Super Sentai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Super Sentai

Serial Super Sentai (スーパー戦隊シリーズ Sūpā Sentai Shirīzu?) (Super Sentai Series) adalah judul kolektif untuk semua serial tokusatsu produksi Toei Company Ltd., TV Asahi dan Bandai yang memunculkan berbagai jenis sentai. Pertama kali mengudara di stasiun televisi Jepang pada tahun 1975, serial Super Sentai merupakan salah satu tokutsasu yang paling dikenal selain Serial Ultra, Serial Kamen Rider, Serial Metal Hero dan Power Rangers di Amerika Serikat.

Meski demikian, Super Sentai tak hanya sekadar serial televisi, melainkan telah menjadi fenomena multimedia internasional dengan berbagai produk, seperti: film, manga, permainan video, pertunjukan aksi hidup di atas panggung, dan iklan.

Sampai saat ini sudah ada kurang lebih 35 serial TV dengan 1750 episode Super Sentai. Yang terlaris adalah Himitsu Sentai Goranger, dan Kaizoku Sentai Gokaiger.

Serial ini masuk ke Indonesia pada tahun 1970-an, 1980-an, 1990-an di TVRI Jawa Timur dan diputar di Indosiar dan RCTI.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Evolusi di Serial Super Sentai dari akar sentai di Goranger

Super Sentai bukan film fiksi ilmiah dan fantasi karena sebagian besar diangkat dari cerita fiksi. Serial ini diterjemahkan sebagai Pasukan Khusus, terjemahan resmi bahasa Inggris untuk istilah "sentai" adalah "Task Force".

Periode produksi Super Sentai dibagi dua, yaitu periode produksi Ishinomori (sebelum tahun 1977) dan 3 Maret 1978 periode produksi Yatsude (setelah tahun 1979). Pada Super Sentai periode karya Ishinomori, cerita antara Sentai satu dengan yang lain di setiap serialnya berhubungan. Mereka diceritakan berasal dari planet yang sama. Sedangkan sejak periode karya Yatsude, cerita mulai berkembang dan lepas dari hubungan Super Sentai sebelumnya. Dalam periode ini digunakan untuk menyebut serial Sentai yang menggunakan robot-robot raksasa.

Sebutan Super Sentai pertama kali digunakan pada tahun 1975 untuk serial film berjudul Himitsu Sentai Goranger yang diproduksi oleh Toei Studio dan Ishinomori Productions (pimpinan Shotaro Ishinomori, pencipta di Kamen Rider dan Cyborg 009) saat unit SFX studio tersebut ditutup. Pada tahun 1977, serial kedua di Super Sentai karya Ishinomori berjudul J.A.K.Q. Dengekitai dirilis.

Pada tahun 1978 hingga 1981, Toei Company mempekerjakan Marvel di Amerika Serikat untuk memproduksi serial pahlawan super ini. Sejak tahun 1979, produksi baru di Super Sentai berjudul Battle Fever J dirilis dan dikerjakan oleh pencipta di Toei, Saburo Yatsude. Selanjutnya, Yatsude merilis berbagai serial Super Sentai, seperti Dai Sentai Goggle V, Kagaku Sentai Dynaman, Choudenshi Bioman, Dengeki Sentai Changeman, Choushinsei Flashman, Hikari Sentai Maskman, etc.

Sejak tahun 1993, serial Super Sentai dipopulerkan oleh Amerika Serikat dengan judul Power Rangers dan berlanjut sampai serial Sentai yang terbaru. Pada tahun ini, serial Power Rangers pertama berjudul Mighty Morphin Power Rangers dipublikasikan oleh Saban Entertainment di Amerika Serikat, serial ini adalah kegunaan panjangnya sementara dari Kyouryuu Sentai Zyuranger, Gosei Sentai Dairanger, dan Ninja Sentai Kakuranger.

Pada tahun 1995, sejak pertama kali digunakan di Goranger, Toei Video merilis serial direct-to-video di Super Sentai V-Cinema pertama terbaru Chouriki Sentai Ohranger: Ohre vs. Kakuranger.

Pada tahun 2001, Toei Company akan merilis serial Super Sentai terbaru Hyakujuu Sentai Gaoranger sebagai peringatan 25 tahun berkarier di Super Sentai.

Pada tahun 2006, Toei Company akan merilis serial Super Sentai terbaru Gougou Sentai Boukenger sebagai peringatan 30 tahun berkarier di Super Sentai.

