Mirai Sentai Timeranger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
未来戦隊タイムレンジャー
Mirai Sentai Timeranger
Genre Tokusatsu
Pembuat Saburo Yatsude
Pemeran Masaru Nagai
Mika Katsumura
Yuji Kido
Shuhei Izumi (Diperankan sebagai Tomohide Koizumi)
Masahiro Kuranuki
Shinji Kasahara
Pengisi suara Yusuke Numata
Fumiko Orikasa
Narator Yukitoshi Hori (堀 之紀 Hori Yukitoshi?)
Komposer lagu tema Koichiro Kameyama
Lagu pembuka JIKU ~Mirai Sentai Timeranger~ oleh Kumi Sasaki
Lagu penutup Toki no Kanata e oleh NAT'S (episode 1-43 dan 46-49)
Miracle X-Mas oleh T.R. Futures (episode 44)
Eternal Wind oleh Shigetaka Takayama (episode 45)
Mirai no Yuku e oleh Motoyoshi Iwasaki (episode 50)
Don't Stop Your Story! oleh T.R. Futures (episode 51)
Komposer Koichiro Kameyama
Negara Bendera Jepang Jepang
Bahasa Jepang
Jumlah episode 51
Produksi
Produser Ken Fukuyoshi
Jun Hikasa
Koichi Yada
Durasi 25 menit per episode
Rumah produksi TV Asahi
Toei Company
Toei Advertising
Siaran
Saluran asli tv asahi
Toei
Toei Advertising
Periode siaran 13 Februari 200011 Februari 2001
Kronologi
Diawali oleh Kyuukyuu Sentai Go Go V
Dilanjutkan oleh Hyakujuu Sentai Gaoranger

Mirai Sentai Timeranger (未来戦隊タイムレンジャー Mirai Sentai Taimurenjā?) (bahasa Inggris: Future Squadron Timeranger) adalah serial tokusatsu produksi Toei. Timeranger adalah serial Super Sentai yang ke-24 dari serangkaian serial Super Sentai, dan juga acara Super Sentai pertama pada periode 2000-an atau pertama kali periode heisei.

Serial ini terdiri dari 51 episode, dan merupakan hasil produksi bersama Toei dan TV Asahi. Masa tayang di Jepang mulai tanggal 13 Februari 2000 sampai 11 Februari 2001.

Timeranger beranggotakan 6 orang: 5 pria dan 1 wanita. Setiap anggota diasosiasikan dengan satu warna yaitu merah, merah muda, biru, kuning, hijau, dan lain.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Timeranger[sunting | sunting sumber]

Pemeran Nama peran Julukan Senjata Vol
Masaru Nagai Tatsuya Asami TimeRed Vol Blaster
Mika Katsumura Yuuri TimePink Vol Sniper
Yuji Kido Ayase TimeBlue Vol Launcher
Tomohide Koizumi Domon TimeYellow Vol Vulcan
Masahiro Kuranuki Sion TimeGreen Vol Pulsar

4 orang kadet TPD ( Time Protection Departement ) atau kepolisian waktu dari tahun 3000, yang baru direkrut diperdaya oleh Don Dolnero beserta gengnya untuk memburu mereka yang melarikan diri ke tahun 2000. Pada tahun 2000, pesawat yang mereka naiki rusak berat dan ditemukan oleh seorang atlet bela diri bernama Tatsuya yang kebetulan lewat ke sana. Setelah bertemu, mereka diinstruksikan untuk menangkap Don Dolnero beserta gengnya dalam sebuah tim khusus bernama Timeranger. Tetapi diperlukan 5 orang pertama untuk mengaktifkan tim tersebut. Akhirnya Tatsuya yang dari tahun 2000 diajak bergabung untuk melengkapi Timeranger agar dapat aktif. Nantinya mereka menyewa sebuah bangunan sebagai tempat tinggal mereka dan tempat mengelola bisnis sambilan, yaitu Tomorrow Research.

