Kaizoku Sentai Gokaiger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
海賊戦隊ゴーカイジャー
Kaizoku Sentai Gokaiger
Gokaiger Title Card.jpg
Genre Tokusatsu
Pembuat Saburo Yatsude
Shotaro Ishinomori
Penulis Naruhisa Arakawa
Junko Kamura
Kento Shimoyama
Yoshio Urasawa
Toshiki Inoue
Sutradara Shojiro Nakazawa
Katsuya Watanabe
Koichi Sakamoto
Hiroyuki Kato
Taro Sakamoto
Noboru Takemoto
Pemeran Ryota Ozawa
Yuki Yamada
Mao Ichimichi
Kazuki Shimizu
Yui Koike
Jun'ya Ikeda
Pengisi suara Yukari Tamura
Hirofumi Nojima
Koji Ishii
Kikuko Inoue
Gaku Shindo
Narator Tomokazu Seki
Komposer lagu tema Yusuke Mochida
Lagu pembuka Kaizoku Sentai Gokaiger oleh Tsuyoshi Matsubara (Project.R) dengan Young Fresh (Project.R)
Lagu penutup Super Sentai, Hero Getter oleh Project.R
Komposer Kosuke Yamashita
Negara Bendera Jepang Jepang
Bahasa Jepang
Jumlah episode 51
Produksi
Produser Motoi Sasaki (TV Asahi)
Takaaki Utsunomiya
Takahito Omori (Toei)
Koichi Yada
Akihiro Fukada (Toei Advertising)
Durasi 30 menit per episode
Rumah produksi TV Asahi
Toei Company
Toei Advertising
Siaran
Saluran asli tv asahi
Periode siaran 13 Februari 201119 Februari 2012
Kronologi
Diawali oleh Tensou Sentai Goseiger
Dilanjutkan oleh Tokumei Sentai Go-Busters
Pranala luar
http://www.tv-asahi.co.jp/go-kai/

Kaizoku Sentai Gokaiger (海賊戦隊ゴーカイジャー Kaizoku Sentai Gōkaijā?) (bahasa Indonesia: Skuadron Bajak Laut Gokaiger) adalah serial tokusatsu tahun 2011 asal Jepang. Gokaiger adalah serial Super Sentai yang ke-35 dari serangkaian serial Super Sentai.

Serial ini yang diproduksi oleh TV Asahi dan Toei Company, pertama kali mulai tanggal 13 Februari 2011 dan tamat pada episode ke-51 pada tanggal 19 Februari 2012, setelah Tensou Sentai Goseiger selesai. Disiarkan di Super Hero Time bersama edisi serial waralaba Kamen Rider di periode Heisei Kamen Rider OOO, sampai pemutaran perdana Kamen Rider Fourze. Anggota Gokaiger adalah juga menjadi pembawa film Tensou Sentai Goseiger vs. Shinkenger: Epic on Ginmaku sebagai pemain kameo. Selain serial TV, Kaizoku Sentai Gokaiger telah lima kali diangkat menjadi film layar lebar: Super Sentai 199 Hero Daikessen (pemutaran perdana 11 Juni 2011), Kapal Hantu Terbang (pemutaran perdana 6 Agustus 2011) Gokaiger vs. Gavan (pemutaran perdana 21 Januari 2012), Super Hero Taisen (pemutaran perdana 28 April 2012), dan Go-Busters vs. Gokaiger (pemutaran perdana 19 Januari 2013).

Gokaiger beranggotakan 6 orang: 4 pria dan 2 wanita. Setiap anggota diasosiasikan dengan satu warna yaitu merah, biru, kuning, hijau, merah muda, dan perak.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Gokaiger adalah serial petualangan, aksi dan fantasi karena sebagian besar diangkat dari cerita fiksi. Serial ini diterjemahkan sebagai Pasukan Khusus, terjemahan resmi bahasa Indonesia untuk istilah "Gokai" (豪快 Gōkai?) adalah "Heroik".

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Sekelompok bajak laut muda yang datang dari luar angkasa ke bumi untuk mendapatkan "Harta Terbesar di Alam Semesta" (宇宙最大の宝 Uchū Saidai no Takara?). Namun, mereka akhirnya menghadapi Kekaisaran Angkasa Zangyack (宇宙帝国ザンギャック Uchū Teikoku Zangyakku?), kekuatan invasi sebelumnya telah dihapuskan oleh 34 tim Super Sentai sebelumnya sebelum kekuatan invasi baru didirikan di bawah Komandan Warzu Giru, putra kaisar. Akibatnya, karena sejarah mereka dengan kekaisaran, bajak laut angkasa menggunakan kekuatan tim yang lebih tua untuk melawan kekuatan Zangyack sebagai Gokaiger.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Gokaiger[sunting | sunting sumber]

Pemeran Nama peran Julukan Mecha
Ryota Ozawa Kapten Marvelous Gokai Red Gokai Galleon
Yuki Yamada Joe Gibken Gokai Blue Gokai Jet
Mao Ichimichi Luka Millfy Gokai Yellow Gokai Trailer
Kazuki Shimizu Don Dogoier Gokai Green Gokai Racer
Yui Koike Ahim de Famille Gokai Pink Gokai Marine
Jun Ikeda Gai Ikari Gokai Silver GoJyu Drill

Gokaiger adalah anggota bajak laut muda dari angkasa yang datang ke Bumi setelah mendengar legenda "Harta Terbesar di Alam semesta" (宇宙最大の宝 Uchū Saidai no Takara?). Namun, sementara Gokaiger mencari harta karun, mereka berpapasan dengan kejahatan Kekaisaran Angkasa Zangyack yang disegel oleh 34 prajurit Sentai sebelumnya. Mereka melakukan perjalanan melalui angkasa dalam Gokai Galleon pertemuan 34 kelompok Sentai sebelumnya dalam sendiri masing-masing "pulau". Gokaiger dapat menjadi salah satu anggota dari 34 kelompok Sentai masing-masing. Karena menjadi bajak laut, masing-masing nama mereka mengikuti tema pembajakan. Saat mencari harta karun atau sebelum pertempuran, Gokaiger cenderung untuk mengatakan "Jangan menghalangi kami, Penduduk dunia!" (じゃまするぜ、地球人ども! Jama suruze, Chikyūjin domo!?) atau "Ayo lakukan dengan gaya!!" (ハデにいくぜ!! Hade ni ikuze!!?).

  • Kapten Marvelous (キャプテン・マーベラス Kyaputen Māberasu?): Kapten muda Gokai Galleon dan pemimpin tim, yang selalu liar dan bersinar. Dia bisa berubah menjadi Gokai Red (ゴーカイレッド Gōkai Reddo?).[1][2]
    • Umur: 23 tahun
  • Joe Gibken (ジョー・ギブケン Jō Gibuken?): Joe adalah firstmate setia serius dan tenang di Kapten Marvelous. Dia bisa berubah menjadi Gokai Blue (ゴーカイブルー Gōkai Burū?).[3][4]
    • Umur: 20 tahun
  • Luka Millfy (ルカ・ミルフィ Ruka Mirufi?): Luka adalah seorang gadis tomboy yang memiliki sisi kuat "jantan" dan sisi sensitif "feminin". Ia bisa berubah menjadi Gokai Yellow (ゴーカイイエロー Gōkai Ierō?).[5][6]
    • Umur: 19 tahun
  • Don Dogoier (ドン・ドッコイヤー Don Dokkoiyā?): Don adalah mekanik kapal ceria dan jujur, dijuluki "Hakase" (ハカセ "Profesor"?) oleh kru lainnya. Meskipun menjadi seorang bajak laut, dia adalah seorang alramis dan seorang pasifis. Dia bisa berubah menjadi Gokai Green (ゴーカイグリーン Gōkai Gurīn?).[7][8]
    • Umur: 20 tahun
  • Ahim de Famille (アイム・ド・ファミーユ Aim do Famīyu?): Ahim adalah yang paling baru di kru dan anggota sederhana dari Gokaiger. Ia bisa berubah menjadi Gokai Pink (ゴーカイピンク Gōkai Pinku?).[9][10]
    • Umur: 19 tahun
  • Gai Ikari (伊狩 鎧 Ikari Gai?): Gai adalah satu-satunya penduduk dunia dalam kelompok bajak laut ini dan penggemar Super Sentai yang terluka tanpa sengaja menyelamatkan gadis kecil dari kecelakaan. Dalam komanya ia mendapat kekuatan terbesar Zyuranger, Timeranger dan Abaranger. Dia bisa berubah menjadi Gokai Silver (ゴーカイシルバー Gōkai Shirubā?).[11][12][13][14]
    • Umur: 19 tahun

Sekutu[sunting | sunting sumber]

  • Navi (ナビィ Nabyi?): Navi adalah seekor burung beo robot yang menavigasi Gokai Galleon melalui angkasa ke lokasi Harta Terbesar di Alam semesta, memberikan petunjuk ke mana ia dapat ditemukan.[15]

Mantan karakter sentai[sunting | sunting sumber]

Selain karakter utama, karakter dari Serial Super Sentai sebelumnya, dikenal sebagai Legend (レジェンド Rejendo?), membuat penampilan tamu di Gokaiger.

