One Piece

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
One Piece
OP Logo.png
logo anime One Piece
Genre Aksi, petualangan, humor, shōnen, khayalan, drama
Manga
Pengarang  Eiichiro Oda
Penerbit  Bendera Jepang Jump Comics
Penerbit lainnya

Bendera Republik Tiongkok Tong Li
Bendera Perancis Glénat
Bendera Brasil Conrad
Bendera Singapura Chuang Yi (Bahasa Mandarin)
Bendera Korea Selatan Daiwon C.I.
Bendera Inggris Gollancz Manga
Bendera Amerika Serikat Bendera Kanada VIZ Media
Bendera Norwegia Schibsted Forlagene
Bendera Swedia Bonnier Carlsen
Bendera Jerman Bendera Denmark Carlsen Comics

Bendera Finlandia Sangatsu Manga
Bendera Italia Star Comics
Bendera Hong Kong Jonesky
Bendera Indonesia Elex Media Komputindo
Bendera Meksiko Editorial Toukan
Bendera Spanyol Planeta DeAgostini Comics
Bendera Malaysia Comics House
Seri anime TV
Sutradara  Konosuke Uda
Munehisa Sakai
Studio Toei Animation
Jaringan Bendera Jepang Fuji TV
Jaringan lainnya

Bendera Brasil Cartoon Network
Bendera Kanada YTV
Bendera Jerman RTL II/Tele 5
Bendera India Cartoon Network
Bendera Indonesia RCTI, Global TV
Bendera Italia Italia 1
Bendera Filipina GMA 7
Bendera Inggris Toonami
Bendera Amerika Serikat Cartoon Network
Bendera Portugal SIC

Bendera Australia Bendera Selandia Baru Cartoon Network and Network Ten
Bendera Spanyol K3 Jetix
Bendera Meksiko Canal 5/XHGC
Bendera Perancis
Bendera Israel Jetix Mangas
Bendera Korea Selatan KBS, Tooniverse, Champ TV, Anione, Animax
Original video animation
Sutradara  Goro Taniguchi
Studio Production I.G
Rilis 26 Juli 1998
Film
  • One Piece: The Movie (2000)
  • Clockwork Island Adventure (2001)
  • Chopper's Kingdom on the Island of Strange Animals (2002)
  • Dead End Adventure (2003)
  • The Cursed Holy Sword (2004)
  • Baron Omatsuri and the Secret Island (2005)
  • The Giant Mechanical Soldier of Karakuri Island (2006)
  • Episode of Arabasta: The Desert Princess and the Pirates (2007)
  • Episode of Chopper Plus: Bloom in Winter, Miracle Sakura (2008)
  • One Piece Film: Strong World (2009)
  • One Piece 3D: Straw Hat Chase (2011)
  • One Piece Film: Z (2012)
One Piece TCG

Sekarang ini perusahaan tengah Bandai memperkenalkan permainan kartu One Piece.

Episode khusus
  • Adventure in the Ocean's Navel
  • Open Upon the Great Sea! A Father's Huge, HUGE Dream!
  • Protect! The Last Great Performance
  • The Detective Memoirs of Chief Straw Hat Luffy
Permainan video

Lihat: Daftar permainan One Piece

Portal Anime dan Manga

One Piece (ワンピース wanpīsu) adalah sebuah anime dan manga tentang sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D. Luffy yang pergi mencari harta karun legendaris bernama One Piece. Luffy menjadi manusia karet yang memiliki kekuatan memanjangkan tubuhnya setelah secara tak sengaja memakan buah Gomu Gomu, salah satu dari buah iblis. Selama perjalanan Luffy banyak bertemu dengan teman baru dan musuh yang beragam.

One Piece diciptakan oleh Eiichiro Oda. Komiknya dimulai pada 1997 di Shonen Jump terbitan Shueisha dan hingga kini masih terus berlanjut. Versi TV nya dimulai pada Oktober 1999. Di Indonesia manga ini diterbitkan Elex Media Komputindo dan hingga kini telah mencapai jilid ke 60 lebih. Versi TV-nya, yang diproduksi Toei, telah mencapai 500 episode di Jepang. Sampai saat ini, One Piece telah mengeluarkan 12 film, yang terakhir dirilis pada tanggal 15 Desember 2012. Di Indonesia sendiri pernah ditayangkan di RCTI dan Global TV.