Pada tahun 2011, Toei Company akan merilis serial Super Sentai terbaru Kaizoku Sentai Gokaiger sebagai peringatan 35 tahun berkarier di Super Sentai.

Distribusi Internasional[sunting | sunting sumber]

Eropa[sunting | sunting sumber]

Di Perancis, serial Super Sentai pertama berjudul Choudenshi Bioman yang kemudian di sulih suara ke dalam bahasa Perancis oleh saluran televisi Canal+ pada tahun 1985, dan kemudian disiarkan juga di program anak-anak Club Dorothée oleh TF1 pada tahun 1987. Selain sukses di Bioman, Choushinsei Flashman, Hikari Sentai Maskman, Choujuu Sentai Liveman, Kousoku Sentai Turboranger, Chikyuu Sentai Fiveman, dan Choujin Sentai Jetman adalah juga ditayangkan pada akhir-akhir 1980-an dan pertengahan 1990-an.[1] Selanjutnya, Liveman dan Turboranger ditayangkan di Spanyol dan Portugal. Denshi Sentai Denziman dan Dai Sentai Goggle V ditayangkan di Italia.

Brasil[sunting | sunting sumber]

Di Brasil, serial Super Sentai berjudul Dengeki Sentai Changeman yang ditayangkan oleh saluran televisi Rede Manchete pada tahun 1988. Selain sukses di Changeman, Choushinsei Flashman adalah juga ditayangkan pada tahun 1989, dan Hikari Sentai Maskman pada tahun 1991. Dai Sentai Goggle V ditayangkan oleh Rede Bandeirantes pada tahun 1990.

Asia Tenggara[sunting | sunting sumber]

Bioman dan Maskman ke Gaoranger adalah ditayangkan di Filipina pada tahun 1980-an. Serial Sentai retrospeksi kemudian di sulih suara ke dalam bahasa Inggris di Malaysia pada periode 1990-an. Di Thailand, serial Super Sentai kemudian di sulih suara ke dalam bahasa Thailand oleh salah satu TV Channel 9 pada akhir-akhir 1980-an dan pertengahan 1990-an serta di Indonesia.

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Selain sukses di Android Kikaider (Kikaida) dan Kamen Rider V3 pada tahun 1970-an, serial Super Sentai yang pernah disiarkan oleh KIKU-TV di Honolulu dan menjadi sangat populer di Hawaii.[2] Himitsu Sentai Goranger adalah juga ditayangkan oleh salah satu TV di bahasa Jepang dari Sacramento, San Francisco dan Los Angeles, California pada tahun 1976–1977. J.A.K.Q. Dengekitai adalah juga ditayangkan di Los Angeles, California selain sukses di Goranger. Kagaku Sentai Dynaman kemudian di sulih suara ke dalam bahasa Inggris sebagai parodi dari program televisi di USA Network Night Flight pada tahun 1987. Pada tahun 1993, Haim Saban diproduksi serial pertama di francais Power Rangers oleh kegunaan sekuens aksi dari Kyouryuu Sentai Zyuranger pada tahun 1992. Selain sukses di Mighty Morphin Power Rangers, Saban Entertainment dipublikasikan berbagai serial Power Rangers oleh kegunaan panjangnya sementara dari kontribusi di Super Sentai di Jepang pada tahun 1990-an.[3]

Korea Selatan[sunting | sunting sumber]

Di Korea Selatan, Choushinsei Flashman berjudul Earth Protector Flashman kemudian di sulih suara ke dalam bahasa Korea pada tahun 1989. Selanjutnya, Bakuryuu Sentai Abaranger (Power Rangers: Dino Thunder), Tokusou Sentai Dekaranger (Power Rangers: S.P.D.), Mahou Sentai Magiranger (Power Rangers: Magic Force), Gougou Sentai Boukenger (Power Rangers: Treasure Force), Juuken Sentai Gekiranger (Power Rangers: Wild Spirits) dan Engine Sentai Go-onger (Power Rangers: Engine Force) juga ditayangkan oleh saluran televisi Tooniverse (Orion Cartoon Network), JEI-TV (Jaeneung Television), CHAMP TV / ANIONE TV (DAEWON BROADCASTING), dan Cartoon Network Korea.[4]

Taiwan[sunting | sunting sumber]

Di Taiwan, serial Super Sentai berjudul Hyakujuu Sentai Gaoranger yang ditayangkan oleh saluran televisi Gala Television dengan versi sulih suara di bahasa Mandarin. Selanjutnya, Ninpuu Sentai Hurricaneger, Bakuryuu Sentai Abaranger, Tokusou Sentai Dekaranger, Mahou Sentai Magiranger, Gougou Sentai Boukenger, dan Juuken Sentai Gekiranger adalah juga ditayangkan pada periode 2000-an. Engine Sentai Go-onger dan Samurai Sentai Shinkenger ditayangkan pada periode 2010-an.