  • Tsuyoshi Kaijo / Aka Ranger (海城 剛/アカレンジャー Kaijō Tsuyoshi/Akarenjā?, 1): Tsuyoshi Kaijo adalah anggota EAGLE yang memimpin Goranger melawan Tentara Palang Hitam sebagai Aka Ranger. Dia kemudian memimpin kelompok Super Sentai terhadap Zangyack dalam Perang Legenda sebelum memberikan mereka perintah untuk mengorbankan kekuatan mereka untuk menghapus armada invasi pertama.
  • Aka Red (アカレッド Aka Reddo?, 2): Aka Red adalah semangat prajurit merah Super Sentai yang pertama diarahkan Eiji Takaoka untuk mengumpulkan Sentai utama bersama dalam Gougou Sentai Boukenger vs. Super Sentai. Setelah Perang Legenda, Aka Red muncul di planet Kapten Marvelous, memberinya Navi dan Ranger Key untuk menemukan Harta Terbesar sebelum mengorbankan dirinya sendiri untuk memastikan lolos Marvelous.
  • Kai Ozu / Magi Red (小津 魁/マジレッド Ozu Kai/Maji Reddo?, 2-3): Anak bungsu dari bersaudara Ozu yang memimpin keluarga Magiranger terhadap kekuatan Kekaisaran Neraka Infershia sebelum mereka menghancurkan dewa jahat N-Ma selamanya. Mengenakan jubah Magitopian tradisional ayahnya, Kai diberi label oleh Navi sebagai tokoh dalam jubah hitam. Dengan bantuan dari Santo Surgawi Flagel (天空聖者フレイジェル Tenkū Seija Fureijeru?), Kai berhasil untuk mengungkapkan kekuatan sebenarnya di Ranger Key dengan memungkinkan Don membantu timnya membuka kekuatan penuh Kunci Magiranger.
  • Marika Reimon (礼紋 茉莉花 Reimon Marika?, 5): Dipanggil "Jasmine" (ジャスミン Jasumin?) oleh teman-temannya, Reimon adalah petugas dari tim Polisi Khusus Dekaranger (SPD) menjabat sebagai Deka Yellow (デカイエロー Deka Ierō?). Dia menangkap Kapten Marvelous ketika dia pergi untuk mencari polisi untuk langkah berikutnya terhadap Harta Terbesar di Alam semesta.
  • Doggie Kruger (ドギー・クルーガー Dogī Kurūgā?): Doggie Kruger, dipanggil "Boss" (ボス Bosu?) oleh bawahannya, adalah komandan di kekuatan Polisi Khusus Dekaranger di Bumi. Dia mengajarkan Kapten Marvelous makna sebenarnya dari kekuatan Dekaranger Key, saat mengajar dia untuk memiliki rasa keadilan.
  • Banban Akaza (赤座 伴番 Akaza Banban?): Dipanggil "Ban" (バン?) oleh teman-teman timnya, Akaza adalah petugas dari tim Polisi Khusus Dekaranger (SPD) menjabat sebagai Deka Red (デカレッド Deka Reddo?). Dia muncul sekali setelah Buramudo dihancurkan, memberikan persetujuan ke Kapten Marvelous sebagai prajurit merah baru Bumi.
  • Jan Kandou (漢堂 ジャン Kandō Jan?, 7): Seorang praktisi gaya Gekijuu Tiger-Ken (激獣タイガー拳 Gekijū Taigāken?) di Juuken yang berperang melawan cabang Rinjuuken sebagai Geki Red (ゲキレッド Geki Reddo?). Dia mengajarkan Ahim dan Doc untuk mempelajari cara Geki Juuken sehingga mereka dapat mengakses kekuatan lebih besar dari Ranger Key Gekiranger dan mengalahkan Pachacamac XIII.
  • Master Xia Fu (マスター・シャーフー Masutā Shā Fū?, 7): Grand master gaya Gekijuu Felis-Ken (激獣フェリス拳 Gekijū Ferisuken?) di Juuken, mentor Gekiranger dan pemimpin Kensei Tujuh, menguasai tiga aspek Gekijuuken dan mampu menyalurkan Kageki.
  • Bae (バエ?): Bae adalah seorang praktisi dari gaya Gekijuu Fly-Ken (激獣フライ拳 Gekijū Furaiken?) yang menikmati menjadi komentator untuk pertempuran raksasa.
  • Kakeru Shishi (獅子 走 Shishi Kakeru?, 9): Kakeru Shishi adalah seorang dokter hewan yang dipilih oleh Gao Lion untuk melawan Suku Raksasa Org sebagai Gao Red (ガオレッド Gao Reddo?) di Gaoranger. Dia mengamati Gokaiger pada pandangan pertama sebagai bajak laut khas yang egois, tetapi setelah beberapa pendapat meyakinkan dari Ahim dan Doc, dan melihat sisanya dalam aksi, dia mengubah pendapatnya tentang mereka dan berjalan pergi berharap bahwa Gao Lion akan cocok dengan mereka.
  • Kaoru Shiba (志葉 薫 Shiba Kaoru?, 11-12): Kaoru Shiba adalah bangsawan, kepala ke-18 di rumah Shiba, yang diam-diam dilatih untuk menjadi samurai dan menyegel Gedoushu sebagai Shinken Red (シンケンレッド Shinken Reddo?), sementara kagemusha-nya berdiri di tempatnya memimpin Shinkenger. Ketika Gokaiger tampaknya mencari seorang samurai, ia menantang mereka untuk mengambil Ranger Key Shinkenger, dan Joe Gibken menantangnya, berharap ia akan mengungkapkan kekuatan tersembunyi Ranger Key. Tapi ketika invasi Zangyack memaksa duel harus ditunda, Kaoru menggunakan kuroko untuk membantu awak Gokai Galleon ketika Kapten Marvelous terluka dalam pertempuran.
  • Toshizo Tanba (丹波 歳三 Tanba Toshizō?): Toshizo Tanba adalah punggawa sangat setia dan arogan Kaoru.
  • Kyousuke Jinnai (陣内 恭介 Jinnai Kyōsuke?, 14): Kyousuke Jinnai adalah test driver di Garasi Mobil Pegasus dan pemimpin Carranger, menggunakan Daya Kurumagic untuk melawan geng Bowzock sebagai Red Racer (レッドレーサー Reddo Rēsā?). Setelah dia kehilangan kekuasaannya selama Perang Legend, dia memutuskan untuk mengajarkan keselamatan lalu lintas untuk anak-anak muda. Dia secara terbuka menyatakan diri sebagai Red Racer ke Gokaigers dan upaya untuk membantu mereka dalam mengungkap kekuatan tersembunyi Ranger Key Carranger dalam pertukaran untuk membantu mereka sebagai keselamatan lalu lintas bertindak rombongan, hanya untuk menemukan dirinya dalam cinta segitiga antara Insarn dan salah satu Komandan Aksi Zangyack.
  • Goseiger (ゴセイジャー Goseijā?, 199 Hero Daikessen): Goseiger adalah tim Super Sentai terdiri dari lima Malaikat Gosei (護星天使 Gosei Tenshi?) yang mengikuti misi jenis mereka untuk melindungi planet Bumi dari semua kejahatan, setelah berjuang banyak kelompok penjahat dimanipulasi oleh Malaikat Gosei nakal Brajira di Mesias. Bekerja sama dengan Gokaiger untuk mengalahkan Angkatan Darat Palang Hitam kembali, Goseiger menerima Gokaiger sebagai pahlawan dan memungkinkan mereka untuk mengakses Daya Lebih Besar di Kunci Goseiger.
  • Nozomu Amachi (天知 望 Amachi Nozomu?, 199 Hero Daikessen): Nozomu Amachi adalah siswa sekolah dasar yang merupakan teman baik Alata dan sekutu Goseiger dalam petualangan mereka dengan membiarkan mereka untuk tinggal bersamanya dan ayahnya di Institut Amachi.
  • Soukichi Banba (番場 壮吉 Banba Sōkichi?, 199 Hero Daikessen): Soukichi Banba adalah seorang petugas flamboyan ISSIS yang berjuang organisasi CRIME bersama tim JAKQ sebagai Big One (ビッグワン Biggu Wan?).
  • Isamu Ozu (小津 勇 Ozu Isamu?, 199 Hero Daikessen): Isamu Ozu adalah bentuk manusia dari Santo Surgawi Blagel (天空聖者ブレイジェル Tenkū Seija Bureijeru?) dan patriark dari keluarga Ozu.
  • Signalman (シグナルマン Shigunaruman?, 199 Hero Daikessen) adalah tokoh robot dari Planet Polisi yang singkat berpihak pada Carranger untuk melawan Bosozoku Angkasa Bowzock.
  • DaiKenjin Zubaan (大剣人ズバーン Daikenjin Zubān?, 199 Hero Daikessen): Zubaan adalah seorang Precious Lemuria disebut Pedang Emas yang dapat mengasumsikan bentuk manusia. Meskipun Precious, Zuuban diperbolehkan untuk berjuang bersama Boukenger terhadap Sindikat Negatif.
  • Chiaki Tani (谷 千明 Tani Chiaki?, 199 Hero Daikessen): Chiaki Tani merupakan mantan pemberontak arogan yang bergabung dengan Shinkenger sebagai Shinken Green (シンケングリーン Shinken Gurīn?) untuk memerangi Gedoushu.
  • Genta Umemori (梅盛 源太 Umemori Genta?, 199 Hero Daikessen) adalah vendor sushi, dan teman lama Takeru Shiba, yang bergabung dengan Shinkenger untuk melawan Gedoushu sebagai Shinken Gold (シンケンゴールド Shinken Gōrudo?).
  • Saki Rouyama (楼山 早輝 Rōyama Saki?, 199 Hero Daikessen), dijuluki "Sweet Angel", dipilih oleh Engine Bearrv untuk memerangi Gaiark sebagai Go-on Yellow (ゴーオンイエロー Gōon Ierō?) di Go-onger.
  • Mikoto Nakadai (仲代 壬琴 Nakadai Mikoto?, 18): Mikoto Nakadai adalah seorang dokter brilian yang bosan dengan hidupnya sampai Evolien datang ke Bumi. Berkenan pada kekacauan, Mikoto menemukan telur dari Burstosaur dikenal sebagai Top Galer dan Dino Minder, menggunakan mereka untuk melawan Abaranger sebagai Abare Killer (アバレキラー Abare Kirā?). Dino Minder, bagaimanapun, adalah tidak stabil dan akhirnya mengakibatkan kematian Mikoto setelah dia berubah pikiran dan mulai membantu Abaranger sebelum pertempuran terakhir mereka. Seiring dengan hantu Burai dan Naoto Takizawa, Nakadai memainkan bagian di Gai Ikari menjadi Gokai Silver dan memberinya Daya Lebih Besar dari Abaranger, Zyuranger, dan Timeranger.
  • Ryouma (リョウマ Ryōma?, 20): Ryouma adalah seorang penduduk Hutan Ginga dengan daya di atas api yang diasumsikan judul GingaRed (ギンガレッド Ginga Reddo?) untuk menghormati saudaranya untuk melawan Bajak Laut Angkasa Barban bersama rekan Seijuu GingaLeon. Meskipun Gokaiger juga bajak laut angkasa, dia menerima mereka sebagai tim Super Sentai.
  • Hyuuga (ヒュウガ Hyūga?, 20): Awalnya dimaksudkan untuk Ginga Red, serangkaian peristiwa menyebabkan Hyuuga mewarisi kekuasaan Ksatria Hitam Bullblack menjadi Ksatria Hitam (黒騎士 Kurokishi?) baru untuk pertempuran Barban dengan rekan Seijuu Goutaurus. Setelah pertemuan Gokaiger, sedang dikejar oleh Basco, Hyuuga diuji harga diri Gai sebagai suatu Gokaiger. Ketika Gai melewati tes-nya, Hyuuga mempercayakan dia dengan Kunci Ksatria Hitam dan Daya Lebih Besar di Gingaman.
  • Satoru Akashi (明石 暁 Akashi Satoru?, 199 Hero Daikessen) 21: Satoru Akashi adalah pemburu harta karun yang bekerja untuk Fondasi Search Guard Successor (S.G.S.) dan memimpin Boukenger sebagai Bouken Red (ボウケンレッド Bōken Reddo?) untuk menemukan peninggalan yang dikenal sebagai "Precious" dan mengunci mereka dari faksi ganda yang dapat menggunakan kekuatan untuk kehancuran. Selama peristiwa film 199 Hero Daikessen, Satoru memberikan penerimaannya ke Gokaiger di dalamnya memperoleh Daya Lebih Besar Boukenger Key. Dia kemudian muncul di episode 21 di serial televisi untuk meminta Gokaiger untuk membantu dia mengumpulkan Precious yang dikenal sebagai Jantung Neraka (黄泉の心臓 Yomi no Shinzō?), yang anggota randa di Klan Jaryuu telah digunakan untuk membangkitkan mantan pemimpin mereka Ryuuwon.
  • Daigoro Oume (青梅 大五郎 Oume Daigorō?, 199 Hero Daikessen): Daigoro Oume adalah akrobat sirkus yang mungkin keturunan Orang Denzi dan berjuang Klan Vader sebagai Denzi Blue (デンジブルー Denjiburū?) di Denziman.
  • Koume Kodou (胡堂 小梅 Kodō Koume?, 199 Hero Daikessen), Dipanggil "Umeko" (ウメコ Umeko?) oleh teman-temannya, Koume Kodou adalah petugas wanita dari tim Polisi Khusus Dekaranger (SPD) menjabat sebagai Deka Pink (デカピンク Deka Pinku?).
  • Kanpei Kuroda (黒田 官平 Kuroda Kanpei?, 199 Hero Daikessen): Kuroda sebelumnya merupakan seorang presiden klub catur dan seorang petugas kebersihan yang bergabung dengan Laboratorium Ilmu Masa Depan untuk melawan ancaman dari Kekaisaran Ilmu Hitam Desdark sebagai Goggle Black (ゴーグルブラック Gōguru Burakku?) di tim Goggle-V.
  • Rei Tachibana (立花 レイ Tachibana Rei?, 199 Hero Daikessen): Tachibana adalah mantan pemain anggar yang melawan Kekaisaran Jashinka sebagai Dyna Pink (ダイナピンク Dainapinku?) di Dynaman.
  • Shirou Gou (郷史朗 Gō Shirō?, 199 Hero Daikessen): Shirou Gou adalah seorang pilot yang sedang mandi dengan Partikel Bio untuk pertempuran melawan Kekaisaran Baru Gear sebagai Red One (レッドワン Reddo Wan?) di Bioman.
  • Riki Honoo (炎 力 Honō Riki?, 199 Hero Daikessen): Riki Honoo adalah mantan kapten tim bisbol di hari SMA-nya yang tertular sihir Seelon dan ilmu Doktor Dazai untuk melawan Seratus Suku Bōma sebagai Red Turbo (レッドターボ Reddo Tābo?) di Turboranger.
  • Matsuri Tatsumi (巽 祭 Tatsumi Matsuri?, 23): Matsuri adalah bungsu di keluarga Tatsumi yang mendukung saudara sebagai Go Pink (ゴーピンク Gō Pinku?) terhadap Keluarga Saima. Luka dan Ahim menemukannya setelah petunjuk Navi dari "perbuatan mulia" sementara ia bekerja sebagai EMT. Setelah menyaksikan perjuangan mereka melawan Basco ta Jolokia, ia mempercayakan mereka dengan daya lebih besar di skwadron GoGoFive.
  • Miu Sutou (須塔 美羽 Sutō Miu?), dijuluki "Lovely Sensation," adalah seorang gadis kaya dengan sikap putri yang dipilih oleh Engine Jetras untuk memerangi Gaiark sebagai Go-on Silver (ゴーオンシルバー Gōon Shirubā?) di Go-on Wings.
  • Ninpuu Sentai Hurricaneger (忍風戦隊ハリケンジャー Ninpū Sentai Harikenjā?, 25-26): Tiga mahasiswa dari Akademi Ninja di Cara Hayate itu yang menyelamatkan dunia dari Grup Ninja-Angkasa Jakanja sebelum mereka lulus menjadi ninja penuh. Merasakan anak-anak dua musuh terbesar mereka dalam barisan Jankanja, Hurricaneger muncul sebelum Gai, Ahim, dan Doc untuk mendapatkan kembali Ranger Key mereka.
  • Gai Yuki (結城 凱 Yūki Gai?, 28): Gai adalah seorang penyendiri yang dipukul dengan Birdonic Wave dan dirancang segera sebagai Black Condor (ブラックコンドル Burakku Kondoru?) di Jetman untuk pertempuran Vyram sementara berurusan dengan perasaan sendiri untuk rekan setimnya Kaori Rokumeikan, a.k.a. White Swan. Setelah jatuhnya Vyram, Gai terluka parah ketika dalam perjalanan untuk memberikan berkat kepada Kaori menikah dengan saingannya Ryu Tendou, pemimpin tim Red Hawk, sebelum dia meninggal. Bertahun-tahun kemudian, bermain kartu dengan Tuhan dalam Surga, Gai singkat kembali ke tanah hidup untuk membantu Gokaiger memperoleh daya lebih besar dari kunci Jetman sehingga anggota timnya tidak akan terancam.
  • Yukito Sanjo (三条 幸人 Sanjō Yukito?, 29): Yukito adalah seorang anggota Abaranger yang dipilih oleh Bakuryū Triceratops menjadi Abare Blue (アバレブルー Abare Burū?) dan pertempuran dengan dia melawan Evolien. Setelah Evolien dikalahkan dan Bakuryuu kembali ke Dino Earth, Sanjo kembali bekerja sebagai chiropractor waktu penuh dan akhirnya menikah sekretarisnya Emiri. Dia kemudian membantu Gokaiger dalam mencapai bagiannya di daya lebih besar dari Abaranger.
  • Emiri Sanjo (三条 笑里 Sanjō Emiri?, neé Imanaka (今中?)): Emiri adalah seorang siswa SMA ketika Burstosaurs datang ke bumi dan menjawab panggilan mereka untuk berjuang bersama mereka. Namun, tubuhnya tidak mampu menjadi Abaranger dan dengan demikian membantu tim sebagai dukungan mereka. Selama beberapa kesempatan, Emiri diasumsikan identitas versi sendiri dari Abaranger disebut Abare Pink (アバレピンク Abare Pinku?). Setelah petualangan Abaranger, Emiri tetap bekerja di Dino Curry sampai ia disewa oleh Yukito untuk menjadi sekretarisnya dan mereka akhirnya menikah. Ketika mereka memenuhi Gokaiger, Emiri adalah berperan dalam akuisisi mereka di daya lebih besar dari Abaranger dengan menyediakan Ahim dengan Abare Pink Key, banyak kejutan Gai dan kecewa Ahim di transformasi dihasilkan.
  • Jo Ohara (大原 丈 Ōhara Jō?, 30): Jo Ohara adalah seorang anggota Liveman yang disajikan sebagai Yellow Lion (イエローライオン Ierō Raion?).
  • Gorou Hoshino (星野 吾郎 Hoshino Gorō?, 31): Kapten Gorou Hoshino adalah seorang anggota U.A.O.H. dari Ohranger yang disajikan sebagai OHRed (オーレッド Ōreddo?).
  • Momo Maruo (丸尾 桃 Maruo Momo?, 31): Momo Maruo adalah seorang anggota U.A.O.H. dari Ohranger yang disajikan sebagai OHPink (オーピンク Ōpinku?).
  • Ryou di Bintang Api Surga (天火星・亮 Tenkasei Ryō?, 33, 199 Hero Daikessen): Ryou adalah seorang anggota Dairanger yang disajikan sebagai RyuuRanger (リュウレンジャー Ryū Renjā?).
  • Sousuke Esumi (江角 走輔 Esumi Sōsuke?, 35): Sousoke adalah seorang anggota Go-onger yang disajikan sebagai Go-on Red (ゴーオンレッド Gōonreddo?).
  • Bomper (ボンパー Bonpā?): Bomper adalah robot radar merah muda diciptakan oleh Jum-bowhale dari Dunia Mesin, yang mendukung Go-onger dengan menciptakan senjata mereka dan melakukan pemeliharaan pada Engine. Dia mendarat di Gokai Galleon meminta bantuan Gokaiger dan akhirnya reuni dengan Sosuke.
  • Engine (炎神 Enjin?): Speedor (スピードル Supīdoru?), Bus-on (バスオン Basuon?), dan Bearrv (ベアールV(ブイ) Beārubui?) adalah mitra Engine masing Go-on Red, Go-on Blue, dan Go-on Yellow dan penghuni dari Dunia Mesin. Mereka berjuang Chirakashizky di Dunia Gunman, hanya untuk memiliki kekuatan mereka dibawa pergi dan menyusut ke ukuran Pemain Engine mereka. Mereka berkumpul kembali dengan Sosuke, dan Speedor dan Bearrv mengungkapkan bahwa mereka menikah dan memiliki anak, Machalcon, yang mereka tidak pernah melihat banyak karena mereka sedang melawan jahat.
  • Kenta Date (伊達 健太 Date Kenta?, 39): Kenta adalah seorang guru Sekolah Tinggi Moroboshi yang hadir sebagai remaja. Dia juga disajikan sebagai Mega Red (メガレッド Mega Reddo?) di pemimpin Megaranger.
  • Domon (ドモン 40?): Domon adalah casanova yang juga seorang penggenggam profesional, yang cenderung untuk berlebihan kadang-kadang dan menjadi Time Yellow (タイムイエロー Taimu Ierō?) di Timeranger.
  • Honami Moriyama (森山 ホナミ Moriyama Honami?): Honami adalah reporter dan fotografer, tidak hanya cukup berani untuk mengambil foto dari Keluarga Londers tetapi juga mengungkap identitas sejati Timeranger sebelum memutuskan untuk mundur.
  • Mirai Moriyama (森山 未来 Moriyama Mirai?): Mirai adalah anak Domon dan Honami di saat yang Honami pernah diberitahu tentang Domon.
  • Shiro Akebono (曙 四郎 Akebono Shirō?): Shiro adalah orang hutan liar yang dapat berbicara dengan binatang. Dia berjuang Masyarakat Rahasia Egos sebagai Battle Kenya (バトルケニア Batoru Kenia?) dari tim Battle Fever. Shiro akan membuat kembali dalam Kaizoku Sentai Gokaiger vs. Uchuu Keiji Gavan: The Movie.
  • Ninjaman (ニンジャマン Ninjaman?): Ninjaman adalah seorang anggota Kakuranger dan murid dari Sanshinshou yang disegel pergi ke dalam panci biru setelah tertipu oleh Daimaou dari Korps Angkatan Darat Youkai ke menyerang orang berabad-abad lalu.
  • Tsuruhime (鶴姫 Tsuruhime?): Tsuruhime adalah seorang anggota Kakuranger yang disajikan sebagai Ninja White (ニンジャホワイト Ninja Howaito?).
  • Takayuki Hiba (飛羽 高之 Hiba Takayuki?): Takayuki adalah seorang teman Ryuusuke Oowashi, yang merupakan Vul Eagle pertama, dan master kendo yang bergabung dengan Penjaga Perdamaian Dunia untuk melawan Kekaisaran Mesin Black Magma sebagai Vul Eagle II (2代目バルイーグル Nidaime Baru Īguru?) di Sun Vulcan, setelah Oowashi tersisa untuk mengejar penelitian pesawat ulang-alik untuk NASA.
  • Sho Hayate (疾風 翔 Hayate Shō?): Sho adalah mantan Penjaga Tentara Jepang dan casanova narsis yang bergabung Angkatan Pertahanan Bumi untuk melawan Liga Bintang Besar Gozma sebagai Change Gryphon (チェンジグリフォン Chenji Gurifon?) di Changeman.
  • Dai (ダイ Dai?): Dai diculik saat dia hanya seorang anak untuk digunakan sebagai kelinci percobaan oleh Kekaisaran Percobaan Rekonstruksi Mess, tapi diselamatkan oleh orang Flash Planet bersama dengan empat anak lainnya. Dibesarkan di Green Star berbatu, dia mengembangkan kekuatan fisik besar dan kembali dengan teman-temannya ke Bumi untuk melawan sebagai Green Flash (グリーンフラッシュ Gurīn Furasshu?) untuk menghentikan Mess dari menaklukkan itu.
  • Akira (アキラ?): Akira adalah seorang petinju Cina dan seorang ahli pedang lurus yang dilatih oleh Komandan Sanjuro Sugata untuk melawan ancaman Kekaisaran Bawah Tanah Tube sebagai Blue Mask (ブルーマスク Burū Masuku?) di Maskman.
  • Remi Hoshikawa (星川 レミ Hoshikawa Remi?): Remi adalah seorang guru musik yang mengkhususkan dalam kung fu, saudara kembar dari Fumiya, dikenal sebagai Five Black, dan termuda dari saudara kandung Hoshikawa yang berjuang Tentara Kekaisaran Perak Zone sebagai Five Yellow (ファイブイエロー Faibuierō?) di Fiveman.
  • Goushi (ゴウシ Gōsh?) adalah Kesatria dari Suku Sharma yang berjuang ancaman Geng Bandora sebagai Mammoth Ranger (マンモスレンジャー Manmosu Renjā?) di Zyuranger.
  • Profesor Shuichirou Amachi (天知 秀一郎博士 Amachi Shūichirō-hakase?): Profesor Amachi adalah ayah Nozomu dan seorang astronom amatir yang menjalankan Institut Amachi. Dia menyewa Goseiger sebagai pekerja paruh waktu, tidak menyadari tindakan mereka. Apapun, Shuichirou membantu pada kesempatan tertentu dan akhirnya mengetahui kebenaran tentang Malaikat Gosei dari Master Head.
  • Yuka Yamazaki (山崎 由佳 Yamazaki Yuka?): Yamazaki adalah mantan teman sekelas Kai Ozu. Ketika ia diculik oleh Glúm do Bridon menjadi pengantinnya, Kai sebagai Magi Red menyelamatkannya, dan ia menyadari bahwa Kai dan Magi Red adalah satu dan sama.
  • Houka Ozu (小津 芳香 Ozu Hōka?): Houka adalah putri tertua dari keluarga Ozu yang berperang bersama-sama dengan keluarga Magiranger terhadap Infershia sebagai Magi Pink (マジピンク Maji Pinku?).
  • Shou Tatsumi (巽 鐘 Tatsumi Shō?): Shou adalah anak ketiga dari keluarga Tatsumi dan pilot helikopter di Departemen Penerbangan dari Departemen Kebakaran Pusat Kota yang berjuang dengan saudara-saudaranya terhadap ancaman Keluarga Saima sebagai Go Green (ゴーグリーン Gōgurīn?).
  • Shoji di Bintang Gaya Berat Surga (天重星・将児 Tenjūsei Shōji?): Shoji adalah mantan anggota geng Bosozoku yang bermimpi menjadi juara tinju dunia. Dia berjuang ancaman dari Suku Gorma sebagai Tenma Ranger (テンマレンジャー Tenma Renjā?) di Dairanger.
  • Kazu di Bintang Waktu Surga (天時星・知 Tenjisei Kazu?): Kazu adalah mantan ahli kecantikan gaya dan penari yang berjuang Suku Gorma sebagai Qilin Ranger (キリンレンジャー Kirin Renjā?) di Dairanger.

