Omake

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Omake (御負け?, umumnya ditulis おまけ) memiliki arti ekstra dalam bahasa Jepang. Arti utamanya bersifat umum dan meluas. Kata ini digunakan sebagai istilah anime dan manga yang memiliki arti "ekstra atau bonus".[1]

Di Amerika Serikat, istilah ini paling sering digunakan dalam arti sempit oleh penggemar anime untuk menjabarkan fitur khusus dalam rilis DVD: adegan-adegan yang dihapus, wawancara dengan para aktor, klip dokumenter cara pembuatan film tersebut, tampilan sebelum disensor, rekaman aktor yang melakukan kesalahan selama masa produksi, dan sebagainya. Bagaimanapun juga, penggunaan istilah ini sebenarnya sudah ada beberapa tahun sebelum DVD digunakan sebagai media perekaman. Sejak 50 tahun yang lalu di Jepang, omake berupa figurin dan mainan tokoh yang kecil telah digunakan sebagai hadiah gratis yang disertakan bersama pembelian minuman ringan dan permen, dan seringkali omake itu sendiri lebih diminati dari pada produk asli yang dijual. Omake juga dapat merujuk ke strip bonus di bagian akhir suatu bab atau volume manga.

Penjelasan[sunting | sunting sumber]

Omake sering kali menyertakan sketsa komedi di mana para tokoh berkepribadian di luar karakteristiknya, melintasi dinding keempat, atau membahas secara halus pendapat-pendapat di kalangan fandom yang diketahui oleh penulis. Terkadang adegan dari acara TV OVA diisi ulang suaranya secara humor. Contohnya ada pada DVD Video Girl Ai di mana terdapat pemutaran kembali adegan-adegan dari seri OVA-nya dengan suara beraksen daerah. Ada pula di mana pengisi suara yang sama membacakan naskah baru yang bersifat sugestif secara seksual, seringkali bersifat menggelikan. Omake juga dapat memuat klip non-kanonikal dan crossover (pemunculan berbagai karakter dari dua acara yang berbeda atau lebih ke dalam satu latar) komedi yang terkadang muncul pada akhir sebuah episode dari dua acara yang ditayangkan berurutan yang berasal dari studio yang sama, misalnya program Kamen Rider dan Super Sentai terbaru.

Jepretan layar dari omake sebuah anime berjudul Gunbuster. Di sini, karakter utama versi chibi berusaha menjelaskan konsep "Ice II".

Untuk anime, omake sering disajikan dalam gaya super deformed, serupa dengan cara omake diadakan di manga. Contohnya, Gunbuster memuat tokoh dalam gaya super deformed berusaha menjelaskan apa yang penulis ketahui, sebagian besar pseudo-science atau membicarakan hubungan mereka dengan tokoh lainnya dengan cara yang tidak akan mereka lakukan dalam seri itu sendiri. Dalam seri anime Reborn!, setelah beberapa episode salah satu tokoh bernama Haru Miura melakukan wawancara berjudul "pojok wawancara yang berbahaya milik Haru-Haru" dengan masing-masing tokoh anime tersebut dalam wujud chibi yang akan menjawab pertanyaan yang sering kali tidak akan pernah dibicarakan dalam anime dan manga tersebut. Untuk program aksi langsung, meskipun tidak dianimasikan, ekspresi dan efek suara digunakan untuk tujuan komedi yang diinspirasikan dari omake yang ditemukan dalam media animasi.

Istilah Omake juga digunakan dalam permainan video. Permainan Sega berjudul Shenmue II untuk Dreamcast memiliki direktori tersembunyi dalam cakram permainan yang berlabel "Omake" yang akan ditemukan dengan memasukan cakram tersebut ke sebuah komputer. Direktori ini memuat seni konsep dan gambar latar belakang eksklusif.

Contoh lainnya untuk omake dalam budaya populer ada dalam permainan Final Fantasy IX dari Square. Permainan mini "Blackjack" tersembunyi setelah menamatkan permainan dapat diakses dengan menekan kombinasi tombol. Situs Final Fantasy "PlayOnline" juga memiliki bagian tersembunyi di Final Fantasy IX, yang memerlukan pemberian sandi ke pemandu Piggyback resmi agar pengguna dapat memasukinya. Sandi yang diperlukan untuk membuka kombinasi tombol untuk permainan mini Blackjack tersebut adalah E-OMAKE. Permainan mini itu sendiri tentunya juga merupakan sebuah omake.

Omake terkadang muncul dalam fiksi penggemar mengenai anime atau manga, di akhir cerita tersebut, umumnya sebagai "akhir alternatif" yang humor. Contoh dari omake jenis ini adalah akhir dari setiap episode Dance in the Vampire Bund berupa lelucon chibi berdurasi 20-30 detik berjudul "Dance with the Vampire Maids"

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]