Carl Sagan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Carl Sagan
Lahir 9 November 1934
Brooklyn, New York, AS
Meninggal 20 Desember 1996 (umur 62)
Seattle, Washington, U.S.
Tempat tinggal Ithaca, New York, U.S.[butuh rujukan]
Kebangsaan Amerika Serikat
Bidang Astronomi dan ilmu keplanetan
Institusi Cornell University
Harvard University
Alma mater Universitas Chicago
Dikenal atas Search for Extra-Terrestrial Intelligence (SETI)
Cosmos: A Personal Voyage
Voyager Golden Record
Pioneer plaque
Contact
Penghargaan Oersted Medal (1990)
NASA Distinguished Public Service Medal (dua kali)
Pulitzer Prize for General Non-Fiction (1978)
NAS Public Welfare Medal (1994)

Carl Edward Sagan (lahir di Brooklyn, New York,Amerika Serikat, 9 November 1934 – meninggal di Seattle, Washington, AS, 20 Desember 1996 pada umur 62 tahun) adalah seorang astronom Amerika Serikat dan dikenal sebagai orang yang gigih memopulerkan sains. Ia memelopori disiplin ilmu eksobiologi dan penggagas upaya pencarian makhluk cerdas dari luar angkasa (Search for ExtraTerrestrial Intelligence/SETI). Ia dikenal di seluruh dunia karena buku-buku best-seller dengan tema sains populer yang ia tulis.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Carl Sagan lahir di Brooklyn, New York, pada tanggal 9 November 1934. Ayahnya bekerja sebagai pegawai garmen, sementara ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Masa-masa kecil Sagan tidaklah terlalu beruntung jika dilihat dari gaji orangtuanya saat itu. Sagan menjalani masa-masa kuliah di Universitas Chicago, tempat di mana ia mendapatkan gelar sarjana (pada 1955) dan master (1956) di bidang fisika, sebelum ia memperoleh gelar doktoralnya di bidang astronomi dan astrofisika pada 1960 di tempat yang sama. Ia mengajar di Universitas Harvard hingga tahun 1968, kemudian pindah ke Universitas Cornell. Sagan kemudian menjadi profesor penuh di Universitas Cornell pada 1971 dan memimpin laboratorium di sana.

Ia banyak berkontribusi pada sebagian besar misi luar angkasa tak berawak yang bertugas mengeksplorasi tata surya. Ia pernah mengajukan suatu gagasan tentang pencantuman pesan universal yang tidak dapat dihapus pada suatu pesawat luar angkasa yang beranjak meninggalkan tata surya dan dapat dipahami oleh makhluk cerdas luar angkasa yang (mungkin) akan menemukannya. Pesan pertama yang pernah dikirim ke luar angkasa berupa plakat emas berukir yang dipasang di satelit luar angkasa, Pioneer 10. Ia terus memperbaiki rancangannya dan terlibat cukup intens pada rancangan pesan Voyager Golden Record yang dikirim bersama satelit luar angkasa Voyager.

Sagan juga termasuk orang pertama yang berpendapat bahwa bulan yang dimiliki Planet Saturnus dan Jupiter yaitu Titan dan Europa, kemungkinan besar memiliki laut (pada kasus Europa berupa laut bawah tanah) atau danau. Ia pun berpendapat bahwa laut air Europa sangat berpotensi bagi tumbuh berkembangnya suatu kehidupan. Belakangan, keberadaan laut bawah tanah Europa secara tidak langsung dikonfirmasi oleh pesawat luar angkasa Galileo.

Beberapa pemikirannya yang lain, misalnya tentang atmosfer Planet Venus, perubahan iklim di Planet Mars, dan bulan yang dimiliki oleh Planet Saturnus yaitu Titan. Sagan meyakini bahwa Venus memiliki atmosfer yang sangat panas dan padat. Ia juga merasa bahwa pemanasan global di Bumi sebagai bahaya buatan manusia yang semakin mengkhawatirkan ini, hampir mirip dengan perkembangan alamiah yang terjadi di Planet Venus yang sangat panas dan tidak bersahabat. Ia pun berpendapat bahwa perubahan iklim di Planet Mars lebih disebabkan oleh angin yang berdebu, dan bukannya oleh perubahan vegetasi, sebagaimana yang biasa dikemukakan oleh ilmuwan lainnya.

