Wikipedia:Tanya jawab (Teknis)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Tanya jawab seputar Wikipedia Crystal 128 khelpcenter.png

Halaman ini menjawab mengenai pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan hal teknis di Wikipedia yang tidak berhubungan dengan penyuntingan, termasuk mengenai perangkat lunak dan keras di Wikipedia.

Catatan: Jika Anda mencoba untuk mendapatkan bantuan mengenai masalah teknis khusus yang tidak dapat dijawab oleh halaman FAQ ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di Warung Kopi (Teknis).

Bagaimana cara membuat akun Wikipedia?[sunting | sunting sumber]

Anda hanya perlu mengunjungi halaman pendaftaran untuk membuat akun Wikipedia Anda. Mudah.

Bagaimana cara mengganti kata sandi saya?[sunting | sunting sumber]

Anda dapat mengganti kata sandi melalui halaman "Preferensi" (pranala untuk menuju halaman ini biasanya dapat Anda temukan di sebelah kanan atas layar); atau langsung menuju ke Istimewa:Preferensi.

Saya lupa kata sandi saya. Bagaimana cara mendapatkannya kembali?[sunting | sunting sumber]

Jika Anda memasukkan alamat surat elektronik Anda pada waktu mendaftar di Wikipedia, Anda bisa meminta agar sebuah kata sandi baru dikirimkan ke alamat surat elektronik Anda. Klik pada "Masuk log" di bagian kanan atas, masukkan nama pengguna Anda, lalu klik tombol "Setel ulang kata sandi". Sistem akan mereset kata sandi Anda dan mengirimkan kata sandi acak yang baru ke alamat surat elektronik Anda. Anda dapat mempergunakannya untuk masuk log, kemudian Anda dapat menggantinya kembali di halaman preferensi.

Bagaimana cara melaporkan bug atau mengusulkan fitur baru?[sunting | sunting sumber]

Para pengembang (developer) MediaWiki menggunakan BugZilla untuk merekam jejak bug-bug dan menampung usul-usul fitur baru.
Untuk informasi mengenai bagaimana mempergunakan BugZilla, lihat halaman Laporan bug.

Perangkat lunak apa yang digunakan untuk menjalankan Wikipedia?[sunting | sunting sumber]

Wikipedia pada mulanya menggunakan UseModWiki, sebuah skrip wiki publik yang dikembangkan oleh Clifford Adams (pengguna Wikipedia bahasa Inggris). Pada Januari 2002, Wikipedia beralih ke skrip PHP yang juga kemudian dibangun ulang sepenuhnya pada bulan Juli 2002 menjadi perangkat lunak MediaWiki yang sampai sekarang dipergunakan. MediaWiki dikembangkan oleh Magnus Manske, Brion Vibber, dan lain-lain. MySQL dipergunakan sebagai perangkat basis data, Apache sebagai server web, dan PowerDNS dipergunakan untuk DNSnya. Sistem operasi server-server Wikipedia adalah Linux. Distribusi Linux yang paling banyak dipergunakan adalah Fedora Core.
Untuk informasi lengkap mengenai versi, daftar pengembang, serta jenis lisensi MediaWiki, lihat halaman Istimewa:Versi
Untuk informasi lengkap mengenai peladen proyek-proyek Wikimedia, lihat halaman m:Wikimedia servers dan situs Wikitech.

Perangkat keras apa yang digunakan untuk menjalankan Wikipedia?[sunting | sunting sumber]

