Wikipedia:Tutorial (Halaman pembicaraan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Perkenalan   Penyuntingan   Pemformatan   Pranala   Berkas/Gambar   Halaman pembicaraan   Ingatlah   Pendaftaran    

Tutorial Wikipedia – Halaman pembicaraan

Halaman pembicaraan adalah salah satu fasilitas di Wikipedia yang memungkinkan kita untuk dapat mendiskusikan suatu artikel dan isu-isu lain dengan Wikipediawan lainnya.

Halaman pembicaraan

Kini Anda sudah pintar menulis isi sebuah artikel. Namun akan ada banyak permasalahan yang harus Anda rundingkan dengan pengguna lain, terutama jika anda berbeda pendapat. Bagaimana solusinya?

Jika Anda ingin menulis sebuah pertanyaan mengenai suatu artikel, atau ingin mengemukakan komentar terhadap suatu artikel, Anda dapat menuliskannya di Halaman pembicaraan. Caranya, klik tab "Pembicaraan" pada bagian atas artikel. Setiap artikel tentu memiliki halaman pembicaraan sendiri-sendiri. Jangan khawatir bila pranala tersebut masih berwarna merah, berarti halaman pembicaraan tersebut masih belum diisi sama sekali.

Ketika Anda menulis sebuah komentar, letakkan di bagian bawah halaman. Kecuali jika Anda merespons komentar pengguna lain, Anda dapat meletakkannya di bagian bawah komentar yang Anda respons.

Setelah menulis komentar, Anda harus memberi tanda bahwa komentar tersebut berasal dari Anda. Cara untuk memberi tanda sangatlah mudah. Anda hanya menulis empat buah tanda tilda (~~~~), maka secara otomatis Wikipedia akan mengganti tanda tersebut dengan Nama Pengguna Anda dan waktu penulisan komentar Anda.

Anda dapat memperoleh nama pengguna (username) dengan membuat akun baru (gratis). Jika Anda tidak memiliki akun, atau jika Anda memiliki namun tidak melakukan masuk log, nama yang dicatatat adalah alamat IP pengguna.

Halaman pembicaraan pengguna

Setiap pengguna Wikipedia juga memiliki halaman pembicaraan pengguna, sehingga pengguna Wikipedia lainnya dapat meninggalkan pesan. Jika seseorang menulis catatan di halaman pembicaraan Anda, maka Anda akan melihat catatan "Anda memiliki pesan baru", dengan pranala yang tertuju di halaman pembicaraanAnda.

Anda dapat menjawabnya dengan dua cara: Yang pertama adalah menulis balasan di halaman pembicaraan pengguna yang telah mengirim pesan kepada Anda. Sedangkan cara kedua adalah menulis tulisan balasan di bawah pesan aslinya, yakni di halaman pembicaraan Anda. Keduanya lazim di Wikipedia, namun ingatlah bahwa jika Anda menulis balasan di halaman pembicaraan Anda sendiri, belum tentu orang yang telah menulis pesan terhadap Anda, akan melihat halaman pembicaraan Anda kembali.

Indentasi

Indentasi adalah penulisan paragraf yang agak menjorok masuk ke dalam. Indentasi pada umumnya digunakan jika Anda merespon pesan sebelumnya. Untuk membuat indentasi, Anda dapat menambahkan tanda titik dua (:) di awal baris/paragraf. Jika Anda menambah tanda titik dua (:) lagi, maka paragraf akan semakin menjorok. Jika Anda menekan tombol "Enter", maka indentasi akan berakhir.

Misalnya:

Kalimat ini ditulis dengan rata kiri.
:Kalimat ini agak menjorok.
::Kalimat ini lebih menjorok lagi.

maka akan nampak seperti:

Kalimat ini ditulis dengan rata kiri
Kalimat ini agak menjorok.
Kalimat ini lebih menjorok lagi.

