Bantuan:Penggabungan dan pemindahan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg Penggabungan

Penggabungan dan pemindahan adalah dua aspek fundamental pengembangan, strukturisasi dan pengubahan bentuk artikel-artikel di Wikipedia. Penggabungan adalah suatu proses manual menggabungkan dua halaman yang serupa atau mubazir menjadi satu. Pemindahan adalah mengganti nama suatu halaman dengan nama baru.

Penggabungan[sunting | sunting sumber]

Alasan penggabungan[sunting | sunting sumber]

Maksud utama dari penggabungan adalah menciptakan konteks yang tepat. Kalau bahasan-bahasan yang ada dirasa lebih baik digabung dalam satu konteks pembicaraan, maka bahasan tersebut bisa digabungkan dalam satu artikel.

Jika anda melakukannya karena suatu artikel terlalu singkat, sehingga mungkin tidak terlalu informatif, maka tindakan menggabungkan akan lebih bijaksana daripada menghapus. Tentu saja, mengembangkan artikel lebih baik, tetapi tidak semua artikel bisa dikembangkan dengan mudah.

Tindakan penggabungan harus selalu meninggalkan tanda redirect di tempat asalnya. Bahkan bila anda merasa hal tersebut tidak perlu, namun tetaplah harus anda lakukan sebab tindakan redirect tidak akan membuat kerugian apapun.

Saat melakukan penggabungan menjadi satu konteks, anda mungkin akan menyadari bahwa informasi yang akan digabungkan telah ada di artikel tujuan. Dengan demikian anda bisa langsung memberikan redirect saja, silakan lihat keterangan di bawah.

Cara menggabungkan[sunting | sunting sumber]

  1. Pergi ke artikel sumber (misal "Lionel Hutz").asdasdasdasdas
  2. Di bagian atas artikel, klik pilihan "sunting".
  3. Buka artikel tujuan (misal "Karakter-karakter di Kartun The Simpsons") di jendela lain (atau browser tab, jika browser anda menyediakannya). Sunting juga bagian ini.
  4. Blok, cut, dan paste isi artikel sumber ke artikel tujuan.
  5. Blok dan kopi judul artikel tujuan.
  6. Di artikel sumber, ketik "#redirect [[NAMAARTIKEL]]" (tanpa tanda petik, Ganti NAMAARTIKEL dengan nama artikel tujuan).
  7. Di bagian ringkasan suntingan, tuliskan keterangan seperti: digabung ke (PAGENAME).
  8. Simpan halaman sumber (selanjutnya halaman ini telah berstatus digabungkan, dan setiap dibaca akan dialihkan ke artikel tujuan).
  9. Tekan 'lihat pratayang' di artikel tujuan.
  10. Perbaiki artikel tujuan hingga layoutnya konsisten.
  11. Di bagian ringkasan suntingan ketik kalimat seperti: digabung dengan ARTIKELSUMBER.
  12. Simpan artikel tujuan. Perhatikan bahwa artikel ini tidak akan memiliki sejarah pengeditan artikel sumber, (keterangan ini ada di artikel sumber).
  13. Lakukan pengujian ulang untuk memastikan penggabungan berjalan sempurna. Anda harus benar-benar dialihkan ke artikel tujuan jika membuka artikel sumber.

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Jika cara di atas terlihat bertele-tele, cara berikut ini mungkin lebih ringkas :

  1. Buka artikel sumber dan tujuan di dua jendela sekaligus.
  2. Cut/paste isi artikel sumber ke artikel tujuan.
  3. Ketik "#redirect [[PAGENAME]]" di artikel sumber.
  4. Perbaiki tataletak artikel tujuan sampai terlihat sempurna dan Lihat pratayang.
  5. Simpan keduanya, dan jangan lupa membuat keterangan pengeditan.

Jika penggabungan gagal[sunting | sunting sumber]

Jika mungkin di suatu saat anda tidak bisa melakukan penggabungan, atau penggabungan dirasa akan menimbulkan kontroversi, bukalah Wikipedia:Artikel ganda dan laporkan.

Pengalihan[sunting | sunting sumber]

Alasan pengalihan[sunting | sunting sumber]

Yang paling sering terjadi adalah karena alasan kesalahan eja. Misalnya, Grafitty dialihkan ke Grafiti. Bagaimanapun kesalahan eja adalah hal yang wajar terjadi. Jadi, jika anda ragu apakah pengalihan akan berguna, lakukan (atau pertahankan salah satunya).

Alasan lain adalah jika anda ingin menggabungkan artikel (telah dijelaskan di atas).

Cara mengalihkan halaman[sunting | sunting sumber]

  1. Pergi ke bagian yang dianggap '"salah nama"' yang mungkin saja sebenarnya tidak ada.
  2. Klik Sunting.
  3. Ketik "#redirect [[PAGENAME]]", PAGENAME adalah nama artikel yang seharusnya.
  4. Simpan.

Pemindahan atau penggantian nama[sunting | sunting sumber]

Alasan pemindahan[sunting | sunting sumber]

Di Wikipedia, biasanya pengguna bisa mengubah nama suatu artikel. Hal ini bisa pula disebut "pemindahan" karena efeknya sama saja dengan pengubahan nama. Pengalihan akan secara otomatis terbuat dalam nama artikel yang lama sehingga link tersebut tetap bekerja. Setelah pemindahan dari nama artikel yang salah eja, anda mungkin akan perlu menghubungi administrator untuk menghapus pengalihan yang salah eja yang tertinggal, tapi hal ini tidak terlalu penting dan- siapa tahu- mungkin saja suatu saat akan berguna jika salah eja yang terjadi adalah sesuatu yang sudah sering terjadi.

Alasan yang paling lazim ialah bila nama sebuah halaman keliru dieja, atau keliru diberi huruf besar. Perbaikilah kesalahan-kesalahan tersebut.

Kadang-kadang anda mungkin merasa nama sebuah halaman tidak tepat karena alasan tertentu. Misalnya, "Napoleon" lebih tepat disebut sebagai "Napoleon I dari Perancis". Dalam hal ini, redirect akan lebih tepat. Kebanyakan orang tidak akan mencari Marie de Rabutin-Chantal, marquise de Sévigné, melainkan Mme de Sevigne.

Cara mengganti nama[sunting | sunting sumber]

  1. Pergi ke halaman yang ingin Anda ganti namanya.
  2. Pada bagian atas layar, klik tab "pindahkan".
  3. Pada layar yang muncul, ketikkan nama yang diinginkan.
  4. Klik Pindahkan halaman.
  5. Akan terbentuk suatu pengalihan dari halaman lama ke halaman baru. Versi terdahulu halaman dipertahanan di halaman baru tersebut.

Jika pemindahan gagal[sunting | sunting sumber]

Jangan pernah memindahkan atau mengganti nama suatu halaman dengan menyalin dan menempelkan isinya. Jika karena sesuatu hal Anda tidak dapat mengganti nama suatu halaman, atau jika Anda pikir suatu penggantian nama tersebut bersifat kontroversial, bicarakan dulu di Warung kopi.

Alasan utama kegagalan adalah karena suatu artikel telah ada pada tempat yang Anda tuju. Hal ini terutama kemungkinan terjadi jika telah ada riwayat pemindahan dari satu nama ke nama yang lain. Ini bisa diatasi oleh seorang pengurus setelah diskusi.

Jika suatu halaman ada, tapi hanya mengandung suatu pengalihan tanpa riwayat apapun, pemindahan tetap dapat dilakukan. MediaWiki mengenali ini sebagai suatu kasus khusus yang tidak akan menghapus informasi apapun jika dilakukan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]