Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)/Arsip (Apr-07)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Urutan Abjad dalam nama

Saya perhatikan ada double standar dalam pengurutan nama orang berdasarkan abjad di kategori-kategori. Ada yang urut berdasarkan nama depan, ada yang berdasarkan nama belakang, dan ada pula yang tercampur antara nama depan dan nama belakang.

Mungkin karena pengaruh budaya nama Indonesia yang sebagian besar orang Indonesia yang tidak memiliki nama keluarga. Beberapa contoh, silakan bandingkan sendiri:

http://id.wikipedia.org/wiki/Kategori:Rintisan_bertopik_olahragawan

http://id.wikipedia.org/wiki/Kategori:Tionghoa-Indonesia

http://id.wikipedia.org/wiki/Kategori:Petinju_Indonesia

http://id.wikipedia.org/wiki/Kategori:Menteri_Indonesia


Usulan saya, standarkan saja semua berdasarkan abjad nama belakang (kecuali yang satu nama seperti Ateng), dengan alasan berikut:

- Sesuai dengan standar wiki bahasa lain (paling tidak wiki bhs inggris) - Sesuai kaidah pengurutan abjad secara internasional - Lebih mudah mencari, apalagi jika dalam 1 keluarga ada 1 nama belakang (contoh Bakrie)

Bagaimana?


Salam,

Jeffsboxing 00:35, 25 April 2007 (UTC)

Pengalaman dari penulisan jurnal ilmiah (di bagian Senarai Pustaka/Referensi), memang yg dipakai nama keluarga (marga), atau nama paling belakang jika tidak ada nama keluarga. Silakan dikomentari lagi. Kembangraps 11:36, 25 April 2007 (UTC)

setuju. Hariadhi - Ngobrol 02:46, 26 April 2007 (UTC)

Ya, tidak perlu nama keluarga, kalau yang namanya ada dua kata bisa dibalik. Kalau hanya satu kata, apa boleh buat...

Misalnya, nama gw Andreas Erick Haurissa: jadinya: Haurissa, Andreas Erick. Oh ya gw inget2 kayaknya ada aturan khusus untuk nama Tionghoa... Ada yang bisa pastiin aturannya?  Andreas (張俊豪)  |  Kotak pesan  13:18, 26 April 2007 (UTC)

Untuk nama Tionghoa ngga ada yang istimewa. Nama keluarga tetap jadi patokan (jadi: Lee, Kuan Yew). Kalau tidak ada, nama terakhir jadi nama entri. Kesulitan yg masih ada adalah adanya awalan tertentu pada nama keluarga, spt Mc/Mac, O', van, von, Al-, dsb. Mau pakai nama itu atau nama di belakangnya. Kesepakatan (di Indonesia) setahu saya belum ada. Jurnal2 asing pun kadang pakai awalan sebg entri, jurnal yg lain pakai nama di belakangnya.
Kalau aturan, ada di beberapa petunjuk penulisan ilmiah (biasnya intern uni atau jurnalnya). Ngga pernah ada aturan pasti, krn setiap lembaga berhak menentukan aturannya sendiri. Yg jadi patokan adalah penyesuaian dg kebijakan internasional yg umum, supaya kalau ada sitasi nggak kacau balau. Kembangraps 15:38, 30 April 2007 (UTC)

Ada proyek WikiBooks nggak di Wikipedia Indonesia???

Oh, saya mau bertanya. Di Wikipedia Bahasa Indonesia, ada proyek WikiBooks nggak ya?? Kalau ada, bagaimana cara mendaftar ke WikiBooks?? Willy Saefurrahman 10:21, 26 April 2007 (UTC)

Wikibooks terpisah dari Wikipedia. Adanya di http://id.wikibooks.org. Mendaftarnya caranya sama saja dengan Wikipedia.... Hayabusa future (\0-0/) 12:34, 26 April 2007 (UTC)

Ganti Nama Pengguna

Apakah kita bisa merubah nama pengguna milik sendiri? Apa harus menghubungi admin? Misalkan nama pengguna milik saya Saphire Diablo dan saya mau ganti jadi yang lain karena suatu hal. – komentar tanpa tanda tangan oleh 219.83.16.14 (bk) pada 00:39, 8 April 2007.