Peralatan[sunting | sunting sumber]

  • Ponsel Transformasi Mobirates (変身携帯モバイレーツ Henshin Keitai Mobairētsu?): Mobirates adalah perangkat transformasi Gokaiger. Gokaiger dapat mengubah dengan memasukkan Ranger Key dengan panggilan aktivasi "Gokai Change" (豪快チェンジ Gōkai Chenji?). Saat melakukan perubahan, muncul angka Romawi XXXV yang menandakan Gokaiger sebagai pasukan Sentai ke-35. Ponsel ini juga digunakan sebagai alat komunikasi, dan untuk memanggil Gokai Galleon dengan memasukkan angka 5501. [16][17][18][19][20]
  • Gokai Buckle (ゴーカイバックル Gōkai Bakkuru?): Gokai Buckle adalah sarana untuk menyimpan Ranger Key Gokaiger selama pertempuran. Menekan tombol pada bagian atas gesper membuka kompartemen kecil yang memegang Ranger Key. Hal ini terkait dengan Kotak Gokai Treanger memegang Ranger Key, sehingga setiap kunci dipanggil oleh Gokaiger bisa diteleport ke dalam gesper.
  • Gokai Sabre (ゴーカイサーベル Gōkai Sāberu?): Gokai Sabre adalah pedang utama di Gokaiger, menyerupai pedang pendek dengan kabel built-in yang memungkinkan senjata ini digunakan seperti yo-yo (teknik khas Gokai Yellow). Senjata ini dapat memanfaatkan Ranger Key untuk mengaktifkan serangan Final Wave Gokai Slash (ゴーカイスラッシュ Gōkai Surasshu?) atau Gokai Scramble (ゴーカイスクランブル Gōkai Sukuranburu?) setelah Ranger Key diset ke pedang. Gokai Blue dan Gokai Yellow biasanya akan menukar Gokai Gun mereka dengan Gokaiger lain untuk dua Gokai Sabre.[21] Selain itu, Gokai Yellow dapat bergabung dua Gokai Sabre untuk membentuk senjata berbilah dua, sementara Gokai Blue dapat menggabungkan hingga tiga pisau di salah satu pegangan sebagai bagian dari serangan Final Wave Blue Slash Bergaya Lima-Pisau. Dengan Mode Emas Gokai Silver dan Hurricaneger, Gokaiger dapat melakukan serangan Final Wave Ninpou Super Gokai Hurricane Scramble (ゴーカイ超忍法・ハリケンスクランブル Gōkai Chō Ninpō Hariken Sukuranburu?). Sebagai Gokai Christmas, Gokai Silver dapat melakukan serangan Final Wave Gokai Christmas Slash (ゴーカイクリスマススラッシュ Gōkai Kurisumasu Surasshu?) dengan Gokai Gun. Dengan Gavan, Gokai Red dapat melakukan serangan Final Wave Gavan Marvelous Dynamic (ギャバンマーベラスダイナミック Gaban Māberasu Dainamikku?). Dengan Mode Emas Gokai Silver, Gokaiger dapat melakukan serangan Final Wave Gokai Shooting Slash (ゴーカイシューティングスラッシュ Gōkai Shūtingu Surasshu?).
  • Gokai Gun (ゴーカイガン Gōkai Gan?): Gokai Gun adalah pistol utama di Gokaiger, menyerupai pistol flintlock. Senjata ini dapat memanfaatkan Ranger Key untuk mengaktifkan serangan Final Wave Gokai Blast (ゴーカイブラスト Gōkai Burasuto?), juga setelah Ranger Key diset ke pistol ini. Gokai Green dan Gokai Pink biasanya akan menukar Gokai Sabre mereka dengan Gokaiger lain untuk dua Gokai Gun.[22]
  • Ponsel Transformasi Gokai Cellular (変身携帯ゴーカイセルラー Henshin Keitai Gōkai Serurā?): Gokai Cellular adalah perangkat transformasi Gokai Silver, diciptakan oleh hantu di Abare Killer, Time Fire, dan Dragon Ranger. Berbeda dengan Mobirates, ada kompartemen kosong dengan pemindai built-in yang memungkinkan pengguna untuk mengambil bentuk Ranger Key dipindai. Selama urutan transformasi biasa, surat-surat X, V (Angka Romawi untuk 15 direferensikan sebagai prajurit Sentai keenam ke-15) dan bentuk ikon jangkar di setelan Gokai Silver - jangkar membentuk logo dada, X membentuk mantel berwarna, V membentuk helm dan logonya. Ketika kunci Time Fire di dalam, dia bisa menelepon 000 pada tombol untuk memanggil Goujyujin dari masa depan.[23]
  • Gokai Spear (ゴーカイスピア Gōkai Supia?): Gokai Spear adalah senjata utama Gokai Silver, mampu mengubah dari Spear Mode (スピアモード Supia Mōdo?) seperti trisula ke Gun Mode (ガンモード Gan Mōdo?) atau Anchor Mode (アンカーモード Ankā Mōdo?). Hal ini dapat memanfaatkan Gokai Silver Key untuk mengaktifkan Gokai Shooting Star (ゴーカイシューティングスター Gōkai Shūtingu Sutā?), melempar Gokai Spear kanan melalui lawan, dan serangan Final Wave Gokai Supernova (ゴーカイスーパーノヴァ Gōkai Sūpānova?).[24]
  • Super Sentai Bazooka (スーパー戦隊バズーカ Sūpā Sentai Bazūka?): Super Sentai Bazooka adalah meriam digunakan oleh Gokaiger dan Goseiger yang diciptakan oleh kekuatan dan semangat 33 tim Super Sentai sebelumnya. Senjata ini muncul dalam Gokaiger Goseiger Super Sentai 199 Hero Daikessen.
  • Gokai Galleon Buster (ゴーカイガレオンバスター Gōkai Gareon Basutā?): Gokai Galleon Buster adalah meriam berlaras dua Gokaiger dirancang setelah Gokai Galleon dan Ohré Bazooka, dibuat oleh Don saat dia menggunakan daya lebih besar Kunci Ohranger untuk menyelesaikannya. Dengan menggunakan lima Ranger Key, meriam ini dapat mengaktifkan Rising Strike (ライジングストライク Raijingu Sutoraiku?).[25]
  • Rapparatta (ラッパラッター Rapparattā?): Perangkat pribadi Basco yang memungkinkan dia untuk tidak hanya membayangkan Ranger Key di tangannya untuk melawan untuknya di risiko kehilangan mereka, tetapi terutama untuk merampok daya lebih besar masih aktif dalam setiap prajurit Sentai masa lalu. Selain itu, Basco membawa Mobirate berwarna emas, yang menyandang simbol pribadinya.

Ranger Key[sunting | sunting sumber]

Ranger Key (レンジャーキー Renjā Kī?) adalah item khusus misterius awalnya dalam kepemilikan Aka Red sebelum memberikan mereka untuk Marvelous, kemudian diturunkan ke dia dan akan berguna untuk mendapatkan Harta Terbesar sekali kekuatan penuh mereka terungkap. Biasanya disimpan di kotak harta atau di Gokai Buckle, Ranger Keys bisa melipat untuk membentuk sebuah kunci yang dapat memungkinkan pengguna untuk menjadi Gokaiger atau mengakses kekuasaan di salah satu 34 kelompok Sentai sebelumnya dengan menggunakannya pada Mobirates. Dengan menggunakan itu di senjata, Ranger Key dapat mengaktifkan serangan Final Wave (ファイナルウェイブ Fainaru Weibu?). Ranger Key bisa ditukar-tukar, sebagai contoh setiap anggota Gokaiger bisa menggunakan Ranger Key warna merah. Dan jika suatu anggota Sentai tidak memiliki warna yang sama dengan anggota Gokaiger, maka anggota Gokaiger tersebut berubah menjadi warna yang posisinya sama, sebagai contoh, saat berubah menjadi Gaoranger, maka Gokai Green akan berubah menjadi Gao Black, dan Gokai Pink menjadi Gao White.

Daftar Ranger Key
  • Ranger Key Kaizoku Sentai Gokaiger: Kunci-kunci ini adalah Ranger Key utama yang digunakan oleh Gokaiger.
    • Gokai Red Key (ゴーカイレッドキー Gōkai Reddo Kī?): Ranger Key pribadi Kapten Marvelous yang memungkinkan dia untuk berubah menjadi Gokai Red.[26]
    • Gokai Blue Key (ゴーカイブルーキー Gōkai Burū Kī?): Ranger Key pribadi Joe yang memungkinkan dia untuk berubah menjadi Gokai Blue.[27]
    • Gokai Yellow Key (ゴーカイイエローキー Gōkai Ierō Kī?): Ranger Key pribadi Luka yang memungkinkan ia untuk berubah menjadi Gokai Yellow.[28]
    • Gokai Green Key (ゴーカイグリーンキー Gōkai Gurīn Kī?): Ranger Key pribadi Don yang memungkinkan dia untuk berubah menjadi Gokai Green.[29]
    • Gokai Pink Key (ゴーカイピンクキー Gōkai Pinku Kī?): Ranger Key pribadi Ahim yang memungkinkan ia untuk berubah menjadi Gokai Pink.[30]
  • Ranger Key Super Sentai: Setiap kunci ini memungkinkan Gokaiger untuk mengasumsikan bentuk di tim Super Sentai lain.
    • Ranger Key Himitsu Sentai Goranger: Setiap kunci ini memungkinkan Gokaiger untuk mengasumsikan bentuk di setiap Goranger.
      • Aka Ranger Key (アカレンジャーキー Aka Renjā Kī?)
      • Ao Ranger Key (アオレンジャーキー Ao Renjā Kī?)
      • Ki Ranger Key (キレンジャーキー Ki Renjā Kī?)
      • Momo Ranger Key (モモレンジャーキー Momo Renjā Kī?)
      • Mido Ranger Key (ミドレンジャーキー Mido Renjā Kī?)
    • Ranger Key Hyakujuu Sentai Gaoranger: Setiap kunci ini memungkinkan Gokaiger untuk mengasumsikan bentuk di setiap Gaoranger.
      • Gao Red Key (ガオレッドキー Gao Reddo Kī?)
      • Gao White Key (ガオホワイトキー Gao Howaito Kī?)
    • Ranger Key Ninpuu Sentai Hurricaneger: Setiap kunci ini memungkinkan Gokaiger untuk mengasumsikan bentuk di setiap Hurricaneger atau Gouraiger.
      • Hurricane Red Key (ハリケンレッドキー Hariken Reddo Kī?)
      • Hurricane Blue Key (ハリケンブルーキー Hariken Burū Kī?)
      • Hurricane Yellow Key (ハリケンイエローキー Hariken Ierō Kī?)
      • Kabuto Raiger Key (カブトライジャーキー Kabuto Raijā Kī?)
      • Kuwaga Raiger Key (クワガライジャーキー Kuwaga Raijā Kī?)
    • Ranger Key Tokusou Sentai Dekaranger: Setiap kunci ini memungkinkan Gokaiger untuk mengasumsikan bentuk di setiap Dekaranger. Gokai Green menggunakan Deka Red Key dalam film Epic on Ginmaku.
      • Deka Red Key (デカレッドキー Deka Reddo Kī?)
      • Deka Blue Key (デカブルーキー Deka Burū Kī?)
      • Deka Green Key (デカグリーンキー Deka Gurīn Kī?)
      • Deka Yellow Key (デカイエローキー Deka Ierō Kī?)
      • Deka Pink Key (デカピンクキー Deka Pinku Kī?)
    • Ranger Key Mahou Sentai Magiranger: Setiap kunci ini memungkinkan Gokaiger untuk mengasumsikan bentuk di setiap Magiranger atau memanggil Magi Dragon. Gokai Pink menggunakan Magi Red Key dalam film Epic on Ginmaku.
      • Magi Red Key (マジレッドキー Maji Reddo Kī?)
      • Magi Yellow Key (マジイエローキー Maji Ierō Kī?)
      • Magi Blue Key (マジブルーキー Maji Burū Kī?)
      • Magi Pink Key (マジピンクキー Maji Pinku Kī?)
      • Magi Green Key (マジグリーンキー Maji Gurīn Kī?)
    • Ranger Key Juuken Sentai Gekiranger: Setiap kunci ini memungkinkan Gokaiger untuk mengasumsikan bentuk di setiap Gekiranger. Gokai Yellow menggunakan Geki Red Key dalam film Epic on Ginmaku.
      • Geki Red Key (ゲキレッドキー Geki Reddo Kī?)
      • Geki Yellow Key (ゲキイエローキー Geki Ierō Kī?)
      • Geki Violet Key (ゲキバイオレットキー Geki Baioretto Kī?)
      • Geki Chopper Key (ゲキチョッパーキー Geki Choppā Kī?)
    • Ranger Key Engine Sentai Go-onger: Setiap kunci ini memungkinkan Gokaiger untuk mengasumsikan bentuk di setiap Go-onger. Gokai Red menggunakan Go-on Red Key dalam film Epic on Ginmaku.
      • Go-on Red Key (ゴーオンレッドキー Gōon Reddo Kī?)
      • Go-on Black Key (ゴーオンブラックキー Gōon Burakku Kī?)
    • Ranger Key Samurai Sentai Shinkenger: Setiap kunci ini memungkinkan Gokaiger untuk mengasumsikan bentuk di setiap Shinkenger.
      • Shinken Red Key (シンケンレッドキー Shinken Reddo Kī?)
      • Shinken Blue Key (シンケンブルーキー Shinken Burū Kī?)
      • Shinken Pink Key (シンケンピンクキー Shinken Pinku Kī?)
      • Shinken Green Key (シンケングリーンキー Shinken Gurīn Kī?)
      • Shinken Yellow Key (シンケンイエローキー Shinken Ierō Kī?)
    • Ranger Key Tensou Sentai Goseiger: Setiap kunci ini memungkinkan Gokaiger untuk mengasumsikan bentuk di setiap Goseiger.
      • Gosei Red Key (ゴセイレッドキー Gosei Reddo Kī?)
      • Gosei Blue Key (ゴセイブルーキー Gosei Burū Kī?)
    • Ranger Key Lain
      • Big One Key (ビッグワンキー Biggu Wan Kī?): Sebuah Ranger Key yang memungkinkan salah satu Gokaiger untuk berubah menjadi Big One dari "J.A.K.Q. Dengekitai".
      • Battle Cossack Key (バトルコサックキー Batoru Kosakku Kī?): Sebuah Ranger Key yang memungkinkan salah satu Gokaiger untuk berubah menjadi Battle Cossack dari "Battle Fever J".
      • White Swan Key (ホワイトスワンキー Howaito Suwan Kī?): Sebuah Ranger Key yang memungkinkan salah satu Gokaiger untuk berubah menjadi White Swan dari "Choujin Sentai Jetman".
      • Ninja Black Key (ニンジャブラックキー Ninja Burakku Kī?): Sebuah Ranger Key yang memungkinkan salah satu Gokaiger untuk berubah menjadi Ninja Black dari "Ninja Sentai Kakuranger"
      • Ginga Blue Key (ギンガブルーキー Ginga Burū Kī?): Sebuah Ranger Key yang memungkinkan salah satu Gokaiger untuk berubah menjadi Ginga Blue dari "Seijuu Sentai Gingaman".
      • Abare Black Key (アバレブラックキー Abare Burakku Kī?): Sebuah Ranger Key yang memungkinkan salah satu Gokaiger untuk berubah menjadi Abare Black dari "Bakuryuu Sentai Abaranger".
      • Bouken Red Key (ボウケンレッドキー Bōken Reddo Kī?): Sebuah Ranger Key yang memungkinkan salah satu Gokaiger untuk berubah menjadi Bouken Red dari "Gougou Sentai Boukenger". Gokai Blue menggunakan kunci ini dalam film Epic on Ginmaku.

