Wikipedia:Penghapusan cepat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg WP:CSD
WP:KPC
Untuk daftar artikel yang diusulkan dihapus secara cepat, lihat Artikel yang layak untuk dihapus
Pembuat suatu halaman yang diusulkan untuk dihapus tidak diperkenankan untuk menghapus tag {{hapus}}. Mereka hanya diperkenankan menambahi tag {{tunggu dulu}} di halaman tersebut, dan memberikan rasionalisasi di halaman pembicaraannya.

Penghapusan cepat adalah penghapusan suatu halaman di Wikipedia yang dirasa tidak layak dan tidak perlu melalui suatu proses diskusi. Penghapusan ini dapat langsung dilakukan oleh seorang pengurus dengan menggunakan akal sehat dan Wikipedia:Pancapilar Wikipedia sebagai pedoman. nonpengurus atau pengurus yang ingin mendapat opini kedua dapat mengusulkan penghapusan cepat dengan memberikan templat {{Hapus}}. Kata "cepat" di sini berarti adalah prosedur penghapusannya, bukan periode waktu sejak artikel tersebut dibuat.

Halaman ini berisi kriteria-kriteria penghapusan. Sebelum mengusulkan suatu penghapuskan, pertimbangkan terlebih dahulu untuk memperbaikinya, menguranginya menjadi level rintisan, menggabungkannya, atau mengalihkannya ke artikel lain. Jangan tergesa-gesa mengusulkan penghapusan pada saat suatu artikel baru dibuat. Penyunting mungkin berencana untuk memperbaikinya dalam waktu dekat, oleh sebab itu jika suatu artikel dirasa belum lengkap, jangan buru-buru mengusulkannya untuk dihapus.

Seorang Wikipediawan yang mengusulkan penghapusan cepat perlu mencantumkan salah satu kriteria di bawah sebagai alasannya. Orang yang sama juga dianjurkan (walaupun tidak diharuskan) untuk memberitahukan pembuat artikel tersebut bahwa artikelnya diusulkan untuk dihapus, kecuali jika pembuatnya tidak log masuk (hanya melalui alamat IP).

Kriteria

Singkatan kadang digunakan untuk merujuk pada kriteria-kriteria ini. Sebagai contoh, "U12" merujuk pada kriteria nomor 12 di bagian umum dan P1 merujuk pada kriteria nomor 1 pada bagian pengguna. Singkatan-singkatan ini kadang dapat memusingkan bagi pengguna baru, atau siapapun yang belum terbiasa dengan halaman ini; karenanya, lebih dianjurkan untuk menggunakan penjelasan lebih lengkap mengenai mengapa suatu halaman dihapus.

Di bagian bawah akan diberikan suatu tabel berisi templat-templat yang dapat digunakan untuk masing-masing kriteria tersebut.

Umum (U)

Kriteria berikut dapat diterapkan pada semua ruang nama, dan merupakan tambahan bagi kriteria spesifik ruang nama pada bagian-bagian selanjutnya.