Untuk kondisi terakhir mengenai perangkat keras Wikipedia, silakan lihat di m:Wikimedia servers.
Sejarah singkat server Wikipedia:
Fase I: Januari 2001-Januari 2002
  1. Salah satu dari server-server bomis menjadi host dari seluruh Wikipedia dengan perangkat lunak UseModWiki.
Fase II: Januari 2002-Juli 2002
  1. Satu dari server-server bomis menjadi host dari seluruh wiki Wikipedia. Wikipedia bahasa Inggris dan meta berjalan di atas sebuah perangkat lunak baru berbasis php/mysql, sementara untuk bahasa lainnya menggunakan UseModWikik. Server web dan basis data dijalankan pada mesin yang sama.
Fase IIIa: Juli 2002-Mei 2003
  1. Wikipedia dipindahkan ke server tersendiri, di mana Wikipedia bahasa Inggris (dan tidak lama kemudian diikuti juga oleh meta) dijalankan dengan perangkat lunak PHP yang baru ditulis ulang. Server web dan basis data dijalankan pada mesin yang sama.
  2. Satu dari server bomis berlanjut sebagai host dari beberapa bahasa yang masih dijalankan dengan UseModWiki, tetapi kebanyakan Wikipedia yang cukup aktif secara bertahap dipindahkan ke server lainnya sepanjang periode ini.
Fase IIIb: Mei 2003-Februari 2004
  1. Server Wikipedia diberi nama kode "pliny". Server ini menangani basis data untuk seluruh fase ketiga bagi wiki dan server web untuk keseluruhan bahasa Wikipedia kecuali bahasa Inggris.
  2. Server baru, dengan nama kode "larousse", melayani halaman web untuk Wikipedia bahasa Inggris saja. Perencanaan untuk memindahkan seluruh layanan web bahasa-bahasa lainnya ke mesin server ini ditunda sampai beban server dapat diturunkan dengan perangkat lunak yang lebih efisien, atau sampai larousse dapat diperbaharui (upgrade) menjadi lebih cepat.
  3. Salah satu server bomis berlanjut sebagai host dari beberapa bahasa lainnya dengan UseModWiki sampai server tersebut dimatikan. Seluruh proyek sekarang berada pada host pliny; lebih banyak lagi proyek yang dipindahkan secara bertahap ke perangkat lunak yang baru; dan konversi untuk seluruh proyek dibuatkan tahap perencanaannya.
Fase IIIc: Februari 2004-sekarang
  1. Wikipedia dipindahkan ke server-server yang seluruhnya baru, yang dibeli dari donasi yang diberikan ke lembaga nirlaba Yayasan Wikimedia.
  2. Arsitektur yang baru ini telah memiliki server basis data yang baru (suda), dengan satu set server terpisah yang menjalankan Apache bersama-sama dengan suatu sistem cache (untuk meringankan beban server). Penjelasan lebih lanjut dapat ditemukan di Wikimedia servers (di meta, dalam bahasa Inggris).
  3. Server-server baru dibeli ketika diperlukan, dan keseluruhannya telah menjadi 120 server.

Saluran koneksi apa yang digunakan untuk menjalankan Wikipedia?[sunting | sunting sumber]

Di Tampa (pmtpa), Wikimedia memiliki satu koneksi 10 Gbit/s dan satu 1 Gbit/s ke penyelenggara jasa ko-lokasi Amerika Serikat PowerMedium dan 1 Gbit/s ke Time Warner Telecom. Fasilitas di Amsterdam (knams) memiliki koneksi tunggal 700 Mbit/s ke Kennisnet, dan fasilitas Korea Utara (yaseo) memiliki koneksi 1 Gbit/s ke Yahoo. Total output secara kasarnya adalah sebesar 3,0 Gbit/s pada puncaknya (pada bulan Februari 2007).

Berapa besar basis data Wikipedia?[sunting | sunting sumber]

Pada awal mula Wikipedia, bulan Agustus 2003, basis datanya kira-kira sebesar 16 GB dengan berkas-berkas gambar dan media yang dimuatkan mencapai sekitar 1 GB lebih. Sebelumnya pada Februari 2003, besarnya hanya 4 GB. Pada April 2004, besarnya telah berkembang menjadi 57 GB, dan tumbuh sekitar 1 hingga 1,4 GB per minggu. Pada Oktober 2004, besarnya telah mencapai 170 GB. Angka ini adalah gabungan dari seluruh bahasa dan tabel-tabel pendukung tapi tidak termasuk gambar dan multimedia.
Pada akhir Agustus 2006, penyimpanan basis data telah mencapai 1,2 terabyte:
  • Wikipedia bahasa Inggris, basis data intinya mencapai 163 GB
  • Basis data inti lainnya yang berbasis di Florida mencapai 213 GB
  • Basis data inti lainnya yang berbasis di Korea mencapai 117 GB
  • Titik penyimpanan teks: 44GB, 44GB, 200GB, 149GB, 166GB, 84GB, 84GB
Ini mungkin termasuk ruang kosong dalam fail penyimpanan basis data sebagai hasil dari banyaknya pengindeksan yang dilakukan.
Fail-fail yang dimuatkan mencapai kira-kira 372 GB pada Juni 2006, belum termasuk thumbnail.
Basis data terkompresi dapat diunduh di http://download.wikipedia.org/.