Pada film Gokaiger Goseiger Super Sentai 199 Hero Daikessen, kunci ini mengungkapkan bahwa prajurit Super Sentai sebelumnya dapat kembali kekuatan mereka ketika mereka mengambil Ranger Key masing-masing menjadi milik mereka. Hal ini terjadi ketika Goseiger mencuri kunci mereka dari Gokaiger selama pertempuran tim kedua dengan Kekaisaran Zangyack.

Mesin Gokai[sunting | sunting sumber]

Mesin Gokai (ゴーカイマシン Gōkai Mashin?) adalah mecha pribadi Gokaiger, masing-masing yang biasanya disimpan dalam Gokai Galleon.

  • Gokai Galleon (ゴーカイガレオン Gōkai Gareon?): Kendaraan angkasa Gokai Red seperti galiun yang Gokaiger gunakan sebagai basis operasi mereka saat mereka mencari Harta Terbesar di Alam semesta. Mesin ini dilengkapi dengan Galleon Cannon (ガレオンキャノン Gareon Kyanon?) dan beberapa meriam laser pada sayapnya. Gokai Galleon memegang empat Mesin Gokai lainnya dengan cara yang mirip dengan boneka Matryoshka, dengan Gokai Trailer sebagai mecha terbesar kedua, Gokai Marine menjadi ketiga, Gokai Racer menjadi keempat dan Gokai Jet menjadi kelima. Sebagai bagian di Gokaioh, Gokai Galleon membentuk kepala dan badan robot, serta pedang Gokai Ken.[31]
  • Gokai Jet (ゴーカイジェット Gōkai Jetto?): Mecha Gokai Blue seperti pesawat jet yang membentuk helm dan lengan kanan Gokaioh. Gokai Jet dipersenjatai dengan serangkaian meriam laser dan vulcan serta meriam energi yang kuat.[32]
  • Gokai Trailer (ゴーカイトレーラー Gōkai Torērā?): Mecha Gokai Yellow seperti truk semi-trailer yang menyimpan Gokai Marine. Membentuk kaki kiri Gokaioh. Mesin ini kemampuannya terletak pada kekuatan serudukan yang kuat.[33]
  • Gokai Racer (ゴーカイレーサー Gōkai Rēsā?): Mecha Gokai Green seperti mobil balap yang menyimpan Gokai Jet. Membentuk lengan kiri Gokaioh. Mesin ini dipersenjatai dengan meriam laser dan meriam energi.[34]
  • Gokai Marine (ゴーカイマリン Gōkai Marin?): Mecha Gokai Pink seperti kapal selam yang menyimpan Gokai Racer. Membentuk kaki kanan Gokaioh. Mesin ini dipersenjatai dengan meriam laser, torpedo pelacakan, dan ranjau yang mampu mengejar targetnya.[35]

Daya Lebih Besar[sunting | sunting sumber]

Dengan membuka daya lebih besar (大いなる力 ōinaru chikara?) dari Ranger Key di Sentai Legenda, Gokaiger dapat mengakses Mesin Gokai berdasarkan mecha tim Super Sentai sebelumnya bahwa kekuasaan atas Gokaioh, mendapatkan persetujuan dari anggota tim Super Sentai sebelumnya. Sebagian besar mecha benar-benar didesain ulang dan mengenakan simbol Gokaiger. Navi menyatakan bahwa beberapa daya lebih besar tidak berguna setelah memperoleh daya lebih besar Carranger. Selama peristiwa Gokaiger Goseiger Super Sentai 199 Hero Daikessen, Gokaiger mendapatkan sebelas daya lebih besar dari tim Super Sentai masa lalu. Saat ini, dengan bantuan Gai, Gokaiger memiliki lebih dari 23 daya lebih besar aktif.

Robot Raksasa[sunting | sunting sumber]

Gokaioh[sunting | sunting sumber]

Kombinasi Bajak laut Gokaioh (海賊合体ゴーカイオー Kaizoku Gattai Gōkaiō?) adalah robot raksasa yang terbentuk dari Gokai Galleon dan Mesin Gokai.[36]

  • Magi Gokaioh (マジゴーカイオー Magi Gōkaiō?): Magi Gokaioh adalah salah satu robot ketika Gokaiger menggunakan daya lebih besar dari Ranger Key Magiranger.[37]
  • Deka Gokaioh (デカゴーカイオー Deka Gōkaiō?): Deka Gokaioh adalah salah satu robot ketika Gokaiger menggunakan daya lebih besar dari Ranger Key Dekaranger.[38]
  • Gao Gokaioh (ガオゴーカイオー Gao Gōkaiō?): Gao Gokaioh adalah salah satu robot ketika Gokaiger menggunakan daya lebih besar dari Ranger Key Gaoranger.[39]
  • Shinken Gokaioh (シンケンゴーカイオー Shinken Gōkaiō?): Shinken Gokaioh adalah salah satu robot ketika Gokaiger menggunakan daya lebih besar dari Ranger Key Shinkenger.[40]
  • Goren Gokaioh (ゴレンゴーカイオー Goren Gōkaiō?): Goren Gokaioh adalah salah satu robot ketika Gokaiger menggunakan daya lebih besar dari Ranger Key Goranger.
  • Hurricane Gokaioh (ハリケンゴーカイオー Hariken Gōkaiō?): Hurricane Gokaioh adalah salah satu robot ketika Gokaiger menggunakan daya lebih besar dari Ranger Key Hurricaneger.[41]
  • Goujyu Gokaioh (豪獣ゴーカイオー Gōjū Gōkaiō?): Goujyu Gokaioh adalah salah satu robot ketika enam Gokaiger menggunakan daya lebih besar dari Ranger Key Abaranger.[42]
  • Go-on Gokaioh (ゴーオンゴーカイオー Gōon Gōkaiō?): Go-on Gokaioh adalah salah satu robot ketika Gokaiger menggunakan daya lebih besar dari Ranger Key Go-onger.[43]

Goujyujin[sunting | sunting sumber]

Goujyujin (豪獣神 Gōjūjin?) adalah robot raksasa pribadi Gokai Silver yang menggabungkan daya lebih besar dari Abaranger Key, Zyuranger Key, dan Timeranger Key.[44]

Kanzen Gokaioh[sunting | sunting sumber]

Kanzen Gokaioh (カンゼンゴーカイオー Kanzen Gōkaiō?) adalah kombinasi dari Gokaioh, Gojyujin, dan Machalcon ketika daya lebih besar Gokaiger, Kanzen Soul, digunakan.[45]

Zangyack[sunting | sunting sumber]

Kekaisaran Angkasa Zangyack (宇宙帝国ザンギャック Uchū Teikoku Zangyakku?) adalah antagonis fiksi di Gokaiger, yang pertempuran Gokaiger untuk menyerang dan menaklukkan bumi.

Kekuatan Zangyack adalah suatu ras alien yang berencana untuk menyerang Bumi untuk kaisar mereka. Invasi pertama gagal karena campur tangan dari 34 tim Super Sentai dalam Perang Legenda (レジェンド大戦 Rejendo Taisen?). Kedua, saat ini, invasi sedang diawasi oleh putra kaisar Warzu Giru dari kapal angkasa berwujud seperti kereta perang Gigant Horse (ギガントホース Giganto Hōsu?), ditempatkan antara Bumi dan bulan, dengan armada di perintah ini.

Mata uang di Kekaisaran Zangyack adalah Zagin (ザギン?), yang menjadi cara untuk menghitung jumlah bounty pada Gokaiger.

  • Kaisar Akudosu Giru (皇帝アクドス・ギル Kōtei Akudosu Giru?): Akudosu Gil adalah pemimpin Kekaisaran Zangyack dan ayah di Warzu Giru, mengirim dia untuk memimpin pasukan invasi kedua ketika pertama dihancurkan oleh tim Super Sentai. Akhirnya, belajar di ketidakmampuan anaknya untuk mengontrol bumi karena campur tangan Gokaiger, Akudosu mengirimkan Warzu dengan robot Great Warzu dan Dogormin untuk membantunya.
  • Komandan Warzu Giru (司令官ワルズ・ギル Shireikan Waruzu Giru?): Warzu Gil adalah komandan muda Zangyack yang adalah keturunan kaisar, sehingga berusaha untuk selalu mendapatkan rasa hormat. Dia memiliki sikap sopan, selalu menunjukkan rasa menjadi salah satu elit, namun bisa marah saat dikalahkan. Dia memimpin Zangyack untuk menyerang Bumi, berpikir bahwa itu adalah tugas mudah untuk melakukannya. Akhirnya, Warzu keuntungan sebuah robot raksasa untuk menjadi "Great Warzu" (グレートワルズ Gurēto Waruzu?).[46]
  • Kepala Staf Damaras (参謀長ダマラス Sanbōchō Damarasu?): Damaras dikenal di kalangan Zangyack sebagai "Prajurit Peringkat Tinggi Terkuat" (最強格の戦士 Saikyōkaku no Senshi?) karena keterampilan sebagai prajurit dan sebagai ahli strategi. Dia diperintahkan untuk menemani Warzu Giru oleh Kaisar dan membantu dia sebagai pemimpin kedua.[47]
  • Petugas Teknis Pengembangan Insarn (開発技官インサーン Kaihatsu Gikan Insān?): Insarn adalah Ilmuwan dari Zangyack, memasok Komandan Aksi dengan senjata dan modifikasi ampuh. Menggunakan pistol energi khusus, dia bisa membangkitkan seorang Komandan Aksi yang dikalahkan dan membuat mereka tumbuh raksasa.[48]
  • Petugas Tugas Khusus Barizorg (特務士官バリゾーグ Tokumu Shikan Barizōgu?): Barizorg adalah Cyborg yang seluruh tubuhnya mekanik dan sepenuhnya setia kepada Warzu Giru. Dia memiliki kehadiran menakutkan, rasa sistematis, dan identitasnya adalah sesuatu yang misteri.[49]
  • Basco ta Jolokia (バスコ・タ・ジョロキア Basuko ta Jorokia?): Basco ta Jolokia adalah seorang privateer yang bepergian dengan monyet angkasa Sally pada kapal Zangyack bersekutu Free Joker (フリージョーカー Furī Jōkā?), kode etiknya yang membuang sesuatu untuk mendapatkan item yang lebih berharga.
  • Sally (サリー Sarī?): Sally adalah seorang monyet angkasa di Basco ta Jolokia, membawa sepasang simbal seperti mainan monyet cymbal-banging. Selain melayani sebagai pengawal untuk Basco, Sally mampu membuka menetas di dada untuk menghasilkan seorang Liquidroid.
  • Pengawal Dogormin (親衛隊ドゴーミン Shin'eitai Dogōmin?): Dogormin adalah pengawal berlapis baja merah kaisar yang lebih kuat dari Sugormin dan dipersenjatai dengan tombak.
  • Bintara Sugormin (下士官スゴーミン Kashikan Sugōmin?): Sugormin adalah petugas yang memimpin Gormin untuk pertempuran. Mereka bisa berubah menjadi konfigurasi pesawat tempur yang memiliki pranala ke dalam sebuah kapal bantalan udara untuk Komandan Aksi untuk naik, dan dapat mengkonfigurasi ulang tubuh bawah mereka ke dalam bentuk sepeda motor.[50]
  • Pelaut Gormin (兵隊ゴーミン Heitai Gōmin?): Gormin adalah prajurit kaki dari Zangyack bersenjata dengan senjata yang disediakan oleh Insarn.[51]

Komandan Aksi[sunting | sunting sumber]

Komandan Aksi (行動隊長 Kōdō Taichō?) adalah monster alien yang melayani di bawah Zangyack.[52]