  1. Tulisan ngawur. Yang termasuk di dalamnya: Halaman-halaman yang isinya hanyalah ujaran tak keruan, tanpa makna dan isi. Yang tidak termasuk di dalamnya: penulisan yang buruk, terjemahan buruk, vandalisme, materi fiktif, materi berbahasa selain bahasa Indonesia, pemberitaan palsu; namun demikian, beberapa di antara yang disebutkan dapat dihapus dengan dasar vandalisme.
  2. Uji coba. Yang termasuk di dalamnya: Halaman yang dibuat untuk mencoba sintaks-sintaks wiki. Yang tidak termasuk di dalamnya: penyuntingan di halaman-halaman bernama "bak pasir".
  3. Vandalisme murni/terang-terangan.
  4. Pembuatan ulang dari halaman yang sudah dihapus. Yang termasuk di dalamnya: Salinan dari halaman yang dihapus melalui sebuah diskusi, baik melalui Wikipedia:Usulan penghapusan maupun di halaman pembicaraannya. Yang tidak termasuk di dalamnya: Pemulihan artikel melalui evaluasi penghapusan dan halaman yang dihapus tanpa melalui diskusi.
  5. Pengguna yang diblokir atau yang dilarang. Yang termasuk di dalamnya: Halaman-halaman yang dibuat oleh pengguna yang sedang diblokir atau dilarang, termasuk yang terbukti membuat akun siluman, yang melanggar ketentuan pemblokiran atau pelarangan mereka.
  6. Penghapusan teknis. Yang termasuk di dalamnya: Penghapusan untuk alasan penggabungan riwayat revisi ('dihapus untuk mengantisipasi pemindahan halaman'). Jika alasan yang dipakai memerlukan penjelasan, dapat dijelaskan di halaman pembicaraannya.
  7. Permintaan pembuat halaman. Yang termasuk di dalamnya: Permintaan Wikipediawan yang memulai halaman itu, jika halaman tersebut belum disunting secara berarti oleh pengguna lain. Jika pembuat halaman mengosongkan halaman yang dibuatnya, hal ini dapat diartikan bahwa ia menginginkan halaman tersebut dihapus
  8. Halaman yang tergantung pada halaman yang tak ada atau yang dihapus. Yang termasuk di dalamnya: Pengalihan rusak (termasuk nama pengalihan yang buruk, pengalihan yang berputar), halaman pembicaraan yang artikelnya telah dihapus, subhalaman yang super-halamannya telah dihapus, halaman berkas tanpa suatu berkas, atau kategori yang isinya telah dipindahkan (bisa juga diganti dengan {{alihkat}}). Yang tidak termasuk di dalamnya: diskusi penghapusan yang tidak terdapat di tempat lain, halaman pengguna dan halaman pembicaraan pengguna, arsip pembicaraan, pengalihan rusak yang masih bisa dialihkan ke halaman lain, dan halaman berkas dan halaman pembicaraan berkas untuk berkas yang terdapat di Commons.
  9. Tindakan resmi.
  10. Serangan atau olokan terhadap subyek atau entitas lain. Yang termasuk di dalamnya: Ancaman, artikel biografi orang hidup yang isinya semuanya bernada negatif dan tidak memiliki sumber (dan di sejarah revisinya tidak ada versi yang netral yang dapat digunakan). Judul artikel dan isi artikel dapat dipakai untuk menentukan apakah artikel tersebut masuk kategori ini atau tidak.
  11. Iklan atau promosi murni/terang-terangan. Yang termasuk di dalamnya: Halaman yang dibuat dengan tujuan utama untuk mempromosikan suatu entitas, dan yang tidak ensiklopedis (yang perlu ditulis ulang agar bersifat ensiklopedis). Yang tidak termasuk di dalamnya: artikel yang memiliki judul suatu nama perusahaan atau produk tidak secara otomatis masuk ke kategori ini.
  12. Pelanggaran hak cipta murni/terang-terangan. Yang termasuk di dalamnya: Halaman dengan teks yang berhak cipta tanpa adanya suatu pemberitahuan yang jelas bahwa teks tersebut diberi lisensi domain publik, penggunaan bebas, atau penggunaan gratis, dan tidak ada bagian dari teks yang tidak melanggar hak cipta yang patut diselamatkan. Kecuali jika ditinjau dari riwayat halamannya tidak ada versi yang bisa digunakan untuk menggantikan versi yang melanggar hak cipta, maka halaman tersebut akan dihapus seluruh isinya.

Artikel (A)

Lihat pula: Usulan penghapusan untuk penghapusan artikel yang tidak memenuhi kriteria penghapusan cepat

