Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)/Arsip (Jul-06)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Halaman tak bertuan

Saya mencoba mencari jalan keluar untuk "halaman tak bertuan". Saat ini jumlahnya berhasil dikurangi banyak dengan (agak "licik", he3x) dibuatkan suatu halaman khusus (sementara) yang memuat daftar halaman2x tersebut. Cara ini jelas sama sekali tidak baik, karena sama sekali tak berguna. Usul saya, kita harus memperbanyak membuat artikel-artikel yang bersifat "daftar". Kalau dilihat di Wikipedia bahasa Inggris, mereka punya banyak sekali artikel yang bersifat daftar (lihat: en:Category:Lists), yang fungsinya, selain sebagai "portal", juga membantu meningkatkan kualitas Wikipedia dengan menghilangkan halaman tak bertuan. Mohon pendapat. Thx. •• IvanLanin 08:39, 19 Juni 2006 (UTC)

Saya setuju. Setidaknya sekarang ini untuk artikel2 tokoh, bisa dimasukkan ke daftar tokoh negara masing-masing (misalnya "Daftar tokoh Turki" dll). Hayabusa future (bicara) 08:55, 19 Juni 2006 (UTC)

Sorry, maksudnya halaman tak bertuan tuh apa ? Kategorinya bagaimana ? Soalnya tulisan saya, Propolis, ternyata masuk ke Lonelypage (yg sewaktu-waktu bisa didelete). thx Praken 14:33, 5 Juli 2006

Prioritas judul artikel

Maaf kalau topik ini sudah pernah dibahas. Sudah beberapa kali saya terbentur masalah judul artikel. Ketika hendak membuat artikel baru, yang ternyata juga memiliki arti berbeda, saya terganggu oleh masalah prioritas. Contoh, ketika akan menulis tentang Semanggi, yang merupakan suatu jenis paku air, ternyata artikel ini sudah dipakai untuk makanan yang menggunakan daun dari tumbuhan yang sama. Tentu saja diperlukan halaman disambiguasi, tetapi artikel mana yang diprioritaskan untuk mendapat nama sama? Yang tumbuhan, atau yang makanan? Saya pribadi tentunya ke tumbuhannya.

Sebelumnya saya mengalami ketika menulis artikel Padi (nama tanaman dan nama kelompok musik). Terakhir, ketika akan menulis artikel tentang ester sebagai suatu golongan senyawa organik, ternyata sudah dipakai untuk suatu kitab dalam Perjanjian Lama. Yang mana yang diprioritaskan? Ada yang bisa bantu? Atau, apa sudah ada garis besar penyusunan artikel mengenai artikel2 bidang ilmu mana saja yang mendapat prioritas, dan mana yang perlu diarahkan ke halaman disambiguasi? Trims sebelumnya untuk bantuan ide, pendapat dan saran. Kembangraps 18:37, 27 Juni 2006 (UTC)

kalo menurut saya, topik yg lebih umum tentunya yang diprioritaskan untuk menggunakan judul tersebut. Tentang halaman disambiguasi, kan bisa digunakan judul 'Padi (disambiguasi)' atau sejenisnya. Kalo memang ada dua topik yang sama kuat untuk menggunakan judul yg sama, baru judul tsb digunakan untuk halaman disambig. Untuk kasus2 di atas, saya juga setuju kalo nama tanaman lebih diutamakan, karena yang lain (semanggi - makanan dan padi - grup musik) adalah nama yang diambil berdasarkan nama tanaman, jadi kalah prioritas. Sementara untuk ester, juga bisa digunakan nama 'kitab ester', bukankah ini yg lebih umum digunakan? kasusnya juga sama dengan kata bilangan dan kitab bilangan misalnya. Seharusnya definisi bilangan secara umum lah yg menempati judul Bilangan, bukan halaman disambiguasi. kisti 13:10, 28 Juni 2006 (UTC)
Ya, saya setuju dengan Kisti. He he he... gitu aja kok repot?Stephensuleeman 15:40, 28 Juni 2006 (UTC)

Halo, halo apa kabar semua? Greetings from Detroit, earthlings! Kortsleting 00:39, 29 Juni 2006 (UTC)

Thx, gw angkat masalah ini supaya keluar pendapat2 lain. Jadi kalau gw 'mindah isi suatu artikel ke judul lain (pakai patokan yg ditulis Mbak Kisti, meski ukuran 'umum' ini agak kurang jelas), oke2 aja? Siplah. Kembangraps 14:27, 29 Juni 2006 (UTC)

Usul, prioritasnya:

  1. Istilah yang lebih dikenal masyarakat umum mendapat prioritas utama. Misalnya lensa (kaca cembung) mendapat prioritas utama dibanding lensa (fotografi).
  2. Jika kedua istilah sama umumnya, maka istilah yang tidak memiliki tambahan kata didahulukan. Misalnya paku (alat pertukangan) didahulukan daripada paku (tanaman). Sebab paku (tanaman) bisa ditambahkan menjadi tanaman paku.
  3. Jika masih sama, maka istilah yang lebih mendekati bahasan ilmiah mendapat prioritas utama. Misal bayam (tanaman) mendapat prioritas dibanding bayam (sayur).
  4. Nama orang, grup, anggota, kota, daerah, atau sejenisnya mendapat prioritas paling akhir dibanding yang lain misal, padi (tanaman) lebih berhak atas judul artikel "padi" daripada Grup Band Padi. Semanggi (tanaman) lebih didahulukan daripada Semanggi (jembatan). Hariadhi 15:57, 29 Juni 2006 (UTC)
Siiiiiplah...Stephensuleeman 18:34, 29 Juni 2006 (UTC)

Yep, jadi makin jelas 'kan? Yang macam dari Bung Hariadhi itu gw tunggu-tunggu. Sejajar sama pendapat gw. Trims bgt. Kembangraps 09:14, 1 Juli 2006 (UTC)

Dewan Kesenian Jakarta

Sedikit laporan dari Biennale Jakarta 2006. Kemarin gw liat ternyata koleksi lukisan dari DKJ banyak ditampilin dan itu dari artist-artist yang sangat notable, kaya Affandi, basuki Abdullah, Dullah, Henk Ngantung, dll.

Walaupun kemarin dilarang ambil foto, ternyata gw bisa dapat beberapa secara sembunyi2 (sekalian buat tugas kuliah). Nah sekalin gw mau tanya kira2 wikipedia berminat ga sama gambar2 begitu?

Masalahnya bukan cuma scan dan uploadnya aja. Izinnya juga harus jelas soalnya itu kan koleksi DKJ. Kira2 ada yang mau minta izin ke sana ga? Soalnya lebih baik kalau yang minta salah seorang pengurus sini.Hariadhi 16:27, 29 Juni 2006 (UTC)

Kalo fotonya diambil secara sembunyi2 ya artinya nggak akan dikasih ijin. Namanya juga dilarang. --Foorpesle 18:42, 29 Juni 2006 (UTC)

Ya namanya juga "dilarang ambil foto", rasanya artinya sudah jelas deh. borgx(kirim pesan) 23:46, 29 Juni 2006 (UTC)

Saya usul sih, minta izin tertulis dari DKJ, dan kalau disetujui, baru diambil fotonya atas sepengetahuan pihak DKJ.Stephensuleeman 23:51, 29 Juni 2006 (UTC)
Hmm sebenarnya alasan kenapa di pameran ga bole motret itu karena kebanyakan yang motret di ruangan pasti pake blitz. Dan cahaya blitz itu ngerusak warna lukisan. jadi masih ada kemungkinan untuk diizinin, soalnya gw pakenya kamera SLR. Tapi entah bakal diizinin kenapa ga dicoba aja ngomong ama mereka? Kalau bisa dapat banyak foto lukisan kan bisa bikin wikipedia lebih kaya.

Gimana sih caranya untuk jadi Pengurus??

Saya ini pendatang baru, saya cuma ingin tny gimana sih caranya jadi pengurus, apa aja syarat yang hrs dipenuhi?? (trus gajinya gede gk?...hehehehe)--> (maksud saya adalah pengurus wikipedia)) -- Br-v 06:39, 2 Juli 2006 (UTC)

Wah elo harus nraktir2 dulu man, baru bisa jadi pengurus. :grin: Wiendietry Japri 10:07, 4 Juli 2006 (UTC)

Pengurus wikipedia tidak digaji. Ini merupakan proyek sukarela. Kalau ingin jadi pengurus syarat garis besarnya pengguna harus cukup aktif mengembangkan artikel, menyelesaikan masalah yang ada di wikipedia sini. Setelah itu anda bisa mengusulkan di sini atau di halaman pengurus. roscoe_x 05:12, 14 Juli 2006 (UTC)

Templat:Cite journal

Gw mau bikin kuitpan jurnal... udah ssuai dengan Wiki En, kok di Id munculnya ini ya?

Persisnya "ini" itu apa yah? borgx(kirim pesan) 04:43, 5 Juli 2006 (UTC)

Udah gw bikin templatnya kopi dari En. Andreas Erick 05:03, 5 Juli 2006 (UTC)

Lisensi gambar (lagi)

Halo semua. Saya ingin sisipkan gambar untuk artikel Ular-lumpur Kapuas. Berhubung ini jenis yang baru dideskripsi, satu-satunya sumber yang tersedia adalah gambar milik author, Mark Auliya, di [1]. Situs ini menyebutkan: " ... All images in this archive are copyright U.S. Newswire Photography. By downloading an image from this archive, you agree to the following terms: All images are for editorial use only. Advertising usage is strictly prohibited. Resale is not permitted."