  • Shikabanen (シカバネン?): Shikabanen adalah Komandan Aksi pertama dikirim oleh Zangyack untuk menyerang Bumi, hanya untuk dihancurkan oleh Gokaiger menggunakan Gokai Sabre mereka untuk mengeksekusi Final Wave.[53]
  • Bongan (ボンガン?): Bongan adalah anggota Komandan Aksi mengirim untuk memimpin gelombang kedua serangan di Bumi. Setelah dikalahkan oleh Gokaigers yang mengasumsikan bentuk prajurit Sentai merah, Bongan diperbesar, namun dengan mudah dihancurkan oleh Gokaioh.[54]
  • Salamandam (サラマンダム Saramandamu?): Awalnya dikirim ke Bumi untuk menimbulkan letusan besar, Salamandam dialihkan dari misinya untuk mengambil awak Gokai Galleon. Setelah dikalahkan oleh Gokaiger yang mengasumsikan bentuk Magiranger sebelum menggunakan serangan Gokai Blast, Salamandam diperbesar, namun dihancurkan oleh Magi Gokaioh.[55]
  • Zodomas (ゾドマス Zodomasu?): Seorang pendekar yang percaya dalam memenangkan dengan cara apapun, meminta Insarn memodifikasi tubuhnya dengan sulur-suluran berbilah setelah mengetahui tentang gaya bertarung dua-bilah Gokai Blue. Setelah dikalahkan oleh serangan Blue Slash dalam gaya lima-bilah Gokai Blue, Zodomas diperbesar, namun dihancurkan oleh Magi Gokaioh.[56]
  • Buramudo (ブラムド Buramudo?): Alienizer Trigger (トリガー星人 Torigā Seijin?) yang diinginkan oleh SPD untuk beberapa tindakan terorisme planet, master tempur dengan dua senjata. Dia bekerja dengan Zangyack dalam komplotan untuk meluncurkan Misil Bawah Tanah mereka untuk menghancurkan setiap kota di Bumi. Setelah rencananya itu digagalkan dan dia dikalahkan oleh Gokaiger yang mengasumsikan bentuk dari Dekaranger, Buramudo diperbesar dan dihancurkan oleh Deka Gokaioh dengan menggunakan Gokai Full Burst.[57]
  • Nanonanoda (ナノナノダ?): Komandan Aksi yang dikirim untuk mendapatkan tanaman pohon yang menghasilkan emas sehingga Zangyack bisa memiliki dana tidak terbatas. Dia memiliki kemampuan untuk membuat dirinya tak terlihat dan mampu menyelinap ke dalam setiap sistem keamanan. Namun, setelah gagal pertama kali, Nanonanoda tidak sengaja menghancurkan tanaman tersebut dalam kebakaran yang dia sebabkan sendiri, sebelum dihancurkan oleh Gokaigers melalui Final Wave.[58]
  • Pachacamac XIII (パチャカマック13世 Pachakamakku Jūsansei?): Putra Pachacamac XII. Dia memiliki kemampuan Kenpō Kosmik Tinju Magnetik (宇宙拳法・磁石拳 Uchū Kenpō Jishakuken?), dan Kenpō Sains Kosmik Meriam Elektromagnetik (宇宙科学拳法・電磁砲 Uchū Kagaku Kenpō Denjihō?) yang ditambahkan oleh Insarn. Setelah dikalahkan oleh Final Wave Gokaiger, Pachacamac XIII diperbesar dan dihancurkan oleh proyeksi energi Qi dari Hewan Geki yang dipanggil oleh Gokaioh.[59]
  • Sneak Brothers (スニークブラザーズ Sunīku Burazāzu?): Sebuah duo mata-mata elit terdiri dengan humanoid Younger (ヤンガー Yangā?) dan kakak seperti bola Elder (エルダー Erudā?), dikirim oleh Damaras untuk memata-matai Gokaiger. Pada akhirnya, Elder dilempar ke luar angkasa oleh Gokai Bat milik Gokaioh sementara Younger dihancurkan oleh Deka Gokaioh.[60]
  • Bowser (バウザー Bauzā?): Sebuah Komandan Aksi dengan kecepatan super dan cakar sibernetika kiri yang diutus oleh Damaras untuk mengambil harta pada Animarium sebelum Gokaiger dapat menemukannya. Namun, setelah Komandan Aksi terlempar dari pulau itu, Warzu melakukan perubahan tujuan Bowser untuk menaklukkan kota itu. Setelah dikalahkan oleh Gokai Blast, Bowser yang diperbesar kemudian dihancurkan oleh Gao Gokaioh.[61]
  • Yokubareed (ヨクバリード Yokubarīdo?): Pemimpin "Unit Penghancuran Spesial" Zangyack, seorang penjudi yang ditugaskan untuk memanfaatkan Gigarollum di planet yang membuktikan merepotkan. Senjata khususnya adalah setumpuk kartu meledak. Setelah dikalahkan oleh Final Wave Gokaiger dengan senjata mereka, sebuah Yokubareed diperbesar dihancurkan oleh Gao Gokaioh.[62]
  • Delzeiger (デラツエイガー Deratsueigā?): Pemimpin pengawal kaisar, seorang pendekar pedang menakutkan yang diutus oleh kaisar untuk membantu Warzu dalam menaklukkan bumi. Dia berhasil menahan semua serangan Gokaiger dan akan membunuh mereka hingga pertempuran mereka terputus ketika Warzu terluka. Delzeiger kemudian dikirim kembali ke bumi untuk memanggil keluar Gokaiger dan membantai mereka semua, sebelum dia mengejutkan dikalahkan oleh mereka. Delzeiger diperbesar untuk mengambil kekalahannya di kota, dan akhirnya dihancurkan oleh Shinken Gokaioh.[63]
  • Zaggai (ザッガイ Deratsueigā?): Sebuah Komandan Aksi seperti anglerfish dikirim untuk mengambil logam mematikan disebut Puwazole (プワゾール Puwazōru?), menghadapi Kyousuke Jinnai di Carranger selama pencarian. Namun, Zaggai akhirnya menjadi korban keadaan sebagai Gokaigers mengalahkan dia untuk "penculikan" Ahim dan kemudian menghancurkan dia dengan Shinken Gokaioh.[64]
  • Jealousit (ジェラシット Jerashitto?): Seorang teman lama Insarn dari sekolah tinggi, Jealousit jatuh cinta dengan ilmuwan dan bersedia melakukan apapun untuk menerima cintanya. Namun, setelah belajar bahwa ia jatuh cinta dengan Kyousuke Jinnai, siapa dia dikirim untuk menangkap, Jealousit pergi semua keluar untuk menghancurkan manusia dengan serangan api cemburu berbahan bakar. Tapi setelah tiba-tiba membesar, dengan Kyousuke membantunya mendapatkan cinta Insarn, Jealousit dikalahkan oleh Shinken Gokaioh. Meskipun dia bertahan melawan, Jealousit kehilangan semua rasa hormat dari Insarn saat ia memintanya untuk diluncurkan ke ruang angkasa dengan sampah.[65]
  • Arumadon (アルマドン?): Seorang prajurit sombong yang memakai kerah yang menghasilkan Aruma Barrier dikirim ke pabrik bom di kota sebelum Gokaiger masuk dan mengambil bom. Dia dipaksa untuk melarikan diri ketika cacat di kerahnya ditemukan keluar, hormat kepada ancaman Waruzu sementara berniat untuk membunuh bajak laut. Namun, dia menyadari bahwa Waruzu telah Insarn tanaman bom di kerah sementara membuat terlihat seperti modifikasi, sehingga menjadi pembom bunuh diri untuk menghilangkan Gokaiger. Untungnya, Gokai Silver menyadari dan aman meledakkan bom sebelum menghancurkan Arumadon.[66]
  • Osogain (オソガイン?): Seorang Komandan Aksi ditugaskan oleh Damarasu untuk mendirikan sebuah tempat berpijak bagi invasi Zangyack penuh saat operasinya dipenuhi oleh intervensi Gai Ikari. Dikalahkan oleh Gokai Silver menggunakan Final Wave Gokai Supernova. Sebuah Osogain diperbesar dan enam unit Sugormin kemudian dihancurkan oleh Goujyujin.[67]
  • Worian (ウオーリアン Uōrian?): Seorang Komandan Aksi kerangka dengan kerangka ikan untuk sebuah tantangan, Worian dikerahkan untuk ikan keluar kerangka keluar dari manusia untuk menghapus perlawanan. Dikalahkan oleh Gokai Silver menggunakan Final Wave Gokai Legendream dalam Mode Emas, sebuah Worian diperbesar kemudian dihancurkan oleh Goujyujin.[68]
  • Ryuuwon (リュウオーン Ryūōn?): Sebelumnya pemimpin Klan Jaryuu, Ryuuwon dikalahkan oleh Boukenger beberapa tahun lalu. Dia dihidupkan kembali melalui kekuatan Precious yang dikenal sebagai Jantung Neraka dan berusaha untuk menyerap hal itu sepenuhnya untuk menyelesaikan kebangkitan. Namun, musuh lamanya Satoru Akashi menyerukan kepada Gokaigers untuk membantu dia mengambil Jantung Neraka sebelum Ryuuwon dapat menggunakannya lebih lanjut. Bersama-sama, mereka dapat mengandung Jantung Neraka, dan hilangnya sumber daya menyebabkan Ryuuwon untuk memperbesar, hanya untuk dikalahkan oleh Gokaioh menggunakan daya lebih besar di Boukenger.
  • Stargul (スターグル Sutāguru?): Sebuah Komandan Aksi berbentuk bintang yang dikerahkan untuk menemukan dua Power Stone dan menyedot energi mereka untuk memanggil sebuah meteor besar untuk kecelakaan kepada Bumi. Pembesaran prematur oleh Waruzu sebelum Gokaiger bisa mengalahkannya, Stargul dihancurkan oleh Shinken Gokaioh, namun terlalu terlambat untuk menghentikan kursus meteor seperti Stargul dengan cepat dihancurkan oleh Goujyujin.[69]
  • Sen-den (センデン Senden?): Sebuah Komandan Aksi dari Zangyack Agency (ザンギャック・エージェンシー Zangyakku Ējenshī?), yang spesialisasinya adalah propaganda. Serangannya adalah Gelombang Publisitas (宣伝波 Sedenpa?) dan Meninju Publisitas (宣伝パンチ Senden Panchi?). Ketika interaksi Jealousit dengan manusia hancur rencana serangannya, Sen-den dipaksa untuk menggunakan tindakan fisik dengan bazoka Zangyack. Tapi senjata ini dihancurkan karena dia dikalahkan oleh serangan Final Wave Gokaiger dan kemudian dihancurkan oleh Shinken Gokaioh dan Goujyujin.[70]
  • Sandaaru Jr. (サンダールJr. Sandāru Junia?): Putra Sandaaru, mampu melakukan banyak Ninpou Angkasa (宇宙忍法 Uchū Ninpō?) sementara ayahnya digunakan bersama dengan kemampuan sendiri sebagai Tengkorak Tali (縄頭蓋 Jōzugai?) dan the Jutsu Pembesaran (巨大身の術 Kyodaimi no Jutsu?). Dia dihancurkan oleh Goujyujin dengan beberapa bantuan dari Fuuraimaru.[71]
  • Satarakura Jr. (サタラクラJr. Satarakura Junia?): Putra Satarakura, yang sedang lucu sebagai ayahnya dengan Ubah Posisi (置転換 Chitenkan?) di Ninpou Angkasa, memungkinkan dia untuk bertukar tempat dengan sekutu lawan untuk menghindari serangan, Jatuh Lubang (穴落とし Ana Otoshi?), mengirim lawan jatuh ke Ruang Boki (ボキ空間 Boki Kūkan?), dan Dongaragasshan (ドンガラガッシャーン Dogaragasshān?), meluncurkan baut petir. Dia dikalahkan oleh Gokaiger dan Hurricaneger bekerja sama, dan setelah dia membesar Satarakura Jr dihancurkan oleh Hurricane Gokaioh.[72]
  • Regaeru (レガエル?): Sebuah Komandan Aksi yang mampu menembak Sinar Pembalikan (逆転ビーム Gyakuten Bīnu?) dari Gyakutentacle (ギャクテンタクル Gyakutentakuru?) untuk beralih tubuh lawan. Dia digunakan dalam skema untuk beralih pikiran berbagai pemimpin dunia dengan Sugormin sehingga akan menjamin negara-negara menyerah tanpa syarat kepada Kekaisaran Zangyack. Namun, rencananya ini tidak sengaja mengungkapkan kepada Gokaiger ketika dia menggunakan kemampuannya pada Doc dan Luka dan Gai mengakui salah satu target lain. Gokaiger berhasil menghentikannya, dan Gokai Green dan Gokai Yellow membawanya keluar dengan variasi Gokai Scramble mereka. Meskipun diperbesar, Regaeru mudah mengalahkan oleh Gokaioh dan Goujyujin sebelum dihancurkan oleh Hurricane Gokaioh.[73]
  • Dial (ダイヤール Daiyāru?): Dial ditugaskan oleh Insarn untuk mengumpulkan kebahagiaan dari pengantin pengantin baru untuk menyembuhkan Waruzu Giru dari flu biasa dan tempatkan dalam tongkat Absorbloomer (アブソブルーマー Abusoburūmā?). Dilengkapi dengan Multi-Size Dial (マルチサイズダイヤル Maruchi Saizu Daiyaru?). Dial tidak bisa hanya memperbesar dirinya sendiri tanpa bantuan Insarn, tetapi juga menyusut ke ukuran serangga. Dalam serangkaian acara, Dial secara tidak langsung merusak Gokaioh dari dalam sebelum digunakan bugspray Gokai Pink hampir membutakan dia dan memaksa dia untuk jatuh kembali. Ahim kemudian terpikat Dial ke dalam perangkap, dan berhasil menghancurkan Multi-Size Dial dan kemudian tongkat Absorbloomer. Dial kemudian hampir kalah ketika Gokaiger menyelesaikan set Abaranger Key dengan Abare Pink Key dari pertemuan Yukito dan Emiri Sanjo, dan dia kemudian hancur ketika Gokaiger menggunakan daya lebih besar dari Abaranger untuk membentuk Goujyu Gokaioh.[74]
  • Shieldon (シールドン Shīrudon?): Seorang Komandan Aksi yang lengan dapat berpaut untuk membentuk Perisai Wajah Tebal (厚顔シールド Kōgan Shīrudo?), memberinya kemampuan pertahanan terbesar di antara kekuatan Zangyack. Hal ini menyebabkan Doc untuk mengembangkan Gokai Galleon Buster untuk memanfaatkan daya lebih besar dari Ohranger, memungkinkan Gokaiger untuk menghancurkan Perisai Wajah Tebal Shieldon dan kemudian menghancurkan dia dengan Hurricane Gokaioh.[75]
  • Zakyura (ザキュラ?): Seorang Komandan Aksi dikirim untuk memakan semua makanan bumi, menelan Gokai Cellular Gai dalam proses. Namun, setelah memperoleh item, Gai dan lainnya mengasumsikan bentuk Dairanger dan melemahkan Zakuyra sebelum dia dihancurkan oleh Gokai Galleon Buster. Zakuya diperbesar mencoba untuk makan Fuuraimaru dan klon untuk membatalkan gerakan Hurricane Gokaioh, hanya untuk dihancurkan dari dalam ke luar.[76]
  • Vannine (ヴァンナイン?): Seorang Komandan Aksi yang bisa menyentuh dahi dengan orang atau hal lain untuk mengasumsikan bentuk lain. Setelah menculik temannya Cain, Vannine ditipu Luka berjalan ke dalam perangkap, mengetuk Luka keluar untuk mengasumsikan bentuk tubuhnya dalam rangka untuk mengambil krunya. Namun, Gokaiger melihat melalui penipuan dan menipu Vannine menjadi percaya bahwa dia telah membunuh mereka sehingga mereka dapat mengikutinya ke Luka. Setelah dihancurkan oleh Gokai Galleon Buster, Vannine mencoba untuk membanjiri Gokaioh dan Goujyujin dengan serangan menyelinap sebagai bangunan sebelum lumpuh oleh Goujyujin dan kemudian dihancurkan oleh Hurricane Gokaioh.[77]
  • Bibabu (ビバブー Bibabū?): Seorang Komandan Aksi yang mampu mengubah lawan menjadi boneka dengan Biba Stick (ビバ・ステッキ Biba Sutekki?). Ketika Gokaiger belajar ini, Luka melepas langkah pertama untuk mendapatkan tongkat dari Bibabu dan mengembalikan semua ke normal sebelum mereka pertama menggunakan semua transformasi prajurit kuning, kemudian menggunakan Battle Fever Key dalam hubungannya dengan bentuk Gokai Christmas di Gokai Silver untuk mengalahkan Bibabu sebelum menghancurkan dia dengan Kanzen Gokaioh dengan Gokai Kanzen Super Burst.[78]
  • Juju (ジュジュ?): Dikenal sebagai "Dokter Penyihir Setan" (悪魔祈祷師 Akuma Kitōshi?), Juju dapat menggunakan kristal khusus untuk mengintensifkan kegelapan dalam hati manusia ke titik kegilaan dan secara pribadi dipilih oleh Insarn untuk sebuah misi. Di antara korbannya Doc dan Gai, meskipun Ahim berhasil untuk membentak mereka keluar dari mantra seperti yang lain menghadapi dia dan berusaha untuk menghancurkan bola kristal sebelum dia menelan untuk menjaga mantra di cek. Namun, dengan bantuan Ninjaman, Gokaiger menghancurkan Juju dan mengembalikan semua normal. Sebuah Juju diperbesar kemudian dihancurkan oleh Gokai Kanzen Burst di Kanzen Gokaioh dengan bantuan sebuah Ninjaman diperbesar.[79]
Komandan Aksi lain
  • Muchaburin (ムチャブリン?): Sebuah Komandan Aksi yang diutamakan pada soundtrack Kaizoku Sentai Gokaiger Original Album Otakara Box 1. Dia dipersenjatai dengan Muchabarrier (ムチャバリアー Muchabariā?), bidang kekuatan yang tahan terhadap Final Wave Gokai Slash di Gokaiger. Gokaiger, bagaimanapun, mengakali dia dengan berubah menjadi prajurit Super Sentai sebelumnya yang berbeda dan menghancurkan Muchabarrier sebelum dihabisi dengan Final Wave Gokai Scramble. Sebuah Muchaburin diperbesar kemudian dihancurkan oleh Gokaioh melalui Gokai Star Burst.[80]

Penjaga Kekaisaran[sunting | sunting sumber]

Anggota Penjaga Kekaisaran (皇帝親衛隊 Kōtei Shin'eitai?) adalah monster alien yang melayani Akudosu Gill, Kaisar Zangyack.

  • Deratsueiger (デラツエイガー Deratsueigā?): Pemimpin Penjaga Kekaisaran, Deratsueiger adalah pendekar pedang menakutkan yang dikirim oleh Akudosu Gill untuk membantu Warz Gill dalam menaklukkan Bumi. Dia berhasil menahan semua serangan Gokaiger dan akan membunuh mereka sampai pertempuran mereka terputus ketika Warz Gill mendapat terluka. Deratsueiger kemudian dikirim kembali ke bumi untuk memanggil keluar Gokaiger dan pembantaian mereka semua, sebelum dia mengejutkan dikalahkan oleh mereka. Diperbesar untuk mengambil kekalahannya di kota, Deratsueiger akhirnya dihancurkan oleh Shinken Gokaioh.[81]
  • Zatsurigu (ザツリグ?): Salah satu Penjaga Kekaisaran menyertai Akudosu Gill ke Kuda Gigant, Zatsurigu juga anggota Zangyack yang dikenal di kalangan Zangyack sebagai "Perusak Planet" (惑星の破壊神 Wakusei no Hakaishin?) dan memimpin serangan di planet Famille. Sesampainya ke Bumi untuk mengeluarkan Gokaiger, Zatsurigu dikalahkan oleh Gokai Pink sebelum dihancurkan oleh Kanzen Gokaioh.[82]
  • Dyrandoh (ダイランドー Dairandō?): Salah satu Penjaga Kekaisaran menyertai Akudosu Gill ke Kuda Gigant, tokoh sombong dan arogan dalam kepribadian. Dia menggantikan Damarasu sebagai pemimpin kedua kekuatan invasi.

Bentuk Kehidupan Pseudo Pertempuran Raksasa[sunting | sunting sumber]

Bentuk Kehidupan Pseudo Pertempuran Raksasa (巨大戦闘擬似生命体 Kyodai Sentō Giji Seimeitai?) adalah raksasa diproduksi oleh Sally. Masing-masing model Liquidroid dinamai cairan yang berbeda.