Kriteria-kriteria ini juga berlaku untuk Portal

  1. Tanpa konteks. Yang termasuk di dalamnya: artikel tanpa konteks yang tidak cukup untuk berdiri sendiri ataupun untuk dikembangkan lebih lanjut. Konteks berbeda dengan isi (A3).
  2. Artikel berbahasa asing yang tidak diterjemahkan atau diterjemahkan secara buruk. Yang termasuk di dalamnya: artikel dari proyek Wikimedia lainnya yang tidak diterjemahkan sama sekali atau yang diterjemahkan secara buruk (dengan atau tanpa bantuan mesin penerjemah). Jika sudah diterjemahkan hingga kriteria sebuah stub, maka bagian yang tidak diterjemahkan sajalah yang harus dipotong. Yang tidak termasuk di dalamnya: artikel yang tidak dari proyek Wikimedia lainnya yang bisa diberi templat {{terjemah}}.
  3. Tanpa isi. Yang termasuk di dalamnya: artikel (selain halaman disambiguasi, pengalihan, atau pengalihan lunak) yang hanya terdiri dari salah satu hal atau kombinasi dari hal-hal berikut: pranala luar, kategori, templat selain kotak info, gambar, bagian "lihat pula", judul yang di-parafrase-kan, usaha untuk menghubungi orang atau kelompok yang digunakan sebagai judul, atau komentar layaknya orang berdiskusi. Yang tidak termasuk di dalamnya: artikel pendek yang memiliki isi walaupun pendek tidak dapat dihapus menggunakan kriteria ini. Kriteria ini juga tidak berlaku untuk halaman dengan sebuah kotak info dan informasi yang nontrivia.
  4. - (lihat Tanpa isi)
  5. Artikel transwiki. Yang termasuk di dalamnya: Artikel yang telah dipindahkan ke wiki lain dan ada catatan pemindahannya (termasuk informasi tentang pembuat artikel) yang jelas. Artikel yang dipindahkan dapat berupa sebuah definisi kata yang telah dipindahkan ke KamusWiki, sumber bahan yang telah dipindahkan ke WikiSource, atau artikel lainnya yang telah didiskusikan dan disetujui untuk dipindahkan ke wiki lain.
  6. - (lihat Halaman serangan)
  7. Tidak mengindikasikan kepentingan (tokoh, organisasi, isi situs). Artikel tentang tokoh, organisasi (termasuk di dalamnya band, klub, perusahaan, dll., kecuali sekolah), atau isi situs yang tidak menunjukkan alasan mengapa subyek itu dianggap penting. Hal ini berbeda dengan isi yang tidak dapat diverifikasi dan sumber yang dipertanyakan kelayakannya, dan standarnya di bawah standar kelayakan. Yang termasuk di dalam kriteria ini hanyalah tentang artikel tentang tokoh, organisasi, atau isi sebuah situs itu sendiri. Yang tidak termasuk di dalam kriteria ini adalah artikel mengenai buku mereka, album mereka, piranti lunak mereka, dst. Kriteria ini juga tidak berlaku untuk artikel yang mengklaim suatu alasan mengapa subyek itu dianggap penting meskipun klaim tersebut tidak didukung oleh sumber yang dapat dipercaya. Jika yang dipermasalahkan adalah keabsahan klaim tersebut, maka Anda dapat mengusulkan penghapusan dengan templat {{hapus}} atau membawanya ke halaman Wikipedia:Usulan penghapusan
  8. - (lihat Pelanggaran hak cipta)
  9. Artikel yang tidak mengindikasikan kepentingan (film dan rekaman musik). Artikel tentang film dan rekaman musik yang tidak menunjukkan alasan mengapa subyek itu dianggap penting dan/atau yang artikel tentang film dan rekaman musik yang artisnya tidak ada di Wikipedia bahasa Indonesia. Kriteria ini standarnya di dalam standar kelayakan. Yang tidak termasuk di dalamnya: artikel tentang bentuk karya atau produk ciptaan lainnya.
  10. Artikel yang tidak dirapikan dalam batas waktu yang telah ditentukan, baik oleh pembuat artikel maupun oleh Wikipediawan lain, sehingga dapat dianggap keberadaannya di Wikipedia hanya akan menurunkan kualitas Wikipedia bahasa Indonesia.

Pengalihan (R)

Kriteria berikut dapat diterapkan pada semua pengalihan, termasuk pengalihan lunak. Halaman pengalihan yang memiliki sejarah suntingan yang bermanfaat jangan pernah dihapus. Terkadang pengalihan tidak seharusnya dihapus, melainkan dialihkan ke halaman yang lain. Pengalihan yang tidak bekerja sebagaimana mestinya yang disebabkan oleh keterbatasan perangkat lunak MediaWiki, seperti pengalihan ke halaman istimewa atau wiki lainnya, dapat diganti dengan sebuah pengalihan lunak.

