingin artikel-artikel ini "dipisah". Terus terang kayaknya saya tidak tahu kemampuan menulis si Ayun ini bagaimana, dan apakah sanggup benar memisah secara tertib seluruh artikel-artikel sejenis yang memiliki masalah yang sama. Kalo ngga salah waktu itu memang "sempat" dibicarakan (lupa dimana) tapi kalau ngga salah belum ada keputusannya dan penunjukan "siapa yang akan bertanggung jawab" kalau benar-benar dipisah. Sebagai contoh aja gue inget mengurai benang kusut artikelnya "pernikahan" dan seluruh redirectnya itu menghabiskan hampir satu hari penuh, walaupun hasilnya menurut gue memuaskan (dan diprotes oleh benny pada saat yang sama).

Gue pikir walaupun konteksnya berbeda, dalam hal teknis ini berarti berpuluh-puluh artikel yang keruwetannya kurang lebih sama (major rewrite) ditambah penulisnya harus memiliki pengetahuan yang lebih (atau berani riset mati-matian) dan kemampuan menulis yang baik supaya artikelnya layak dan ngga asbun (asal bunyi) -- artikel tentang agama condong jadi ceramah daripada ensiklopedis --

Pengurus sendiri bagaimana? Ini heads up (siap-siap) loh, seandainya ada yang mulai memindahkan besar-besaran (dan dilepas tengah jalan). Serenity 14:08, 18 Desember 2007 (UTC)

Saya diminta oleh saudara Ayun gagrag atau Falcao untuk memberikan komentar. Pertama-tama memang harus kita tekankan bahwa Wikipedia itu benar merupakan sebuah ensiklopedia dan bukan tempat berdakwah. Pemisahan dan penggabungan artikel tentang nabi-nabi Yahudi/Kristen dan Islam ada segi baik dan buruknya. Segi baiknya ialah bahwa hal ini menurunkan ketegangan antar umat beragama. Yang beragama Kristen bisa sesuka hati mengembangkan artikel nabi dari sudut pandang Kristen dan yang Muslim begitu pula. Nah segi buruknya ialah kaburnya prinsip NPOV. Mengapa kabur? Karena tokoh yang secara historis mungkin sama menjadi dua tokoh yang berbeda.
Sekarang penggabungan artikel. Secara ensiklopedis dan ilmiah hal ini sungguh bagus dan bisa dielu-elukan. Tokoh yang bersangkutan bisa dibicarakan secara komprehensif dan prinsip NPOV terjaga. Namun segi buruknya tentu juga ada yaitu ialah bahwa hal ini benar bisa mengakibatkan kericuhan dan konflik di masa yang mendatang.
Saya secara pribadi sama-sama tidak menentang kedua alternatif ini. Saya hanya ingin mengemukakan hal serupa yang pernah saya diskusikan panjang lebar dengan pengguna:Adiputra mengenai tokoh-tokoh Mahabharata dan Ramayana. Apakah dan bagaimana pandangan India dan Indonesia (baca: Jawa) kadang-kadang bertentangan. Akhirnya artikel tidak dipisah namun di dalam artikel ada perbedaan paragraf mengenai pandangan India dan Indonesia. Saya memuji saudara Adiputra yang telah merelakan bentuk nama yang umum digunakan di Indonesia sebagai nama artikel dan bukan nama Sansekertanya. Mungkin hal ini bisa direnungkan.
Kembali ke Nabi-Nabi Yahudi/Kristen dan Islam. Mungkin jika mau dipisah bisa dicari solusi berikut: semua nabi diberi halaman disambiguasi. Jadi artikel Adam menjadi disambiguasi ke artikel sesuai sudut pandang Yahudi/Kristen dan Islam. Kemudian untuk mengantisipasi artikel menjadi "asbun" atau "ceramah" untuk mengutip Serenity, bisa dicari solusi berikut. Seorang sukarelawan mencari bahan dari sumber yang terakreditasi sebagai dasar artikel yang bersangkutan. Misalkan untuk Adam dicarikan entri yang bersangkutan pada Ensiklopedi Islam Indonesia yang disalin dan diberi anotasi dan juga sumber terakreditasi Yahudi/Kristen, misalkan Ensiklopedi Gereja. Lalu hal-hal yang berbau "ceramah, khotbah, atau dakwah" apalagi yang tidak bersumber tepercaya dianggap original research dan bisa dihapus seketika.
Jika tidak ada jalan tengah, kita voting saja, tapi sesuai prosedur dulu. Lalu sebelum pemisahan dimulai, diinventarisasi dulu artikel2 nabi ada yang mana, nanti yang diberi tugas untuk memisahkan adalah seorang pengurus atau pengguna senior.
Baiklah sekian € 0,02 saya (tiru-tiru orang :-P ) Meursault2004ngobrol 16:37, 18 Desember 2007 (UTC)
Kalau masalahnya cuma pada gambar, saya rasa tidak masalah itu kalau dilepas gambar-gambar tersebut. Bagaimana? (-_-)V bennylin 404 18:07, 18 Desember 2007 (UTC)