  • Liquidroid Wateru (リキッドロイド ワテル Rikiddoroido Wateru?): Sebuah raksasa cairan berwarna biru dihasilkan setelah Basco kehilangan Ranger Key. Dia memiliki tubuh fleksibel dan lengan peregangan sementara menggunakan serangan berbasis listrik. Dihancurkan oleh Shinken Gokaioh.[83]
  • Moonroid Tsukki (ムーンロイド ツッキー Mūnroido Tsukkī?): Sebuah raksasa batu berwarna emas diproduksi setelah Ranger dipanggil dikalahkan oleh Gokaiger. Raksasa ini memiliki tubuh batu dan menggunakan serangan berbasis bulan. Dihancurkan oleh Shinken Gokaioh dan Goujiyujin.[84]
  • Fireroid Meran (ファイヤーロイド メラン Faiyāroido Meran?): Sebuah raksasa api berwarna merah diproduksi setelah pejuang dipanggil Basco dikalahkan oleh Gokaiger dalam usahanya untuk mendapatkan daya lebih besar GoGoFive gagal. Hal ini mampu menyerap serangan api untuk daya serangannya. Setelah melemah oleh Gokaioh, Meran dihancurkan oleh Goujyujin.[85]
  • Soilroid Dororin (ソイルロイド ドロリン Soiruroido Dororin?): Sebuah raksasa bumi berwarna coklat diproduksi bersama Woodroid Moririn setelah Basco gagal untuk mendapatkan daya lebih besar Megaranger. Hal ini dapat menjebak lawan ke dalam tumpukan tanah besar. Kedua Dororin dan Moririn yang dihancurkan oleh Kanzen Gokaioh.[86]
  • Woodroid Moririn (ウッドロイド モリリン Uddoroido Moririn?): Sebuah raksasa tanaman berwarna hijau diproduksi bersama Soilroid Dororin setelah Basco gagal untuk mendapatkan daya lebih besar Megaranger. Hal ini dapat memperpanjang lengan anggur dan melibatkan lawan-lawannya dengan mereka. Kedua Dororin dan Moririn yang dihancurkan oleh Kanzen Gokaioh.[87]
  • Goldroid Geronpa (ゴールドロイド ゲロンパ Gōrudoroido Geronpa?): Sebuah raksasa berbasis emas yang dapat menyebarkan debu emas untuk sementara melumpuhkan musuh, dihancurkan bersama Solar oleh Kanzen Gokaioh.[88]
  • Sunroid Solar (サンロイド ソーラー Sanroido Sōrā?): Sebuah raksasa berbasis matahari yang dapat menembak bola api seperti matahari besar. Dengan Goldroid, Solar dapat melakukan Serangan Mempesona Tornado Kombinasi (合体竜巻眩惑アタック Gattai Tatsumaki Genwaku Atakku?). Dihancurkan bersama Geronpa oleh Kanzen Gokaioh.[89]

Anggota lain[sunting | sunting sumber]

  • Ilmuwan Besar Zaien (大科学者ザイエン Daikagakusha Zaien?): Ilmuwan jahat besar Zangyack yang dikonversi Sid Bamick menjadi Barizorg. Mengunjungi Waruzu Giru untuk memeriksa Barizorg, Zaien setuju untuk membantu sang pangeran dengan menangkap manusia secara fisik untuk memproduksi lebih cyborg seperti Barizorg. Namun, Zaien dikalahkan oleh Gokai Blue dan kemudian dihancurkan oleh Hurricane Gokaioh dan Gojyujin.[90]
  • Kepala Penjara Makuu Ashurada (魔空監獄獄長アシュラーダ Makū Kangoku Gokuchō Ashurāda?): Antagonis utama di Kaizoku Sentai Gokaiger vs. Uchuu Keiji Gavan: The Movie. Kepala penjara Zangyack di Angkasa Makuu yang telah mewarisi darah Don Horror. Dia memiliki enam lengan dan kemampuan untuk memproduksi Angkasa Makuu dan Kota Makuu. Dia menyamarkan diri sebagai Kepala Polisi Angkasa Weeval (宇宙警察総裁ウィーバル Uchū Keisatsu Sōsai Wībaru?) untuk memata-matai Polisi Angkasa. Dia dikalahkan oleh Gokaiger sebelum dihancurkan oleh Gokai Red dan Gavan.
  • Gavan Bootleg (ギャバンブートレグ Gyaban Būtoregu?): Prajurit robot yang direplikasi semua kemampuan Gavan, menggunakan teknologi gabungan dari Zangyack dan Polisi Angkasa. Gavan Bootleg juga memiliki pistol dan kemampuan untuk menarik lawan ke dalam Angkasa Makuu. Gavan Bootleg dihancurkan oleh Gavan.

Antagonis lain[sunting | sunting sumber]

  • Los Dark (ロスダーク Rosu Dāku?): Antagonis utama di Kaizoku Sentai Gokaiger The Movie: Kapal Hantu Terbang. Kapten mayat dari kapal hantu yang mencari daya God Eye untuk membuat keinginan menjadi kenyataan. Dia dikemudikan tiruan dari Gokaioh disebut Gokaioh Palsu (にせゴーカイオー Nise Gōkaiō?).
  • Kiaido (キアイドー Kiaidō?): Kiaido adalah pemburu karunia terkuat di alam semesta, dan percaya bahwa hanya dua hal yang benar-benar peduli: uang dan pertempuran. Kiaido datang di Kapten Marvelous beberapa tahun lalu dan hampir membunuhnya, tapi dia sengaja menikam dirinya sendiri di dada untuk menciptakan sebuah titik lemah dalam rangka untuk membuat lebih menarik perkelahian, akhirnya membiarkan lolos Kapten Marvelous. Dia disewa oleh Barizorg untuk menghilangkan Gokaiger, namun Kiaido menolak untuk mengikuti perintah dan bukan menginginkan karunia pada kepala Gokaiger untuk meningkatkan bahkan lebih, penyebaran rumor bahwa mereka berhasil menghindari penangkapan, sementara mereka lebih kuat sehingga dia akhirnya dapat memberikan pukulan fatal dengan kepuasan. Namun, dengan bantuan Gai Yuki, Gokaiger berhasil mengalahkan Kiaido melalui daya lebih besar di Jetman. Dia tertawa setelah kekalahannya.[91]
  • Presiden Polusi Babatcheed (害統領ババッチード Gaitōryō Babatchīdo?): Pemimpin baru Gaiark yang berjuang Go-onger sebelum mendirikan basis operasi baru mereka di Dunia Gunman. Babatcheed dihancurkan oleh Go-on Gokaioh.[92]
  • Petugas Barbar Chirakashizky (保蛮官チラカシズキー Hobankan Chirakashizukī?): Orang tangan kanan Babatcheed yang bergabung Gaiark sebagai non-anggota Dunia Mesin. Chirakashizky dikalahkan oleh kombo Gokai Legendream/Rising Strike dan kemudian dihancurkan oleh Hurricane Gokaioh.[93]
  • Zan-KT0 di Perisai (ショットのザンKT0 Shotto no Zan Kē Tī Zero?): Matroid Kekaisaran Matrintis, model sebelumnya mendahului Zan-KT di Perisai.[94]
Antagonis masa lalu
  • Raja Palang Hitam (黒十字王 Kuro Jūji Ō?): Awalnya Führer Palang Hitam (黒十字総統 Kuro Jūjigun Sōtō?), sebuah antagonis dari Himitsu Sentai Goranger.
  • Brajira di Mesias (救星主のブラジラ Kyūseishu no Burajira?): Sebuah antagonis dari Tensou Sentai Goseiger.
  • Menteri Kejahatan Yogoshimacritein (総裏大臣ヨゴシマクリタイン Sōridaijin Yogoshimakuritain?): Sebuah antagonis dari Engine Sentai Go-onger.
  • Direktur Kabinet Bahaya Chirakasonne (危官房長官チラカソーネ Kikanbō Chōkan Chirakasōne?): Sebuah antagonis dari Engine Sentai Go-onger.
  • Menteri Membersihkan Kireizky (掃治大臣キレイズキー Sōji Daijin Kireizukī?): Sebuah antagonis dari Engine Sentai Go-onger.
  • Tuhan Neraka Dagon (冥府神ダゴン Meifushin Dagon?): Sebuah antagonis dari Mahou Sentai Magiranger.
  • Tuhan Neraka Ifrit (冥府神イフリート Meifushin Ifurīto?): Sebuah antagonis dari Mahou Sentai Magiranger.
  • Tuhan Neraka Cyclops (冥府神サイクロプス Meifushin Saikuropusu?): Sebuah antagonis dari Mahou Sentai Magiranger.
  • Raja Kreator Ryuuwon (創造王リュウオーン Sōzōō Ryūōn?): Sebuah antagonis dari Gougou Sentai Boukenger.
  • Agen Abrella (エージェント・アブレラ Ējento Aburera?): Sebuah antagonis dari Tokusou Sentai Dekaranger.
  • Topeng Bisbol (野球仮面 Yakyū Kamen?): Sebuah antagonis dari Himitsu Sentai Goranger.
  • Kegalesia (ケガレシア Kegareshia?): Sebuah antagonis dari Engine Sentai Go-onger.
  • Shitari di Tulang (骨のシタリ Hone no Shitari?): Sebuah antagonis dari Samurai Sentai Shinkenger.
  • Metal-A di Agen (エージェントのメタルA(アリス) Ējento no Metaru Arisu?): Sebuah antagonis dari Tensou Sentai Goseiger.
  • Trinoid #12: Yatsudenwani (トリノイド12号 ヤツデンワニ Torinoido Juuni-go: Yatsudenwani?): Sebuah antagonis dari Bakuryuu Sentai Abaranger.
  • Gekkou di Ilusi (幻のゲッコウ Maboroshi no Gekkō?): Sebuah antagonis dari Gougou Sentai Boukenger.
  • Shizuka di Angin (風のシズカ Kaze no Shizuka?): Sebuah antagonis dari Gougou Sentai Boukenger.
  • Menteri Polusi Tanah Yogostein (害地大臣ヨゴシュタイン Gaichi Daijin Yogoshutain?): Sebuah antagonis dari Engine Sentai Go-onger.
  • Menteri Polusi Udara Kitaneidas (害気大臣キタネイダス Gaiki Daijin Kitaneidasu?): Sebuah antagonis dari Engine Sentai Go-onger.
  • Mata-mata Hantu Vancuria (妖幻密使バンキュリア Yōgen Misshi Bankyuria?): Sebuah antagonis dari Mahou Sentai Magiranger.
  • Raja Terbesar Month Drake (大王モンス・ドレイク Daiō Monsu Doreiku?): Sebuah antagonis dari Tensou Sentai Goseiger.
  • Kingugon di Bigfoot (ビッグフットの筋(キン)グゴン Biggufutto no Kingugon?): Sebuah antagonis dari Tensou Sentai Goseiger.
  • Robogōgu di 10-Sai (10(テン)サイのロボゴーグ Tensai no Robogōgu?): Sebuah antagonis dari Tensou Sentai Goseiger.

Episode[sunting | sunting sumber]

Dibawah ini adalah daftar episode Kaizoku Sentai Gokaiger, yang diproduksi sesuai dengan tanggal produksi.