  1. – (lihat Halaman yang tergantung pada halaman yang tak ada atau yang dihapus.)
  2. Pengalihan dari ruang nama artikel ke ruang nama lain, kecuali ruang nama Kategori:, Templat:, Wikipedia:, Bantuan:, dan Portal:. Jika pengalihan ditimbulkan karena pemindahan halaman, tunggu satu atau hari sebelum menghapus pengalihan. Lihat pula Wikipedia:Pengalihan antar-ruang nama.
  3. Pengalihan yang baru dibuat karena kesalahan ketik atau kesalahan penamaan yang tidak disengaja. Meskipun demikian, pengalihan dari kesalahan umum pengejaan atau penamaan biasanya berguna, seperti halnya pengalihan dari istilah dalam bahasa lain.

Berkas (B)

  1. Redundan atau duplikat. Berkas atau media tak terpakai yang merupakan sebuah salinan, dengan format yang sama dan resolusi/kualitas yang sama/lebih rendah, dari sebuah berkas atau media lain di Wikipedia. Yang tidak termasuk di dalamnya adalah duplikat berkas atau media di Wikimedia Commons, karena alasan-alasan lisensi; lihat "Salinan identik tersedia di Wikimedia Commons di bawah.
  2. Rusak atau kosong. Sebelum menghapus berkas jenis ini, pastikan bahwa mesin MediaWiki tidak dapat membaca berkas tersebut dengan cara pratayang gambar yang diperkecil. Pemuat aslinya dapat memperbaikinya dengan cara memuatkan versi berkas yang tidak rusak.
  3. Lisensi yang tidak sesuai.. Berkas atau media yang diberi lisensi "untuk tujuan non komersial saja" (termasuk lisensi Creative Commons nonkomersial), "tanpa karya turunan" atau "gunakan dengan izin" dapat dihapus, kecuali berkas tersebut memenuhi standar pemakaian konten tak bebas. Berkas yang berlisensi GFDL sebelum versi 1.3, yang tidak mengizinkan versi setelahnya, dapat dihapus.
  4. Informasi lisensi kurang (tanpa sumber). Berkas dan media yang tidak memiliki informasi lisensi yang cukup, seperti sumber berkas, dapat dihapus setelah diidentifikasi sebagai berkas tanpa informasi lisensi yang cukup selama tujuh hari jika informasinya tidak ditambahkan. Perhatikan bahwa pemuat berkas terkadang menyebutkan sumbernya di ringkasan pemuatan.
  5. Berkas tak bebas yang tak digunakan. Berkas dan media yang tidak memiliki lisensi bebas atau domain publik, yang tidak digunakan di artikel manapun, dapat dihapus setelah diidentifikasi sebagai berkas tak bebas yang tak digunakan selama tujuh hari. Perkecualian dapat diberikan kepada berkas yang akan digunakan untuk artikel yang sedang ditulis/dipersiapkan.
  6. Tidak memiliki alasan penggunaan tak bebas. Yang termasuk di dalamnya: Berkas dan media tak bebas yang ditulis sebagai "penggunaan wajar" namun tidak menyediakan alasan yang rasional dapat dihapus setelah diidentifikasi sebagai berkas tanpa alasan penggunaan tak bebas selama tujuh hari. Tag {{Fair use}} saja tidak merupakan alasan yang sah. Yang tidak termasuk di dalamnya: alasan telah diberikan namun diperdebatkan.
  7. Klaim penggunaan wajar tidak sah.
    • Berkas atau media tak bebas dengan templat penggunaan wajar yang jelas-jelas tidak sah (seperti tag {{Logo}} pada sebuah foto maskot) dapat dihapus dengan segera.
    • Berkas atau media tak bebas yang telah memiliki pengganti yang berlisensi bebas dapat dihapus setelah dua hari, jika tidak diberikan justifikasi kegunaannya.
  8. Berkas yang sama persis tersedia di Wikimedia Commons, jika kondisi berikut dipenuhi:
    • Versi di Commons memiliki format yang sama dan memiliki kualitas/resolusi yang sama atau lebih tinggi.
    • Lisensi dan sumber tidak diragukan lagi, dan lisensi yang digunakan merupakan lisensi Commons yang berterima.
    • Semua informasi pada berkas lokal juga ada di Commons, termasuk sejarah pemuatan yang lengkap dengan pranala ke halaman pengguna pemuat lokal.
    • Jika nama yang digunakan di Commons berbeda dengan di lokal, semua penggunaan berkas di lokal harus disesuaikan (diganti) sesuai dengan nama yang terdapat di Commons.
    • Berkas tidak dilindungi. JANGAN MENGHAPUS BERKAS YANG DILINDUNGI, meskipun ada duplikatnya di Commons. Berkas seperti itu biasanya dimuat di wiki lokal dan dilindungi karena digunakan pada antar muka atau templat yang beresiko tinggi.
  9. Terang-terangan melanggar hak cipta. Yang termasuk di dalamnya: berkas atau media yang diklaim sebagai berkas berlisensi bebas padahal sebenarnya bukan. Sebuah URL atau indikasi lokasi sumber harus disediakan. Yang tidak termasuk di dalamnya: berkas dengan klaim penggunaan bebas, atau berkas dengan klaim yang dapat dipercaya dari pemiliknya yang telah melepasnya di bawah lisensi bebas yang kompatibel dengan lisensi Wikipedia. Ini termasuk gambar-gambar dari perpustakaan foto stok seperti Getty Images dan Corbis.
  10. Berkas media yang tidak berguna. Berkas yang dimuatkan yang bukan merupakan gambar, audio, atau video (mis. berkas-berkas .doc, .pdf, dan .xls) yang tidak digunakan di artikel apa pun dan tidak bakal digunakan sebagai bahan ensiklopedia.
  11. Tak ada bukti izin penggunaan. Yang termasuk di dalamnya: jika pemuat mencantumkan sebuah lisensi dan menyatakan bahwa pihak ketiga sebagai sumber atau pemegang lisensi tanpa memberikan bukti bahwa pihak ketiga tersebut telah setuju dengan lisensi tersebut, berkas yang dimaksud dapat dihapus tujuh hari setelah pemberitahuan kepada sang pemuat. Bukti yang dapat diterima antara lain adalah pranala ke situs sumber yang menyebutkan lisensinya, atau sebuah pernyataan yang ditulis oleh pemegang hak cipta lewat surel pribadi atau diteruskan ke permissions-id@wikimedia.org. Konfirmasi semacam itu juga dibutuhkan jika sumber merupakan sebuah organisasi yang diklaim diwakili oleh sang pemuat, atau sebuah publikasi web yang diklaim dimiliki oleh sang pemuat. Contoh-contoh yang jelas-jelas merupakan penyalahgunaan hak cipta misalnya pemuat tidak mungkin mendapatkan izin dari sang pemilik hak cipta (mis. poster film dari studio di luar negeri, cuplikan TV asing, dll) dapat dengan segera dihapus per "Terang-terangan melanggar hak cipta" di atas, kecuali dapat memberikan alasan penggunaan wajar.