  • Tatsuya Asami (浅見 竜也 Asami Tatsuya?) / TimeRed (タイムレッド Taimureddo?) : Tokoh utama dalam serial ini. Tatsuya adalah seorang atlet bela diri yang secara tidak sengaja bergabung dengan tim. Ia menolak untuk menerima takdir sebagai pewaris dan CEO perusahaan ayahnya. Ia percaya bahwa setiap orang dapat mengubah takdirnya, tapi apabila mereka berjuang untuk masa depan yang mereka inginkan. Setelah bergabung dengan Timeranger, Tatsuya memutuskan untuk meninggalkan rumah ayahnya dan menggunakan tabungannya untuk menyewa sebuah bangunan yang nantinya menjadi markas Timeranger. Tatsuya bekerja sebagai guru karate di Tomorrow Research. Walaupun Yuuri yang jadi pemimpin tim, Tatsuya adalah kekuatan pendorong bagi anggota Timeranger lain, dan pada dasarnya bertindak sebagai komandan lapangan selama pertempuran. Ketika mengoperasikan formasi untuk Time Robo, Tatsuya biasanya bertugas mengakses serangan terakhir untuk memenjarakan kembali tahanan Londers dengan memegang versi miniatur dari Space-Time Sword / Chrono Divider. Di akhir seri, setahun setelah pertempuran final, Tatsuya diberi kebebasan untuk melanjutkan kehidupannya dan bebas memilih apa yang ia mau hingga nanti ia merasa siap untuk bergabung dengan perusahaan ayahnya. Di akhir seri juga, Tatsuya berlari ke arah 4 orang yang mirip Yuuri, Ayase, Domon, dan Sion, yang mungkin merupakan nenek moyang mereka, dan juga seseorang yang mirip Naoto.
    • Umur: 22 tahun
    • Senjata Vol: VolBlaster (ボルブラスター Boruburasutā?)
    • Jurus serangan: Vector Hurley (ベクターハーレー Bekutā Hārē?), Vector Around (ベクターアラウンド Bekutā Araundo?) dengan TimeBlue, Vector Hurricane (ベクターハリケーン Bekutā Harikēn?) dengan TimeYellow, Vector Impulse (ベクターインパルス Bekutā Inparusu?), Spark End (スパークエンド Supāku Endo?), Vector End: Beat 3 (ベクターエンド・ビート3 Bekutā Endo Bīto Surī?), Vector End: Beat 12 (ベクターエンド・ビート12 Bekuttā Endo Bīto Tuwerubu?), Vector End: Beat Cross (ベクターエンド・ビートクロス Bekutā Endo Bīto Kurosu?), dan Vector Dividing (ベクターディバイディング Bekutā Dibaidingu?)
  • Cadet Yuuri (ユウリ Yūri?) / TimePink (タイムピンク Taimupinku?) : Tokoh utama wanita dalam serial yang merupakan pemimpin dari Timeranger. Ia adalah seorang anggota kepolisian di bawah naungan Inter-City Police dari abad ke 30. Sejak Inter-City Police menyadari rencana Don Dornero, ia menyamar sebagai kadet TPD untuk menghentikannya. Ia memiliki dendam pribadi terhadap Don Dornero yang telah mengirimkan pembunuh untuk membunuh keluarganya pada tahun 2988. Yuuri pada awalnya sinis terhadap Tatsuya, tetapi perlahan mulai bisa menerima kehadirannya. Ia bekerja sebagai detektif di Tomorrow Research, tapi juga bisa mengerjakan pekerjaan lain, semisal jasa kebersihan. Di akhir seri, Yuuri menyatakan pada Tatsuya bahwa ia mencintainya, tetapi mereka tidak bisa bersama karena jarak yang cukup lama antar ruang waktu mereka, maka setelah ia kembali ke waktunya dan menyadari bahwa selama adanya perubahan waktu di abad ke 30, keluarganya ternyata masih hidup.
    • Umur: 21 tahun
    • Senjata Vol: VolSniper (ボルスナイパー Borusunaipā?)
    • Jurus serangan: Vector Hurley, dan Vector End: Beat 6 (ベクターエンド・ビート6 Bekutā Endo Bīto Shikkusu?)
  • Cadet Ayase (アヤセ Ayase?) / TimeBlue (タイムブルー Taimuburū?) : Seorang mantan pembalap. Anggota yang paling pendiam dan cuek serta merupakan wakil pemimpin yang memiliki kemampuan dalam pertarungan kecepatan tinggi. Juga suka melontarkan humor datar. Tetapi seringkali humor datarnya membuat ia sering bersitegang dengan Domon, yang memaksa anggota Timeranger lain mencegah agar tidak terjadi baku hantam antara mereka berdua. Ia juga berteman dekat dengan Tatsuya. Menjadi satu-satunya anggota Timeranger yang memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), ia bekerja sebagai sopir sewaan di Tomorrow Research. Namun, Ayase memiliki penyakit kambuhan periodikal Osiris Syndrome yang tidak dapat disembuhkan. Ketika Tatsuya mengetahui hal ini, ia berupaya untuk segera menolongnya, namun Ayase memintanya untuk merahasiakan hal tersebut dari anggota Timeranger yang lain. Anggota Timeranger lain terkejut ketika Tatsuya dipaksa untuk mengungkapkan apa sebenarnya penyakit Ayase kepada mereka. Di akhir seri, setelah kembali ke waktunya, obat untuk Osiris Syndrome telah ditemukan dan Ayase sembuh dari penyakitnya.
    • Umur: 22 tahun
    • Senjata Vol: VoLauncher (ボルランチャー Boruranchā?)
    • Jurus serangan: Vector Hurley, Vector Around dengan TimeRed, Vector Hurricane dengan TimeYellow, dan Vector End: Beat X (ベクターエンド・ビートX Bekutā Endo Bīto Ekkusu?)
  • Cadet Domon (ドモン Domon?) / TimeYellow (タイムイエロー Taimuierō?) : Seorang kasanova yang dulunya merupakan seorang atlet gulat profesional yang terkadang terlalu berlebihan dalam menjalaninya. Domon memperoleh skorsing untuk pertandingan pro atas dasar ia selalu terlambat ketika ada pertandingan penting karena terlalu sibuk berburu wanita cantik. Tetapi di balik itu, Domon mau menerima dan menjalani hukuman skorsingnya dan setelah ia menyadari bahwa Sion seorang alien dan yatim piatu, ia menjadi perhatian dan berusaha mencegah orang lain untuk memanggilnya alien. Meskipun begitu, Domon yang berasal dari keluarga besar, adalah satu-satunya anggota Timeranger yang benar-benar merindukan abad ke 30 dan memiliki sentimen tersendiri terhadap Kapten Ryuya yang telah menjebaknya di abad ke 20. Hal ini menimbulkan rasa frustasinya terhadap Tatsuya ketika keempat kadet TPD pertama kali bertemu dengannya serta kemiripannya dengan Kapten Ryuya. Walaupun Domon juga bekerja sebagai guru bela diri di Tomorrow Research, ia tidak memiliki murid. Beberapa kali Domon juga bersitegang dengan Ayase terkait humor datar Ayase terhadap kepribadiannya soal wanita. Nantinya, Domon jatuh cinta kepada seorang juru potret bernama Honami Moriyama. Setelah identitas rahasianya terungkap kepada Honami, mereka mulai berkencan dan pada saat-saat itulah Domon mengungkapkan bahwa ia berasal dari abad ke 30. Di akhir seri, setelah masa depan berubah, Domon menyadari bahwa hukuman skorsingnya diringankan menjadi satu tahun dan juga sudah berlalu, maka ia bisa kembali bertanding.
    • Umur: 22 tahun
    • Senjata Vol: VolVulcan (ボルバルカン Borubarukan?)
    • Jurus serangan: Finishing Laser Punch, Vector Hurley, dan Vector Dividing
  • Cadet Hubbardian Sion (シオン Habado Seijin Shion?) / TimeGreen (タイムグリーン Taimugurīn?) : Alien dari planet Hubbard, di mana planet tersebut telah hancur akibat peperangan, sehingga ia dikirim dan dibesarkan di sebuah laboratorium di Bumi. Oleh karena itu sejak kecil ia hidup dalam kesendirian, tanpa dipedulikan orang sekitarnya. Hal ini membuat ia tidak tahan sehingga ia kabur dari laboratorium. Ia lincah dan selalu penasaran dengan sesuatu di sekelilingnya. Sion juga suka mewarnai rambutnya, hal yang sering ia lakukan sejak berumur 3 tahun. Karena fisiologi aliennya, Sion hanya butuh tidur sekali setahun, tetapi sekalinya tidur butuh waktu satu minggu hibernasi. Ia juga ahli teknis di Timeranger, karena mengerti dan mampu mengoperasikan mesin apapun. Sion bertanggung jawab untuk perbaikan komputer di Tomorrow Research. Ia (saat ini) merupakan ranger termuda, yang lahir sekitar tahun 2983. Di akhir seri, Sion mengetahui bahwa Hubbard tidak memiliki kontak dengan Bumi sebelum kehancuran planet ini, maka sejarah dirinya tidak ikut berubah. Namun, seiring ia kembali ke waktu asalnya, ia mengatakan bahwa ia senang bertemu dengan Tatsuya dan berterima kasih padanya karena ia tidak akan pernah merasa sendirian lagi.
    • Umur: 17 tahun
    • Senjata Vol: VolPulser (ボルパルサー Boruparusā?)
    • Jurus serangan: Vector Hurley, dan Vector End: Beat 9 (ベクターエンド・ビート9 Bekutā Endo Bīto Nain?)