Sagan adalah pendukung segala upaya pencarian kehidupan cerdas luar angkasa. Ia pernah mendesak komunitas ilmiah untuk secara lebih serius mengamati sinyal-sinyal yang berasal dari makhluk cerdas luar angkasa dengan menggunakan teleskop radio berukuran besar. Sagan pernah menjadi pemimpin redaktur jurnal Icarus (jurnal profesional yang menaruh perhatian terhadap penelitian mengenai planet) selama 12 tahun. Ia turut membentuk Planetary Society dan salah satu anggota dewan pengawas SETI Institute.

Sagan banyak dipuji karena kelihaiannya dalam menyampaikan gagasan-gagasannya mengenai kosmos sehingga mudah dipahami oleh orang awam. Ia pernah menulis buku berjudul "Cosmos" (bersama istrinya) sekaligus menjadi narator dalam 13 episode versi televisinya. Ia juga menulis beberapa buku bertemakan sains populer seperti The Dragons of Eden (mendapat penghargaan Pulitzer), Broca's Brain, The Cosmic Connection, dan lain-lain, dan sebuah novel berjudul Contact, yang menjadi best-seller dan telah diadaptasi ke dalam layar lebar dengan judul yang sama pada 1997. Film ini dibintangi oleh aktris Jodie Foster dan memenangkan Penghargaan Hugo.

Ia lalu menulis sekuel dari Cosmos dengan judul Pale Blue Dot: A Vision of the Human Future in Space, yang terpilih sebagai salah satu buku terkemuka versi The New York Times pada 1995. Carl Sagan juga menulis kata pengantar dalam buku laris karya Stephen Hawking yang berjudul A Brief History of Time.

Sagan telah mengalami tiga kali pernikahan; istri pertamanya adalah ahli biologi terkenal, Lynn Margulis pada 1957, lalu seniman Linda Salzman pada 1968, dan penulis Ann Druyan pada 1981, yang menjadi pendampingnya hingga ia mengembuskan napas terakhir.

Setelah bergulat sekian lama melawan penyakit myelodysplasia yang dideritanya, Sagan akhirnya meninggal di usia 62 tahun, pada tanggal 20 Desember 1996, di Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson, Washington. Pada tanggal 5 Juli 1997, sebagai penghormatan terhadap Carl Sagan, lokasi pendaratan pesawat luar angkasa tanpa awak Mars Pathfinder dinamai Carl Sagan Memorial Station. Nama Asteroid 2709 Sagan juga diberikan untuk mengenang sosoknya.

Pada 1997, film Contact, yang diadaptasi dari novelnya dengan judul yang sama, dan selesai setelah kematian Sagan, didedikasikan untuk Sagan dan ditunjukkan dengan tulisan For Carl di akhir ceritanya. Pada salah satu episode Star Trek: Enterprise, sebuah adegan singkat memperlihatkan relik kendaraan Sojourner yang merupakan bagian dari misi Mars Pathfinder, ditempatkan oleh suatu alat di Carl Sagan Memorial Station, di permukaan planet Mars. Pada alat itu tercantum tulisan yang diambil dari salah satu ucapan Sagan yang cukup terkenal, "Apa pun alasanmu berada di Mars, saya bahagia kamu ada di sana, dan saya berharap saya ada di sana denganmu.

Sumber buku[sunting | sunting sumber]

  • Davidson, Keay (1999). Carl Sagan: A Life. New York: John Wiley & Sons. hlm. 33–41. ISBN 0471252867. 
  • Head, Tom (ed.) (2005). Conversations with Carl Sagan. Jackson, Mississippi: University Press of Mississippi. ISBN 1578067367. 
  • Poundstone, William (1999). Carl Sagan: A Life in the Cosmos. New York: Henry Holt & Company. ISBN 0805057668. 
  • Morrison, David (2006). "Carl Sagan: The People's Astronomer" (PDF). AmeriQuests 3 (2). 
  • Achenbach, Joel (1999). Captured by Aliens: the search for life and truth in a very large universe. New York: Simon & Schuster. ISBN 0-684-84856-2. [Includes detailed account of Sagan's role in the search for extraterrestrial life. Ringkasan] Check |url= scheme (help). 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]