Ben, sebenarnya isinya yang justru gue paling takut, gambar is the least of my worry. Di elu-elukan itu apa sih Rev? Itu dalam bahasa Indonesia dielu-elukan adalah: bersorak-sorai riuh secara berkelompok (masa) dan dalam bahasa betawi berarti di "kamu-kamu" lagi...tsk... Serenity 03:06, 19 Desember 2007 (UTC)

(Sambil menengok KBBI) Mengelu-elukan berarti 1. mengeluarkan kepala (dari jendela) 2. menjemput/menyambut dengan meriah. Btw, saya lebih suka artikel digabung saja. Toh membahas orang yang sama. --Gombang 11:27, 20 Desember 2007 (UTC)
Tapi itulah alasan yang digunakan oleh Azmi, NoiX dan yang lain-lainnya (coba cek di Pembicaraan:Abraham) (-_-)V bennylin 404 18:25, 19 Desember 2007 (UTC)
Tambahan: Jadi kesimpulannya sebenarnya apa yah? Iya dipisah atau enggak? Gini deh, gue nawarin solusi. Satu artikel percobaan diberikan untuk penggagas (diberi tag "inuse") untuk satu nabi yang sudah ada artikel gabungannya. Terus setelah "artikel percobaan" tersebut selesai -- kita nilai dan voting. Dengan begini kita tau apakah:
  1. Penggagas mampu menulis secara ensiklopedis
  2. Kompeten untuk memisah artikel yang digagasnya.
  3. Memberikan daftar kepada komunitas akan artikel mana saja yang dirasa perlu dipisah. Serenity 03:11, 19 Desember 2007 (UTC)
Arti pertama. Meursault2004ngobrol 13:50, 19 Desember 2007 (UTC)
  • semua artikel agama yg memiliki keterkaitan ditambahi embel-embel “dalam pandangan Islam/Kristiani”.

Contoh: “Daud dalam pandangan Islam” dan “Daud dalam pandangan Kristiani”.

  • sedangkan artikel berjudul “Daud”, diisi keterangan yang menyatakan bahwa halaman Daud mengandung Ambiguitas, dan dimasukkan link ke artikel “Daud dalam pandangan Islam”, juga “Daud dalam pandangan Kristiani”.
  • Keuntungannya adalah, suatu saat jika ada yg membuat artikel Daud dlm versi agama Yahudi atau yang lain, tinggal membuat artikel berjudul “Daud dalam pandangan Yahudi”, dan tinggal memasukkan link ke halaman itu di artikel “Daud” (yg merupakan halaman penjelasan ambiguity).

gimana?

Falcao 12:43, 20 Desember 2007 (UTC)

Boleh tuh usul si Falcao Azmi 06:07, 3 Januari 2008 (UTC)

Bang kopi Cappucino 1. Masalah nya apa nih Fajar Adi Buana 09:03, 21 Desember 2007 (UTC) (Fjr ab lagi sakit mata sehingga tidak bisa melihat banyak tulisan)

Maaf tuan Fajar, di sini saya tidak menyediakan Cappucino, silakan pergi ke Warung Kopi terdekat di rumah anda! Saya ih setuju sama pendapat Falcao. Ini bisa menghindari vandalisme karena merasa jauh berbeda dengan kepercayaannya. Azmi 07:14, 26 Desember 2007 (UTC)

Daftar artikel yang terkait

Riset oleh Benny:

Artikel-artikel lain yang serupa:
bennylinkirim pesan 08:56, 31 Oktober 2007 (UTC)


Melanggar Pancapilar

Halo, setelah saya buka kitab peraturan Wikipedia pancapilar ternyata permohonan yang diajurkan oleh anak-anak baru untuk memisahkan artikel orang yang sama melanggar sila kedua butir satu dan dua. Kecuali dirasakan atau dipaksakan untuk artikel yang berbeda berarti harus menggunakan konsensus. Untuk saat ini karena belum ada proposalnya, saya pilih untuk tidak dipisah. Serenity 06:27, 21 Desember 2007 (UTC)

