Portal:Kimia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Portal Kimia
sunting   

Selamat datang di Portal Kimia

Kimia

Kimia (dari bahasa Arab كيمياء "seni transformasi" dan bahasa Yunani χημεία khemeia "alkimia")atau Alchemi dalam bahasa inggris adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik. Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antaratom.

Kimia sering disebut sebagai "ilmu pusat" karena menghubungkan berbagai ilmu lain, seperti fisika, ilmu bahan, nanoteknologi, biologi, farmasi, kedokteran, bioinformatika, dan geologi. Koneksi ini timbul melalui berbagai subdisiplin yang memanfaatkan konsep-konsep dari berbagai disiplin ilmu. Sebagai contoh, kimia fisik melibatkan penerapan prinsip-prinsip fisika terhadap materi pada tingkat atom dan molekul.

Selpologne.jpg

Dalam ilmu kimia, garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Komponen kation dan anion ini dapat berupa senyawa anorganik seperti klorida (Cl), dan bisa juga berupa senyawa organik seperti asetat (CH3COO) dan ion monoatomik seperti fluorida (F), serta ion poliatomik seperti sulfat (SO42−). Natrium klorida (NaCl), bahan utama garam dapur adalah suatu garam.

Ada banyak macam-macam garam. Garam yang terhidrolisa dan membentuk ion hidroksida ketika dilarutkan dalam air maka dinamakan garam basa. Garam yang terhidrolisa dan membentuk ion hidronium di air disebut sebagai garam asam. Garam netral adalah garam yang bukan garam asam maupun garam basa. Larutan Zwitterion mempunyai sebuah anionik dan kationik di tengah di molekul yang sama, tapi tidak disebut sebagai garam. Contohnya adalah asam amino, metabolit, peptida, dan protein.

Artikel pilihan sebelumnya: lainnya...

sunting   

Gambar pilihan

Incandescence.jpg

Energi aktivasi adalah energi yang diperlukan agar sebuah reaksi kimia bisa terjadi. Disini, bunga api yang dihasilkan baja yang bergesekan dengan ferroserium menyediakan energi aktivasi untuk menghidupkan pembakaran pada pembakar Bunsen. Api biru bunsen akan bertahan dengan sendirinya setelah bunga api hilang.

(Selengkapnya...)

sunting   

Tokoh pilihan

Alfred Nobel

Alfred Bernhard Nobel (Stockholm, 21 Oktober 1833San Remo, 10 Desember 1896) ialah seorang kimiawan, insinyur, dan pebisnis asal Swedia. Ia adalah penemu dinamit, dan ia memiliki sebuah perusahaan senjata. Dalam surat wasiatnya, dia mewakafkan hartanya untuk membuat Penghargaan Nobel. Unsur kimia buatan bernomor atom 102 diberi nama Nobelium untuk menghormatinya. (selengkapnya...)

sunting   

Tahukah anda?

sunting   

Pranala luar

sunting   

Belajar kimia di wikipedia

sunting   

Tabel periodik unsur-unsur

sunting   

Portal terkait

sunting   

Kimia dalam proyek Wikimedia

sunting   

Wikiportal lainnya