Special TimeFire[sunting | sunting sumber]

Pemeran Nama peran Julukan Senjata Vol
Shinji Kasahara Naoto Takizawa TimeFire DV Defender

Wataru Asami membentuk pasukan keamanan di bawah Asami Corporation untuk melindungi kota dari Londers. Pasukan yang diberi nama City Guardians (シティガーディアンズ Shiti Gādianzu?) ini menjalin hubungan yang renggang dengan Timeranger. Terutama setelah teman masa kecil hingga kuliah Tatsuya, Naoto Takizawa menjadi Time Fire dan kapten City Guardian. Sang kapten diharuskan untuk memakai baret merah. Diungkapkan oleh Ryuya, nantinya City Guardian berkembang dan berubah menjadi Inter-City Police (インターシティー警察 Intā Shitī Keisatsu?).

  • Naoto Takizawa (滝沢 直人 Takizawa Naoto?) / TimeFire (タイムファイヤー Taimufaiyā?) (episode 28-49) : Rival Tatsuya dan pemimpin City Guardian yang didirikan oleh Asami Corporation, perusahaan ayah Tatsuya. Tidak seperti Tatsuya, Naoto datang dari sisi lain, ia memperoleh beasiswa di mana mereka berdua kuliah di sebuah sekolah privat yang sama. Naoto merasa iri pada Tatsuya dan ingin menjadi yang lebih baik di antara mereka berdua. Setelah menjadi Time Fire, Asami Group mencoba menganalisis teknologinya untuk diproduksi secara massal, Tetapi mereka tidak sepenuhnya mengerti dengan teknologi abad ke 30. Melalui Sion, ia mengetahui bahwa monster Londers hanyalah tahanan dan hanya perlu untuk ditangkap kembali. Secara tidak langsung, ia juga mengetahui bahwa para Timeranger datang dari abad ke 30, dan karena keinginannya akan kekuatan, ia memilih untuk menemukan cara untuk menggunakan pengetahuan barunya mengenai Timeranger untuk keuntungannya sendiri. Setelah Wataru masuk rumah sakit, Naoto mampu menggunakan pengetahuannya untuk mengambil alih City Guardian secara penuh. Naoto juga mempunyai dua ekor burung peliharaan, yang diberi nama Tora dan Sakura, yang nantinya ia berikan pada seorang gadis kecil. Setelah Naoto terluka parah akibat berduel dengan Neo-Crisis, ia mengetahui bahwa Wataru telah mengambil alih kembali kendali atas City Guardian melalui jalur yang sah semenjak para Guardians bisa membuka fungsi Voice Lock dari V-Commander, yang artinya mereka tidak lagi membutuhkannya. Naoto dicabut jabatannya dan melarikan diri, tetapi ia segera dirawat di rumah sakit akibat lukanya yang parah. Ketika ia mencoba menangkap kembali salah satu burung peliharaannya yang lepas, Naoto ditembak tepat di dada oleh salah satu Zenitt, yang membuatnya hilang keseimbangan dan terjatuh dari bangunan rumah sakit yang tinggi. Naoto kemudian menyerahkan V-Commander kepada Tatsuya, mengatakan padanya untuk mengubah masa depan, setelah ia tiada. Di akhir seri, di abad 20, Tatsuya berlari melewati seseorang yang mirip dengan Naoto.
    • Umur: 28 tahun
    • Senjata: DV Defender (DVディフェンダー Dī Bui Difendā?): Senjata pribadi di TimeFire.
    • Jurus serangan: DV Re-Freezer (DVリフレイザー Dī Bui Rifureizā?)

Sekutu[sunting | sunting sumber]