Saya kira semua perlu mendinginkan kepala dulu dan kita kembali ke kebijakan di Wikipedia bahasa Indonesia yang mensyaratkan suatu topik harus ditinjau dari segala sudut pandang (NPOV) dan ini secara komunitas WBI, mengatasi pandangan-pandangan masing-masing pihak [dan untuk case ini: agama]. ~Rex••pesan•• 09:12, 21 Desember 2007 (UTC)
Btw, klo misal jadi dipindah (?klo jadi?), yg mo dipindah ga banyak khan! Menurut ketiga mata saya yg bisa dipindah cuma ada 4: Ibrahim/Abraham, Yakub/Yaqub, Luth/Lot, & Daud!!! Liat deh Pembicaraan:Daud. Salam Damai NoiX180 09:50, 21 Desember 2007 (UTC)
gue gak setuju dipisah.. ini ensiklopedia umum loh.. kalo dipisah jadinya ya gak NPOV dong, dan malah membingungkan. ntar lama2 ada 2 artikel Suharto lagi.. suharto versi orba dan suharto versi sekarang.. dst dst.. menurut gue artikel utama nya tetep harus satu! misalnya: satu artikel abraham/ibrahim (terserah deh mau judul artikel nya abraham atau ibrahim.. -yg waras ngalah.. :p), nanti kalau mau nulis artikel2 (terkaitnya mis: ibrahim dalam ajaran islam, abraham dalam ajaran kristen, dll) ya terserah dan silahkan aja, tapi artikel utamanya tetep satu.. --Ciko bicara 20:31, 24 Desember 2007 (UTC)
Gue aga' stuju ama pendapat Ciko, yg artikel utama 1 n yg beda pandangan dibikin sendiri2! gimana? So misal artikel utama Ibrahim trus ada halaman bercabang menurut pandangan keyakinan masing2!! NoiX180 10:52, 25 Desember 2007 (UTC)

Suharto, bukan tokoh agama, jadi gak mungkin dong kalo versi orba dan sekarang. Ini kan tokoh agama, jadi takutnya penganut agama bisa salah arah, jadi gimana? Kalo tokoh politik gak mungkin sampe segitunya. Azmi 07:13, 26 Desember 2007 (UTC)

Btw, aq aga' setuju sama Ciko. But, bener juga omongan Azmi! Yg kita omongin khan org di zaman gula masih pahit or gajah masih bertelur! So, sy rasa sejarah aslinya sulit didapetin n ga mudah mencari mana yg betul! N sy masih bisa menyanggupi klo artikel utama satu, misal Ibrahim,Luth,Yaqub. tP dr satu itu, sy masih ragu dengan isinya n judul utama yg bener yg mana or ga netral?! N klo misal dah netral, isi n judul utama diatas sy rasa bisa dibuat disambig utk keyakinan masing2! NoiX180 07:31, 26 Desember 2007 (UTC)

Ya sudah, menurut saya sih jelas melanggar. Tetapi kalau sipengusul tetap ingin usulannya jebol, dan daripada debat kusir silahkan mengajukan proposal dan argumentasinya untuk merubah aturannya. Lihat cara pengajuan proposal

Apa ini melanggar?

Cuma mau mengatakan bahwa sudah ada artikel tokoh yang bercabang (sejak jaman bahaeula) yaitu Yesus Kristus dan Isa yang notabene tokoh sejarah yang sama, cuma yang satu dari bahasa Yunani (Iesus) yang satu dari bahasa Arab (kalau tidak salah). (-_-)V bennylin 404 10:21, 2 Januari 2008 (UTC)

Contoh lain: Henokh dan Nabi Idris, Ishak dan Nabi Ishaq, Salomo dan Nabi Sulaiman, Yohanes Pembaptis dan Nabi Yahya (-_-)V bennylin 404 02:54, 4 Januari 2008 (UTC)

Bahasa Arab Yesus=Isa. Dalem Qur'an, banyak disebut Isa Azmi 06:07, 3 Januari 2008 (UTC)

