Wikipedia:Selamat datang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman ini BUKANLAH bak pasir.

Jika Anda ingin mencoba menyunting, gunakanlah bak pasir, yaitu halaman yang disediakan khusus untuk uji coba menulis dan menyunting di Wikipedia.

Selamat datang di Wikipedia bahasa Indonesia

Wikipedia adalah ensiklopedia bebas yang ditulis secara gotong-royong oleh para pengunjungnya. Situs ini adalah WikiWiki, yang artinya siapapun, termasuk Anda, dapat mengubah atau menyunting setiap artikel yang ada, dengan cara mengklik pranala sunting yang tersedia pada bagian atas setiap artikel Wikipedia.

Gambaran Wikipedia

Di dalam Wikipedia terdapat banyak artikel mengenai berbagai hal. Untuk melihatnya, rujuklah Halaman Utama, carilah hal atau artikel yang tampak menarik, dan mulailah menjelajahinya. Ada juga kotak pencarian di samping tiap halaman.

Jika Anda menemukan sesuatu yang menarik dan Anda menyukainya, Anda dapat meninggalkan catatan pada halaman diskusi artikel tersebut. Mula-mula klik pranala diskusi (teletak di bagian atas halaman) untuk menuju ke halaman diskusi, kemudian klik + pada halaman diskusi (terletak di bagian atas halaman, di samping kanan pranala sunting). Kami selalu gembira mendapatkan tanggapan yang positif.

Menyunting

Klik tulisan ini untuk membuka bak pasir, dan suntinglah sesuka hati Anda!

Setiap orang boleh menyunting atau mengubah semua halaman di Wikipedia (sebenarnya termasuk halaman ini. Namun sebaiknya jika ingin mencoba, suntinglah Bak Pasir sesuka hati Anda). Klik sunting pada bagian atas halaman jika menurut Anda halaman tersebut perlu diperbaiki. Anda tidak memerlukan keahlian khusus; Anda bahkan tidak perlu masuk log (login) untuk dapat menyunting halaman (walaupun Anda sangat disarankan untuk masuk log (login)).

Cara yang termudah untuk mulai membantu adalah dengan mulai menggunakan Wikipedia sebagaimana Anda menggunakan ensiklopedi lainnya, tetapi apabila Anda menjumpai masalah—seperti kesalahan ejaan atau artikel yang kurang jelas—klik "sunting" dan perbaikilah hal tersebut.

Beranikanlah diri untuk menyunting halaman. Jika Anda merasa perlu memperbaiki isi suatu halaman, perbaikilah halaman itu! Jangan takut berbuat salah (toh sebagian besar penyumbang artikel Wikipedia juga pernah berbuat salah pada awal partisipasi mereka di Wikipedia). Bila Anda berbuat kesalahan, Anda atau orang lain dapat memperbaiki kesalahan tersebut di waktu kemudian. Anda mungkin merasa ini sedikit menakutkan! Lihatlah jawaban atas kritikan terhadap Wikipedia untuk penjelasan mengapa sistem ini berhasil.

Walaupun Wikipedia telah memiliki cukup banyak artikel (kira-kira sebanyak 687.608 artikel), Wikipedia senantiasa berkembang dengan menambah jumlah artikel yang tersedia, semuanya ditulis oleh orang-orang seperti Anda. Anda dapat memulai artikel baru atau memperbaiki artikel-artikel yang telah ada.

Kami memiliki beberapa kebijakan dan petunjuk yang mungkin perlu untuk dilihat. Khususnya, sudut pandang netral (NPOV) yang berarti bahwa artikel-artikel yang ditulis harus netral dan tanpa prasangka, dan harus mewakili beberapa sudut pandang yang berbeda secara objektif dan sopan. Semua sumbangan untuk Wikipedia diterbitkan di bawah Lisensi Dokumentasi Bebas GNU (GFDL). Lisensi GDFL dipakai untuk memastikan bahwa Wikipedia dan artikel-artikelnya akan tetap dapat diperoleh secara bebas (Lihat hak cipta untuk informasi lebih lanjut).

Selamat mencoba!

Lihat pula

Berikut ini adalah beberapa pranala ke informasi lebih lanjut tentang pendahuluan:

Keterangan umum, panduan dan bantuan

Saran dan petunjuk untuk pemula

Komunitas Wikipedia