Armand Maulana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Armand Maulana
LahirTubagus Armand Maulana
4 April 1971 (umur 52)
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Pekerjaan
Suami/istri
(m. 1994)
Anak1
KeluargaNita Tilana (kakak)
Karier musik
Genre
Tahun aktif1984—sekarang
Label
Artis terkait
Situs webwww.gigibandofficial.com

Tubagus Armand Maulana (lahir 4 April 1971) adalah seorang penyanyi-penulis lagu dan presenter Indonesia keturunan Suku Sunda Banten. Ia merupakan seorang vokalis dari sebuah grup musik papan atas di Indonesia bernama Gigi. Ia adalah adik kandung dari penyanyi dan pembawa acara Nita Tilana.

Sejak kecil Armand sudah mencintai musik. Ketika ia duduk di bangku SD, Armand pernah tercatat sebagai anggota Genesis Fans Club, sebuah kelompok penggemar kelompok musik rock Genesis. Ia juga pernah menjadi anggota kelompok teater musikal pada saat SD.

Menginjak SMP di pertengahan tahun 1980-an saat musik jenis fusion mulai membahana. Armand pun ikut mengoleksi album-album jazz, fusion dan sejenisnya.

Armand mendapati kemampuan vokalnya sebagai bakat alamiah, dan ia tidak pernah mengikuti pendidikan olah vokal baik formal maupun informal.

Karier[sunting | sunting sumber]

Armand Maulana memulai kariernya sebagai semifinalis Cover Boy majalah Mode pada tahun 1987, sewaktu ia masih bersekolah di sekolahnya di SMP Negeri 13 Bandung.

Pada saat duduk di bangku SMA, Armand bergabung dengan kelompok vokal sekolahnya di SMA Negeri 5 Bandung, dan senantiasa mendapat kepercayaan untuk menjadi vokal utama. Dari sinilah Armand mulai menyadari kemampuan olah vokalnya yang lebih, yang akhirnya mendorong Armand untuk membentuk satu band sekolah dengan anggotanya adalah para mantan personel band pengiring kelompok vokalnya itu.

Armand mulai menjalani karier profesionalnya sebagai seorang vokalis dimulai pada saat ia bergabung dengan Next Band pada tahun 1990, kemudian ia juga pernah bergabung dengan kelompok vokal yang cukup ternama Trio Libels pada tahun 1991.

Selain itu, ia juga pernah mengeluarkan album solonya pada tahun 1993 dengan tajuk Kau Tetap Milikku, sebelum akhirnya bersama-sama dengan Dewa Budjana, Thomas Ramdhan, Ronald Fristianto dan Aria Baron, pada tanggal 22 Maret 1994, mendirikan sebuah kelompok band dengan nama GIGI yang masih bertahan sampai saat ini.

Pada tahun 2016 kini Armand Maulana bersolo karier hadir dengan label baru yaitu Trinity Optima Production dengan single terbaru Hanya Engkau Yang Bisa.[1] Di penghujung tahun 2016, Armand Maulana mengeluarkan single keduanya yang diberi judul Sebelah Mata.[2] Dalam video klip Sebelah Mata ini, Armand Maulana turut mengajak serta musisi-musisi muda tanah air untuk menjadi model video klipnya seperti Barasuara, Dekat, Pandji Pragiwaksono, Elephant Kind, Stars and Rabbit serta Lale, Ilman dan Nino.

Single ketiga Armand Maulana dirilis di bulan Desember 2017. Single yang diberi judul Tunggu Di Sana[3] lebih mengutamakan aransemen musik yang akustik dan terdengar lebih funk yang lebih up-beat. Bagi Armand sendiri, single ini merupakan representatif musik 80-an yang ia idolai saat masih remaja. Personil dari RAN, Asta, ikut memproduseri dan menjadi arranger dalam single ini.

Pada bulan Juni 2018, Armand Maulana merilis singel keempatnya yang berjudul Terluka.[4] Ditulis oleh David Kurnia Albert dan diproduseri oleh Ari Renaldi, singel ini memiliki warna musik yang berbeda dari singel sebelumnya dan bercerita tentang perasaan terluka dari seseorang yang dikhianati.