Pada Februari 2005, One Piece mencetak rekor di Jepang sebagai penerbitan manga yang tercepat mencapai 100.000.000 eksemplar. Hingga saat ini One Piece adalah salah satu manga paling laris sepanjang sejarah Jepang dengan penjualan lebih dari 260 juta kopi. Selain itu One Piece juga memecahkan rekor sebagai manga dengan cetakan pertama terbanyak. One Piece banyak mendapat pujian di antara para pembaca, terutama dalam hal gambar, karakter, humor, dan cerita.

Popularitas[sunting | sunting sumber]

Manga One Piece mulai diserialisasikan pada majalah Shonen Jump edisi #34 pada tanggal 4 Agustus 1997. Animenya mulai diproduksi oleh Toei Animation di Fuji Television pada 20 Oktober 1999.

Pada awalnya, Eiichiro Oda merencanakan One Piece akan berjalan sekitar 5 tahun, dan dia telah menetapkan endingnya. Tetapi dia terlalu "menikmati" jalan ceritanya dan sekarang dia tidak tahu kapan One Piece akan berakhir.

One Piece merupakan manga terlaris sepanjang sejarah Shonen Jump. Manga ini juga yang menyebabkan total penjualan Shonen Jump naik pada 11 tahun terakhir ini. Volume 25 memegang rekor penjualan manga di Jepang, dengan 2.630.000 unit terjual pada cetakan pertama. Dan volume 46 mencapai lebih dari 140.000.000 unit terjual dan merupakan manga tercepat yang mencapai total penjualan 100.000.000.

Hingga saat ini One Piece memecahkan rekor sebagai manga paling laris sepanjang sejarah. Kesuksesan One Piece bahkan melebihi gabungan no 2 Naruto, no 3 Kimi ni Todoke, no 4 Fairy Tail, no 5 Bleach, no 6 Bakuman, no 7 Gintama, dan no 8 Fullmetal Alchemist dengan total penjualan One Piece lebih dari 300 juta kopi.

One Piece juga memecahkan rekor dunia penjualan tercepat dengan volume 63 terjual 2,119,400 dalam 4 hari (meskipun rekor sebelumnya juga dipegang One Piece volume 60 dan 61). Selain itu One Piece juga memecahkan rekor Jepang sebagai Cetakan pertama terbanyak. One Piece volume 63 memegang rekor Jepang dengan 3.9 juta kopi di cetakan pertama (meski rekor sebelumnya dipegang One Piece 60, 61, dan 62) rekor sebelum One Piece adalah Harry Potter and the Order of the Phoenix dengan 2.9 juta kopi.

Protagonis[sunting | sunting sumber]

Daftar tokoh berikut ini hanya difokuskan pada Kelompok Bajak Laut Topi Jerami.

Yang berperan menjadi "orang jahat" dalam serial ini beragam, mulai dari Bajak Laut lain sampai anggota pemerintah (World Government). Tetapi yang berperan sebagai musuh secara garis besar adalah pihak angkatan laut.

Monkey D. Luffy[sunting | sunting sumber]

Alias: Topi Jerami, Manusia Karet. Jabatan: Kapten. Tebusan/Bounty: 400.000.000B
Luffy memiliki cita-cita menjadi Raja Bajak Laut setelah bertemu dengan Shanks Si Rambut Merah yang singgah di pulau kelahirannya, Fusha. Topi jerami yang menjadi ciri khasnya adalah pemberian dari Shanks dan dia berjanji akan memberikan topi itu kembali kepadanya saat mereka bertemu kembali.

Luffy adalah pemakan buah iblis Gomu Gomu sehingga ia menjadi manusia karet. kemampuan ini membuatnya tubuhnya memiliki atribut yang sama dengan karet, seperti melar, peredam listrik, dsb.

Ciri khas bertarungnya adalah menyerang dengan memanjangkan bagian tubuhnya. Semua nama jurusnya selalu diawali dengan kata "Gomu-gomu" dan kemudian diikuti dengan nama senjata atau artileri (contoh: 'Gomu Gomu no Pistol', 'Gomu Gomu no Bazooka', 'Gomu Gomu no Gatling', dll).