Apa jenis bahasa markah yang digunakan Wikipedia?[sunting | sunting sumber]

Wikipedia menggunakan markah yang sangat sederhana yang berdasarkan UseModWiki.
Untuk lebih detailnya, lihat Wikipedia:Menyunting sebuah halaman.

Mengapa Wikipedia tidak menggunakan HTML?[sunting | sunting sumber]

Jawaban singkatnya adalah: supaya mudah dan aman.
Jawaban panjangnya: Wikipedia, dan wiki secara umum, memiliki tujuan agar dapat disunting secara langsung. HTML bukanlah cara yang mudah ketika Anda ingin menulis artikel. Membuat pranala adalah salah satu contoh yang paling bagus. Untuk membuat sebuah pranala ke artikel berjudul "HTML" dengan menggunakan bahasa HTML, kita harus mengetikkan:
<a href="HTML">HTML</a>
Menggunakan markah Wikipedia jauh lebih mudah:
[[HTML]]
Berikutnya juga masalah keamanan. Penjelajah-penjelajah web yang berbeda mungkin memiliki bug yang dapat dieksploitasi melalui HTML. Para pengguna yang jahat bisa saja menggunakan seperti JavaScript untuk melakukan kejahatan jika mereka mendapatkan akses HTML yang penuh di Wikipedia. Beragam situs "eksperimental" yang mengizinkan penyuntingan HTML secara penuh telah mengalami serangan-serangan jahat, termasuk beberapa wiki lainnya yang mengizinkan HTML lebih jauh.
Namun hal itu tidak berarti Wikipedia sama sekali tidak menggunakan markah HTML. Beberapa tag HTML masih dapat digunakan. Juga, tag tabel HTML terkadang menjadi satu-satunya cara untuk membuat beberapa tabel (tapi saat ini sudah bisa menggunakan sintaksis wiki juga). Namun demikian, belakangan di kalangan developer telah berkembang wacana untuk "menghabisi" kode-kode HTML.
Untuk diskusi terkini mengenai sintaksis wiki untuk membuat tabel, dapat dilihat di meta (dalam bahasa Inggris) pada artikel-artikel m:Wiki markup tables dan m:MediaWiki User's Guide: Using tables. Diskusi yang lebih awal dapat ditemui pada m:WikiShouldOfferSimplifiedUseOfTables.
Untuk lebih detailnya, lihat Wikipedia:Menyunting sebuah halaman.

Bagaimana dengan karakter non-ASCII, dan simbol-simbol khusus?[sunting | sunting sumber]

Wikipedia mempergunakan Unicode (khususnya UTF-8) dan kebanyakan penjelajah web telah mendukungnya. Lihat halaman meta m:Help:Special characters untuk diskusi lebih detil mengenai penggunaannya lebih lanjut.
Lihat juga http://www.unicode.org/help/display_problems.html untuk instruksi mengenai bagaimana mengaktifkan dukungan Unicode di berbagai sistem.

Bagaimana dengan topik-topik matematika, yang memerlukan banyak simbol, font, dan grafik khusus?[sunting | sunting sumber]

Mudah, gunakan saja TeX! Lihat juga m:Help:Formula.

Apakah penggunaan gambar berformat GIF di Wikipedia menyalahi aturan GFDL karena hak paten atas format tersebut?[sunting | sunting sumber]

Tidak. Paten atas algoritma kompresi LZW yang digunakan dalam format GIF telah kadaluwarsa.