Daftar serial di Super Sentai[sunting | sunting sumber]

Serial Televisi[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah nama para Super Sentai yang memiliki serial televisi berikut karakteristik serta masa tayang.

Berkdulah Super Sentai Series dan televisi Produksi Jepang J.A.K.Q. Dengekitai (ジャッカー電撃隊 Jakkā Dengekitai?) - Kyouryuu Sentai Zyuranger (恐竜戦隊ジュウレンジャー Kyōryū Sentai Jūrenjā?)

Nama host: Tsuyoshi Kaijou / Akaranger (diperankan oleh Naoya Makoto), Akira Shinmei / Aoranger (diperankan oleh Hiroshi Miyauchi), Daita Ooiwa / Kiranger 1 (diperankan oleh Baku Hatakeyama), Daigorou Kumano / Kiranger 2 (diperankan oleh Jiro Daruma), Peggy Matsuyama / Momoranger (diperankan oleh Lisa Komaki), dan Kenji Asuka / Midoranger (diperankan oleh Yukio Ito)
Jumlah episode: 84
Masa tayang: 5 April 1975-26 Maret 1977
Nama host: Gorou Sakurai / Spade Ace (diperankan oleh Yoshitaka Tamba), Ryuu Higashi / Diamond Jack (diperankan oleh Heizan Ito), Karen Mizuki / Heart Queen (diperankan oleh Mitchi Love), Bunta Daichi / Clover King (diperankan oleh Yusuke Kazato), dan Soukichi Banba / Big One (diperankan oleh Hiroshi Miyauchi)
Jumlah episode: 35
Masa tayang: 9 April 1977-24 Desember 1977
Nama host: Masao Den / Battle Japan (diperankan oleh Koki Tanioka), Kensaku Shiraishi / Battle Cossack 1 (diperankan oleh Yukio Ito), Makoto Jin / Battle Cossack 2 (diperankan oleh Daisuke Ban), Kyousuke Shida / Battle France (diperankan oleh Narimitsu Kurachi), Shirou Akebono / Battle Kenya (diperankan oleh Kenji Oba), Diane Martin / Miss America 1 (diperankan oleh Diane Martin), dan María Nagisa / Miss America 2 (diperankan oleh Nahomi Hagi)
Jumlah episode: 52
Masa tayang: 3 Februari 1979-26 Januari 1980
Nama host: Ippei Akaki / Denji Red (diperankan oleh Shin'ichi Yuki), Daigorou Oume / Denji Blue (diperankan oleh Kenji Oba), Jun Kiyama / Denji Yellow (diperankan oleh Eiichi Tsuyama), Tatsuya Midorikawa / Denji Green (diperankan oleh Naoya Uchida), dan Akira Momoi / Denji Pink (diperankan oleh Akira Koizumi)
Jumlah episode: 51
Masa tayang: 2 Februari 1980-31 Januari 1981
Nama host: Ryuusuke Oowashi / Vul Eagle 1 (diperankan oleh Ryusuke Kawasaki), Takayuki Hiba / Vul Eagle 2 (diperankan oleh Takayuki Godai), Kin'ya Samejima / Vul Shark (diperankan oleh Kin'ya Sugi), dan Asao Hyou / Vul Panther (diperankan oleh Asao Kobayashi)
Jumlah episode: 50
Masa tayang: 7 Februari 1981-30 Januari 1982
Nama host: Ken'ichi Akama / Goggle Red (diperankan oleh Ryoji Akagi), Kanpei Kuroda / Goggle Black (diperankan oleh Jun'ichi Haruta), Saburou Aoyama / Goggle Blue (diperankan oleh Shigeki Ishii), Futoshi Kijima / Goggle Yellow (diperankan oleh Sanpei Godai), dan Miki Momozono / Goggle Pink (diperankan oleh Megumi Okawa)
Jumlah episode: 50
Masa tayang: 6 Februari 1982-29 Januari 1983
Nama host: Hokuto Dan / Dyna Red (diperankan oleh Satoshi Okita), Ryu Hoshikawa / Dyna Black (diperankan oleh Jun'ichi Haruta), Yosuke Shima / Dyna Blue (diperankan oleh Koji Unoki), Kosaku Nango / Dyna Yellow (diperankan oleh Yu Tokita), dan Rei Tachibana / Dyna Pink (diperankan oleh Sayoko Hagiwara)
Jumlah episode: 51
Masa tayang: 5 Februari 1983-28 Januari 1984
