Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)/Arsip (Okt-07)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


tanda tangan

Bagaimana sih caranya merubah default tanda tangan saya? Saya cari di FAQ tidak ada. Tolong ditambahi. bennylin 07:07, 29 September 2007 (UTC)

Bantuan:Tanda tangan. Arkwatem 07:21, 29 September 2007 (UTC)
Ndak ngerti, atau baru bangun tidur... Jadi setelah preferensinya diganti, trus halaman apa yang perlu aku sunting? masak tiap kali harus salin-tempel? bennylin 19:57, 29 September 2007 (UTC)
Maksudnya mau kaya punya siapa? Kalau belum jelas nanti mungkin bisa diperjelas. Meursault2004ngobrol 22:00, 29 September 2007 (UTC)
Aku pikir ada halaman tertentu misalnya: Pengguna:Bennylin/tandatangan yang perlu dibuat lebih dulu atau gimana. Maunya ya kalau ketik tanda tilda 4x itu keluar nama, trus di sebelah kanannya ada link halaman pembicaraannya. bennylin 07:09, 30 September 2007 (UTC)
Coba ketik dan masukkan teks berikut (bisa diubah sendiri isinya) [[Pengguna:Bennylin|Bennylin]] <sup>[[Pembicaraan Pengguna:Bennylin|bicara]]</sup> ini ke dalam borang "nama samaran". Lalu klik kotak "Tanda tangan mentah (tanpa pranala otomatis)" di bawahnya di halaman preferensi. Lihat gambar di samping untuk jelasnya. Meursault2004ngobrol 07:54, 30 September 2007 (UTC)
Oh, di situ tho... Trims bung. bennylin - Bicara 02:18, 1 Oktober 2007 (UTC). Test bennylin - Bicara 02:19, 1 Oktober 2007 (UTC)

Templat markup

Minta templat markup di halaman penyuntingan ditambahi dong... seperti WP Inggris misalnya http://en.wikipedia.org/w/index.php?title=X&action=edit yang di bagian bawahnya ada satu boks lengkap. bennylin - Bicara 06:54, 1 Oktober 2007 (UTC)

Penerapan alat bantu penyuntingan di WBI memang berbeda dengan en, tapi seharusnya sudah cukup lengkap. Beberapa diimplementasi dalam bentuk tombol toolbar tambahan dan beberapa dalam disembunyikan dalam dropdown. Coba lihat deh, mana yang belum ada. •• ivanlanin wiktbqsz 07:52, 1 Oktober 2007 (UTC)
yang di dropdown saya lihat cuma templat standar (simbol-simbol yang kadang-kadang dipakai), templat templat (templat yang sering dipakai), dan sisanya adalah huruf bahasa asing (termasuk IPA). Toolbar di atas juga saya rasa lebih lengkap dari toolbar en. Tapi yang saya sering pakai dan tidak temukan misalnya: [[]], {{}}, <s></s>, <sub></sub>, <sup></sup>,<code></code> <blockquote></blockquote> (yang tergabung dalam wiki markup) bennylincéting 05:38, 4 Oktober 2007 (UTC)

NOTOC

Saya lihat beberapa artikel memiliki kode __NOTOC__. Apa maksud dan kegunaan dari kode ini? Arkwatem 14:20, 9 Oktober 2007 (UTC)

Bantuan:Variabel#Daftar_isi. •• ivanlanin wiktbqsz 14:24, 9 Oktober 2007 (UTC)

Jumlah artikel Wikipedia Indonesia

Jumlah artikel WPI itu hanya artikel utamanya atau termasuk artikel redireksi, artikel pembicaraan, subhalaman, dll?

misalnya: Sukarno, Soekarno, Pembicaraan:Soekarno, itu dihitung tiga atau satu? kalau halaman pembicaraan dihitung, nanti semua artikel dibikin saja halaman pembicaraannya ^^ bennylinkirim pesan 03:20, 17 Oktober 2007 (UTC)

Ini penjelasannya, dari Istimewa:Statistik: Wikipedia saat ini memiliki 67.952 halaman yang termasuk artikel yang sah. Jumlah tersebut tidak memperhitungkan halaman pembicaraan, halaman tentang Wikipedia, halaman rintisan minimum, halaman peralihan, dan halaman-halaman lain yang tidak masuk dalam kriteria artikel. Jika termasuk halaman-halaman ini, terdapat total 189.246 halaman dalam basis data.

– komentar tanpa tanda tangan oleh Arkwatem (bk) pada 02:38, 17 Oktober 2007 (UTC).