Gear Second: Teknik mempercepat aliran darah tetapi organ tubuhnya tidak hancur karena atribut karet pada tubuhnya. Efek dari Gear Second ini adalah kecepatan atau agility meningkat. Kata "jet" juga ditambahan dalam nama jurusnya (contoh: Gomu Gomu no Jet pistol). Jika ditambah dengan Haki, tinjunya jadi menimbulkan efek ledakan.

Gear Third: Teknik memberpesar tulang dengan meniupnya seperti balon. Efek dari Gear Third adalah kekuatan serangannya meningkat, namun kecepatan serangan menurun. Kata "Gigant" juga ditambahan dalam nama jurusnya (contoh: Gomu Gomu no Gigant Pistol). Jika ditambahkan haki tangannya menjadi hitam dan semakin keras.

Hybrid: Gabungan dari Gear Second dan Gear Third. Kata "Shell" ditambahan dalam nama jurusnya.

Roronoa Zoro[sunting | sunting sumber]

Alias: Pemburu Perompak, Tiga Pedang. Jabatan: Divisi Perang. Tebusan/Bounty: 120.000.000B
Merupakan kru pertama yang ikut bergabung dalam Kelompok Topi Jerami. Teknik bertarungnya menggunakan 3 pedang yang merupakan pedang langka dalam dunia One Piece. Zoro memiliki cita-cita untuk menjadi pendekar pedang terkuat di dunia, mewarisi cita-cita sahabat masa kecilnya, Kuina, yang meninggal karena kecelakaan.

Nami[sunting | sunting sumber]

Alias: Kucing Pencuri. Jabatan: Navigator. Tebusan/Bounty: 16.000.000B
Navigator dari Kelompok Topi Jerami yang dapat merasakan perubahan cuaca dengan tubuhnya. Kemampuan lain selain navigasi adalah mencuri. Cita-cita dari adalah membuat peta seluruh dunia. Senjata yang digunakan adalah tongkat dengan berbagai modifikasi dari Usopp.

Usopp[sunting | sunting sumber]

Alias: Hidung Panjang, Soge King. Jabatan: Penembak Jitu. Tebusan/Bounty: 30.000.000B
Penembak jitu di Kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Bercita-cita menjadi penembak jitu pemberani di seluruh lautan dan ingin pergi ke Pulau Elbaf. Ayahnya, Yasopp, adalah seorang penembak jitu di Kelompok Bajak Laut Shanks. Sangat suka berbohong, dan bercerita yang tinggi-tinggi. Bertarung dengan memakai tembakan ketapel dengan peluru unik dan jebakan-jebakan. Setelah 2 tahun latihan mampu mengendalikan Pop Green, tumbuhan yang bisa tumbuh dengan agresif dan cepat. Menurut dirinya sendiri, dia termasuk 3 orang terlemah di kelompok, selain Nami dan Chopper. Walaupun termasuk 3 terlemah, dia merupakan orang yang berani bertarung melawan sang kapten Monkey D. Luffy dan membakar bendera Pemerintah Dunia.

Sanji[sunting | sunting sumber]

Alias: Kaki Hitam, Alis Melingkar. Jabatan: Koki. Tebusan/Bounty: 77.000.000 Berry

Koki di anggota Bajak Laut Topi Jerami dan merupakan rival Roronoa Zoro. Koki yang bercita-cita menemukan lautan legendaris di mana semua sumber bahan makanan berasal, yaitu All Blue. Ia juga merupakan murid dari Zeff si Kaki Merah, koki handal dari Restoran Baratie yang dulunya bajak laut. Sanji sangat genit terhadap wanita. Sanji mempunyai prinsip yaitu tidak akan melukai wanita walaupun harus mati. Sanji menggunakan kedua kakinya untuk bertarung dan tidak pernah menggunakan tangannya karena menurutnya, tangan adalah harta karun bagi seorang koki. Sanji bertarung dengan teknik tendangan yang sangat kuat. Dia juga bisa memakai tenknik "Diable Jump / Diable Jumble" yang membuat kakinya mengeluarkan api. Teknik ini bisa memperkuat tendangannya dan memberikan efek terbakar pada musuhnya. Termasuk 3 anggota terkuat Kelompok Topi Jerami.