episode # Judul Penulis Sutradara Pertama mengudara
1 "Bajak Laut Angkasa Muncul"
(宇宙海賊現る Uchū Kaizoku Arawaru?)
Naruhisa Arakawa Shojiro Nakazawa 13 Februari 2011
Ketika kejahatan Kekaisaran Angkasa Zangyack menyerang Bumi setelah dikalahkan oleh 34 tim Super Sentai sebelumnya dalam upaya masing-masing, mereka hanya kebetulan menemukan sekelompok lima bajak laut angkasa mencari harta karun terbesar di alam semesta. Ketika armada Zangyack menyerang bajak laut, mereka berubah menjadi Gokaiger.
2 "Nilai Planet Ini"
(この星の価値 Kono Hoshi no Kachi?)
Naruhisa Arakawa Shojiro Nakazawa 20 Februari 2011
Gokaiger menerima petunjuk untuk harta terbesar di bahwa mereka harus mencari seseorang yang memakai pakaian hitam. Ketika mereka menemukan seorang siswa dalam seragam sekolah hitam, anak itu mencuri salah satu Ranger Key milik Kapten Marvelous.
3 "Mengubah Keberanian Menjadi Sihir ~Maagi Magi Go Gokai~"
(勇気を魔法に変えて~マージ・マジ・ゴー・ゴーカイ~ Yūki o Mahō ni Kaete ~Māji Maji Gō Gōkai~chi?)
Naruhisa Arakawa Katsuya Watanabe 27 Februari 2011
Setelah Gokai Galleon membuat pendaratan kecelakaan di gunung api, Gokaiger diserang oleh Komandan Aksi Salamandam. Di tempat lain, Kapten Marvelous dan Don Dogoier mengikuti pria yang berpakaian hitam.
4 "Untuk Apakah Teman Itu?"
(何のための仲間 Nani no tame no Nakama?)
Naruhisa Arakawa Katsuya Watanabe 6 Maret 2011
Masa lalu Joe terungkap ketika Komandan Aksi Zodomas dikirim untuk melawan Gokaiger.
5 "Judgement Pirates"
(ジャッジメント・パイレーツ Jajjimento Pairētsu?)
Naruhisa Arakawa Koichi Sakamoto 20 Maret 2011
Ketika Navi mengungkapkan bahwa petunjuk berikutnya pada Harta Terbesar di Alam Semesta berada di tangan polisi, Kapten Marvelous mencari sebuah kantor polisi hanya untuk ditangkap oleh Dekaranger.
6 "Hal yang Paling Penting"
(一番大事なもの Ichiban Daiji na Mono?)
Naruhisa Arakawa Koichi Sakamoto 27 Maret 2011
Luka pergi berbelanja untuk perhiasan sampai ia datang ke seorang wanita muda yang ayahnya sangat kaya, sehingga Luka berniat melakukan pencurian sementara menyamar sebagai pembantu rumah tangga.
7 "Niki-Niki! Pelajaran Kenpō"
(ニキニキ!拳法修行 Niki-Niki! Kenpō Shugyō?)
Junko Kamura Shojiro Nakazawa 3 April 2011
Dengan petunjuk selanjutnya dari Navi mengatakan bahwa mereka harus menemukan seorang anak harimau, Gokaiger berhadapan melawan Guru Kenpo Angkasa Pachacamac XIII dengan bantuan dari Jan Kandou.
8 "Taktik Kecil Mata-mata"
(スパイ小作戦 Supai Kosakusen?)
Naruhisa Arakawa Shojiro Nakazawa 10 April 2011
Kekaisaran Zangyack mengirimkan Sneak Brothers untuk memata-matai Gokaiger.
9 "Singa, Berlari"
(獅子、走る Shishi, Hashiru?)
Junko Komura Hiroyuki Kato 17 April 2011
Navi menginstruksikan Gokaiger untuk menemukan sebuah pulau di langit, tapi mereka malah menemukan dokter hewan.
10 "Permainan Kartu"
(トランプ勝負 Toranpu Shōbu?)
Kento Shimoyama Hiroyuki Kato 24 April 2011
Joe dan Luka menyusup ke Armada Hijau, pasukan khusus Kekaisaran Zangyack, untuk mempelajari lebih lanjut tentang Meriam Gigarollium mereka.
11 "Pemberontakan Serius"
(真剣大騒動 Shinken Daisōdō?)
Naruhisa Arakawa Koichi Sakamoto 1 Mei 2011
Dengan petunjuk selanjutnya Navi sedang "Sa-mu-r-aa-i", awak Gokai Galleon mencari sebuah klub kendo sampai mereka didekati oleh seorang gadis yang mengaku menjadi samurai dikenal sebagai Shinken Red. Joe yang menantang gadis tersebut akhirnya malah berhadapan melawan kawan lamanya yang kini menjadi Barizorg.
12 "Samurai Yang Pasti Bergaya"
(極付派手侍 Kiwametsuki Hade Samurai?)
Naruhisa Arakawa Koichi Sakamoto 8 Mei 2011
Joe pergi untuk menghadapi Barizorg sendiri sementara Kaoru membantu Shinkenger dalam perjuangan mereka melawan Kekaisaran Zangyack.
13 "Katakan Padaku Jalannya"
(道を教えて Michi o Oshiete?)
Junko Komura Taro Sakamoto 15 Mei 2011
Ahim diculik setelah pergi ke kota dan disandera. Kapten Marvelous memimpin Gokaiger lain untuk menyelamatkannya, mengklaim bahwa dia tidak mau membayar uang tebusan.
14 "Sekarang Untuk Keselamatan Jalan"
(いまも交通安全 Ima mo Kōtsū Anzen?)
Yoshio Urasawa Taro Sakamoto 22 Mei 2011
Petunjuk Navi mengenai "keselamatan lalu lintas" memimpin Gokaigers ke mantan Carranger dan menjadi perang melawan Insarn dan Komandan Aksi Jealousit.
15 "Privateer Muncul"
(私掠船現る Shiryakusen Arawaru?)
Junko Komura Shojiro Nakazawa 29 Mei 2011
Kekaisaran Zangyack mengirimkan privateer ke Bumi dan Kapten Marvelous mengidentifikasi dia sebagai saingan lama Basco ta Jolokia.
16 "Bentrokan! Sentai VS Sentai"
(激突!戦隊VS戦隊 Gekitotsu! Sentai Bāsasu Sentai?)
Junko Komura Shojiro Nakazawa 5 Juni 2011
Kapten Marvelous harus mencari cara untuk menyelamatkan anggota krunya dari Basco ta Jolokia tanpa membayar tebusan di semua Ranger Key.
17 "Orang Perak Menakjubkan"
(凄い銀色の男 Sugoi Gin'iro no Otoko?)
Naruhisa Arakawa Hiroyuki Kato 11 Juni 2011
Ketika petunjuk selanjutnya Navi menyebutkan sebuah "Orang Perak", awak Gokaiger keluar untuk menemukannya menggunakan Ranger Key prajurit keenam diperoleh dari Basco ta Jolokia untuk melawan Komandan Aksi Almadon yang ingin bom kota. Dan Gokaiger didekati oleh seorang pemuda yang ingin menjadi anggota keenam mereka.
18 "Abare Besar Dengan Bor Robot Dinosaur"
(恐竜ロボットドリルで大アバレ Kyōryū Robotto Doriru de Ō Abare?)
Naruhisa Arakawa Hiroyuki Kato 26 Juni 2011
Navi mengarahkan anggota terbaru kru Galleon Gokai Gai untuk menemukan tiga Daya Lebih Besar pertama, tahu itu dipegang oleh tiga pahlawan Sentai tertentu.
19 "Baja dari 15 Prajurit"
(15戦士の鎧 Jūgo Senshi no Yoroi?)
Naruhisa Arakawa Shojiro Nakazawa 3 Juli 2011
Doc mulai merasa ditinggalkan ketika Gai mulai melakukan segala sesuatu yang biasa dia lakukan untuk kru. Sementara itu, kekaisaran Zangyack mengirimkan Worian untuk menyerang Gokaiger.
20 "Hutan Kehilangan"
(迷いの森 Mayoi no Mori?)
Junko Komura Shojiro Nakazawa 10 Juli 2011
Petunjuk berikutnya Navi yang memimpin Gokaigers ke Hutan Ginga, rumah Gingaman, dan ke lain bentrok dengan Basco ta Jolokia.
21 "Jantung Petualang"
(冒険者の心 Bōkensha no Kokoro?)
Kento Shimoyama Noboru Takemoto 17 Juli 2011
Gokaiger harus membantu Satoru Akashi pencarian untuk Precious. Namun, kedua Kekaisaran Zangyack dan Ryuuwon kembali mendapatkan di jalan mereka.
22 "Janji di Bintang Jatuh"
(星降る約束 Hoshi Furu Yakusoku?)
Naruhisa Arakawa Noboru Takemoto 24 Juli 2011
Gai dan Joe bekerja sama untuk membantu seorang anak muda bernama Shota memenuhi keinginan teman, sekaligus melindungi dia dari Komandan Aksi Stargul.
23 "Hidup Manusia adalah Masa Depan Dunia"
(人の命は地球の未来 Hito no Inochi wa Chikyū no Mirai?)
Junko Komura Taro Sakamoto 31 Juli 2011
Petunjuk Navigasi Harta berikutnya Navi menyebutkan "tindakan belas kasihan". Sementara orang-orang mencoba untuk membantu orang keluar, Luka dan Ahim menyeberang jalan dengan EMT yang lebih dari ia muncul.
24 "Manusia Bodoh"
(愚かな地球人 Oroka na Chikyūjin?)
Yoshi Urasawa Taro Sakamoto 7 Agustus 2011
Sementara mendapatkan takoyaki tertentu, Gokaigers menemukan Jealousit, sekali lagi, yang telah diambil sebagai "hewan peliharaan" oleh pemilik berdiri takoyaki.
25 "Bajak laut dan Ninja"
(海賊とニンジャ Kaizoku to Ninja?)
Naruhisa Arakawa Hiroyuki Kato 14 Agustus 2011
Kekaisaran Zangyack menyerukan Ninja Angkasa Satarakura Jr dan Sandaaru Jr untuk mengambil Gokaiger, mengambil Kapten Marvelous, Joe, dan Luka di dalam pertempuran, sementara tiga orang misterius menonton pertarungan.
26 "Shushutto The Special"
(シュシュッとTHE SPECIAL Shushutto Za Supesharu?)
Naruhisa Arakawa Hiroyuki Kato 21 Agustus 2011
Gokaiger dan Hurricaneger bekerja sama melawan Satarakura Jr.
27 "Lebih Dari Gokai Change Biasa"
(いつもより豪快なチェンジ Itsumo yori Gōkai na Chenji?)
Junko Komura Shojiro Nakazawa 28 Agustus 2011
Doc dan Luka beralih tubuh setelah mereka terkena Sinar Pembalikan di Komandan Aksi Regaeru.
28 "Selamanya Sayap"
(翼は永遠に Tsubasa wa Eien ni?)
Toshiki Inoue Shojiro Nakazawa 4 September 2011
Ketika Navi mengungkapkan keberuntungan berikutnya melibatkan terbang, Gai menyadari itu harus mengacu Jetman. Namun, pencarian mereka mengambil giliran aneh ketika seorang pria di sepeda motor mencuri Mobirate Joe.
29 "Kombinasi Baru dalam Perubahan Cepat Abare"
(アバレ七変化で新合体 Abare Shichihenge de Shin Gattai?)
Naruhisa Arakawa Katsuya Watanabe 11 September 2011
Ketika Komandan Aksi Dial mulai menyerang perempuan untuk mengumpulkan kebahagiaan mereka untuk sebuah serangan Kekaisaran Zangyack, Ahim pergi menyamar untuk menghentikannya.
30 "Hanya Jiwa Teman"
(友の魂だけでも Tomo no Tamashii Dake Demo?)
Naruhisa Arakawa Katsuya Watanabe 18 September 2011
Ketika keberuntungan berikutnya dari Navi mengacu pada "singa skateboard", Gai menyadari itu harus berarti Yellow Lion, Jo Ohara dari Choujuu Sentai Liveman, sementara Komandan Aksi Zaien mulai usahanya untuk menggagalkan pencarian Gokaiger.
31 "Kecelakaan! Operasi Rahasia"
(衝撃!!秘密作戦 Shōgeki!! Himitsu Sakusen?)
Kento Shimoyama Noboru Takemoto 25 September 2011
Dengan keberuntungan berikutnya menjadi "Uao", yang Gokaigers mencari petunjuk berikutnya mereka sampai mereka menemukan tanda di sebuah taman hiburan yang mengatakan "daya lebih besar ditemukan di sini", dan mereka menemukan Momo Maruo, mantan Oh Pink di tim Ohranger, Namun, Basco juga berhasil menemukan daya lebih besar, dan telah mendekati Gorou Hoshino, mantan OHRed.
32 "Satu Kekuatan"
(力を一つに Chikara o Hitotsu ni?)
Kento Shimoyama Noboru Takemoto 2 Oktober 2011
Dalam rangka untuk mengalahkan Komandan Aksi lebih kuat Shieldon, Doc bekerja pada pengembangan senjata lebih kuat baru.
33 "Itu Pahlawan!!"
(ヒーローだァァッ!! Hīrō daaa!!?)
Daisuke Ishibashi Taro Sakamoto 9 Oktober 2011
Ketika Gai kehilangan Gokai Cellular ke Komandan Aksi Bakyura, dia belajar apa itu benar-benar berarti menjadi pahlawan dari seorang pria aneh yang memiliki restoran Cina.
34 "Harapan Menjadi Kenyataan"
(夢を叶えて Yume o Kanaete?)
Naruhisa Arakawa Taro Sakamoto 16 Oktober 2011
Luka kembali dengan teman masa kecilnya Cain yang telah menjadi jutawan.
35 "Dimensi Lain"
(次元ノムコウ Jigen no Mukou?)
Junko Komura Hiroyuki Kato 23 Oktober 2011
Robot dukungan Go-onger Bomper menghubungi Gokaiger, mengungkapkan bahwa Sousuke membutuhkan kembali di Dunia Gunman.
36 "Mitra Bajak Laut"
(相棒カイゾク Aibō Kaizoku?)
Junko Komura Hiroyuki Kato 30 Oktober 2011
Dalam rangka untuk menyelamatkan Dunia Manusia dari Babatcheed, Gokaiger harus bertanya anak Bearrv, Engine Machlcon dan Speedor, untuk bantuannya.
37 "Mesin Pertempuran Terkuat"
(最強の決戦機 Saikyō no Kessenki?)
Kento Shimoyama Katsuya Watanabe 6 November 2011
Ayah Waruzu Giru mengirimnya sebuah robot Waruzu Besar baginya untuk mengeluarkan Gokaiger, sementara Joe dan Barizorg saling berhadapan, sekali lagi.
38 "Daya untuk Merebut Mimpi"
(夢を掴む力 Yume o Tsukamu Chikara?)
Kento Shimoyama Katsuya Watanabe 13 November 2011
Gokaigers harus mencari tahu bagaimana menggabungkan semua kekuatan mereka untuk mengalahkan Great Warzu di Warzu Giru, sementara Joe dan Barizorg berhadapan untuk terakhir kalinya.
39 "Mengapa? Kami Siswa Sekolah Tinggi"
(どうして?俺たち高校生 Dōshite? Oretachi Kōkōsei?)
Junko Komura Noboru Takemoto 20 November 2011
Dengan petunjuk berikutnya Navi sedang "Sekolah Tinggi Moroboshi", Gai menyadari bahwa petunjuk berikutnya mereka untuk Harta Terbesar di alam semesta memiliki hubungannya dengan Megaranger. Gokaiger mengunjungi sekolah tinggi, dan menemukan bahwa Kenta Date, mantan Mega Red, telah menjadi guru, dan dia mengatakan kepada mereka bahwa mereka harus menjadi mahasiswanya dalam rangka untuk mendapatkan daya lebih besar timnya.
40 "Masa Depan dalam Masa Lalu"
(未来は過去に Mirai wa Kako ni?)
Junko Komura Noboru Takemoto 27 November 2011
Mantan Time Yellow Domon memberitahu Gokaiger bahwa mereka harus kembali pada waktunya untuk membantu Goseiger dan Shinkenger.
41 "Sesuatu Jangan Ingin Untuk Menurunkan"
(なくしたくないもの Nakushitakunai Mono?)
Naruhisa Arakawa Noboru Takemoto 4 Desember 2011
Ketika Kaisar Zangyack Akudosu Gill mengambil alih menaklukkan Bumi, dia mengirim Penjaga Kekaisaran Zatsuriku untuk mengeluarkan Gokaiger, dan Ahim berencana menghancurkan dirinya sendiri karena dia adalah seorang yang menghancurkan dunia rumah.
42 "Pria Terkuat di Alam Semesta"
(宇宙最強の男 Uchū Saikyō no Otoko?)
Naruhisa Arakawa Noboru Takemoto 11 Desember 2011
Setelah pertempuran, awak Gokai Galleon menemukan fitur majalah yang mengatakan bahwa Don Dogoier adalah seorang prajurit terkenal yang pernah membunuh naga kuat, tapi Doc mengungkapkan bahwa dia sebenarnya tidak memiliki kenangan dari sesaat sebelum dia bergabung dengan Gokaiger.
43 "Pahlawan Legendaris"
(伝説の勇者に Densetsu no Yūsha ni?)
Naruhisa Arakawa Taro Sakamoto 18 Desember 2011
Kapten Marvelous telah ditangkap oleh Damarasu dan Basco dan akan dieksekusi di muka umum sementara Joe, Luka, Ahim dan Gai yang tak bisa ditemukan. Doc, sebagai Gokaiger akhir meninggalkan, harus bekerja sendiri untuk menyelamatkan bajak laut sesama.
44 "Malam Natal Indah"
(素敵な聖夜 Suteki na Seiya?)
Junko Komura Taro Sakamoto 25 Desember 2011
Gai mendapat Luka tertarik pada Natal hanya sebagai Dyrandoh membawa Penjaga Kekaisaran sesama Bibaboo ke Bumi sehingga dia bisa mengubah mereka menyerang menjadi boneka.
45 "Awatenbou Ninja"
(慌てん坊忍者 Awatenbō Ninja?)
Junko Komura Katsuya Watanabe 8 Januari 2012
Dengan Gokaiger memegang 28 dari 34 daya lebih besar, dan Basco dengan 5, awak Gokai Galleon menemukan bahwa anggota terakhir adalah Ninja Sentai Kakuranger. Mengingat Candi Negakure, kru menemukan panci aneh berisi sekutu Kakuranger Ninjaman yang diuji mereka untuk melihat apakah mereka layak daya lebih besar Kakuranger.
46 "Kelayakan Pahlawan"
(ヒーロー合格 Hīrō Gōkaku?)
Junko Komura Katsuya Watanabe 15 Januari 2012
Ninjaman masih tidak berpikir Gokaiger adalah layak daya lebih besar Kakuranger sebagai Komandan Aksi Juju dikirim ke Bumi.
47 "Akhir dari Pengkhianatan"
(裏切りの果て Uragiri no Hate?)
Naruhisa Arakawa Katsuya Watanabe 22 Januari 2012
Sally berusaha berlindung dengan Gokaigers saat Basco ta Jolokia ternyata pada dirinya.
48 "Pertikaian Ditakdirkan"
(宿命の対決 Shukumei no Taiketsu?)
Naruhisa Arakawa Katsuya Watanabe 29 Januari 2012
Dengan Basco ta Jolokia memiliki semua Ranger Key dan 34 daya lebih besar mereka, Gokaiger harus menemukan cara untuk mendapatkan mereka kembali dan mengalahkannya sekali dan untuk semua.
49 "Harta Terbesar di Alam semesta"
(宇宙最大の宝 Uchū Saidai no Takara?)
Naruhisa Arakawa Nobuo Takemoto 5 Februari 2012
Dengan semua 35 daya lebih besar, Gokaiger mencari Harta Terbesar di Alam Semesta, namun Insarn dikirim untuk memulai serangan terakhir Kekaisaran Zangyack di Bumi.
50 "Hari Pertempuran Menentukan"
(決戦の日 Kessen no Hi?)
Naruhisa Arakawa Nobuo Takemoto 12 Februari 2012
Gokaiger berhasil mengalahkan armada Zangyack yang sedang mencoba untuk menaklukkan Bumi, ketika sebuah armada lebih besar mengambil tempat yang Gokaiger harus memutuskan apakah atau tidak untuk menggunakan Harta Terbesar di Alam Semesta untuk menghilangkan mereka untuk kebaikan.
51
(akhir)
"Selamat Tinggal Bajak Laut Angkasa"
(さよなら宇宙海賊 Sayonara Uchū Kaizoku?)
Naruhisa Arakawa Nobuo Takemoto 19 Februari 2012
Gokaiger memutuskan untuk menggunakan kekuatan mereka sendiri untuk berhadapan armada kekaisaran Akudosu Gill dan Dyrandoh dari Penjaga Kekaisaran.

Film[sunting | sunting sumber]

Selain debut protagonis di Tensou Sentai Goseiger vs. Shinkenger: Epic on Ginmaku, Gokaiger memiliki dua rilis sandiwara di mana mereka adalah karakter utama.

Film ulang tahun ke-35 Super Sentai[sunting | sunting sumber]

Gokaiger Goseiger Super Sentai 199 Hero Daikessen (ゴーカイジャー ゴセイジャー スーパー戦隊199ヒーロー 大決戦 Gōkaijā Goseijā Sūpā Sentai Ichi Hyaku Kyū Jū Kyū Daikessen?) adalah film memperingati ulang tahun ke-35 di serial Super Sentai.[95] Film ini terutama akan menampilkan pemeran Gokaiger, Goseiger, dan Himitsu Sentai Goranger, di antara 199 pahlawan di serial Super Sentai muncul. Film ini dijadwalkan akan dirilis pada tanggal 21 Mei 2011.[96] Namun, karena gempa bumi dan tsunami Tōhoku di Maret 2011, film terpengaruh dan rilis film itu ditunda sampai 11 Juni.[97]

Kapal Hantu Terbang[sunting | sunting sumber]

Kaizoku Sentai Gokaiger The Movie: Kapal Hantu Terbang (海賊戦隊ゴーカイジャーTHE MOVIE 空飛ぶ幽霊船 Kaizoku Sentai Gōkaijā Za Mūbī Sora Tobu Yūreisen?) adalah rilis film utama untuk Kaizoku Sentai Gokaiger mana awak Gokai Galleon berurusan dengan musuh dihidupkan kembali dengan kapten kapal hantu,[98] dirilis pada tanggal 6 Agustus 2011. Selain filmnya sebagai Gokaiger, film Kamen Rider OOO juga dirilis pada tanggal sama.[99]

Gokaiger vs. Gavan[sunting | sunting sumber]

Kaizoku Sentai Gokaiger vs. Uchuu Keiji Gavan: The Movie (海賊戦隊ゴーカイジャーVS宇宙刑事ギャバンTHE MOVIE Kaizoku Sentai Gōkaijā Tai Uchū Keiji Gyaban Za Mūbī?) akan dirilis pada tanggal 21 Januari 2012. Film ini adalah crossover Serial VS. pertama yang tidak menampilkan tim Sentai lain, tetapi pahlawan Serial Metal Hero pertama: Uchuu Keiji Gavan.[100][101]

Super Hero Taisen[sunting | sunting sumber]

Kamen Rider × Super Sentai: Super Hero Taisen (仮面ライダー×スーパー戦隊 スーパーヒーロー大戦 Kamen Raidā × Sūpā Sentai: Sūpā Hīrō Taisen?) adalah rilis film untuk merayakan ulang tahun ke-10 dari blok pemrograman Super Hero Time pada TV Asahi. Film ini menampilkan crossover antara karakter dari Serial Kamen Rider dan Super Sentai. Protagonis Kamen Rider Decade dan Kaizoku Sentai Gokaiger akan ditampilkan, tetapi pemain Kamen Rider Fourze dan Tokumei Sentai Go-Busters juga berpartisipasi. Pemeran kembali lain termasuk Rina Akiyama, Kenjiro Ishimaru, dan Toshihiko Seki mengulangi peran mereka dari Kamen Rider Den-O.[102][103]

Go-Busters vs. Gokaiger[sunting | sunting sumber]

Tokumei Sentai Go-Busters vs. Kaizoku Sentai Gokaiger: The Movie (特命戦隊ゴーバスターズVS海賊戦隊ゴーカイジャーTHE MOVIE Tokumei Sentai Gōbasutāzu Tai Kaizoku Sentai Gōkaijā Za Mūbī?) dirilis pada 19 Januari 2013, menampilkan crossover antara pemain dan karakter Go-Busters dan Gokaiger. Selain itu, pahlawan Zyuden Sentai Kyoryuger membuat penampilan debut mereka dalam film ini.

