Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)/Arsip (Okt-05)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Kenapa gak bikin Wikiquote untuk base Indonesia?

Aku agak kecewa pas tahu ternyata untuk base Indonesia, wikiquote tidak ada. Padahal kalo ada, itu bakalan banyak gunanya. Pertama (dan ini yang paling signifikan), orang Indonesia jadi bisa mengapresiasi kata-kata bijak dari pemikir atau tokoh Indonesia sendiri. Kedua, jadi kebanggaan nasional. Jika kita tahu siapa ngomong apa, kita bakal punya rasa nasionalisme yang lebih sip. Ketiga, untuk kepentingan ilmiah, itu berguna ketika mau menghiasi artikel kita dengan kutipan kata-kata langsung dari seorang tokoh Indonesia.

Tolong dong consider this thing, guys. In the future, it will fruit much fruition. Ferryhidayat 06:43, 5 Oktober 2005 (UTC)

Sudah ada wikiquote bhs indo, di http://id.wikiquote.org/wiki/Halaman_Utama. Hanya saja isinya masih sdkt, karena kebanyakan penyumbang berbahasa Indonesia berkonsentrasi di Wikipedia. Mungkin jika Anda tertarik, Anda bisa membantu mengembangkan wikiquote bhs indonesia :-) Hayabusa future (bicara) 06:46, 5 Oktober 2005 (UTC)

Thanks, hayabusa atas infonya. Aku juga berusaha kontribusi di dalamnya :-)

Sekedar tambahan, selain Wikipedia dan Wikiquote, kita juga udah punya Wikibooks (BukuWiki), Wiktionary (KamusWiki), Wikisource (SumberWiki), dan WikiCommons. Mudah-mudahan nanti makin banyak penyumbang yang aktif, apalagi saya sendiri *hikz* nggak punya waktu :`( --LouCypher 11:44, 5 Oktober 2005 (UTC)
Saya akhir2 ini juga kekurangan waktu ... Selain itu dengan kenaikan harga BBM harus berhemat dalam internet :``-( (double tears) ... Meursault2004 07:04, 6 Oktober 2005 (UTC)

Mungkin boleh taruhkan templat ini: {{Wikipediasister}} di Halaman Utama supaya lebih senang dicari.

Wikipedia bahasa Indonesia disediakan secara gratis oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba, yang juga mengoperasikan sejumlah proyek multibahasa lainnya:

Aurora 09:23, 6 Oktober 2005 (UTC)

OK saya letakkan di bawah Halaman Utama. Hayabusa future (bicara) 12:00, 6 Oktober 2005 (UTC)

Lisensi untuk gambar foto wajah

Halo, bagaimana dengan foto wajah seseorang ? Apakah bisa dimuat dengan lisensi fair use ? Apakah dengan menggunakan alasan pendidikan untuk pemuatan gambar dapat diterima ? Hal tsb sesuai dengan uu hak cipta 46d :

Tidak dianggap sebagai pelanggaran hak cipta, hal-hal sebagai berikut
...
Penggunaan ciptaan pihak lain untuk kepentingan pendidikan, penelitian, penulisan karya ilmiah,  
penyusunan laporan, penulisan kritik, atau tinjauan suatu masalah dengan tidak merugikan kepentingan 
yang wajar dari pencipta

Ini berhubungan dengan bisa dimuat/tidak misalnya foto seseorang dalam biografi, foto gubernur dalam artikel propinsi, foto bupati/walikota dalam artikel kota/kabupaten, dst.. Borgx(bicara) 07:08, 9 Oktober 2005 (UTC)

Seharusnya ahli politik atau anggota kerajaan boleh. Tapi saya tidak pasti. Aurora 00:33, 11 Oktober 2005 (UTC)

Saya rasa, yang perlu diperhatikan bukan masalah siapa orangnya, tapi status kepemilikan gambar/foto. Kalau foto tersebut dibuat oleh, misalnya, kita sendiri, kita bisa saja memuatkan foto tersebut di sini. Sedangkan untuk foto/gambar dari sumber lain, itu yang harus kita perhatikan. Jangan sampai pemilik foto (bukan orang yang difoto) merasa dirugikan. kandar 01:49, 11 Oktober 2005 (UTC)