Nama host: Shirou Gou / Red One (diperankan oleh Ryosuke Sakamoto), Shingo Takasugi / Green Two (diperankan oleh Naoto Ota), Ryuuta Nanbara / Blue Three (diperankan oleh Akito Osuga), Mika Koizumi / Yellow Four 1 (diperankan oleh Yuki Yajima), Jun Yabuki / Yellow Four 2 (diperankan oleh Sumiko Tanaka), Hikaru Katsuragi / Pink Five (diperankan oleh Michiko Makino), dan Shota Yamamori / Manga Warrior Hikaru Kurosaki
Jumlah episode: 51
Masa tayang: 4 Februari 1984-26 Januari 1985
Nama host: Hiryuu Tsurugi / Change Dragon (diperankan oleh Haruki Hamada), Shou Hayate / Chane Griffin (diperankan oleh Kazuoki Takahashi), Yuuma Oozora / Change Pegasus (diperankan oleh Shiro Izumi), Sayaka Nagisa / Change Mermaid (diperankan oleh Hiroko Nishimoto), dan Mai Tsubasa / Change Phoenix (diperankan oleh Mai Oishi)
Jumlah episode: 55
Masa tayang: 2 Februari 1985-22 Februari 1986
Nama host: Jin / Red Flash (diperankan oleh Tota Tarumi), Dai / Green Flash (diperankan oleh Kihachiro Uemura), Bun / Blue Flash (diperankan oleh Yasuhiro Ishiwata), Sara / Yellow Flash (diperankan oleh Yoko Nakamura), dan Lou / Pink Flash (diperankan oleh Mayumi Yoshida)
Jumlah episode: 50
Masa tayang: 1 Maret 1986-21 Februari 1987
Nama host: Takeru / Red Mask (diperankan oleh Ryosuke Kaizu), Kenta / Black Mask (diperankan oleh Koichi Kusakari), Akira / Blue Mask (diperankan oleh Issei Hirota), Haruka / Yellow Mask (diperankan oleh Yuki Nagata), Momoko / Pink Mask (diperankan oleh Kanako Maeda), dan Asuka Ryoo / X1 Mask {diperankan oleh Hideki Shibatani}
Jumlah episode: 51
Masa tayang: 28 Februari 1987-20 Februari 1988
Nama host: Yuusuke Amamiya / Red Falcon (diperankan oleh Daisuke Shima), Jo Ohara / Yellow Lion (diperankan oleh Kazuhiko Nishimura), Megumi Misaki / Blue Dolphin (diperankan oleh Megumi Mori), Tetsuya Yano / Black Bison (diperankan oleh Seiro Yamaguchi), dan Jun'ichi Aikawa / Green Sai (diperankan oleh Jin Kawamoto)
Jumlah episode: 49
Masa tayang: 26 Februari 1988-18 Februari 1989
Nama host: Riki Honoo / Red Turbo (diperankan oleh Kenta Sato), Daichi Yamagata / Black Turbo (diperankan oleh Fumiaki Ganaha), Youhei Hama / Blue Turbo (diperankan oleh Keiya Asakura), Shunsuke Hino / Yellow Turbo (diperankan oleh Jun'ichiro Katagiri), dan Haruna Morikawa / Pink Turbo (diperankan oleh Yoshiko Kinohara)
Jumlah episode: 50
Masa tayang: 3 Maret 1989-23 Februari 1990
Nama host: Gaku Hoshikawa / Five Red (diperankan oleh Toshiya Fuji), Ken Hoshikawa / Five Blue (diperankan oleh Kei Shindachiya), Fumiya Hoshikawa / Five Black (diperankan oleh Ryohei Kobayashi), Kazumi Hoshikawa / Five Pink (diperankan oleh Kazuko Miyata), dan Remi Hoshikawa / Five Yellow (diperankan oleh Keiko Hayase)
Jumlah episode: 48
Masa tayang: 2 Maret 1990-8 Februari 1991
Nama host: Ryu Tendo / Red Hawk (diperankan oleh Kotaro Tanaka), Gai Yuki / Black Condor dan Jeffrey Kensaki / Green Eagle (diperankan oleh Toshihide Wakamatsu), Raita Oishi / Yellow Owl (dipernankan oleh Tomihisa Naruse), Kaori Rokumekan / White Swan (diperankan oleh Rika Kishida), dan Ako Hayasaka / Blue Swallow (diperanakan oleh Sayuri Uchida)
Jumlah episode: 51
Masa tayang: 15 Februari 1991-14 Februari 1992
Nama host: Geki / TyrannoRanger (diperankan oleh Yuta Mochizuki), Goushi / MammothRanger (diperankan oleh Aohisa Takayasu), Dan / TriceraRanger (dipernankan oleh Hideki Fujiwara), Boi / TigerRanger (diperankan oleh Takumi Hashimoto), Mei / PteraRanger (diperanakan oleh Reiko Chiba), dan Burai / DragonRanger (diperanakan oleh Shiro Izumi)
Jumlah episode: 50
Masa tayang: 21 Februari 1992-12 Februari 1993