Tony Tony Chopper[sunting | sunting sumber]

Alias: Pecinta Gulali. Jabatan: Dokter. Tebusan/Bounty: 50 Berry

Dokter yang berwujud rusa kutub ini mempunyai tujuh wujud perubahan. Chopper mengemban keinginan dari dokter terhebat di dunia dokter Hiluluk, yang bercita-cita menyembuhkan segala penyakit yang ada di dunia. Dia pemakan buah iblis Hito Hito sehingga dapat berbicara layaknya manusia. Kekuatan buah Hito-Hito juga membuatnya bisa berubah menjadi berbagai macam wujud termasuk menjadi monster. Setelah 2 tahun, dia bisa memakai wujud monsternya tanpa kehilangan kesadaran.

Nico Robin[sunting | sunting sumber]

Alias: Anak Iblis. Jabatan: Arkeolog. Tebusan/Bounty: 80.000.000 Berry
Arkeolog satu-satunya di dunia yang tersisa dari Pulau Ohara yang meneliti asal usul penyandang inisial 'D' melalui Poneglyph yang mungungkapkan kejadian yang sebenarnya pada sejarah 100 tahun yang hilang. Merupakan buruan paling dicari oleh pihak pemerintah dunia karena dianggap sebagai iblis yang dapat mengacaukan perdamaian dunia. Hal ini dibuktikan dengan nilai buruan pada saat umurnya 8 tahun sangat tinggi. Pemakan buah iblis Hana Hana sehingga dapat menggandakan anggota tubuhnya di mana saja (tetapi lebih sering menggandakan tangannya). Bertarung dengan mengandakan tubuhnya, bisa digunakan untuk berbagai variasi jurus (seperti menumbuhkan tangan di tubuh lawan lalu memukulnya). Saat menggunakan kekuatannya dia menyilangkan tangannya.

Franky / Cutty Flam[sunting | sunting sumber]

Alias: Cyborg. Jabatan: Insinyur. Tebusan/Bounty: 44.000.000 Berry
Cyborg sekaligus insinyur kapal yang bercita-cita membangun kapal impian, kapal yang mampu mengarungi seluruh lautan seperti kapal Raja Bajak Laut Gold D. Roger, Oro Jackson, yang dibuat oleh Tom. Saat Tom ditangkap oleh Angkatan Laut, Frangky berniat menghentikan kereta api atas laut yang mengangkut Tom ke Ennies Lobby. Akibatnya, ia tertabrak kereta tersebut dan nyaris meninggal. Untuk bertahan hidup, ia mengubah struktur tubuhnya dengan berbagai teknologi hingga menjadi Cyborg. Teknik bertarung Franky cukup bervariasi. Ia menggunakan senjata yang tersembunyi di seluruh tubuhnya, dan menggunakan Cola sebagai bahan bakar. 2 tahun kemudian, setelah berkumpul kembali, Frangky merakit ulang tubuhnya dengan teknologi canggih dari Angkatan Laut, yang merupakan hasil penelitian dari Vegapunk, seorang ilmuwan dari Angkatan Laut.

Brook[sunting | sunting sumber]

Alias: Pemusik. Jabatan: Musisi. Tebusan/Bounty: 33.000.000 Berry
Manusia tengkorak berambut afro dan juga seorang pemusik yang direkrut setelah peristiwa Thriller Bark. Dia merupakan bajak laut yang berjanji pada seekor paus yang bernama Laboon dan bercita-cita untuk meneruskan perjalanan hingga Raftel, pulau ujung dunia dan berjanji akan kembali lagi menemui Laboon. Bertarung dengan menggunakan pedang dan biolanya. Kekuatan musiknya bisa menghipnotis orang yang mendengarkan lagunya dan juga bisa menidurkan orang. Pemakan buah iblis Yomi Yomi yang artinya hidup kembali. Sebenarnya dia sudah lama meninggal, tetapi karena kekuatan buah iblis ini arwahnya kembali dan menemukan jasadnya yang telah tinggal tulang belulang. Setelah 2 tahun berlatih mampu menyambung tubuhnya yang putus dan pedangnya bisa membekukan.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Manga One Piece dibuat oleh Eiichiro Oda. Manga One Piece mulai diterbitkan oleh majalah Weekly Shonen Jump sejak 4 Agustus 1997. Hingga 20 November 2013 One Piece sudah mempunyai 744 chapter dan 71 volume. Manga One Piece merupakan manga paling laris sepanjang sejarah Jepang. Manga One Piece sudah terjual lebih dari 300 juta kopi. Manga One Piece juga mendapat banyak pujian dan penghargaan.

