Wikipedia:Pengalihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg WP:R
WP:ALIH
Pengalihan

(Untuk menuju ke pengalihan interwiki klik //id.wikipedia.org/w/index.php?title=X&redirect=no dan gantikan nama halaman (X) di ruang alamat/address bar browser Anda. Ketikkan mulai dengan huruf besar dan gunakan garis bawah untuk spasi.)

Untuk informasi umum mengenai pengalihan/redirect dalam MediaWiki, lihat meta:redirect — bagian dari Panduan Pengguna MediaWiki. Artikel ini membicarakan kebijakan penggunaan dan penyalahgunaan pengalihan dalam Wikipedia Bahasa Indonesia. Proyek MediaWiki lainnya mungkin mempunyai langkah-langkah yang berbeda.

Bagaimana cara mengalihkan suatu halaman[sunting | sunting sumber]

Untuk mengalihkan sebuah halaman (1) ke halaman lain (2), buka halaman (1) lalu di bagian atas halaman Anda akan melihat:

"artikel" "pembicaraan" "sunting" "↑" "versi terdahulu" "pindahkan" "pantau" 

(jika Anda menggunakan kulit MonoBook - pada kulit lain, mungkin letaknya akan berbeda-beda, tidak di bagian atas halaman)

Klik "pindahkan" dan Anda akan dibawa ke halaman yang baru. Masukkan judul baru yang Anda ingini (2), dan harap sertakan alasan pemindahannya agar pengurus dan Wikipediawan lain tidak salah mengerti dan mengembalikan pengalihan Anda.

"Halaman dengan nama tersebut telah ada atau nama yang dipilih tidak sah. Silakan pilih nama lain."[sunting | sunting sumber]

Peringatan tersebut akan muncul jika Anda berusaha memindahkan suatu halaman (1), namun halaman yang dituju (2) telah eksis. Ada beberapa kemungkinan:

  • Kedua artikel merupakan duplikat, namun dengan judul artikel yang berbeda (beda kapitalisasi: RI-Ri, singkatan RI-Republik Indonesia, ejaan Republik-Repoeblik, dll)
  • Kedua artikel berbeda dan tidak seharusnya yang satu dialihkan ke yang lain
  • Halaman yang dituju (2) telah dialihkan ke halaman yang ingin Anda alikan (1)

Jika Anda tetap berkeinginan untuk mengalihkannya, Anda harus meminta tolong seorang pengurus yang memiliki akses untuk hal tersebut.

*Perkecualian*
Jika halaman tujuan merupakan halaman peralihan dan hanya ada 1 kontributor saja, 
maka halaman tersebut dapat ditindih (halaman lain dapat dialihkan ke sana oleh pengguna biasa - 
tanpa perlu akses seorang pengurus)

Bagaimana membuat suatu halaman pengalihan[sunting | sunting sumber]

Untuk membuat sebuah halaman (1) yang dialihkan ke halaman lain (2), masukkan pada halaman (1):

#ALIH [[NAMA HALAMAN 2]]

Contohnya, untuk mengalihkan halaman RI ke halaman Republik Indonesia, sunting halaman RI dan masukkan:

#ALIH [[Republik Indonesia]]

Kapan seharusnya kita menggunakan pengalihan?[sunting | sunting sumber]

Pengalihan ganda[sunting | sunting sumber]

Sebelum membuat suatu pengalihan, periksa bahwa halaman yang akan menjadi tujuan pengalihan benar-benar merupakan artikel yang diinginkan, bukan malah juga merupakan halaman pengalihan yang lain.

Pengalihan halaman hanya berlaku sekali saja. Misalnya, jika halaman A berisi pengalihan ke halaman B, dan halaman B berisi pengalihan ke halaman C maka:

  • Jika Anda mengakses halaman B, maka otomatis yang muncul adalah halaman C (halaman yang benar).
  • Jika Anda mengakses halaman A, yang muncul bukanlah halaman C melainkan halaman B yang isinya adalah link ke halaman C. (inilah yang disebut "pengalihan halaman ganda").

Pengalihan rusak[sunting | sunting sumber]

Misalnya Anda berniat membuat artikel dengan judul A dan bermaksud pula membuat artikel pengalihannya misalnya dengan judul B yang akan dialihkan ke A. Hindari membuat halaman pengalihannya terlebih dahulu (B) karena disaat Anda membuat B, halaman tujuannya (A) belum ada. Inilah yang disebut halaman pengalihan rusak. Ini untuk menghindari kondisi dimana pengguna menunda untuk membuat halaman yang sebenarnya ketika ia sudah membuat halaman pengalihannya terlebih dahulu.

Pengalihan berkas[sunting | sunting sumber]

Seorang pengurus memiliki hak khusus untuk memindahkan berkas. Berkas yang dipindahkan biasanya adalah berkas dengan nama-nama yang tidak lazim. Berkas yang dipindahkan tetap dapat ditampilkan secara benar tanpa perlu mengubah nama berkas yang lama menjadi yang baru.

Topik terkait[sunting | sunting sumber]