Di Rempah suka Mighty Morphin Power Rangers Munting di Power Rangers Dari Amerika.

Nama host: Ryou / RyuuRanger (diperankan oleh Keiichi Wada), Daigo / ShishiRanger (diperankan oleh Tatsuya Nomi), Shouji / TenmaRanger (dipernankan oleh Ei Hamura), Kazu / QilinRanger (diperankan oleh Keisuke Tsuchiya / Daisuke Tsuchiya}, Lin / HououRanger (diperanakan oleh Natsuki Takahashi), dan Kou / KibaRanger (diperanakan oleh Hisashi Sakai)
Jumlah episode: 50
Masa tayang: 19 Februari 1993-11 Februari 1994
Nama host: Sasuke / Ninja Red (diperankan oleh Teruaki Ogawa), Tsuruhime / Ninja White (diperankan oleh Satomi Hirose), Saizou / Ninja Blue (dipernankan oleh Hiroshi Tsuchida), Seikai / Ninja Yellow (diperankan oleh Shu Kawai), Jiraiya / Ninja Black (diperanakan oleh Kane Kosugi), dan Ninja Samurai / Ninja Man / Samurai Man (pengisi suara oleh Kazuki Yao)
Jumlah episode: 53
Masa tayang: 18 Februari 1994-24 Februari 1995
Nama host: Gorou Hoshino / OHRed (diperankan oleh Masaru Shishido), Shouhei Yokkaichi / OHGreen (diperankan oleh Kunio Masaoka), Yuuji Mita / OHBlue (dipernankan oleh Masashi Goda), Juri Nijou / OHYellow (diperankan oleh Ayumi Aso), Momo Maruo / OHPink (diperanakan oleh Tamao Sato), dan Riki / KingRanger (diperanakan oleh Shoji Yamaguchi)
Jumlah episode: 48
Masa tayang: 3 Maret 1995-23 Februari 1996
Nama host: Kyousuke Jinnai / Red Racer (diperankan oleh Yuji Kishi), Naoki Domon / Blue Racer (diperankan oleh Yoshihiro Masujima), Minoru Uesugi / Green Racer (dipernankan oleh Yoshihiro Fukuda), Natsumi Shinohara / Yellow Racer (diperankan oleh Yuka Motohashi), Youko Yagami / Pink Racer (diperanakan oleh Atsuko Kurusu), dan Radietta Fanbelt / White Racer (diperanakan oleh Misaki Sudo)
Jumlah episode: 48
Masa tayang: 1 Maret 1996-7 Februari 1997
Nama host: Kenta Date / MegaRed (diperankan oleh Kunihiko Oshiba), Kouichirou Endou / MegaBlack (diperankan oleh Atsushi Ehara), Shun Namiki / MegaBlue (dipernankan oleh Masaya Matsukaze), Chisato Jougasaki / MegaYellow (diperankan oleh Eri Tanaka), Miku Imamura / MegaPink (diperanakan oleh Mami Higashiyama), dan Yuusaku Hayakawa / MegaSilver (diperanakan oleh Shigeru Kanai)
Jumlah episode: 51
Masa tayang: 14 Februari 1997-15 Februari 1998
Nama host: Ryouma / GingaRed (diperankan oleh Kazuki Maehara), Hayate / GingaGreen (diperankan oleh Koji Sueyoshi), Gouki / GingaBlue (dipernankan oleh Shouei), Hikaru / GingaYellow (diperankan oleh Nobuaki Takahashi), Saya / GingaPink (diperanakan oleh Juri Miyazawa), dan Hyuga / Kesatria Hitam (diperanakan oleh Teruaki Ogawa)
Jumlah episode: 50
Masa tayang: 22 Februari 1998-14 Februari 1999
Nama host: Matoi Tatsumi / GoRed (diperankan oleh Ryuichiro Nishioka), Nagare Tatsumi / GoBlue (diperankan oleh Masashi Taniguchi), Shou Tatsumi / GoGreen (dipernankan oleh Atsushi Harada), Daimon Tatsumi / GoYellow (diperankan oleh Kenji Shibata), dan Matsuri Tatsumi / GoPink (diperanakan oleh Monika Sekiguchi)
Jumlah episode: 50
Masa tayang: 21 Februari 1999-6 Februari 2000
Nama host: Tatsuya Asami / TimeRed (diperankan oleh Masaru Nagai), Yuuri / TimePink (diperankan oleh Mika Katsumura), Ayase / TimeBlue (dipernankan oleh Yuji Kido), Domon / TimeYellow (diperankan oleh Tomohide Koizumi), Sion / TimeGreen (diperanakan oleh Masahiro Kuranuki), dan Naoto Takizawa / TimeFire (diperanakan oleh Shinji Kasahara)
