Portal:Ilmu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Budaya
Budaya
Filsafat
Filsafat
Geografi
Geografi
Ilmu
Ilmu
Indonesia
Indonesia
Masyarakat
Masyarakat
Matematika
Matematika
Sejarah
Sejarah
Seni
Seni
Teknologi
Teknologi
Tokoh
Tokoh

Portal Ilmu

sunting   

Selamat datang di Portal Ilmu Wikipedia bahasa Indonesia!

Ilmu
Ilmu (atau ilmu pengetahuan) adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya. Ilmu bukan sekedar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu pengetahuan adalah produk dari epistemologi.
Petir
Petir merupakan pelepasan muatan elektrostatis yang muncul akibat hujan badai. Pelepasan muatan ini diikuti dengan pemancaran cahaya, disertai suara ledakan dan radiasi elektromagnetik dalam bentuk lain. Dan merupakan berbedaan muatan positif dengan negatif antara awan tebal satu dengan yang lainnya.
sunting   

Star*.svg Ilmuwan pilihan

Carolus Linnaeus tahun 1775, lukisan oleh Alexander Roslin

Carolus Linnaeus atau Carl (von) Linné (Älmhult, 23 Mei 1707Uppsala, 10 Januari 1778) adalah seorang ilmuwan Swedia yang meletakkan dasar tatanama biologi(takson/ taksonomi). Ia dikenal sebagai "bapak taksonomi modern" dan juga merupakan salah satu bapak ekologi modern. Linnaeus ialah ahli botani yang paling dihormati pada masanya, dan ia juga terkenal dengan kemampuan bahasanya. Selain menjadi ahli botani, Linnaeus juga ahli dalam zoologi dan adalah seorang dokter. Carolus Linnaeus lahir di Paroki Stenbrohult (sekarang termasuk wilayah administrasi Älmhult), di bagian selatan Swedia. Ayahnya bernama Nils Ingemarsson Linnaeus dan ibunya bernama Christina Brodersonia. Sejak kecil Linnaeus dilatih menjadi seorang anggota gereja yang setia, sebagaimana ayahnya dan kakeknya (dari ibu), namun ia kurang bersemangat mengikuti kegiatan tersebut. Ketertarikannya dalam studi botani sempat membuat seorang dokter dari kotanya terpesona dan ia dikirim untuk bersekolah di Universitas Lund—universitas terdekat, kemudian pindah ke Universitas Uppsala setelah satu tahun. (Selengkapnya...)

Cartella blu.jpg
Question mark alternate.svg
sunting    
Cartella blu.jpg
ProyekWiki terkait
Nuvola apps knewsticker.png
sunting    
Science-symbol-2.png

ProyekWiki Menrva, ProyekWiki yang ditujukan untuk meningkatkan artikel-artikel bertopik ilmu di Wikipedia.

sunting   

Portal terkait

sunting   

Wikiportal lainnya