Meuthia Kasim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Meuthia Kasim
LahirMeuthia Kasim
19 Agustus 1968 (umur 55)
Indonesia Jakarta, Indonesia
Almamater
Pekerjaan
Suami/istri
Radjasa Barkah
(m. 1997)
Orang tuaA. Yani Kasim (ayah)

Meuthia Kasim (lahir 19 Agustus 1968) adalah seorang pembawa acara, penyiar radio dan pengusaha Indonesia. Ia telah banyak melahirkan pembawa acara - pembawa acara yang unggul dan berkelas seperti Indy Barends, Iwet Ramadhan dan Sarah Sechan.

Karier[sunting | sunting sumber]

Mukas, demikian wanita berdarah Minangkabau ini kerap disapa, pernah mendapat julukan sebagai 'Ratu Radio'. Hal ini karena Mukas mengawali karier sebagai penyiar radio dan sukses pula membidani lahirnya 4 radio 1 suara yang kini berkibar. Antara lain, seperti 101.4 MTV on Sky, Hard Rock FM, 89.6 FM I-Radio, dan 90.4 Cosmopolitan FM. Mukas juga menjadi Director and Project Head dari saluran televisi terbatas, "O Channel" (kini Moji). Seluruh perusahaan media itu, tergabung dalam satu kelompok usaha media, MRA Media. Di perusahaan sub-holding yang mengoperasikan 7 stasiun radio dan stasiun TV terbatas di Jakarta ini, Meuthia menjabat sebagai Managing Director.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Setelah menyelesaikan pendidikan S-1 Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Mukas mendapatkan gelar MBA dari The University of Chicago Graduate School of Business di Singapura. Dia berhasil memperoleh gelar itu setelah menempuh pendidikan program eksekutif selama 20 bulan.

Penyakit[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1996, Mukas terkena tumor di kepalanya. Operasi pengangkatan dilakukan di sebuah rumah sakit di Jepang. Sembilan tahun kemudian, tepatnya tanggal 26 Juni 2005, Mukas terkena serangan stroke akibat tekanan darah tinggi. Di dunia medis hal itu lebih dikenal dengan istilah subarachnoid hemmorhage, yaitu adanya pendarahan di lapisan kedua pelindung otak. Mukas harus menjalani pengobatan di Singapura selama 6 bulan. Meski belum pulih sepenuhnya, Mukas kini telah dapat beraktivitas dengan bantuan kursi roda.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Mukas menikah dengan Radjasa Tri Adisukma Barkah atau akrab disapa Bimbom. Dari pernikahan ini mereka mempunyai seorang anak, Chesa Barkah.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]