Bullets

Jika ada daftar tertentu yang ingin anda berikan, contohnya:

Saya ingin kita semua sepakat bahwa saya salah, dia ragu, dan anda benar"

Kadang susunan seperti ini akan lebih menyenangkan mata:

Saya ingin kita semua sepakat bahwa:
  • Saya salah
  • Dia ragu
  • Anda benar

Caranya, gunakan perintah bullet: * Saya ingin kita semua sepakat bahwa: * Saya salah * Dia ragu * Anda benar

Penomoran

Hampir sejenis dengan bullet, anda juga bisa membuat sistem penomoran. Gunakan saja simbol(#). Biasanya perintah ini sangat berguna untuk voting, jadi anda tidak perlu lagi kerepotan menghitung suaranya. Anda tetap bisa menggunakan perintah ident untuk mendampingi perintah penomoran.

Contoh:

#First item
#Second item
##Sub-item under second item
#Third item

Ditampilkan:

  1. First item
  2. Second item
    1. Sub-item under second item
  3. Third item

Contoh diskusi

Berikut adalah contoh halaman pembicaraan yang formatnya sesuai:

Hi. I have a question about this article. I'm pretty sure purple elephants only live in New York! JayRandumWikiUser 02:49, 10 Dec 2003 (UTC)

Well, last time I was in New York, the elephants I saw were green. — try2BEEhelpful 17:28, 11 Dec 2003 (UTC)
I think you should find a source for your claims. Living × Skepticism 20:53, 11 Dec 2003 (UTC)
Okay, these elephant journals agree with me:
  • Elephants Monthly
  • Elephants World
try2BEEhelpful 19:09, 12 Dec 2003 (UTC)
I live in Australia, where the elephants look like kangaroos! The people below agree with my statement: -DontGdayMateMe 17:28, 14 Dec 2003 (UTC)
  1. ElefantLuvr 01:22, 15 Dec 2003 (UTC)
  2. AisleVoteOnAnything 05:41, 15 Dec 2003 (UTC)
  3. alittlebehindthetimes 18:39, 27 Jan 2004 (UTC)

Perhatikan bahwa untuk setiap perubahan baris di setiap komentar anda, perlu ditambahkan perintah indentasi:

:::Okay, these elephant journals agree with me:
:::* ''Elephants Monthly''
:::* ''Elephants World''
:::— [[Wikipedia:User page|try2BEEhelpful]] 19:09, 12 Dec 2003 (UTC)

Signature anda bisa ditampilkan dengan tanda "tilda" :

  • Tuliskan 3 tilda ~~~ untuk menampilkan nama pengguna saja (try2BEEhelpful), atau
  • Tuliskan 4 tilda ~~~~ untuk menampilkan nama pengguna berikut tanggal (try2BEEhelpful 19:09, 20 Apr 2010 (UTC)), atau
  • Tuliskan 5 tilda ~~~~~ untuk menampilkan tanggal saja (19:09, 20 Apr 2010 (UTC)).

Eksperimen

Gunakan tombol pratayang sebelum menyimpan

Anda sudah mengerti? Bagus, sekarang bereksperimenlah! Kali ini, karena anda dianggap sudah cukup pintar, daripada menyunting di bak pasir, tinggalkan saja sebuah pesan dengan mengeklik tulisan "pembicaraan" di bagian atas halaman ini. Nah, setelah Anda berada di halaman pembicaraan, jika halaman tersebut telah ada pesan sebelumnya, klik tombol "sunting". Tambahkan pesan di bagian bawah. Ingatlah untuk menambahkan tanda tilda 4 (empat) kali ~~~~ di akhir pesan Anda atau gunakan tombol Insert-signature.png pada bilah penyuntingan. Sebelum Anda menyimpan halaman, jangan lupa mengeklik "Lihat pratayang" untuk melihat hasil suntingan Anda tanpa menyimpannya terlebih dahulu (lihat gambar).

Cobalah contoh halaman pembicaraan di sini : Halaman pembicaraan



Lanjutkan ke bahasan tutorial selanjutnya. →