Pertanyaan saya, apakah penggunaan pada artikel Wiki bisa masuk katagori 'editorial use', sebagaimana aneka publikasi mengenai jenis ular baru tersebut? Bolehkah kita menyimpannya di Wiki untuk kepentingan artikel tersebut di atas? salam, Wie146 02:10, 6 Juli 2006 (UTC)

Mezquita dan Masjid Cordoba

Apa gak sebaiknya Mezquita dan Masjid Cordoba digabung saja karena Artinya Sama DJ Ujuin 13:06, 17 Juli 2006 (UTC)

Perubahan kata untuk nama namespace

Saya ada beberapa usulan perubahan kata di namespace.

  • Gambar. Merupakan terjemahan dari Image. Usul untuk diganti menjadi "Berkas" karena walaupun sebagian besar isi namespace ini adalah gambar, sebenarnya isinya tidak hanya gambar, tapi segala jenis berkas.
  • Bicara dan Bicara Pengguna. Halaman pembicaraan dari namespace selain namespace utama dan dan namespace pengguna menggunakan istilah "Pembicaraan" (contoh: "Pembicaraan Gambar", "Pembicaraan Templat"). Untuk keseragaman, saya usulkan untuk mengubah dua namespace yang tidak seragam tersebut.

Kesulitan teknis tidak ada, karena ada cara agar sistem dapat tetap mengenali penggunaan namespace lama tersebut. Jadi kita tidak harus mengganti semua [[Gambar:...]] menjadi [[Berkas:...]]. •• ivanlanin •• 10:23, 23 Juli 2006 (UTC)

Btw, apakah namespace boleh diterjemahkan menjadi "ruang nama". Kalau tidak, mohon usulan terjemahan yang lebih baik. •• ivanlanin •• 10:24, 23 Juli 2006 (UTC)

Kalau tidak ada alternatif lain, sepertinya "terpaksa" ruang nama. Dikatakan "terpaksa" karena sama dengan ms :( borgx(kirim pesan) 02:14, 25 Juli 2006 (UTC)
Saya setuju perubahan "gambar" ke "berkas" karena memang bukan hanya berkas2 berupa foto saja yang menggunakan namespace ini. "Namespace" ke "ruang nama" juga saya kira OK juga, toh namespace juga belum populer penggunaannya; daripada berbahasa Inggris kita coba gunakan terjemahannya saja. Hayabusa future (bicara) 07:40, 25 Juli 2006 (UTC)

OK. Saya akan usulkan ke bugzilla untuk diganti:

  • Gambar -> Berkas
  • Pembicaraan Gambar -> Pembicaraan Berkas
  • Bicara -> Pembicaraan
  • Bicara Pengguna -> Pembicaraan Pengguna
  • Namespace -> Ruang nama

Penggunaan istilah lama akan tetap dipertahankan/dikenali untuk kompatibilitas. Thx. •• ivanlanin •• 14:45, 30 Juli 2006 (UTC)

Kategori:Pujangga

Sepertinya Kategori:Pujangga Indonesia lain sendiri dibandingkan Kategori:Penulis menurut negara lainnya. Bagaimana jika digabung ke Kategori:Penulis Indonesia saja? borgx(kirim pesan) 02:10, 25 Juli 2006 (UTC)

Kategori:Wartawan

Sepertinya Wartawan itu merupakan lingkup kecil dari Jurnalis. Bagaimana jika Kategori:Wartawan dihapus saja dan memakai Kategori:Jurnalis saja? Masalahnya untuk tokoh, susah dikatakan apakah mau dikategorikan ke Kategori:Wartawan suatu negara atau Kategori:Jurnalis suatu negara. Jika seseorang dikatakan Kategori:Wartawan Indonesia otomatis menjadi Kategori:Jurnalis Indonesia kan? Saya mengacu ke en.wikipedia dimana hanya ada en:Category:American journalists, tidak ada en:Category:American reporters. borgx(kirim pesan) 02:10, 25 Juli 2006 (UTC)

Saya setuju salah satu dihapus. Masalahnya, setahu saya, wartawan bukan terjemahan dari reporter. Reporter merupakan jabatan dalam struktur kewartawanan. Reporter bekerja di bawah redaktur atau editor. Redaktur atau editor itu masih dalam kategori wartawan. Tokoh seperti Rosihan Anwar atau Goenawan Mohamad sering disebut wartawan senior. jadi, bagaimana kalau yang dipakai kategori:Wartawan Indonesia saja? Anggorogunawan 09:16, 25 Juli 2006 (UTC)