  • Kapten Ryuya (リュウヤ隊長 Ryūya Taichō?) : Kepala kepolisian waktu atau TPD pada tahun 3000. Merupakan Time Red asli di awal serial dan merupakan keturunan dari Tatsuya. Nantinya di beberapa episode terakhir seri, ia melakukan perjalanan ke tahun 2000 untuk mengambil alih perannya sebagai Time Red sekali lagi, namun dengan segera mengembalikan Chrono Changer nya kepada Tatsuya. Tidak tertarik dengan kejadian masa lalu, Ryuya menegaskan kepada Yuuri dan yang lainnya untuk kembali ke masa depan, seiring Lambda 2000 akan menyebabkan kehancuran di Bumi pada masa lalu. Namun, setelah mereka kembali, ia mencoba untuk menghapus memori mereka mengenai waktu mereka pada tahun 2000-2001, memberitahukan kepada para Timeranger bagaimana tindakan mereka di masa lalu telah mengubah masa depan menjadi lebih baik, tetapi Yuuri dan yang lainnya melarikan diri, dan disaat yang sama Ayase berseteru dengan Ryuya dan membuat Ryuya terluka parah. Dalam keadaan sekarat, Ryuya mengungkapkan bahwa, tidak hanya ia yang membiarkan Don Dornero melarikan diri ke masa lalu, semuanya mengarah ke pembentukan tim Timeranger dan kegilaan Gien yang mencapai puncaknya juga telah direncanakan agar untuk lebih baiknya dua masa depan yang telah ia lihat akan terjadi. Ia juga mengungkapkan bahwa Timerangers seharusnya mati dalam pertempuran besar pertama, dan ia mengirim bantuan untuk menyelamatkan nyawa mereka berkali-kali. Ryuya, yang merupakan pilot asli V-Rex, melihat dua versi masa depan enam tahun sebelumnya. Pertama di mana pertempuran Gien dengan V-Rex menghancurkan sepertiga dari abad ke-21, dan yang kedua adalah kematian Gien oleh G-Zord yang mengarah pada kehancuran abad 31 secara keseluruhan. Di antara dua masa depan tersebut, bagaimanapun, Ryuya, yang bertugas sebagai Time Fire, tewas. Untuk menghindari kematiannya, Ryuya mengatur skenario hilangnya V-Rex untuk memastikan bahwa seseorang dari masa lalu akan menjadi Time Fire dan mati di tempatnya. Malang baginya, tindakannya ini tidak menghindarkannya dari kematian, malah hanya mengubah proses di mana ia meninggal. Sebelum ajalnya, ia bertanya bagaimana ia bisa disalahkan karena atas apa yang dia telah lakukan, dan mengatakan bahwa ia ingin melakukan apa yang para Timeranger lakukan untuk diri mereka sendiri: untuk membuat masa depan yang lebih baik.
  • Robot Navigator Tac (タック Takku?) : Robot berbentuk burung hantu yang mentransmisikan peluncuran Time Jet. Ia memiliki semua database mengenai para penjahat Londers. Tac diberi informasi tentang peristiwa-peristiwa yang dan akan terjadi pada tahun 2000, meskipun ketika mulai terjadi hal-hal baru ia tidak diberi data (seperti munculnya V-Rex dan Time Fire), Tac mulai mempertanyakan kegunaan dirinya bagi para Timeranger. Sehingga Sion menonaktifkan sebuah chip yang mencegah Tac untuk membuat keputusan sendiri, dan meyakinkannya bahwa ia berharga bagi mereka, dan membuat Tac kembali memperoleh kepercayaan dirinya. Dia dapat mendeteksi Space-Time Pulse ( getaran antar ruang waktu ) dan akan membantu tim dalam menyusun strategi.
  • Time Roboter (タイムロボター Taimu Robotā?) : Robot yang diciptakan oleh Sion untuk membantu Tac sebagai asisten. Robot yang ceria serta cerewet dan setiap berbicara selalu diakhiri dengan kata "Time". Roboter bertugas menjaga markas ketika Timeranger sedang tidak di markas. Juga sebagai penyampai pesan, dan jika Tac mau, bertindak sebagai jam weker.
  • Chairman Wataru Asami (浅見 渡 Asami Wataru?): Ayahnya Tatsuya yang merupakan pemimpin Asami Group, salah satu perusahaan bisnis terbesar di Jepang. Wataru adalah seorang yang berhati dingin yang hanya peduli dengan masalah-masalah bisnis dan mencoba untuk mengatur hidup Tatsuya bahwa anaknya hanya diperbolehkan untuk mengikuti jejaknya. Wataru juga membentuk City Guardians dengan tujuan melindungi masyarakat dan kota dari serangan Londers Family dan menemukan bahwa anaknya adalah Time Red saat topengnya rusak. Wataru akhirnya setuju untuk mengizinkan Naoto Takizawa untuk menjadi pemimpin City Guardian setelah ia menguasai V-Rex dan mencoba untuk merekrut Timeranger lainnya ke City Guardian tapi ditolak. Akhirnya Wataru dirawat di rumah sakit selama serangan Gien terhadap markas City Guardian. Setelah Yuuri dan Timerangers berangkat kembali ke tahun 3000, Wataru memutuskan untuk membiarkan anaknya untuk menjalani hidupnya sendiri.
  • Honami Moriyama (森山 ホナミ Moriyama Honami?) (episode 9-50): Honami adalah seorang reporter merangkap juru potret, satu-satunya orang yang cukup berani mengambil foto Londers Family. Dia pertama kali ikut campur dalam pertempuran Timeranger melawan Gougan dan dimarahi oleh Time Pink atas kebodohannya, tapi Time Yellow mampu menghiburnya. Tanpa sepengetahuan Timeranger, Honami telah mengambil gambar mereka dalam wujud sipil mereka, tetapi ia memilih untuk menyimpan foto-foto tersebut untuk dirinya sendiri dan berhenti mengambil gambar dari mereka dan Londers. Honami pelan-pelan menaruh hati pada Time Yellow, yang sebelumnya ia yakini bahwa Time Yellow adalah Ayase, dan lebih jauh menyimpan foto antara Ayase dan Time Yellow di dompetnya. Sion mengetahui bahwa Honami jatuh cinta dengan Domon dan memberikannya alamat e-mail Domon. Akhirnya Domon mengerti akan kebingungan yang ia hadapi ketika ia menemukan dompet Honami di tanah pada saat ia terlambat untuk berkencan dan ada foto Ayase di dalamnya. Domon mencoba untuk menjodohkan Honami dengan Ayase, dan pada akhirnya kesalahpahaman Honami itu diluruskan ketika Domon bersedia untuk melindunginya dari bom Banjan. Setelah itu keduanya mulai berkencan dan pada akhir seri, Honami memiliki anak yang diberi nama Domon Junior tapi tidak pernah memberitahu Domon mengenai hal ini.
  • Kyuukyuu Sentai GoGo-V : Super Sentai setahun sebelum Timeranger. Mereka bekerja sama dengan Timeranger untuk melawan Pierre dari klan Psyma yang mengadakan kerjasama dengan Londers Family untuk menghancurkan bumi.
  • Mad Racer Baron (マッドレーサー・バロン Maddo Rēsā Baron?) (episode 14) : Salah satu penjahat Londers yang merupakan pembalap mobil terkenal pada tahun 3000. Baron merupakan rival utama Ayase dalam balap mobil pada tahun 3000, dan pernah satu tim balapan. Tetapi Baron memiliki dendam terhadap Ayase yang telah melaporkannya kepada polisi karena tindakannya yang ugal-ugalan setelah membalap mobil dan berakhir dengan menabrak warga sipil hingga tewas, berbeda dengan Ayase yang memperhatikan keselamatan warga sipil dalam berkendara maupun balapan. Saat bertemu kembali dengan Ayase pada tahun 2000, Ayase menanyakan perihal mengapa ia bekerja untuk Londers, dan Baron menjawabnya dengan menantang Ayase kembali balapan mengingat mereka punya rekor balapan yang sama. Di saat mereka balapan inilah, Ayase menyadarkan Baron mengenai keselamatan berkendara, yaitu di saat balapan mobil yg Ayase kendarai ia benturkan pada mobil Baron untuk menghindari anak-anak yang melintasi jalanan untuk mengambil bola. Akhirnya Baron sadar dan mau mendengarkan Ayase, tapi akhirnya ia dikendalikan oleh Lila dan berbalik melawan Ayase, yang memaksa Ayase dan Timeranger lainnya untuk mengembalikannya ke dalam tahanan.
  • Bomb-Maker D.D. Ladis (爆弾製造犯・D.D.ラデス Bakudan Seizōhan D.D. Radesu?) (episode 1 dan 32): Prisoner #35272. : Salah satu penjahat Londers yang merupakan pembuat bom, yang pada awal seri adalah tahanan terakhir yang dibekukan sebelum Don Dornero melarikan diri ke tahun 2000. Tetapi ia menyadari perbuatannya dan tidak mau berbuat jahat lagi, hingga Gien berencana melakukan eksperimen untuk mengubahnya menjadi jahat kembali. Ladis berhasil kabur dan diselamatkan oleh Sion. Sion mau menolong Ladis untuk melepaskan pengontrol yang dipasangkan Gien ke tubuhnya karena ia tahu bahwa Ladis memiliki sisi baik dan juga merupakan alien seperti dirinya. Di saat yang sama, Naoto yang ditugaskan City Guardian untuk menemukan serta membunuh Londers berhasil menemukan mereka, dan berencana untuk membunuh mereka berdua. Sion bersikeras melindungi Ladis hingga ia memilih mati bersama karena mereka bukanlah manusia, dan manusia selalu menganggap bahwa alien adalah sosok yang negatif di mata mereka. Disaksikan oleh Timeranger yang lain, Naoto dalam wujud Time Fire akhirnya menembak, tetapi meleset dari mereka. Sion yang pada awalnya menentang Naoto dibuat terkesan dan memahami apa yang dipikirkan Naoto saat itu. Melalui Sion lah Naoto baru diberi tahu dan menyadari bahwa Londers tidak dibunuh, hanya dibekukan. Namun akhirnya pengaruh Gien terhadap Ladis bereaksi dan membuatnya berbalik melawan Timeranger. Di akhir, ia berhasil dibekukan kembali oleh Timeranger.

