Portal:Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Budaya
Budaya
Filsafat
Filsafat
Geografi
Geografi
Ilmu
Ilmu
Indonesia
Indonesia
Masyarakat
Masyarakat
Matematika
Matematika
Sejarah
Sejarah
Seni
Seni
Teknologi
Teknologi
Tokoh
Tokoh
Coat of Indonesia.png

Wikiportal Indonesia

Bendera Republik Indonesia
Lambang Republik Indonesia
Lokasi di peta dunia

Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di Asia Tenggara. Melintang di katulistiwa antara benua Asia dan Australia serta antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Indonesia berbatasan dengan Malaysia di utara pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di timur pulau Papua dan dengan Timor Timur di utara pulau Timor.

Indonesia memiliki 18.000 lebih pulau (sekitar 6000 tidak berpenghuni) yang menyebar sekitar katulistiwa, memberikan cuaca tropis. Pulau terpadat penduduknya adalah pulau Jawa, di mana setengah populasi Indonesia hidup. Indonesia terdiri dari 5 pulau besar, yaitu: Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Irian Jaya.

Lokasi Indonesia juga terletak di lempeng tektonik yang berarti Indonesia sering terkena gempa bumi dan juga menimbulkan tsunami. Indonesia juga banyak memiliki gunung berapi, salah satu yang sangat terkenal adalah gunung Krakatau, terletak antara pulau Sumatra dan Jawa.

Penduduk Indonesia dapat dibagi secara kasar kepada dua kelompok. Di bagian barat Indonesia penduduknya kebanyakan adalah suku Melayu sementara di timur adalah suku Papua, yang mempunyai akar di kepulauan Melanesia. Banyak penduduk Indonesia yang menyatakan dirinya sebagai bagian dari kelompok suku yang lebih spesifik, yang dibagi menurut bahasa dan asal daerah, misalnya Jawa, Sunda atau Batak.

Tentang Indonesia...
Selectedstarindo.png

Artikel Pilihan

Bumimanusia big.gif

Bumi Manusia adalah buku pertama dari Tetralogi Buru karya Pramoedya Ananta Toer yang pertama kali diterbitkan oleh Hasta Mitra pada tahun 1980. Buku ini ditulis Pramoedya Ananta Toer ketika masih mendekam di Pulau Buru. Sebelum ditulis pada tahun 1975, sejak tahun 1973 terlebih dahulu telah diceritakan ulang kepada teman-temannya. Setelah diterbitkan, Bumi Manusia kemudian dilarang beredar setahun kemudian atas perintah Jaksa Agung. Sebelum dilarang, buku ini sukses dengan 10 kali cetak ulang dalam setahun pada 1980-1981. Sampai tahun 2005, buku ini telah diterbitkan dalam 33 bahasa. Pada September 2005, buku ini diterbitkan kembali di Indonesia oleh Lentera Dipantara.

(Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Jakarta · Herman Willem Daendels · Sosrobahu · lainnya...

Xmag.png

Gambar Pilihan

Nicolaas Pieneman - The Submission of Prince Dipo Negoro to General De Kock.jpg

Pangeran Diponegoro adalah salah seorang pahlawan nasional Republik Indonesia. Gambar pilihan ini melukisankan Persitiwa Penangkapan Pangeran Diponegoro oleh VOC ketika dikelabui oleh mereka dengan dalih perundingan.

Foto oleh: MichaelJLowe.

Cartella blu.jpg
Kategori
Xmag.png
sunting    


Cartella blu.jpg
Artikel
Article.gif
sunting    
Cartella blu.jpg
Berita
Nuvola apps knewsticker.png
sunting    
Cartella blu.jpg
Tahukah Anda...
Nuvola apps kpdf.png
sunting    
  • "... bahwa di negara bagian Alaska, Amerika Serikat terdapat kota yang bernama Deadhorse, sementara di Kota Ambon, Indonesia, terdapat wilayah yang dinamai Kudamati?"
  • "... bahwa Stasiun Nagreg di Jawa Barat merupakan stasiun kereta api tertinggi di Indonesia yang masih beroperasi? Tinggi stasiun ini adalah 848 meter di atas permukaan laut."
  • " ... bahwa kota-kota di Jawa Barat tidak pernah menggunakan nama Hayam Wuruk dan Gajah Mada sebagai nama jalan, padahal pemberian nama seperti itu adalah suatu yang umum terjadi pada jalan-jalan di di kota-kota di Indonesia? Konon hal ini terjadi karena dendam suku Sunda terhadap tragedi Perang Bubat tahun 1357 M."
  • "... bahwa Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang pernah keluar dari keanggotaan PBB untuk kemudian masuk lagi?"
  • "... bahwa tiga dari enam Presiden Indonesia dilahirkan di Provinsi Jawa Timur?"
  • "... bahwa Kalimantan pada asalnya merujuk kepada keseluruhan Pulau Borneo, dan bukan wilayah Indonesia kini saja?"-->
  • "... bahwa pemerintah Indonesia harus menalangi tak kurang dari Rp660 triliun jaminan terhadap dana masyarakat ketika terjadinya "krismon"? Angka ini mencapai 60% dari PDB Indonesia tahun 1999 dan termahal dalam sejarah pemulihan perbankan di dunia."
  • "...bahwa Jakarta sudah tujuh kali berganti nama, yaitu Sunda Kelapa - Jayakarta - Batavia - Betawi - Jacatra - Jayakarta - Jakarta?"
  • "... bahwa sepertiga presiden Indonesia mempunyai gelar doktor akademik? Keduanya adalah BJ Habibie dan Susilo Bambang Yudhoyono, sementara itu, dari 43 orang presiden AS hanya Woodrow Wilson yang mempunyai gelar doktor akademik."
  • "... bahwa Indonesia pernah masuk Piala Dunia tapi dengan nama Hindia-Belanda?"
  • "... bahwa Indonesia memiliki taman nasional Komodo salah satu hewan purba."




Topik Indonesia