Anime[sunting | sunting sumber]

Kepopuleran One Piece dalam Weekly Shonen Jump, membuat pihak Toei Animation memutuskan membuat serial anime nya. Rating animenya sangat tinggi dan hingga kini telah dirilis 623 episode, 13 film, dan 3 OVA.

Awal dari era anime One Piece sebenarnya adalah sebuah OVA One Piece, yaitu One Piece: Defeat the Pirate Ganzackt!, diterbitkan pada tahun 1997 kemudian diikuti tayangan mingguan per episode.

Sampai 10 Desember 2013, total episode TV One Piece yaitu 623 Episode. Mulai episode 207 ke depan, One Piece disiarkan dalam fitur video definisi tinggi dengan resolusi 1080i. One Piece disiarkan rata-rata 4 episode per bulan.

Film[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 2000, setiap musim semi Toei Animation merilis film animasi one piece. Film yang dirilis memiliki tingkat grafis yang lebih baik dari tayangan mingguan. Berikut ini adalah daftar film yang telah dirilis:

No. Judul Tanggal tayang
1 "One Piece"   4 Maret 2000

One Piece adalah film pertama dari serial animasi One Piece yang menghadirkan keempat protagonis one piece, Monkey D. Luffy, Roronoa Zoro, Nami, dan Usopp.

Setelah menghilang cukup lama, harta karun sang bajak laut bernama Woonan tersembunyi di salah satu belahan dunia. Banyak bajak laut lain mencari harta tersebut di gunung dimana Ia menyembunyikan emasnya. diantaranya adalah El Drago dan krunya. dengan memburu setiap mantan kru Woonan, El Drago mengumpulkan peta menuju pulau rahasia tempat gunung Woonan berada. saat menuju ke gunung tersebut, EL Drago Bertemu dengan bajak laut topi jerami dan hendak merampoknya. 
2 "Clockwork Island Adventure"   3 Maret 2001
Petualangan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami di pulau misterius di East Blue yaitu Clockwork Island untuk mengejar kapal mereka yang dicuri Kartu Bersaudara. 
3 "Chopper's Kingdom on the Island of Strange Animals"   2 Maret 2002
Kisah yang terpusat pada Tony Tony Chopper yang mendadak menjadi seorang Raja dari segala hewan. 
4 "Dead End Adventure"   1 Maret 2003
Kisah tentang perlombaan balap kapal yang diikuti Topi Jerami karena kekurangan biaya. Tetapi ternyata pertandingan ini telah dikorup oleh Bajak Laut yaitu Jenderal Gasparade. 
5 "The Cursed Holy Sword"   6 Maret 2004
Cerita yang terpusat pada Roronoa Zoro, bercerita tentang keberadaan pedang terkutuk, Pedang Tujuh Bintang yang merasuki teman masa kecil Zoro, Saga. 
6 "Baron Omatsuri and the Secret Island"   5 Maret 2005
Cerita tentang kru Bajak Laut Topi Jerami yang hilang satu per satu di pulau Omatsuri. 
7 "Giant Mecha Soldier of Karakuri Castle"   4 Maret 2006
Bercerita tentang keberadaan pulau canggih yang dibangun Dr. Ratchet. Kelompok Topi Jerami bertujuan akan menghentikan ambisi Ratchet untuk menguasai dunia. 
8 "The Desert Princess and the Pirates: Adventures in Alabasta."   3 Maret 2007
Menceritakan kembali sepenuhnya cerita Arabasta (akhir dari kisah Baroque Works). 
9 '"Episode of Chopper Plus: Bloom in the Winter, Miracle Cherry Blossom"   1 Maret 2008
Menceritakan kembali kisah Drum Kingdom (bergabungnya Chopper) tetapi dengan kru yang sudah mencakup Nico Robin dan Franky. Disertai dengan beberapa penyesuaian cerita lainnya. 
10 "Strong World"   12 Desember 2009

Ini adalah film pertama dari one piece yang menghadirkan Brook. Film ini merupakan prequel dari manga yang menceritakan masa lalu shinki sebelum cerita dalam film ini dimulai. Film ini juga merupakan film pertama yang ditulis sendiri oleh pembuatnya, Eiichiro Oda, sebagai peringatan ulang tahun ke-sepuluh dari serial animenya.