A Day of One Hero[sunting | sunting sumber]

A Day of One Hero, Dibintangi Kazuki Shimizu (A DAY of one HERO 清水一希 主演 A Dē obu wan Hīrō Shimizu Kazuki Shuen?) adalah film direct-to-video yang dirilis pada 21 November 2011, film ini dibintangi Kazuki Shimizu sebagai dirinya sendiri dalam sebuah dokumenter lelucon dari karir aktingnya sebagai Don "Doc" Dogoier di Gokaiger. Film ini juga menampilkan penampilan kameo dari aktor veteran Tokusatsu Yoshio Yamaguchi dan Nao Nagasawa.[104]

DVD spesial[sunting | sunting sumber]

Kaizoku Sentai Gokaiger: Kin Kin ni! Dohade ni Ikuze! 36 Dan Gokai Change!! (海賊戦隊ゴーカイジャー キンキンに!ド派手に行くぜ!36段ゴーカイチェンジ!! Kaizoku Sentai Gōkaijā Kin Kin ni! Dohade ni Ikuze! Sanjūroku Dan Gōkai Chenji?) adalah DVD khusus yang digunakan untuk menunjukkan beberapa item dalam serial ini. DVD ini menampilkan Gokai Red berubah menjadi prajurit Merah dari 34 tim Sentai sebelumnya dan akhirnya menjadi Gokai Red Gold Mode (ゴーカイレッド ゴールドモード Gōkai Reddo Gōrudo Mōdo?). DVD ini juga menampilkan kombinasi unik asli seperti Karizorg (カリゾーグ Karizōgu?), kombinasi Barizorg dan Sugormin, and dan bentuk hibrida Gokai Red dan Gokai Silver.

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Super Sentai Battle: Ranger Cross (スーパー戦隊バトル レンジャークロス Sūpā Sentai Batoru Renjā Kurosu?) adalah permainan aksi Wii dikembangkan oleh Bandai Namco Games yang akan menampilkan protagonis Gokaiger, Tensou Sentai Goseiger, Samurai Sentai Shinkenger, Engine Sentai Go-onger, dan Himitsu Sentai Goranger. Dirilis pada 9 September 2011.[105]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran tamu[sunting | sunting sumber]

Anggota Sentai
Zangyack

Aktor dalam Pakaian Tempur[sunting | sunting sumber]

Lagu[sunting | sunting sumber]

Lagu pembuka
Lagu penutup
Lagu lain[131]
Judul Lirikis Komponis Aransemen Penyanyi
"Hati Baja, Gokai Silver"
(鋼の心 ゴーカイシルバー Hagane no Kokoro, Gōkai Shirubā?)
Shoko Fujibayashi Kosuke Yamashita
(Project.R)
Morihiro Suzuki
(Project.R)
Hideyuki Takahashi
(Project.R)
"KANZEN TREASURE" Saburo Yatsude Michiaki Watanabe Michiaki Watanabe Ichiro Mizuki
"Kesempurnaan! Goujyujin"
(完成!豪獣神 Kansei! Gōjūjin?)
Shoko Fujibayashi Kosuke Yamashita
(Project.R)
Koichiro Kameyama
(Project.R)
NoB (Project.R)
"Kombinasi Bajak laut! Gokaioh"
(海賊合体!ゴーカイオー Kaizoku Gattai! Gōkaiō?)
YOFFY
(Project.R)
Kosuke Yamashita
(Project.R)
Ken'ichiro Oishi
(Project.R)
Psychic Lover
(Project.R)
"Mari kita di Acara!"
(派手に行くぜ! Hade ni Ikuze!?)
Nozomu Inoue Takafumi Iwasaki
(Project.R)
Takafumi Iwasaki
(Project.R)
Motomu Azaki
Seiji Abe
"Menarik Mencekik Penuh Dash!"
(豪快全開ダッシュ! Gōkai Zenkai Dasshu!?)
Takayoshi Tanimoto
(Project.R)
Takayoshi Tanimoto
(Project.R)
Takayoshi Tanimoto
(Project.R)
Takayoshi Tanimoto
(Project.R)
"Orang Berani ~Tema Bajak Laut Angkasa~"
(海賊(つわもの)たち~宇宙海賊のテーマ~ Tsuwamono-tachi ~Uchū Kaizoku no Tēma~?)
Hideaki Takatori
(Project.R)
Morihiro Suzuki
(Project.R)
Morihiro Suzuki Takayuki Miyauchi
"Pencarian Untuk Harta!"
(お宝を探せ! Otakara o Sagase!?)
Hideaki Takatori
(Project.R)
Hideaki Takatori
(Project.R)
Hiroaki Kagoshima Zetki (Project.R)
"Pirate Girls"
(パイレーツ・ガールズ Pairētsu Gāruzu?)
Nozomu Inoue Takafumi Iwasaki
(Project.R)
Takafumi Iwasaki Mayumi Gojo
Sister MAYO
(Project.R)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kapten Marvelous di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  2. ^ "Gokai Red di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  3. ^ "Joe Gibken di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  4. ^ "Gokai Blue di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  5. ^ "Luka Millfy di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  6. ^ "Gokai Yellow di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  7. ^ "Don Dogoier di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  8. ^ "Gokai Green di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  9. ^ "Ahim de Famille di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  10. ^ "Gokai Pink di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  11. ^ Hyper Hobby, Juli 2011
  12. ^ Tokusatsu Newtype, Juli 2011
  13. ^ "Gai Ikari di situs TV Asahi". Diakses 2011-06-11. 
  14. ^ "Gokai Silver di situs TV Asahi". Diakses 2011-06-11. 
  15. ^ "Navi di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  16. ^ "Mobirates untuk Gokai Red di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  17. ^ "Mobirates untuk Gokai Blue di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  18. ^ "Mobirates untuk Gokai Yellow di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  19. ^ "Mobirates untuk Gokai Green di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  20. ^ "Mobirates untuk Gokai Pink di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  21. ^ "Gokai Sabre di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  22. ^ "Gokai Gun di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  23. ^ "Gokai Cellular di situs TV Asahi". Diakses 2011-06-11. 
  24. ^ "Gokai Spear di situs TV Asahi". Diakses 2011-06-11. 
  25. ^ "Gokai Galleon Buster di situs TV Asahi". Diakses 2011-10-01. 
  26. ^ "Ranger Key untuk Gokai Red di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  27. ^ "Ranger Key untuk Gokai Blue di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  28. ^ "Ranger Key untuk Gokai Yellow di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  29. ^ "Ranger Key untuk Gokai Green di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  30. ^ "Ranger Key untuk Gokai Pink di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  31. ^ "Gokai Galleon di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-20. 
  32. ^ "Gokai Jet di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-20. 
  33. ^ "Gokai Trailer di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-20. 
  34. ^ "Gokai Racer di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-20. 
  35. ^ "Gokai Marine di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-20. 
  36. ^ "Gokaioh di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-20. 
  37. ^ "Magi Gokaioh di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-26. 
  38. ^ "Deka Gokaioh di situs TV Asahi". Diakses 2011-03-19. 
  39. ^ "Gao Gokaioh di situs TV Asahi". Diakses 2011-04-16. 
  40. ^ "Shinken Gokaioh di situs TV Asahi". Diakses 2011-05-07. 
  41. ^ "Hurricane Gokaioh di situs TV Asahi". Diakses 2011-08-20. 
  42. ^ "Goujyu Gokaioh di situs TV Asahi". Diakses 2011-09-10. 
  43. ^ "Go-on Gokaioh di situs TV Asahi". Diakses 2011-09-10. 
  44. ^ "Goujyujin di situs TV Asahi". Diakses 2011-06-25. 
  45. ^ "Kanzen Gokaioh di situs TV Asahi". Diakses 2011-06-25. 
  46. ^ "Warzu Giru di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  47. ^ "Damaras di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  48. ^ "Insarn di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  49. ^ "Barizorg di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  50. ^ "Sugormin di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  51. ^ "Gormin di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  52. ^ "Komandan Aksi di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  53. ^ "Shikabanen di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-12. 
  54. ^ "Bongan di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-19. 
  55. ^ "Salamandam di situs TV Asahi". Diakses 2011-02-26. 
  56. ^ "Zodomas di situs TV Asahi". Diakses 2011-03-05. 
  57. ^ "Buramudo di situs TV Asahi". Diakses 2011-03-19. 
  58. ^ "Nanonanoda di situs TV Asahi". Diakses 2011-03-26. 
  59. ^ "Pachacamac XIII di situs TV Asahi". Diakses 2011-04-02. 
  60. ^ "Sneak Brothers di situs TV Asahi". Diakses 2011-04-09. 
  61. ^ "Bowser di situs TV Asahi". Diakses 2011-04-16. 
  62. ^ "Yokubarido di situs TV Asahi". Diakses 2011-04-23. 
  63. ^ "Delzeiger di situs TV Asahi". Diakses 2011-05-07. 
  64. ^ "Zaggai di situs TV Asahi". Diakses 2011-05-14. 
  65. ^ "Jealousit di situs TV Asahi". Diakses 2011-05-21. 
  66. ^ "Arumadon di situs TV Asahi". Diakses 2011-06-11. 
  67. ^ "Osogain di situs TV Asahi". Diakses 2011-06-25. 
  68. ^ "Worian di situs TV Asahi". Diakses 2011-07-02. 
  69. ^ "Stargul di situs TV Asahi". Diakses 2011-07-23. 
  70. ^ "Sen-den di situs TV Asahi". Diakses 2011-08-06. 
  71. ^ "Sandaaru Jr. di situs TV Asahi". Diakses 2011-08-13. 
  72. ^ "Satarakura Jr. di situs TV Asahi". Diakses 2011-08-20. 
  73. ^ "Regaeru di situs TV Asahi". Diakses 2011-08-27. 
  74. ^ "Dial di situs TV Asahi". Diakses 2011-09-10. 
  75. ^ "Shieldon di situs TV Asahi". Diakses 2011-10-01. 
  76. ^ "Zakyura di situs TV Asahi". Diakses 2011-10-08. 
  77. ^ "Vannine di situs TV Asahi". Diakses 2011-10-15. 
  78. ^ "Bibabu di situs TV Asahi". Diakses 2011-12-24. 
  79. ^ "Juju di situs TV Asahi". Diakses 2012-01-14. 
  80. ^ "Kaizoku Sentai Gokaiger Original Album Otakara Sound Box 1 di situs Nippon Columbia". Diakses 2011-06-18. 
  81. ^ "Deratsueiger di situs TV Asahi". Diakses 2011-05-07. 
  82. ^ "Zatsurigu di situs TV Asahi". Diakses 2011-12-03. 
  83. ^ "Wateru di situs TV Asahi". Diakses 2011-06-04. 
  84. ^ "Tsukki di situs TV Asahi". Diakses 2011-07-09. 
  85. ^ "Meran di situs TV Asahi". Diakses 2011-07-30. 
  86. ^ "Dororin di situs TV Asahi". Diakses 2011-11-19. 
  87. ^ "Moririn di situs TV Asahi". Diakses 2011-11-19. 
  88. ^ "Geronpa di situs TV Asahi". Diakses 2012-01-21. 
  89. ^ "Solar di situs TV Asahi". Diakses 2012-01-21. 
  90. ^ "Zaien di situs TV Asahi". Diakses 2011-09-17. 
  91. ^ "Kiaido di situs TV Asahi". Diakses 2011-09-03. 
  92. ^ "Babatcheed di situs TV Asahi". Diakses 2011-10-29. 
  93. ^ "Chirakashizky di situs TV Asahi". Diakses 2011-10-22. 
  94. ^ "Zan-KT0 di Perisai di situs TV Asahi". Diakses 2011-11-26. 
  95. ^ "歴代スーパー戦隊、全35組199ヒーローが一同に結集! : 映画ニュース - 映画.com". 2011-02-05. Diakses 2011-02-05. 
  96. ^ "スーパー戦隊 35作記念作品(仮題) 東映[映画]". Diakses 2011-01-19. 
  97. ^ "映画『ゴーカイジャー ゴセイジャー スーパー戦隊199ヒーロー大決戦』公開延期のお知らせ". Diakses 2011-03-16. 
  98. ^ "暴れん坊将軍×仮面ライダー 時空超えたコラボ 3Dで怪人を成敗 (産経新聞) - Yahoo!ニュース". 2 June 2011. Diakses July 2, 2011. 
  99. ^ "劇場版 仮面ライダーオーズ/海賊戦隊ゴーカイジャー". 19 January 2011. Diakses January 19, 2011.  Text " 東映[映画]" ignored (help)
  100. ^ Hyper Hobby, Desember 2011
  101. ^ Toei Hero Max, Vol. 39
  102. ^ "ライダーと戦隊ものが初共演 ヒーロー240人大集結 ― スポニチ Sponichi Annex 芸能". 2011-12-03. Diakses 2011-12-03. 
  103. ^ "ライダー40人vs戦隊199人!ヒーローの座巡り映画で本格初共演:芸能:スポーツ報知". 2011-12-03. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2012-07-10. Diakses 2011-12-03. 
  104. ^ Situs web A Day of One Hero di halaman resmi Toei
  105. ^ Famitsu, No. 1166
  106. ^ "「海賊戦隊 ゴーカイジャー」出演決定♪|小澤亮太オフィシャルブログ「りょーたブログ」Powered by Ameba". Diakses 2010-12-26. 
  107. ^ "山田裕貴 BLOG: ゴーカイじゃ☆". Diakses 2010-12-26. 
  108. ^ "卍解ねッ+゚|市道真央オフィシャルブログPowered by Ameba". Diakses 2010-12-28. 
  109. ^ "海賊戦隊ゴーカイジャー|清水一希 オフィシャルブログ 「NAKED BOYZ 清水一希」 Powered by Ameba". Diakses 2010-12-26. 
  110. ^ "小池唯のきらきらブログ  » 2010 » 12月". Diakses 2010-12-26. 
  111. ^ a b c d e f Hyper Hobby, Maret 2011
  112. ^ a b c d e f g h Toei Hero Max, vol. 36
  113. ^ "Toru's Home". 2011-02-10. Diakses 2011-02-18. 
  114. ^ 福沢博文 -株式会社レッド・エンタテインメント・デリヴァー-
  115. ^ "海賊戦隊ゴーカイジャー". Diakses 2011-02-27. 
  116. ^ a b "カ~レンジャー!". motoブログ(中川素州オフィシャルブログ). 2011-05-22. Diakses 2011-05-23. 
  117. ^ Toei Hero Max, vol. 38
  118. ^ "号泣のちワクワク". 人見早苗オフィシャルブログ「瞳の中のひとみ」. 2011-06-12. Diakses 2011-06-17. 
  119. ^ "今日の". りーちのブログ(清家利一オフィシャルブログ). 2011-02-27. Diakses 2011-03-03. 
  120. ^ "大漁です!!". 進藤学オフィシャルブログ「GAKU'S ROAD」. 2011-05-31. Diakses 2011-06-09. 
  121. ^ "小澤亮太・細貝圭対談". CAST-PRIX ZERO (Glide Media) (17): 29. 2011. 
  122. ^ "1000回。". 面白ければオールOK!(矢部敬三オフィシャルブログ). 2011-03-27. Diakses 2011-04-12. 
  123. ^ "【TV出演情報】ゴーカイジャー". 今井靖彦オフィシャルブログ~One for all,All for one.~. 2011-09-04. Diakses 2011-10-15. 
  124. ^ "もうすぐ…". 今井靖彦オフィシャルブログ~One for all,All for one.~. 2011-09-17. Diakses 2011-10-15. 
  125. ^ "【TV・舞台出演情報】". 今井靖彦オフィシャルブログ~One for all,All for one.~. 2011-09-24. Diakses 2011-10-15. 
  126. ^ a b "「第1話 宇宙海賊現る!」". 海賊戦隊ゴーカイジャー 東映公式サイト. 2011-02-06. Diakses 2011-03-03. 
  127. ^ "大雪過ぎて・・・". motoブログ(中川素州オフィシャルブログ). 2011-02-15. Diakses 2011-03-03. 
  128. ^ "海賊戦隊ゴーカイジャー 第6話 「一番大事なもの」|東映[テレビ]". Diakses 2011-04-05. 
  129. ^ "稲田徹(trombe_boss) on twitter". Diakses 2011-07-11. 
  130. ^ "海賊戦隊ゴーカイジャー 第29話「アバレ七変化で新合体」|東映[テレビ]". Diakses 2011-09-03. 
  131. ^ "海賊戦隊ゴーカイジャー - Anison Generation". 2011-05-01. Diakses 2011-05-15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Goseiger
Super Sentai
2011 – 2012
Diteruskan oleh:
Go-Busters