Lihat Wikipedia:Perubahan nama pengguna. •• ivanlanin 17:41, 7 April 2007 (UTC)
Thanks! --Xaphirezst 17:45, 7 April 2007 (UTC)

Database wikipedia

Apakah ada cara untuk mengunduh seluruh isi wikipedia pada waktu tertentu (snapshot)? Keperluannya adalah untuk browsing secara lokal. Memang ada kekurangannya dan ini barangkali yg terbesar yaitu data yg sudah diunduh akan segera out of date dalam waktu hitungan detik. Tapi bagi yang menginginkan tidak masalah kan? – komentar tanpa tanda tangan oleh Hasanuddin Tamir (bk) pada 13:11, 5 April 2007.

Bisa coba ke http://download.wikimedia.org/ Btw, tampaknya saya kenal dengan Anda, deh. •• ivanlanin 06:24, 5 April 2007 (UTC)
Thanks infonya. Iya, tidak salah lagi teman. Cuman karena ini ruang publik, sepertinya kurang tepat untuk ngobrol soal pribadi. Kita bisa japri :-) Hasanuddin Tamir 05:33, 7 April 2007 (UTC)

Galeri Gambar di Artikel X Japan

Saya khan' yg buat artikel X japan,tapi katanya gambar2 yg ada di artikel tsb tidak berlisensi...Cara memberi lisensinya itu bagaimana? soalnya saya meng-upload semua gambar tsb dari account saya di photobucket.com (semua gambar disana koleksi saya)...Bisa tolong bantu saya,pertanyaan ini ditujukan kepada pak Jagawana...

anda mencantumkan lisensi sebagai pembuat karya. apakah anda yang memfoto gambar itu?.. saya juga lihat di en gambar yang sama seperti en:Image:X japan group.jpg sama dengan yang anda unduh disini Berkas:XJapan members.jpg , jika anda unduh bukan dari en, anda harus mencantumkan sumbernya juga. walaupun itu adalah koleksi anda. --•• Jagawana 08:54, 1 April 2007 (UTC)
Memberi lisensi berarti mengklaim bahwa foto tersebut adalah buatan sendiri (menyatakan bahwa kamu adalah fotografernya). Koleksi pribadi tidak berarti bahwa gambar itu adalah milik kamu. Jadi potret tersebut tidak bisa dengan mudah diberi lisensi tertentu.
Berhubung kamu akan memberi lisensi atas karya orang lain, ikuti langkah ini:
  1. Coba telusuri dari mana fotonya didapat (misalnya: situs tertentu?).
  2. Jika sumber aslinya sudah didapat, periksa apakah fotografernya sudah memberi pernyataan tertulis bahwa foto tersebut boleh disebarluaskan dengan bebas?
    1. Jika ya, pilih antara lisensi berhak cipta bersyarat, GFDL, atau domain umum. Sertakan pernyataan tertulis dari fotografer yang bersangkutan berikut link ke halaman yang memuat pernyataan tersebut.
    2. Kalau fotografernya secara eksplisit menyatakan tidak memberi izin, atau jika jelas-jelas tertera tanda (c), batalkan saja niat mengupload.
    3. Kalau tidak ditemukan sumber aslinya, gambar masih bisa diupload dengan ukuran kecil (seadanya, cukup supaya bisa dilihat monitor saja: biasanya sekitar 100x100 piksel). Tambahkan lisensi fair use. (note: 1 artikel hanya bisa memakai 1 buah gambar berlisensi fair use!)
Cara menambah lisensi cukup dengan menambah templat hak cipta ke bagian hak cipta di gambar. Silakan lihat di Wikipedia:Templat_Wikipedia/Gambar. Semoga membantu! Hariadhi - Ngobrol 17:27, 2 April 2007 (UTC)