Delon Thamrin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Delon Thamrin
Delon Thamrin
Latar belakang
Nama lahir Stanislaus Alexander Liauw Delon Thamrin
Lahir 20 Mei 1978 (umur 36)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Jenis Musik blues, jazz
Pekerjaan penyanyi, aktris
Tahun aktif 2004 - sekarang
Perusahaan rekaman Nagaswara
Pasangan Yeslin Wang
Orang tua Benny Thamrin (alm)
Liauw Agin
Agama Katolik

Stanislaus Alexander Liauw Delon Thamrin, lebih dikenal sebagai Delon Thamrin (lahir di Jakarta, 20 Mei 1978; umur 36 tahun) ☃adalah seorang (adala)

Debut akting Delon dimulai dengan membintangi film layar lebar berjudul [[Vina Bilang Cinta(2005) yang meraih prestasi di box office Indonesia. Dia finalis Indonesian Idol pertama.

Kemenangan Delon di Indonesian Idol[sunting | sunting sumber]

Di putaran akhir final Indonesian Idol musim pertama Delon banyak melantunkan lagu-lagu balad romantis. Perjalanannya menuju babak puncak ini disertai kontroversi bahwa ia terus melaju hanya karena wajahnya yang menarik serta latar belakang hidupnya yang mengundang simpati dari masyarakat, media banyak mengekspos bahwa Ibu Delon mengidap penyakit jantung dan Delon bekerja keras untuk mendapatkan biaya pengobatannya.

Delon juga sering dikritik kurang mampu menyanyikan lagu bertempo tinggi. Namun popularitas Delon terus meningkat dan tetap mendapat dukungan penggemar-penggemar setianya yang disebut Deloners, dan terus melaju sampai babak puncak.

Meskipun kalah tipis dalam perhitungan suara akhir yang menentukan pemenang Indonesian Idol, yang dimenangkan oleh Joy Tobing, Delon dinobatkan menjadi Indonesian Idol beberapa bulan kemudian. Hal ini dikarenakan Joy Tobing memutuskan untuk keluar dari manajemen artis IP (Indomugi Pratama) sebagai pihak manajemen yang ditunjuk oleh FreMantle Media selaku pemegang brand Indonesian Idol bersama dengan RCTI, BMG dan IP Manajemen [1].

Lagu "Karena Cinta" yang diciptakan oleh Glenn Fredly khusus untuk pemenang Indonesian Idol yang dibawakan pada saat pertunjukan final, akhirnya dirilis oleh Perusahaan rekaman BMG ke dalam album Delon. Pada malam result show Delon membawakan lagu "The Prayer".

Setelah Indonesian Idol, Delon pun banyak membintangi iklan, bermain sinetron, dan layar perak.

Delon juga telah merilis album bersama salah satu penyanyi dari Jepang dengan lagu hits "Kokoro no Tomo". Beberapa komunitas Masyarakat Indonesia yang bermukim di Luar Negeri, mereka mengundang Delon untuk mengisi acara kharitas dan keagamaan, seperti Singapura, Kanada, Seattle (Amerika Serikat), Jepang dan Australia. Di bulan April 2008, Delon juga sempat datang ke Amerika Serikat untuk memenuhi undangan Gereja Bethel Indonesia disana.

Album[sunting | sunting sumber]



Kronologis peristiwa[sunting | sunting sumber]

2005[sunting | sunting sumber]

  • 27 Mei - Album Bahagiaku meraih Penghargaan Musik SCTV 2005 untuk kategori "Album Pendatang Baru".
  • 4 Agustus - Pemutaran perdana film layar lebar Vina Bilang Cinta.
  • 24 Agustus - CD duet Delon bersama Mayumi Itsuwa dirilis di Jepang. Mereka menyanyikan lagu "Kokoro No Tomo" yg dulu pernah hit pada tahun 1980-an ketika dinyanyikan solo oleh Mayumi.
  • 14 September - Delon meraih Penghargaan MTV Indonesia 2005 untuk kategori "Pria Terfavorit". Delon mengalahkan 4 pria lainnya yang lebih senior yaitu Ari Lasso, Glenn Fredly, Baim dan Ello.
  • 21 Oktober - Konser pertama Delon di Australia diadakan di Metro City, Perth.
  • 19 November - Konser pertama Delon di benua Amerika diadakan di Vancouver, Kanada.
  • November - Delon merilis album Natal yang bertajuk The Sweetest Gift from Delon. Album ini berisi 10 lagu Natal di antaranya "Grown Up Christmast List" (ciptaan David Foster).
  • 15 Desember - Delon tampil dalam konser Natal di Jepang bersama Mike Mohede, pemenang Indonesian Idol 2.

2006[sunting | sunting sumber]

Maret: Delon masuk nominasi Anugerah Planet Muzik 2006 untuk kategori "Artis Terpopuler". Ia dinominasi bersama 12 artis lainnya dari Singapura, Malaysia dan Indonesia. APM adalah penghargaan untuk insan musik Melayu dari tiga negara yang digagas oleh Mediacorp Singapura. Acara penganugerahan digelar tanggal 24 Maret di Singapore Expo.

18 Mei:Delon ikut berpartisipasi dalam konser musikal Titiek Puspa berjudul "Kupu-kupu"

22 Sept:Delon ikut berpartisipasi dalam konser Musicademia 6 bersama Twilite Orchestra

28 Oct:Delon tampil dalam Star Bright Charity Concert bersama Audy yang diadakan di Sydney, Australia.

2007[sunting | sunting sumber]

April : Delon masuk nominasi Indonesian Movie Awards 2007 untuk kategori "The Best Singing Actor/Actress"

Saat ini Delon tengah bersiap menuju Asian Idol. Dia akan bertarung bersama Mike (Idol II), Ichsan (Idol III), dan Rini (Idol IV)untuk mewakili Indonesia dalam Asian Idol

2008[sunting | sunting sumber]

28 Februari: Delon merilis album ketiga yang berjudul Perasaanku. Lagu utamanya ialah Indah Pada Waktunya berduet dengan Irene yang memenangkan kontes nyanyi Duet Bareng Delon.

2013[sunting | sunting sumber]

14 Januari: Delon ikut berpartisipasi dalam KFC Adu Bintang bersama Wali

September: Delon merilis album keempat berjudul Rahasiaku. Album ini hanya dijual di gerai KFC di seluruh Indonesia.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Sinetron[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ancam gelar Joy Tobing. Sumber: suara merdeka online

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Tidak ada
Indonesian Idol
Tempat kedua

2004
Diteruskan oleh:
Judika