Yang menentukan sah tidaknya siapa? otomatiskah? kalau satu artikel diberi templat stub jadi tidak sah-kah? bennylinkirim pesan 04:43, 17 Oktober 2007 (UTC)
Otomatis. Diberi templat stub masih dihitung artikel. Kalau tidak salah syarat bukan "rintisan minimun" adalah memiliki pranala ke setidaknya dua satu artikel lain. Arkwatem 05:22, 17 Oktober 2007 (UTC)

Dari WP:AYDA,

Definisi otomatis yang digunakan oleh software di Istimewa:Statistics adalah: halaman apapun yang berada dalam namespace artikel, bukan merupakan halaman "redirect" dan mempunyai setidaknya satu link wiki. Software statistik hingga saat ini masih belum mempunyai metode untuk mendeteksi halaman disambiguasi, dan masih tetap menghitung stub dan stublist (berisi templat dengan sedikit atau tiada isi). Arkwatem 05:26, 17 Oktober 2007 (UTC)

Kontributor Halaman

Pranala Kontributor halaman di sebelah kiri tidak jalan. bennylinkirim pesan 03:36, 17 Oktober 2007 (UTC)

Di saat saya akses pada 01:16, 20 Oktober 2007 (UTC) tool ini bisa diakses. Server yang melayani situs web tool berbeda dengan situs web Wikipedia dan bisa offline di saat databasenya sedang disinkronkan dengan database Wikipedia atau ketika sedang dalam maintenance. borgx(kirim pesan) 01:16, 20 Oktober 2007 (UTC)

verifikasi e-mail & fasilitas UPLOAD

Harapan kedepannya,ada verifikasi e mail agar data2 dapat di akses di alamat e mail tanpa masuk ke wikipedia....contohnya pada friendster,youtube dan lain- lain. maaf,sebagai pengguna baru,saya msih bingging dengan tampilan wikipedia.munkin bisa di buat menarik misalnya upload2 foto biar keren. tenx... --riCHEeee 19:23, 10 Oktober 2007 (UTC)

Verifikasi email kan memang sudah ada. Data-data yang bagaimana yang dimaksudkan "dapat diakses di alamat email tanpa masuk ke Wikipedia"? Contoh yang Anda berikan seperti friendster dan youtube juga tampaknya tidak bisa mengakses data-data melalui email?
Mengenai tampilan, ada beberapa skin yang bisa dicoba di Istimewa:Preferensi kalau Anda login. Selain daripada itu, perlu diingat bahwa Wikipedia merupakan ensiklopedia, jadi kalau upload foto-foto "pribadi" mungkin tidak cocok. Foto-foto yang mendukung artikel dapat dimuatkan di sini atau di commons:, jika buatan Anda sendiri yang mau diberikan secara bebas atau merupakan berkas bebas. ^^ ~Rex••pesan•• 15:30, 21 Oktober 2007 (UTC)

Sintaks berkas gambar

Saya sudah cari-cari halaman yang memuat sintaks lengkap yang berkaitan dengan berkas media (gambar) tapi tidak ada. Ada yang bisa membantu saya, khususnya seperti fasilitas thumbnail, terima kasih. nereus yanto 06:08, 23 Oktober 2007 (UTC)

Silakan lihat di bantuan berkas. Untuk kebijakan di Wikipedia, lihat Wikipedia:Kebijakan penggunaan gambar.
Anda dapat menemukan pemformatan gambar yang lebih komprehensif di Wikipedia bahasa Inggris: Help:Images and other uploaded files. Halaman ini dalam proyek dan belum selesai diterjemahkan di Wikipedia bahasa Indonesia. ~Rex••pesan•• 09:38, 23 Oktober 2007 (UTC)
Bisa juga di Wikipedia:Tutorial gambar, sedangkan mengenai sintaks bisa dilihat di en:Wikipedia:Extended image syntax. sentausa 09:44, 23 Oktober 2007 (UTC)

kotak info dan kotak navigasi

Apa bedanya kotak info dan kotak navigasi? kotak yang di kanan itu kotak info? trus kotak yang di bawah itu kotak navigasi? – komentar tanpa tanda tangan oleh Bennylin (bk).