Ya berarti melanggar, cuma ngga ketahuan dan ngga ada yang peduli. Serenity 03:46, 4 Januari 2008 (UTC)
Klo melanggar knapa dibiarin? Mana tuh yg mw benerin? Kenapa ga disatuin aja Yesus n Isa? Tp, saya sangat tidak setuju sekali klo keduanya disatuin! trus klo digabung, artikel utama pake nama apa? Bingung khan! di kalangan Islam Isa sedangkan dlm Kristen Yesus! So, saya rasa tidak semua tokoh harus mematuhi UUD menururt Serenity di atas! Soalnya UUD tersebut bisa bawa untung tp juga bencana! NoiX180 03:56, 4 Januari 2008 (UTC)
Kalau sekarang sudah ketahuan lebih baik dimusyawarahkan sekali untuk selamanya. Lihat di bawah. (-_-)V bennylin 404 04:13, 4 Januari 2008 (UTC)

Kan benar, pada halaman nabi Yahya tidak ada pranala interwiki ke bahasa lain, apakah nabi yahya tidak ada dalam bahasa lain? kan orangnya sama dengan Yohanes (misalnya iya) Serenity 03:53, 4 Januari 2008 (UTC)

Mbak Sere, Nabi Yahya ada interwikinya lho! N dlm alkitab disebut Yohanes Pembabtis NoiX180 04:17, 4 Januari 2008 (UTC)

Noix ini Wiki - pembiaran karena belum ketauan itu biasa, bukan bencana..tsk tsk tsk. Benny, kan gue udah bilang silahkan bikin proposalnya. Kalau dalam hukum dikenal istilah yang mendalilkan yang membuktikan, kalau di adaptasi di wiki yang mempermasalahkan yang buat proposal - siapa yang mempermasalahkan? siapa yang nanti tanggung jawab kalau sudah ada keputusan? Buat saja, nanti pas pemilihan suara komunitas menentukan. Gue ngga mau campur tangan ikutan proposal karena pendirian gue sudah jelas dari awal. Serenity 05:12, 4 Januari 2008 (UTC)

Kenapa dibiasakan? Kebiasaan buruk tuh! Malah karena kerja Mas Benny, jadi ketahuan tuh klo ternyata ada pelanggaran lain UU Pancaindra yg dari dulu ada di pelupuk mata! Btw, waktu pertama pembuatan artikel2 itu, kenapa ga ada tanggapan apa2 dr Wikiwan-Wikiwati klo sbenernua itu melangar UU. Sbenernya saya rasa terlalu memaksa deh klo artikel yg seharusnya dipisah tp malah digabung dg adanya UU diatas. Trus, saya sih setuju dengan artikel utama n bercabang. Tp, yg bermasalah ntu di artikel utamanya! apa bisa artikel itu netral klo namanya aja beda! Misal: Yesus n Isa! ga mungkin khan ada yg mw ngalah! Biarin deh gue ngeyel cz ga selamanya ngeyel itu buruk! Sy beropini klo ga selamanya peraturan itu harus dipatuhi klo memang ada waktu2 tertentu yg memang harus melanggarnya! Salam anak ngeyel NoiX180 07:16, 4 Januari 2008 (UTC)
Bwahaha, udah ngeyel ngaku lagi. He, Noix, asal tau aja biasa dan kebiasaan itu beda. Kalau kita menemukan kesalahan, kita diskusi seperti orang beradab dan bilang satu sama lain bahwa, "hei tau ngga ada yang salah nih...lihat a,b,c,d..." terus "bagaimana supaya lebih baik yah" -- dah lanjutannya adalah diskusi orang beradab. Baru tau ada:
  • UUD
  • UU Panca Indera (bwa ha ha)
  • sangat tidak setuju sekali (ini nanti kalau voting tetep suaranya satu loh ngga jadi 3 walaupun pakai sangat dan sekali)
Ini kan ketemu sama Benny, gue ngga lihat walaupun elo sangat tidak setuju sekali riset atau melakukan niat baik untuk membuat proposal dan membuat argumentasi elo ilmiah. Pertanyaan gue masih sama, mana proposalnya? (udah tiga kali aja tuh) -- silahkan bikin. Toh ada azmi dan entah kemana ayun gagrag yang akan back up. At least I know you have three vote without sangat dan sekali. Bwa ha ha Serenity 07:30, 4 Januari 2008 (UTC)
Bwa ha ha ha! Btw, poposal apaan sih? kok pada ngomongin proposal! Proposal ntu dari semen ya?:D NoiX180 07:37, 4 Januari 2008 (UTC)
Hehehe, tambah menarik. Noix, Proposal yang dimaksud adalah proposal untuk memberi perlakuan khusus terhadap artikel-artikel yang dimaksud. Tata cara pengajuan proposal bisa dilihat di Wikipedia:Proposal_kebijakan_dan_pedoman_versi_2. Karena wiki ini adalah milik komunitas Indo dan peraturan pancapilar tersebut walopun sudah diterjemahkan tapi kurang sosialisasi (aku sendiri blum pernah baca sampai dimunculkan di sini), jadi jaman dulu-dulu waktu jumlah artikel masih bisa dihitung dengan jari... kaki seribu... dan jumlah penggunanya juga masih sedikit, hal-hal 'kecil' tersebut tidak dipermasalahkan, karena malahan bagus menambah jumlah artikel. Tapi makin besar kan harus makin mengikuti peraturan biar tampak rapi dan ensiklopedik (<- ini kuncinya, bayangin di ensiklopedia masak orang yang sama dibahas dua kali? Moga-moga sudah pernah buka ensiklopedia beneran/fisik, tidak seperti saya yang sukanya komik >,<) Bwa... hwa... hwa... seperti tawa Don Kanonji dalam Bleach. (-_-)V bennylin 404 08:28, 4 Januari 2008 (UTC)
NB: Indentasinya jangan jauh-jauh, Noix, cukup jumlah titik-dua sebelumnya ditambahin satu. (-_-)V bennylin 404