Meskipun ia sudah mulai bersolo karier di jalur R&B, namun Armand pun masih ingin tetap mengibarkan "bendera" Gigi di blantika musik Indonesia. Hal ini dibuktikan lewat single "Adu Domba" yang dirilis pada tahun 2017. Lagu ini merupakan lagu lama milik penyanyi dangdut senior Rhoma Irama. Tetapi Gigi mengaransemennya dengan warna rock yang sudah menjadi ciri khasnya, sebagai bukti bahwa Armand masih setia di jalur rock.

Gaya bermusik dan pengaruh[sunting | sunting sumber]

Seperti musisi/vokalis pada umumnya, Armand walaupun mempunyai warna tersendiri dalam vokalnya, tetapi karakter vokalnya juga dipengaruhi oleh faktor luar, hal ini berkaitan dengan vokalis idolanya. Vokalis idolanya yang sedikit banyak memberi pengaruh pada dirinya sebagai vokalis, Armand mengatakan “Gue kan nge-fans banget ama Genesis, gue seneng ama vokalnya Peter Gabriel, tetapi lebih seneng berat lagi saat vokalnya udah diambil alih ama Phil Collins, Mungkin karena touch pop-nya lebih kental”. Dalam kesempatan lain Armand mengatakan “Kalo ke warna vokal awal-awalnya dulu ada juga sih tetapi saya berusaha mencari dan mencari terus warna vokal saya sendiri”. Beberapa vokalis dunia favorit Armand lainnya antara lain Kenny Loggins, Jonathan Davis, Mick Jagger dan David Coverdale.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Armand Maulana lahir dari pasangan Tubagus Achmad Drajat dan Enden Khadijah yang telah memiliki putra-putri, diantaranya Ria Hilmiati, Ray Bachtiar Drajat, Nane Meyane, Roy Irawan, Nita Tilana. Armand menikah dengan penyanyi Dewi Gita pada tanggal 11 Januari 1994, dan setelah menunggu selama 7 tahun, akhirnya mereka dikaruniai dengan satu orang putri yang bernama Naja Dewi Maulana yang lahir pada 2001.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Bersama Gigi[sunting | sunting sumber]

Album studio

Album lainnya

Solo karier[sunting | sunting sumber]

Album[sunting | sunting sumber]

Singel[sunting | sunting sumber]

  • "Seperti Legenda" (bersama Dewi Gita; 2014)
  • "Hebatnya Persahabatan" (lagu tema Adit & Sopo Jarwo; 2015)
  • "Hanya Engkau yang Bisa" (2016)
  • "Sebelah Mata" (2016)
  • "Tunggu di Sana" (2017)
  • "Terluka" (2018)
  • "Perjalanan Cinta" (bersama Dewi Gita; 2019)[5]
  • "Bawa Daku Pergi" (2019)
  • "Kamu" (kover CJR; 2020)
  • "Be with You" (2020)
  • "Pegang Satu Bendera" (bersama Ikmal Tobing, mars RANS Cilegon FC; 2021)
  • "Sampai Akhir Zaman" (2022)
  • "Rerata" (lagu tema Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang; 2022)

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2004 Brownies Personel Gigi
2010 Bebek Belur Armin Gusti Karya debut
2023 Star Syndrome Bintang tamu gojlokan

Serial televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2015 Tetangga Masa Gitu? Dirinya sendiri

Acara televisi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ARMAND MAULANA New Release : "Hanya Engkau Yang Bisa" - Trinity Optima Production". Trinity Optima Production (dalam bahasa Inggris). 2016-03-28. Diakses tanggal 2017-10-09. 
  2. ^ "ARMAND MAULANA New Release : "Sebelah Mata" - Trinity Optima Production". Trinity Optima Production (dalam bahasa Inggris). 2016-12-13. Diakses tanggal 2017-12-19. 
  3. ^ "Armand Maulana New Single, Tunggu Di Sana - Trinity Optima Production". Trinity Optima Production. Diakses tanggal 2017-12-19.
  4. ^ New Release: Luka Hati yang Dikhianati Armand Maulana “Terluka” Trinity Optima Production. Diakses tanggal 2017-12-25
  5. ^ "Perjalanan Cinta (Terima Kasih Sayang)". Trinity Optima Production. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]