Arsenal[sunting | sunting sumber]

  • Chrono Changer (クロノチェンジャー Kurono Chenjā?) : Alat transformasi di Timeranger.
  • V Commander (Vコマンダー Bui Komandā?) : Alat transformasi di TimeFire.
  • Chrono Suits (クロノスーツ Kurono Sūtsu?) : Pakaian armor setelah transformasi diaktifkan sesaat sebelum seragam mode tempur Timeranger.
    • Chrono Search (クロノサーチ Kurono Sāchi?) : Fitur devais untuk mendeteksi musuh yang tidak terlihat serta menganalisis musuh.
    • Accel Stop (アクセルストップ Akuseru Sutoppu?) : Fitur pada devais untuk memberikan kecepatan seragam mode tempur, yang melebihi kecepatan maksimal manusia biasa. Jika diaktifkan, kecepatan seragam mode tempur meningkat, tetapi mengurangi ketahanan seragam.
  • Time Emblem (タイムエンブレム Taimu Enburemu?) : Badge yang dimiliki masing-masing Timeranger. Bukti mereka adalah polisi dari masa depan. Juga berfungsi untuk menciptakan penjara mini berbentuk tabung bagi musuh yang berhasil dibekukan.
  • Assault Vector (アサルトベクター Asaruto Bekutā?) : Kombinasi di Spark Vector dan Assault Mobile.
    • Double Vector (ダブルベクター Daburu Bekutā?) : Sepasang pedang yang terdiri atas Spark Vector (スパークベクター Supāku Bekutā?) yang merupakan pedang utama dan Arrow Vector (アローベクター Arō Bekutā?) yang memiliki ujung seperti panah dan ujungnya berupa simbol dari masing-masing Timeranger. Keduanya juga bisa disatukan membentuk Twin Vector (ツインベクター Tsuin Bekutā?).
    • Assault Mobile (アサルトモバイル Asaruto Mobairu?) : Alat yang diciptakan Sion untuk digabungkan dengan Spark Vector membentuk Assault Vector yang mampu menembakkan energi yang lebih besar.
  • Voltech Bazooka (ボルテックバズーカ Borutekku Bazūka?) : Kombinasi 5 senjata Vol.
    • VolBlaster (ボルブラスター Boruburasutā?): Senjata Vol Time Red. Merupakan senjata Vol terkuat yang ampuh dalam serangan jarak jauh.
    • VolLauncher (ボルランチャー Boruranchā?): Senjata Vol Time Blue. Merupakan senjata Vol terbesar yang mampu menembakkan energi laser.
    • VolPulsar (ボルパルサー Boruparusā?): Senjata Vol Time Green. Merupakan senjata Vol yang mampu menciptakan pelindung getar serta memiliki fungsi-fungsi lain di luar senjata Vol lainnya.
    • VolVulcan (ボルバルカン Borubarukan?): Senjata Vol Time Yellow. Merupakan senjata Vol yang ampuh dalam serangan jarak menengah.
    • VolSniper (ボルスナイパー Borusunaipā?): Senjata Vol Time Pink. Merupakan senjata Vol terkecil serta memiliki akurasi tinggi dalam tembakan.
  • DV Defender (DVディフェンダー Dī Bui Difendā?): Senjata utama Time Fire. Memiliki 3 mode berbeda dengan mengaktifkan mode kemampuan DV Change. Bentuk aslinya adalah sebuah pistol yaitu Defender Gun (ディフェンダーガン Difendā Gan?), lalu bisa diubah ke mode DV Vulcan (DVバルカン Dī Bui Barukan?) dengan mengaktifkan DV Vulcan (DVバルカン Dī Bui Barukan?). Bisa juga membentuk pedang yang terdapat di ujung pistol yaitu Defender Sword (ディフェンダーソード Difendā Sōdo?). Lalu Final Mode untuk serangan terakhirnya yaitu DV Re-Freezer (DVリフレイザー Dī Bui Rifureizā?).

Kendaraan[sunting | sunting sumber]

  • Chrono-Ship Yglieg : Pesawat antar waktu yang dinaiki Timeranger untuk melakukan perjalanan antar tahun 3000-2000.
  • Time Flyer (タイムフライヤー Taimu Furaiyā?) : Sebuah jet mini terbuka yang merupakan transportasi utama Timeranger untuk menuju lokasi pertempuran, dan juga transportasi untuk menaiki Time Jet.
  • City Defense Mecha Raimei (都市防衛メカ・ライメイ Toshi Bōei Meka Raimei?)

Sistem Darurat[sunting | sunting sumber]

  • Providus (プロバイダス Purobaidasu?)
  • Sistem Mecha 3D TimeJet:
    • TimeJet 1 (タイムジェット1 Taimujetto Wan?)
    • TimeJet 2 (タイムジェット2 Taimujetto Tsū?)
    • TimeJet 3 (タイムジェット3 Taimujetto Surī?)
    • TimeJet 4 (タイムジェット4 Taimujetto Fō?)
    • TimeJet 5 (タイムジェット5 Taimujetto Faibu?)
  • TimeShadow (タイムシャドウ Taimushadō?)
  • V-Rex (ブイレックス Bui Rekkusu?)