Kategori (K)

Karena keterbatasan teknis, menamai ulang atau menggabungkan kategori akan menghapus kategori yang sebelumnya.

  1. Kategori tanpa isi yang selama paling tidak empat hari masih tidak memiliki isi. Yang tidak termasuk di dalamnya: kategori disambiguasi, pengalihan kategori (isi sudah dipindahkan ke kategori lain), kategori topik pilihan, duplikat dengan kategori lain, atau kategori yang menurut naturnya dapat menjadi kosong sewaktu-waktu (mis. kategori yang ditransklusikan oleh kotak pengguna.) Bubuhkan {{kategori kosong}} di bagian atas kategori kosong untuk menghindari agar kategori tersebut tidak dihapus.)
  2. Pergantian nama.
    1. Koreksi tipografi (mis. KaetgoriKategori)
    2. Koreksi kapitalisasi (mis. Budaya indonesiaBudaya Indonesia).
    3. Perubahan dari bentuk tunggal ke jamak, atau sebaliknya (e.g., Suku-suku di IndonesiaSuku di Indonesia).
    4. Ketidaksesuaian dengan pedoman pemerian nama kategori "x di y", "x oleh y", "x dari y" seperti yang tertera di Wikipedia:pedoman pemberian nama kategori.
    5. Pemanjangan nama negara (mis. UEAUni Emirat Arab).
    6. Koreksi disambiguasi dari nama yang tak unik. (mis. Kategori:Georgia → Kategori:Georgia (AS) atau Kategori:Georgia).
  3. – (lihat pula Halaman yang tergantung pada halaman yang tak ada atau yang dihapus)