Ya benar. Kotak info intinya memberikan detil tentang subyek artikel, letaknya biasa di kanan atas. Kotak navigasi intinya memberikan pranala ke artikel-artikel lain yang berhubungan, jadi bisa di paling bawah, di bawah kotak info, atau tempat lain. dragunovadiscuss 08:19, 24 Oktober 2007 (UTC)

Ya, berdasarkan yg saya lihat kebanyakan sih biasanya di kotak info data yg ditampilkan ringkas, dan lebih lengkapnya (beserta pranalanya kalau ada) di jabarkan di navigasi.. (kalau salah harap dikoreksi ya!) nereus yanto 02:14, 25 Oktober 2007 (UTC)

Wahh...Njelimet

Wikpedia njelimet untuk pengguna baru. That's all. Ada gak tutor for new user?? Gimana kalo saya adalah anak SD yang ingin menginformasikan sesuatu, yang ingin sharing informasi. Gimana kalo asaya adalah anmak SD yang ingin ikutan topik dan beri komentar. Gak ada tutornya. 61.94.199.75 03:05, 25 Oktober 2007 (UTC)

Loh, kan di halaman utama ada link "Memulai" ? ~Rex••pesan•• 03:27, 25 Oktober 2007 (UTC)

Hmm.. saya sih lebih milih "learning by doing" aja, trus di utak-atik di bak pasir..*duhh jadi inget masa kecil...hahaha*.. soalnya baru seminggu ini jg main di wiki, tutorial banyak segambreng tuh, asal telaten nyari dan bacanya nereus yanto 03:34, 25 Oktober 2007 (UTC)

Gak ah, ngga rumit. Biasa aja. Buat pendatang baru cukup pelajari cara nulis (pranala, huruf miring, dst.), terus jangan lupa pasang kategori dan interwiki ke wikiped lain. Sudah. Kalau sudah mahir baru mulai belajar pasang gambar, dst. Kembangraps 09:54, 25 Oktober 2007 (UTC)

Tag model icon

Saya lihat akhir-akhir ini banyak artikel yang diberi tag {{unreferenced}}, tentu saja sah-sah saja. Tetapi jika diberikan ke artikel-artikel yang penulisannya lumayan rapi dapat menjadikan artikel tersebut "menurun" kualitasnya karena ada tag di atasnya. Bagaimana jika dibuatkan semacam {{unreferenced}} tetapi berbentuk icon seperti di Soekarno, Soeharto dan Suku Jawa. Tetap menandakan "unreferenced" tetapi tidak berkesan "menurunkan" kualitas artikelnya. borgx(kirim pesan) 03:56, 28 Oktober 2007 (UTC)

Menurut saya, sebagus apapun penulisan sebuah artikel, kalau tidak mengutip sumber tulisan tetaplah artikel yang kurang bagus dan tidak bisa diverifikasi kebenarannya. Hal ini harus diinformasikan kepada pembaca yang melihat artikel tersebut, yaitu dengan menggunakan tag yang lumayan besar dan mudah terlihat seperti sekarang. Kalau hanya ikon di pojok atas, saya takut pembaca tidak memperhatikannya dan tidak menyadarinya. Selain itu, adanya tag tersebut juga bisa mengundang pengguna untuk menambahkan referensi yang memang dibutuhkan oleh artikel tersebut . Arkwatem 08:54, 28 Oktober 2007 (UTC)

Menurut saya daripada diberi tag sebaiknya diusahakan untuk mencarikan referensi dahulu. Jika tidak artikel yang sudah layak sebenarnya menjadi benar "menurun" kualitasnya. Sebaiknya prioritas diberikan kepada artikel yang mengundang masalah dan bisa menjurus ke non-NPOV. Meursault2004ngobrol 09:53, 28 Oktober 2007 (UTC)

Untuk pengurus

Rekan-rekan pengurus, saya membuatkan satu halaman (Wikipedia:Daftar halaman yang tidak boleh dibuat) yang berisi daftar halaman yang dicegah dari pembuatan. Contohnya: halaman-halaman artikel yang sering dihapus karena kelayakan tetapi sering dibuat ulang, halaman-halaman spam yang sering dihapus tetapi dibuat ulang dsb. Ini memanfaatkan trik perlindungan runtun. Halaman ini hanya bisa disunting oleh pengurus saja. borgx(kirim pesan) 04:09, 28 Oktober 2007 (UTC)

Statistik WP Indonesia

Saya mau tau statistik WP Indonesia harus lihat di mana ya? Statistik seperti berapa orang yang mengakses tiap hari, dari tempat mana mereka mengakses, pakai Sistem Operasi apa, pakai penjelajah apa, macam gitu-gituan. Trims bennylinkirim pesan 03:17, 29 Oktober 2007 (UTC)

Yang ada:

ada yang lain ndak ya? Terutama tentang 'lalu lintas' di WP Indonesia (berapa banyak yang berkunjung tiap hari). Aku cari di Alexa yang ada cuma web traffic total wikipedia.org bennylinkirim pesan 03:39, 29 Oktober 2007 (UTC)