Keluarga Londers[sunting | sunting sumber]

Keluarga Londers (ロンダーズファミリー Rondāzu Famirī?) adalah penjahat di Timeranger.

  • Prisoner #35273, Don Dolnero (ドン・ドルネロ Don Dorunero?) (episode 1-47) : Makhluk berwujud separo katak yang bergaya ala mafioso godfather yang hanya memikirkan uang, meskipun ia juga memiliki perhatian penuh kepada keluarganya. Don Dolnero pada awalnya merupakan pemimpin kelompok mafia Dolnero Family (ドルネロズファミリ Dorunero Famirī?), ia akan dipenjara selama 1.000 tahun sebagai tahanan dengan kode #35.723, hingga gengnya mengambil alih penjara dan kembali ke waktu sebelumnya untuk melakukan berbagai kejahatan. Dengan bantuan Borg, ia mengambil alih perusahaan untuk membuat lebih banyak uang, mendirikan "bisnis perlindungan". Dia peduli terhadap rekan-rekannya, terutama Gien, yang stabilitas mentalnya agak terganggu dan seringkali menyangkutpautkan dirinya. Ketika Gien melepaskan Emboss, Dolnero menawarkan darahnya ke Timeranger sehingga City Guardian dapat membuat vaksin sebelum ia melunakkan Gien dengan alat sekrup khusus untuk menghentikannya bertindak terlalu jauh dalam kesenangan psikotik nya. Setelah sekrup itu dicabut dan dihancurkan, Dolnero mengevakuasi isi Penjara Londers sebelum pergi keluar untuk membuat Gien dapat keluar dari penderitaannya. Tetapi Dolnero tidak mampu berbuat itu dan hanya berujung kepada terbunuhnya ia sendiri. Di saat-saat terakhirnya, ia memberikan Timeranger para tahanan Londers yang tersisa di Penjara Londers.
  • Lila (リラ Rira?) (episode 1-47) : Seorang wanita yang merupakan tangan kanan Don Dolnero berambut merah jambu. Seorang gadis yang agak menjengkelkan yang kebetulan menjadi nyonya yang ahli menyamar dan memiliki keahlian menembak yang baik. Menjadi seorang gadis materialis, dia sering mencuri pakaian dan perhiasan yang sesuai dengan sikap mewah nya. Ia kebanyakan berada di dekat Don Dolnero karena ia memiliki dua hal yang dapat dipuja: uang dan kekuasaan. Ia mengakui bahwa ia sedikit menyukai Dolnero bahkan jika ia tidak memilikinya sekalipun. Setelah kematian Dolnero, Lila melarikan diri untuk bersembunyi dan menghilang sejak saat itu.
  • Gien (ギエン Gien?) : Robot ilmuwan jahat, yang terbilang gila dan sadis. Dia bertanggung jawab untuk membangun pasukan Zenitt yang dikirim kepada Timeranger. Gien yang berwujud cyborg, sebelumnya adalah anak manusia yang tidak mempunyai pendidikan yang berteman Don Dolnero pada tahun 2.990 ketika ia bersembunyi dari Keluarga Kuronz, yang hampir membunuh Gien karena menolak untuk mengungkapkan lokasi Dolnero kepada mereka. Dolnero menyelamatkan nyawanya melalui seorang temannya untuk mentransfer otak anak laki-laki tersebut ke dalam tubuh robot. Ada efek samping mengerikat yang ditimbulkan, yang masih membuat Gien semakin gila. Ia memiliki akses ke Tahanan Gerbang Neraka atau Hell's Gate Prisoner dan tidak peduli untuk hal apapun kecuali untuk kesenangan dirinya sendiri, kadang-kadang ia juga berani melawan perintah Don Dolnero. Dia juga membangun beberapa robot besar, yang didukung oleh kristal Lambda-2000 yang ia curi dari Laboratorium Kawasaki sebanyak dua kali. Dia juga mencoba untuk mengambil kendali dari V-Rex. Setelah melihat aksi G-Zord, Gien menciptakan perangkat untuk mengalirkan listrik dari G-Zord dan kemudian dari robot Timeranger. Hingga detik terakhir, Tatsuya datang untuk membantu teman-temannya, mengalahkan Gien sebelum menghancurkan perangkatnya. Meskipun G-Zord hancur, Gien menggunakan Lambda-2000 yang ia curi untuk memantapkan dirinya sebagai "Dewa Kehancuran". Don Dolnero akhirnya mencoba segalanya dengan kekuatannya untuk menghentikan Gien, namun hanya untuk mati sia-sia. Gien kemudian menjadi pilot robot NeoCrisis, yang merupakan ciptaannya bersamaan dengan ia menghancurkan segala sesuatu yang menghalangi jalannya. Setelah Tatsuya menyelamatkan masa depan dengan menghancurkan NeoCrisis, kenangan masa lalu Gien muncul kembali dan dia hancur menjadi pasir. Meskipun berkecenderungan sebagai psikotik jahat, Gien merupakan salah satu karakter yang tragis dalam seri.
  • Junk Droid Zenitts (ジャンクドロイド・ゼニット Janku Doroido Zenitto?) : Pasukan robot yang diciptakan oleh Gien dari sisa-sisa rongsokan besi, para Zenitts diaktifkan ketika seorang penjahat Londers melemparkan sekelompok mur dan baut yang kemudian berubah menjadi robot bermata satu. Zenitt dipersenjatai dengan pedang-seperti senapan dan dapat mengubah bentuk ke wujud manusia. Ketika Gien meninggalkan Dolnero, ia mengambil sebagian besar Zenitt bersamanya untuk membantu memuluskan rencananya.