So, harus ada yg bikin proposal donk? susah nih! NoiX180 08:40, 4 Januari 2008 (UTC)

iya, makanya serenity dari tadi nuding kamu buat bikin proposal, karena kamu yang berkeberatan, masak orang lain yang nulis? (-_-)V bennylin 404 08:44, 4 Januari 2008 (UTC)
Waduh! Gw ga tw nih isi n cr penulisan proposal gimana? mungkin ada yg bisa bantu bikinin? Klo nulis surat resmi, memo, undangan, pengumuman, surat kaleng sih saya tw! Emang harus ada proposal? NoiX180 09:00, 4 Januari 2008 (UTC)

Berkas disembunyikan

Gambar di artikel-artikel tersebut saya sembunyikan menggunakan templat {{sembunyikan}}, jadi kalau mau melihatnya bisa klik "tampilkan", kalau tidak ya tidak akan kelihatan. (-_-)V bennylin 404 02:54, 4 Januari 2008 (UTC)

Ringkasan

Permasalahan:

  • Seorang tokoh agama (terutama nabi-nabi di Islam) yang sama dalam agama samawi
    • Artikel yang panjang - perlu dipisah atau tidak?
    • Sudut pandang yang berbeda - perlu dipisah atau tidak?
    • Pancapilar Wikipedia - tokoh yang sama tidak seharusnya dipisah
    • Ejaan nama yang berbeda
  • Artikel tokoh agama yang menggunakan gambar
    • Dihilangkan saja
    • Disembunyikan saja -> sudah, oleh Benny
    • Merupakan alasan untuk memisah?

Jalan tengah

  • Yang setuju untuk digabung
    • Perlu ditentukan ejaan nama mana yang akan digunakan: (Henokh atau Idris, Lot atau Luth, Ismail atau Ismael, Ishak atau Ishaq, Yakub atau Yaqub, Ayub atau Ayyub, Salomo atau Sulaiman, Elia atau Ilyas, Elias atau Ilyasa, Yohanes Pembaptis atau Yahya, Yesus atau Isa) yang akan menjadi artikel utama, lalu nama yang terpilih (disambiguasi) akan menjadi halaman disambiguasinya dan semua variasi nama akan dialihkan ke halaman disambiguasi tersebut.
    • Halaman artikel akan dibagi menjadi beberapa subbagian bertajuk "XYZ menurut agama XYZ"

(-_-)V bennylin 404 04:13, 4 Januari 2008 (UTC)

Setuju buat dipisah (bikin disambig), Abraham, Daud, Lot, Nuh, Yakub, Musa. Azmi 10:03, 17 Januari 2008 (UTC)
Wah, lama berhenti! Yah, yg ditulis Azmi benar! Cuma itu aja yg perlu disambig! Trus, kt Serenity aq hrs bikin proposal! Jawaban saya tetap satu tidak mau' cz ga bisa n saya cuma mw keputusan ini diselesein dg pemungutan suara setuju or ga! NoiX180 10:33, 17 Januari 2008 (UTC)

Apakah perlu ada penyunting tetap dengan otoritas lebih untuk bidang agama/filsafat, yang tugasnya mengawasi tertib penyuntingan artikel2 terkait? Kembangraps 10:36, 21 Januari 2008 (UTC)

