Wikipedia:Pengantar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Biografi Yasons Sambom

Yasons Sambom adalah seorang pejuang Kemerdekaan Papua Barat. Bekerja sebagai akivis HAM Lokal di Papua. mulai bekerja dari tahun 2007-2008 di Wamena Papua. Pada Tahun 2009 bekerja sebagai profesi relawan aktivis HAM lokal di Jayapura sampai pada tahun 2014.

Yasons Sambom bekerja aktif lebih khusus investigasi kasus-kasus pelanggaran HAM di Papua. Tindakan kekerasan brutal oleh aparat Indonesia adalah sebagai pekerjaan profesi tanpa bantuan siapa pun. Sampai saat ini terus bekerja pekerjaan itu.

Selama bekerja Yasons tiga kali ditangkap dari Polisi di Papua. Pertama ditangkap pada 2010, di Expo Jayapura ketika berkumpul untuk melakakukan demosntrasi damai. Bersama rekan-rekan ditangkap Polisi membawa di Polresta Jayapura setelah Interogasi dilepaskan. Penangkapan kedua pada 2011 di Sentani. Polres Jayapura tahan di Polres selama satu malam setelah interogasi terkait aktivitas Politik, kemudian dibebaskan pada pagi hari berikutnya. Penagkapan Ketiga pada 2012, di Pelabuhan Jayapura Tujuan nabire. Dengan dugaan paslu membawa bahan Peledak, dugaan itu Polisi menangkap tahan satu malam di Polda Papua, setelah interogasi terkait aktivitas Politik, kemudian dilepaskan.

Walau banyak tantangan dengan sabar terus bekerja untuk ketidakadilan negara terhadap rakyat di Papua.

Kontak Saya: Email: ysambom@gmail.com Blog: Independence Media