Londers Prisoners[sunting | sunting sumber]

  • Mad Bomber Jecker (爆弾魔・ジェッカー Bakudanma Jekkā?) (episode 2)
  • Prisoner #3102, Cash Extortionist Keys (現金強奪犯・キース Genkin Gōdatsuhan Kīsu?) (episode 3)
  • Prisoner #203, Serial Kidnapper Nabal (連続誘拐犯・ナバル Renzoku Yūkaihan Nabaaru?) (episode 4)
  • Prisoner #30170, Hitman Mad Blast (殺し屋・マッドブラスト Koroshiya Maddo Burasuto?) (episode 5)
  • Prisoner #02475, Jewel Thief Rouge (宝石窃盗犯・ルージェ Hōseki Settoōhan Rūje?) (episode 6)
  • Prisoner #4101, Corrupted Medicine Doc (悪徳殺人医・ドク Akutoku Satsujini Doku?) (episode 7)
  • Prisoner #53, Hijacker Nabokov (ハイジャック犯・ナボコフ Haijakkuhan Nabokofu?) (episode 8)
  • Corrupted Officer Arnold-K (悪徳警察官・アーノルドK Akutoku Keisatsukan Ānorudo-Kei?) (episode 9)
  • Mercanary Org (傭兵・オーグ Yōhei Ōgu?) (episode 10)
  • Prisoner #8, Sadist Gougan (愉快犯・ゴウガン Yukaihan Gōgan?) (episode 11)
  • Blackmailer Gaymark (恐喝犯・ゲーマルク Kyōkatsuhan Gēmaruku?) (episode 12 dan 45)
  • Prisoner #614, Gambler Velito (賭博師・ベリト Tobakushi Berito?) (episode 13)
  • Prisoner #296, Sniper Reihou (スナイパー・レイホウ Sunaipā Reihō?) (episode 15)
  • Gourmet Pyromaniac Vincent (美食放火魔・ビンセント Bishoku Hōkama Binsento?) (episode 16)
  • Blackmailing School Gang Leader Flan (恐喝番長・フラン Kyōkatsu Banchō Furan?) (episode 17 dan 38)
  • Terrorist Sandoora (テロリスト・サンドーラ Terorisuto Sandōra?) (episode 18 dan 38)
  • Prisoner #8215, Bodyguard Hydrid (用心棒・ハイドリッド Yōjinbō Haidoriddo?) (episode 21 dan 38)
  • Marriage Swindler Barbera (結婚詐欺師・バーベラ Kekkon Sagishi Bābera?) (episode 22 dan 38)
  • Prisoner #2707, Energy Thief Uugo (エネルギー窃盗犯・ウーゴ Enerugī Settōhan Ūgo?) (episode 23)
  • Assaulter Borg (傷害犯・ボーグ Shōgaihan Bōgu?) (episode 24)
  • Prisoner #1524, Mad Scientist Genbu (狂気の科学者・ゲンブ Kyōki no Kagakusha Genbu?) (episode 25-26)
  • Prisoner #1257, Beautician Domiiro (エステティシャン・ドミーロ Esutetishan Domīro?) (episode 27 dan 38)
  • Arms Smuggler Hammer (武器密売人・ハマー Buki Mitsubainin Hamā?) (episode 29)
  • Poacher Master Hunter (密猟者・マスターハンター Mitsuryōsha Masutā Hantā?) (episode 30 dan 38)
  • Prisoner #0621, Counselor Zektar (カウンセラー・ゼクター Kaunserā Zakutā?) (episode 31)
  • Corrupted Financier Dogoal (悪徳金融業者・ドゴール Akutoku Kinyū Gyōsha Dogōru?) (episode 33)
  • Prisoner #0139, Stalker Detective Abel (ストーカー刑事・アベル Stōkā Keiji Aberu?) (episode 34)
  • Hacker Yuugento (ハッカー・ユーゲント Hakkā Yūgento?) (episode 35 dan 38)
  • Boribaru (Timeranger vs. Go Go V)
  • Londars Relatives (Timeranger vs. Go Go V):
    • Dogoal's Twin Brother, Real (Rearu)
    • Reihou's Twin Sister, Lupia (Rupia)
    • Orgu's Identical Uncle, Bats (Baatsu)
    • Gaymark's Identical Cousin, Dinal (Dinaaru)
    • Blaster Mad's Identical Neighbor, Sealing (Shiringu)
  • Arms Dealer Banjan (武器商人・バンジャン Buki Shōnin Banjan?) (episode 36)
  • Saboteur Mayden (破壊工作員・メイデン Hakai Kōsakuin Meiden?) (episode 37)
  • Activist of Spirit Glokun (魂の活動屋・グロカン Tamashii no Katsudōya Gurokan?) (episode 38)
  • Serial Thief Dova (連続窃盗犯・ドーバ Renzoku Settōhan Dōba?) (episode 40)
  • Prisoner #4288, Prophet Strauss (予言者・ストラウス Yogensha Sutorausu?) (episode 41)
  • Computer Engineer Gate (コンピューターエンジニア・ゲート Konpyūtā Enjinia Gēto?) (episode 46)

Hell's Gate Prisoners[sunting | sunting sumber]

  • Prisoner #2034, Hell's Gate Prisoner Blaster Mad (ヘルズゲート囚・ブラスターマドウ Heruzu Gēto Shū Burasutā Madō?) (episode 20)
  • Hell's Gate Prisoner Jagul (ヘルズゲート囚・ジャグル Heruzu Gēto Shū Jaguru?) (episode 28 dan 38)
  • Prisoner #7181, Hell's Gate Prisoner Emboss (ヘルズゲート囚・エンボス Heruzu Gēto Shū Enbosu?) (episode 39)
  • Hell's Gate Prisoner Harbal (ヘルズゲート囚・ハーバル Heruzu Gēto Shū Hābaru?) (episode 42)

Robot Gien[sunting | sunting sumber]

  • Senjata di Destruksi Nova (破壊兵器・ノヴァ Hakai Heiki Nova?) (episode 18-19)
  • Mecha Crisis (メカ・クライシス Mrka Kuraishisu?) (episode 46-47)
  • Neo-Crisis (ネオ・クライシス Neo Kuraishisu?) (episode 48-50)

Lain[sunting | sunting sumber]

  • G-Zord (episode 43-44)

Episode (Case Files)[sunting | sunting sumber]