Kaliatannya ada maslah baru. Ga cuma nabi aja sepertinya! Malaikat & kerabat nabi2 (walau hanya beberapa) seperti istri Ibarhim, Sarah & Ibu Nabi Isa, Mariam juga terlibat dalam hal ini atau lebih jelasnya merupakan orang2 yang namanya disebut dalam Al-Qur'an dan Alkitab. Itu aja NoiX180 00:32, 7 Februari 2008 (UTC)


Heh, bawel (baca: NoIX), nulis bisa yang bener ngga sih? aq, disambig, kt emang papan ketik mu numerik kayak SMS yah? Gue aja nulis pake selipan bahasa Inggris diomelin sama arkwatem. Lagipula proposal itu langkah pertama sebelum pemungutan suara. Buntutnya juga bakal pemungutan suara, namun proposal diperlukan supaya jadi kebijakan yang sah yang diambil akan dipakai seterusnya di Wikipedia. Coba kalo NoIX ngga mampu orang kedua yang protes, Azmi, bisa bikin ngga? Entar kalo salah kita (gue dan mungkin Benny) bisa bantu benerin. Serenity 03:11, 13 Februari 2008 (UTC)

Boleh saja. Kasih tau detilnya. (-_-)V bennylin 404 04:28, 19 Maret 2008 (UTC)

Penyelesaian akhir

Oke, setelah berbincang dan brain storming sebentar sama Japri, kita menemukan solusi yang semua pihak menang. Solusinya adalah subtopik netral untuk semua artikel.

Contoh paling ekstrim adalah apakah Yesus Kristus atau Nabi Isa? Jawabannya adalah keduanya, dengan penulisan yang sama. Dalam Yesus Kristus seharusnya ditulis juga subtopik dalam pandangan Islam dengan pranala yang mengarah ke Nabi Isa, dan dalam Nabi Isa ditulis juga subtopik dalam pandangan Non-Islam yang mengarah ke topik-topik yang bersangkutan. Jadi dilihat dari sisi agama sebelah manapun tetep orangnya sama hanya diulas lebih banyak (dalam artikel sendiri) dengan cara yang berbeda. Teknisnya ngerti kan? Gimana? Serenity 15:36, 18 Maret 2008 (UTC)

Nama Bahasa, Endonim atau Eksonim?

Di id.wikipedia nama bahasa pake Endonim (nama yang digunakan oleh bahasa tersebut) atau Eksonim (nama yang digunakan oleh bahasa luar)?

Ada beberapa artikel yang ketika saya datengin udah pake nama endonim (Artikel Bahasa Finlandia redirect ke Bahasa Suomi sedangkan untuk Bahasa di Polandia adanya artikel Bahasa Polski) Beberapa yang lainnya pake nama Eksonim Indonesia (Sebagai contoh Bahasa Inggris dan Bahasa Jerman).

Saya jadi bingung juga nih mau nerjemahin pake nama Eksonim atau Endonim, bagaimana menurut wikipediawan dan wikipediawati disini mana yang harus kita pakai?

PS: Maaf kalo salah divisi, Kalau masalah beginian nanya dimana ya di warung kopi? --Pyurio 08:25, 11 Februari 2008 (UTC)

Edit: Nevermind my question, Pengguna:Bennylin telah mengarahkan saya kepada Wiki penamaan negara, ibu kota dan bahasa|Peamaan negara, ibu kota, dan bahasa --Pyurio 02:09, 13 Februari 2008 (UTC)

Arsip Januari 2008

Nama pengguna

Nama pengguna seperti Pengguna:Badjingan44 diperbolehkan atau tidak sih? 0_0 bennylin (-_-)V 06:16, 12 Desember 2007 (UTC)

Kalau menurut saya sih tidak boleh. Meursault2004ngobrol 06:37, 12 Desember 2007 (UTC)
Setuju! Itu seperti menghina. -- Sae Sidji 05:57, 30 Desember 2007 (UTC)
Apakah ada peraturan/kebijakan tertulis mengenai prasyarat nama pengguna? Hal ini kadang bisa jadi sensitif juga. Seperti kasus domain, misalnya. Saran saya, sebaiknya ada kebijakan tertulis yang mengatur soal nama pengguna. Terimakasih --za 06:44, 16 Januari 2008 (UTC)
Sudah ada. Silakan melihat Wikipedia:Nama pengguna. Meursault2004ngobrol 13:11, 16 Januari 2008 (UTC)
Saya pernah melihat nama penggunaan berupa alamat web, apa tidak menyalahi poin 7? Arkwatem 13:30, 16 Januari 2008 (UTC)