Halaman pengguna (H)

  1. Permintaan pengguna. Yang termasuk di dalamnya: halaman dan subhalaman pengguna (tetapi tidak halaman pembicaraan pengguna) yang diminta untuk dihapus oleh penggunanya. Dalam kasus-kasus yang langka ada kemungkinan halaman tersebut perlu dipertahankan untuk kepentingan administratif.
  2. Pengguna yang tidak ada. Yang termasuk di dalamya: halaman pengguna seorang pengguna yang tidak eksis (cek lewat Istimewa:Daftar pengguna), tidak termasuk alamat IP.
  3. Galeri tak bebas. Galeri di ruang nama pengguna yang terdiri lebih dari separuhnya gambar-gambar tak bebas atau "penggunaan wajar". Kebijakan Wikipedia melarang penggunaan berkas-berkas tak bebas di ruang nama pengguna, walaupun yang memuat adalah pengguna itu sendiri; penggunaan berkas-berkas yang berada di bawah domain umum atau lisensi bebas diperkenankan.

Templat (T)

  1. – (lihat Halaman serangan).
  2. Templat yang merupakan penyimpangan terang-terangan dari kebijakan yang ada.
  3. Templat yang tidak digunakan selayaknya, dan yang berupa: duplikat templat lain, atau memiliki fungsi yang sama yang dapat disediakan oleh templat lain dapat dihapuskan setelah diberi tanda penghapusan cepat selama tujuh hari.

Portal (P)

  1. Semua topik yang dapat memenuhi kriteria penghapusan cepat artikel.
  2. Portal yang kurang terisi. Portal yang topiknya hanya memiliki kurang dari tiga artikel nonrintisan dengan topik judul portal yang bersangkutan.

Nonkriteria (N)

Gtk-redo-ltr.svg WP:NOTCSD

Alasan-alasan berikut tidak cukup kuat untuk dipakai sebagai alasan penghapusan cepat.