Apa yang terjadi jika dua pengguna atau lebih menyunting sebuah artikel pada waktu yang sama?[sunting | sunting sumber]

Ini adalah yang disebut dengan "konflik penyuntingan". Anda akan diberikan tampilan konflik yang menampilkan kedua versi suntingan, dan petunjuk mengenai apa yang harus Anda lakukan. Secara virtual, Anda tidak akan kehilangan data yang telah Anda ketikkan.
Ketika pengguna yang kedua (atau berikutnya) mencoba untuk menyimpan halaman tersebut, MediaWiki akan mencoba menggabungkan perubahan-perubahan tersebut ke versi teks saat ini. Jika proses penggabungan ini gagal, maka pengguna kedua/berikutnya tersebut akan mendapatkan pesan "konflik penyuntingan", dan pengguna dapat melakukan penggabungan itu secara manual. Konflik yang berturut-turut akan dideteksi oleh MediaWiki dan akan menampilkan pesan yang agak sedikit berbeda. Hal ini memiliki kemiripan dengan Concurrent Versions System (CVS), sebuah sistem manajemen versi perangkat lunak yang banyak dipergunakan.

Apa yang terjadi jika komputer atau penjelajah web saya tiba-tiba macet, atau jika server tidak merespons?[sunting | sunting sumber]

Jika mengalami macet, maka ada kemungkinan suntingan Anda akan hilang. Secara umum, Anda dapat menghindari ini dengan menyunting di sebuah program editor teks, untuk suntingan yang besar.
Jika Anda mendapatkan pesan "time-out" beberapa waktu setelah Anda menekan tombol "Simpan halaman", mungkin suntingan Anda tidak akan hilang, tergantung pada penjelajah web Anda. Beberapa penjelajah (seperti Opera dan Mozilla Firefox) akan menampilkan kembali teks suntingan Anda jika Anda menekan tombol "Back". Di beberapa penjelajah web lainnya, Anda akan kehilangan suntingan Anda.

Format apa yang harus saya gunakan untuk berkas gambar/video?[sunting | sunting sumber]

Untuk gambar, gunakan:
  • JPEG untuk foto
  • SVG untuk gambar dan logo. Alternatifnya, PNG juga dapat dipergunakan untuk ini.
  • GIF dipakai untuk animasi.
Untuk video, kami pada saat ini hanya merekomendasikan format Ogg Theora. Lihat: Wikipedia:Kebijakan penggunaan gambar untuk lebih jelasnya.

Format apa yang harus saya gunakan untuk suara?[sunting | sunting sumber]

Beragam format dapat digunakan. WAV dan Ogg Vorbis diperbolehkan, tetapi MP3 tidak. Lihat: Wikipedia:Media untuk keterangan tambahan.

Mungkinkah kita mengunduh isi Wikipedia?[sunting | sunting sumber]

Ya, teks secara komplet dan sejarah penyuntingan (versi terdahulu) dari seluruh halaman Wikipedia dapat diunduh. Lihat Wikipedia:Pengunduhan.
Ingat, pengunduhan dump dari basis data adalah lebih disarankan ketimbang merambah ke keseluruhan situs. Perambahan (spidering) situs akan memberikan hasil yang lebih lambat, dan menyebabkan beban berlebihan bagi server (khususnya jika Anda mengabaikan robots.txt kami). Perambahan yang berat dapat menyebabkan program perambah, atau IP Anda, dimasukkan dalam daftar hitam sehingga Anda tidak dapat lagi mengakses situs ini. Robot perambah yang sah (umpamanya pengindeks dari mesin-mesin pencari) didorong untuk menunggu sekitar satu menit untuk setiap melakukan permintaan data, mengikuti robots.txt, dan jika memungkinkan hanya bekerja pada waktu-waktu di mana bebannya cukup rendah (misalnya pada pukul 2:00-14:00 UTC).
Berkas-berkas yang dimuatkan dan fail-fail media lainnya belum diletakkan untuk diunduh secara mudah. Jika Anda memerlukan, silakan hubungi para developer di milis wikitech-l. Tolong jangan merambah seluruh situs untuk mengunduh berkas.