Cerita ini berlangsung setelah kejadian di "Thriller Bark" dari cerita original. Film ini menceritakan bahwa East Blue yang sudah dikuasai oleh salah satu bajak laut lagendaris yang bernama Shiki atau "Golden Lion Shiki", dan nami diculik. Tugas kelompok topi jerami dalam cerita ini adalah menghentikan rencana Shinki dan menyelamatkan Nami. 
11 "Straw Hat Chase"   19 Maret 2011
Serial movie One Piece 3D - 2011 
12 "One Piece: Film Z"   15 Desember 2012

Merupakan film slot-in setelah episode 575-578, dimana kelompok bajak laut luffy bertemu dengan Marinir Neo (Neo Navy) yang dipimpin oleh Shuzo.

Dalam film ke-12 ini, mereka bertemu dengan Master Z (Zephyr) seorang Mantan Admiral Angkatan Laut, yang juga merupakan guru dari para marinir terkenal seperti akainu, kizaru, aokiji, smoker, hina. Saat cerita ini berlangsung, Zephyr telah keluar dari Angkatan laut dan Membentuk Angkatan Laut Baru dengan sebutan Neo Navy dan bermaksud menghancurkan new world dengan menghancurkan seluruh end point.

Pada titik tertentu dalam film, kelompok luffy mengenakan baju Armani Exchange, yang merupakan kolaborasi dari Armani Exchange dan Eiichiro Oda. 
13 "One Piece Movie Special : Hand Island no Bouken."  
Cerita spesial, menceritakan petualangan Monkey D. Luffy dkk secara tidak sengaja terdampar di pulau yang berbentuk tangan. Dikisah spesial ini juga muncul Coby yang telah berpangkat Kapten. 

Tokoh dengan Inisial D.[sunting | sunting sumber]

lihat juga Inisial D (One Piece)
  1. Monkey D. Luffy, Kapten Bajak Laut Topi Jerami yang termasuk dalam The Eleven Supernova (bajak laut rookie dengan nilai buruan diatas 100 juta), dan bercita-cita jadi raja bajak laut.
  2. Monkey D. Dragon, "Sang Revolusioner", Ayah dari Monkey D. Luffy. Orang paling dicari oleh pemerintah dunia dan angkatan laut.
  3. Monkey D. Garp, Seorang Laksamana Madya/Wakil Admiral ('Chuujo') di Angkatan Laut. Merupakan Ayah dari Monkey D. Dragon, kakek dari Monkey D. Luffy dan kakek angkat dari Portgas D. Ace.
  4. Gol D. Roger, "Raja Bajak Laut", Ayah Portgas D. Ace dan suami dari Portgas D. Rogue. Meninggal setelah dieksekusi 22 tahun yang lalu di Logue Town.
  5. Portgas D. Ace, Kakak angkat dari Monkey D. Luffy. Anak dari Gol D. Roger dan Portgas D. Rogue. Tewas di tangan Akainu.
  6. Portgas D. Rouge, Ibu dari Portgas D. Ace, berasal dari Pulau Baterilla yang berada di South Blue. Meninggal setelah melahirkan Ace.
  7. Jaguar D. Saul (Haguar D. Sauro), Seorang tokoh yang menolong Nico Robin saat masih kecil (Peristiwa Ohara). Awalnya ia menjabat sebagai Laksamana Muda di Angkatan Laut, kemudian melakukan desersi demi membebaskan Nico Olvia (ibu Nico Robin).
  8. Marshall D. Teach, Kapten bajak laut Kurohige. Satu-satunya orang yang memiliki dua kekuatan buah setan yaitu Yami-Yami yang berarti kegelapan dan Gura-Gura yang berarti gempa (didapat dari Shirohige).