Jumlah episode: 51
Masa tayang: 13 Februari 2000-11 Februari 2001
Nama host: Kakeru Shishi / GaoRed (diperankan oleh Noboru Kaneko), Gaku Washio / GaoYellow (diperankan oleh Kei Horie), Kai Samezu / GaoBlue (dipernankan oleh Takeru Shibaki), Soutarou Ushigome / GaoBlack (diperankan oleh Kazuyoshi Sakai), Sae Taiga / GaoWhite (diperanakan oleh Mio Takeuchi), dan Shirogane / GaoSilver (diperanakan oleh Tetsuji Tamayama)
Jumlah episode: 51
Masa tayang: 18 Februari 2001-10 Februari 2002
Nama host: Yousuke Shiina / Hurricane Red (diperankan oleh Shun Shioya), Nanami Nono / Hurricane Blue (diperankan oleh Nao Nagasawa), Kouta Bitou / Hurricane Yellow (dipernankan oleh Kohei Yamamoto), Ikkou Kasumi / Kabuto Raiger (diperankan oleh Yujiro Shirakawa), Isshuu Kasumi / Kuwaga Raiger (diperanakan oleh Nobuo Kyo), dan Shurikenger (pengisi suara oleh Taiki Matsuno)
Jumlah episode: 51
Masa tayang: 17 Februari 2002-9 Februari 2003
Nama host: Ryouga Hakua / AbaRed (diperankan oleh Koichiro Nishi), Yukito Sanjou / AbareBlue (diperankan oleh Sho Tomita), Ranru Itsuki / AbareYellow (dipernankan oleh Aiko Ito), Asuka / AbareBlack (diperankan oleh Kaoru Abe), dan Mikoto Nakadai / AbareKiller (diperanakan oleh Kotaro Tanaka)
Jumlah episode: 50
Masa tayang: 16 Februari 2003-8 Februari 2004
Nama host: Ban (Banban Akaza) / Deka Red (diperankan oleh Ryuji Sainei), Hoji (Houji Tomasu) / Deka Blue (diperankan oleh Tsuyoshi Hayashi), Sen-chan (Sen'ichi Enari) / Deka Green (dipernankan oleh Yosuke Ito), Jasmine (Marika Reimon) / Deka Yellow (diperankan oleh Ayumi Kinoshita), Umeko (Koume Kodou) / Deka Pink (diperankan oleh Mika Kikuchi), Tetsu (Tekkan Aira) / Deka Break (diperanakan oleh Tomokazu Yoshida), Doggy Krugger / Deka Master (pengisi suara oleh Tetsu Inada), Swan Shiratori / Deka Swan {diperankan oleh Mako Ishino}, Lisa Teagle / Deka Bright {diperankan oleh Mie Nanamori}, dan Mari Gold / Deka Gold {diperankan oleh Chiharu Niiyama}
Jumlah episode: 50
Masa tayang: 15 Februari 2004-6 Februari 2005
Nama host: Kai Ozu / MagiRed (diperankan oleh Atsushi Hashimoto), Tsubasa Ozu / MagiYellow (diperankan oleh Hiroya Matsumoto), Urara Ozu / MagiBlue (dipernankan oleh Asami Kai), Houka Ozu / MagiPink (diperankan oleh Ayumi Beppu), Makito Ozu / MagiGreen (diperankan oleh Yuki Ito), Hikaru / MagiShine (diperanakan oleh Yosuke Ichikawa), Miyuki Ozu / MagiMother (diperankan oleh Azusa Watanabe), dan Isamu Ozu / Bragel / Wolzard (diperanakan oleh Tsutomu Isobe)
Jumlah episode: 49
Masa tayang: 13 Februari 2005-12 Februari 2006
Nama host: Satoru Akashi / BoukenRed (diperankan oleh Mitsuomi Takahashi), Masumi Inou / BoukenBlack (diperankan oleh Yasuka Saito), Souta Mogami / BoukenBlue (dipernankan oleh Masashi Mikami), Natsuki Mamiya / BoukenYellow (diperankan oleh Chise Nakamura), Sakura Nishihori / BoukenPink (diperankan oleh Haruka Suenaga), dan Eiji Takaoka / BoukenSilver (diperanakan oleh Masayuki Deai)
Jumlah episode: 49
Masa tayang: 19 Februari 2006-11 Februari 2007