  1. The Time Fugitives (時の逃亡者 Toki no Tōbōsha?)
  2. The Unseen Future (見えない未来 Mienai Mirai?)
  3. Acceleration of Dreams (夢の加速度 Yume no Kasokudo?)
  4. The Hostage is an Alien (人質は異星人 Hitojichi wa Iseijin?)
  5. The Third Combination (第3の合体 Daisan no Gattai?)
  6. The Fabricated Invitee (偽りの招待客 Itsuwari no Shōtaikyaku?)
  7. Domon Hospitalized (ドモン入院中 Domon Nyūinchū?)
  8. An Artistic Explosion (芸術に爆発を Geijutsu ni Bakuhatsu o?)
  9. The Don's Depression (ドンの憂鬱 Don no Yūutsu?)
  10. The Escape to Tomorrow (明日への脱出 Ashita e no Dasshutsu?)
  11. Death-Fight Town (死闘の町 Shitō no Machi?)
  12. Wish Upon a Star (星に願いを Hoshi ni Negai o?)
  13. Battle Casino (バトルカジノ Batoru Kajino?)
  14. Dead Heat (デッドヒート Deddo Hīto?)
  15. Sniper Searching (狙撃手(スナイパー)を探せ Sunaipā o Sagase?)
  16. A Soba Dream (そばにある夢 Soba ni Aru Yume?)
  17. The Twisted Holy Fist (ねじれた正拳 Nejireta Seiken?)
  18. A Shadowy Premonition (影の予感 Kage no Yokan?)
  19. The Moonlight Knight (月下の騎士 Gekka no Kishi?)
  20. The Renewed Bond (新たなる絆 Aratanaru Kizuna?)
  21. Sion's Style (シオンの流儀 Shion no Ryūgi?)
  22. Pink Temptation (桃色の誘惑 Momoiro no Yūwaku?)
  23. Beat Up (ビートアップ Bīto Appu?)
  24. Yellow, Sometimes Blue (黄色、時々青 Kiiro, Tokidoki Ao?)
  25. Broken Trust (途切れた信頼 Togireta Shinrai?)
  26. The Countdown of Trust (信頼の秒読み(カウントダウン) Shinrai no Kauntodaun?)
  27. The Small Hometown (小さな故郷 Chiisa na Kokyō?)
  28. A Time of Reunion (再会の時 Saikai no Toki?)
  29. The Fiery New Warrior (炎の新戦士 Honō no Shin Senshi?)
  30. Report Cries of Fire (届け炎の叫び Todoke Honō no Sakebi?)
  31. The Straying Game (迷走ゲーム Meisō Gēmu?)
  32. Save the Criminal (犯罪者を救え Hanzaisha o Sukue?)
  33. Little Lady (リトルレディ Ritoru Redi?)
  34. As-sass-in (暗・殺・者 An-satsu-sha?)
  35. Tomorrow Isn't Coming (明日が来ない Ashita ga Konai?)
  36. Honest, as It Is (素顔のままで Sugao no Mama de?)
  37. Targeted Power (狙われた力 Nerawareta Chikara?)
  38. Good Night (ぐっどないと Guddo Naito?)
  39. A Lie Soaked in Rain (雨に濡れた嘘 Ame ni Nureta Uso?)
  40. Ayase Retires!? (アヤセ脱退!? Ayase Dattai!??)
  41. Expose the Prophet (予言者を暴け Yogensha o Abake?)
  42. The Fallen Angel of Destruction (破壊の堕天使 Hakai no Datenshi?)
  43. The History Revision Order (歴史修正指令 Rekishi Shūsei Shirei?)
  44. The Revolt Against Time (時への反逆 Toki e no Hangyaku?)
  45. The End! TR (Tomorrow Research) (終末!TR(トゥモローリサーチ) Shūmatsu! Tī Āru (Tumorō Risāchi)?)
  46. The Future is no More (未来への断絶 Mirai e no Danzetsu?)
  47. The Don's End (ドンの最期 Don no Saigo?)
  48. The Return to the Future (未来への帰還 Mirai e no Kikan?)
  49. Beyond the Millennium (千年を越えて Sennen o Koete?)
  50. To an Infinite Tomorrow (無限の明日へ Mugen no Ashita e?)
  51. Super Sentai Big Gathering (Special Compilation) (スーパー戦隊大集合(特別編) Sūpā Sentai Dai Shūgō (Tokubetsu Hen)?)

Spesial[sunting | sunting sumber]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Tatsuya Asami / TimeRed, Kapten Ryuya: Masaru Nagai (永井 大 Nagai Masaru?) (Diperankan sebagai "永井 マサル")
  • Yuuri / TimePink: Mika Katsumura (勝村 美香 Katsumura Mika?)
  • Ayase / TimeBlue: Yuji Kido (城戸 裕次 Kido Yūji?)
  • Domon / TimeYellow: Shuhei Izumi (和泉 宗兵 Izumi Shūhei?) (Diperankan sebagai Tomohide Koizumi (小泉 朋英 Koizumi Tomohide?))
  • Sion / TimeGreen: Masahiro Kuranuki (倉貫 匡弘 Kuranuki Masahiro?)
  • Naoto Takizawa / TimeFire: Shinji Kasahara (笠原 紳司 Kasahara Shinji?)
  • Wataru Asami: Fujita Okamoto (岡本 富士太 Okamoto Fujita?)
  • Lila: Asami Kuru (久瑠 あさ美 Kuru Asami?)
  • Don Dornelo: Ryuzaburo Otomo (大友 龍三郎 Ōtomo Ryūzaburō?)
  • Gien: Koji Tobe (戸部 公爾 Tobe Kōji?)

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Aktor Bersetelan[sunting | sunting sumber]

  • TimeRed (utama): Seiji Takaiwa (高岩 成二 Takaiwa Seiji?)
  • TimePink (utama): Motokuni Nakagawa (中川 素州 Nakagawa Motokuni?)
  • TimeBlue, V-Rex, V-Rex Robo: Yasuhiro Takeuchi (竹内 康博 Takeuchi Yasuhiro?)
  • TimeYellow (utama), TimeRobo / TimeRobo Shadow: Hideaki Kusaka (日下 秀昭 Kusaka Hideaki?)
  • TimeGreen (utama): Yuichi Hachisuka (蜂須賀 祐一 Hachisuka Yūichi?)
  • TimePink (sub), TimeGreen (sub): Naoko Kamio (神尾 直子 Kamio Naoko?)
  • TimeFire (utama), Gien, TimeYellow (sub): Yasuhiko Imai (今井 靖彦 Imai Yasuhiko?)
  • TimeFire (sub), TimeRed (sub): Hirofumi Fukuzawa (福沢 博文 Fukuzawa Hirofumi?)
  • Don Dornelo: Osamu Onishi (大西 修 Ōnishi Osamu?)

Lagu[sunting | sunting sumber]

Lagu pembuka
  • "JIKU ~Mirai Sentai Timeranger~" (JIKŪ ~未来戦隊タイムレンジャー~ Jikū ~Mirai Sentai Taimurenjā~?)
Lagu penutup
  • "Into Time" (時の彼方へ Toki no Kanata e?)
    • Lirikis: Shoichi Yoshii (吉井 省一 Yoshii Shōichi?)
    • Komponis dan Aransemen: Koichiro Kameyama
    • Penyanyi: NAT'S

Catatan[sunting | sunting sumber]

Pada versi Amerika Serikat, panjangnya Timeranger adalah kegunaan dari Power Rangers: Time Force yang dibuat oleh Saban Entertainment (sekarang BVS Entertainment).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Go Go V
Super Sentai
2000 – 2001
Diteruskan oleh:
Gaoranger