  1. Alasan-alasan yang didasari dari Kesalahan umum di Wikipedia. Contoh: "Wikipedia bukanlah kamus", dll.
  2. Pemberitaan palsu (hoax). Artikel yang sebatas dicurigai sebagai pemberitaan palsu perlu didiskusikan lebih lanjut. Kecuali artikel yang benar-benar jelas merupakan pemberitaan palsu.
  3. Riset asli. Terkadang sulit dibedakan antara riset asli dan tanpa sumber. Perlu didiskusikan lebih lanjut.
  4. Neologisme. Jika bukan benar-benar tidak masuk akal, maka istilah-istilah baru perlu diberi kesempatan untuk berdiri, asal ada sumber-sumber yang jelas. Contoh: Indon.
  5. Kelayakan. Artikel yang subyeknya tidak begitu dikenal hanya memenuhi kriteria penghapusan cepat jika artikel tersebut tidak memberi indikasi pentingnya subyek tersebut. Contoh: Artis tidak terkenal yang menjuarai suatu even internasional perlu dicantumkan bahwa ia menjuarai even tersebut, apalagi jika even tersebut juga tidak terkenal.
  6. Permintaan pembuat yang berniat buruk. Permintaan seorang pembuat (kriteria U7) untuk menghapus artikel yang ia mulai demi membatalkan kontribusi GFDLnya tidak akan dikabulkan. Namun siapapun boleh meminta penghapusan halaman di ruang nama pengguna mereka masing-masing
  7. Permintaan pembuat setelah banyak orang berkontribusi. Jika suatu halaman telah disunting oleh banyak orang (lebih dari sekedar pemeliharaan atau koreksi minor saja), seorang pembuat artikel tidak dapat meminta penghapusan artikel berdasarkan kriteria U7 karena menyangkut hasil karya orang lain.
  8. Artikel yang sangat pendek. Isi artikel yang sangat pendek namun memiliki konteks yang memungkinkannya menjadi rintisan tidak dapat diusulkan dihapus berdasarkan kriteria A1 dan A3; kriteria selain itu masih dapat digunakan.
  9. Salinan yang tidak melanggar hak cipta. Jika isi suatu situs lain nampak sama dengan suatu (atau beberapa) artikel di Wikipedia, jangan buru-buru menganggapnya pelanggaran hak cipta. Pikirkan kemungkinan bahwa situs tersebut yang menyalin dari Wikipedia, bukan sebaliknya (terutama untuk artikel-artikel yang telah berumur). Selain itu ada pula kemungkinan penulisnya sama (baik di Wikipedia maupun di situs salinannya) atau bahwa tulisan di situs tersebut telah dilepas hak ciptanya.
  10. Berkas PNG/GIF yang diganti menjadi JPEG. Berkas berformat JPEG seringkali membuang informasi yang terdapat di berkas PNG/GIF aslinya. Jangan menghapus berkas PNG/GIF aslinya.
  11. Materi yang dipertanyakan namun bukan vandalisme. Asumsikan niat baik terutama dari pengguna yang baru bergabung. Jangan buru-buru menganggapnya vandalisme dan menghapus-cepat materi-materi seperti ini kecuali Anda benar-benar yakin (bahwa itu adalah vandalisme).
  12. Halaman pengguna sebuah alamat IP. Penyunting Wikipedia tidak diharuskan mendaftar. Bagi mereka yang memiliki alamat IP statik, terkadang mereka memiliki (dan tidak dilarang membuat) halaman pengguna dan halaman pembicaraan pengguna menggunakan alamat IP.

Menandai untuk penghapusan cepat

Untuk melaporkan kepada pengurus jika suatu halaman memenuhi kriteria penghapusan cepat, gunakan salah satu templat di bawah ini. Jangan lupa untuk mengisi ringkasan suntingan untuk menjelaskan bahwa halaman tersebut sedang dinominasikan untuk dihapus.

Templat Alias Kriteria Untuk

Templat berikut akan menambahkan halaman ke Kategori:Artikel yang layak untuk dihapus:

{{Penghapusan}} {{Hapus|alasan}}
{{delete|alasan}}
Ganti alasan dengan kode kriteria penghapusan cepat, misalnya "A1" untuk "Tanpa konteks" (atau alasan spesifik untuk penghapusan cepat).
Usahakan untuk menulis alasan yang dapat dimengerti oleh semua non-Wikipediawan.
{{Tanpapenerjemahan}} {{Hapus:terjemah}}
{{Hapus:terjemahan mesin}}
A2 Artikel berbahasa asing yang tidak diterjemahkan atau diterjemahkan secara buruk

Prosedur untuk pengurus

Pastikan untuk menyebutkan alasan penghapusan cepat di alasan penghapusan dan untuk memberitahu pembuat artikel. Sebelum menghapus suatu halaman, cek versi terdahulu untuk menilai apakah memungkinkan untuk mengembalikan atau menyelamatkan suatu versi sebelumnya. Juga:

  • Ringkasan penyuntingan awal mungkin memiliki informasi tentang sumber atau alasan artikel.
  • Halaman pembicaraan mungkin merujuk pada suatu diskusi penghapusan sebelumnya, atau mengandung suatu diskusi relevan yang sedang berlangsung untuk mempertahankan artikel.
  • Log halaman mungkin memiliki informasi mengenai penghapusan terdahulu yang dapat memberikan alasan yang bagus untuk melindungi pembuatan atau mempertahankannya.
  • Pranala balik dapat menunjukkan bahwa subyek artikel sering dirujuk dari artikel lain, atau dapat juga menunjukkan halaman serupa yang perlu dihapus. Untuk artikel yang tidak boleh dibuat ulang, pranala masuk dari artikel lain harus dibuang.

Lihat pula

Proposal lama