Nama host: Jan Kandou / GekiRed (diperankan oleh Hiroki Suzuki), Ran Uzaki / GekiYellow (diperankan oleh Mina Fukui), Retsu Fukami / GekiBlue (dipernankan oleh Manpei Takagi / Shinpei Takagi), Gou Fukami / GekiViolet (diperankan oleh Riki Miura), dan Ken Hisatsu / GekiChopper (diperanakan oleh Sotaro) Sotaro Yasuda
Jumlah episode: 49
Masa tayang: 18 Februari 2007-10 Februari 2008
Nama host: Sousuke Esumi / Go-on Red (diperankan oleh Yasuhisa Furuhara), Renn Kousaka / Go-on Blue (diperankan oleh Shinwa Kataoka), Saki Rouyama / Go-on Yellow (dipernankan oleh Rina Aizawa), Hant Jou / Go-on Green (diperankan oleh Masahiro Usui), Gunpei Ishihara / Go-on Black (dipernankan oleh Kenji Ebisawa), Hiroto Sutou / Go-on Gold (diperankan oleh Hidenori Tokuyama), dan Miu Sutou / Go-on Silver (diperanakan oleh Yumi Sugimoto)
Jumlah episode: 50
Masa tayang: 17 Februari 2008-8 Februari 2009
Nama host: Takeru Shiba / Shinken Red (diperankan oleh Tori Matsuzaka), Ryunosuke Ikenami / Shinken Blue (diperankan oleh Hiroki Aiba), Mako Shiraishi / Shinken Pink (dipernankan oleh Rin Takanashi), Chiaki Tani / Shinken Green (diperankan oleh Shogo Suzuki), Kotoha Hanaori / Shinken Yellow (diperankan oleh Suzuka Morita), Genta Umemori / Shinken Gold (diperanakan oleh Keisuke Souma), dan Kaoru Shiba / Shinken Red (diperankan oleh Runa Natsui)
Jumlah episode: 49
Masa tayang: 15 Februari 2009-7 Februari 2010
Nama Host: Alata / Gosei Red (diperankan oleh Yudai Chiba), Eri / Gosei Pink (diperankan oleh Rika Sato), Agri / Gosei Black (diperankan oleh Kyosuke Hamao), Moune / Gosei Yellow (diperankan oleh Mikiho Niwa), Hyde / Gosei Blue (diperankan oleh Kento Ono), Majisu / Gosei Green (diperankan oleh Yosuke Ito), dan Gosei Knight (diperankan oleh Katsuyuki Konishi)
Jumlah episode: 50
Masa tayang: 14 Februari 2010-6 Februari 2011
Nama Host: Kapten Marvelous / Gokai Red (diperankan oleh Ryota Ozawa), Joe Gibken / Gokai Blue (diperankan oleh Yuki Yamada), Luka Millfy / Gokai Yellow (diperankan oleh Mao Ichimichi), Don Dogoier / Gokai Green (diperankan oleh Kazuki Shimizu), Ahim de Famille / Gokai Pink (diperankan oleh Yui Koike), dan Gai Ikari / Gokai Silver (diperankan oleh Jun'ya Ikeda)
Jumlah episode: 51
Masa tayang: 13 Februari 2011-19 Februari 2012
Nama Host: Hiromu Sakurada / Red Buster (diperankan oleh Katsuhiro Suzuki), Ryuji Iwasaki / Blue Buster (diperankan oleh Ryoma Baba), Yoko Usami / Yellow Buster (diperankan oleh Arisa Komiya), Masato Jin / Beet Buster (diperankan oleh Hiroya Matsumoto), dan Beet J Stag / Stag Buster (pengisi suara oleh Yuichi Nakamura)
Jumlah episode: 50
Masa tayang: 26 Februari 2012-10 Februari 2013
Nama Host: Daigo Kiryu / Kyoryu Red (diperankan oleh Ryo Ryusei), Ian Yorkland / Kyoryu Black (diperankan oleh Syuusuke Saito), Nobuharu Udo / Kyoryu Blue (diperankan oleh Yamato Kinjo), Souji Rippukan / Kyoryu Green (diperankan oleh Akihisa Shiono), Amy Yuuzuki / Kyoryu Pink (diperankan oleh Ayuri Konno, Utsusemimaru / Kyoryu Gold (diperankan oleh Atsushi Maruyama), Ramirez / Kyoryu Cyan (diperankan oleh Robert Baldwin), Tessai / Kyoryu Gray (diperankan oleh Masayuki Deai), Doctor Ulshade / Kyoryu Violet 1 (diperankan oleh Shigeru Chiba), dan Yayoi Ulshade / Kyoryu Violet 2 (diperankan oleh Marie Litoyo)
Jumlah episode: TBA
Masa tayang: 17 Februari 2013-TBA

Film Teatrikal[sunting | sunting sumber]

Periode Shōwa
Periode Heisei
Produksi film di Super Sentai dan Kamen Rider

Produksi V-Cinema[sunting | sunting sumber]

{{main|Super Sentai V-Cinema}

  • Chouriki Sentai Ohranger: O vs. Kakuranger
Gekisou Sentai Carranger vs. Ohranger

Denji Sentai Megaranger vs. Carranger

Permainan[sunting | sunting sumber]

Serial permainan ini dirilis oleh perusahaan Bandai dan Carddas.

Warna[sunting | sunting sumber]

# Serial Merah Biru Kuning Hijau Merah
muda
Hitam Putih Ungu Emas Perak warna lain
1 Himitsu Sentai Goranger
2 J.A.K.Q. Dengekitai
3 Battle Fever J
4 Denshi Sentai Denziman
5 Taiyou Sentai Sun Vulcan
6 Dai Sentai Goggle V
7 Kagaku Sentai Dynaman
8 Choudenshi Bioman
9 Dengeki Sentai Changeman
10 Choushinsei Flashman
11 Hikari Sentai Maskman
12 Choujuu Sentai Liveman
13 Kousoku Sentai Turboranger
14 Chikyuu Sentai Fiveman
15 Choujin Sentai Jetman
16 Kyouryuu Sentai Zyuranger
17 Gosei Sentai Dairanger
18 Ninja Sentai Kakuranger
19 Chouriki Sentai Ohranger
20 Gekisou Sentai Carranger
21 Denji Sentai Megaranger
22 Seijuu Sentai Gingaman
23 Kyuukyuu Sentai Go Go V
24 Mirai Sentai Timeranger
25 Hyakujuu Sentai Gaoranger
26 Ninpuu Sentai Hurricaneger
27 Bakuryuu Sentai Abaranger
28 Tokusou Sentai Dekaranger
29 Mahou Sentai Magiranger
30 Gougou Sentai Boukenger
31 Juuken Sentai Gekiranger
32 Engine Sentai Go-onger
33 Samurai Sentai Shinkenger
34 Tensou Sentai Goseiger
35 Kaizoku Sentai Goukaiger
36 Tokumei Sentai Go-Busters
37 Zyuden Sentai Kyoryuger

Homage dan parodi di serial terkait[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]