Portal:Musik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Selamat datang di
Portal Musik
Jenis musik Musik Alat musik Musik Musik Musik Grup musik Musik Seniman musik
sunting   

Pendahuluan

sunting   

Artikel pilihan

Adele menyanyikan lagu "Someone Like You".

Adele Laurie Blue Adkins atau dikenal sebagai Adele (lahir 5 Mei 1988 di Tottenham, London) adalah penyanyi pop/blues dan soul serta penulis lagu dari Inggris yang memiliki suara kontralto. Sejak album debutnya, 19, Adele telah menerima banyak pengakuan baik secara komersial dan kritis. Album tersebut memulai debutnya di nomor satu dan telah disertifikasi 4x platinum di Inggris. Pada Grammy Awards tahun 2009, Adele memenangkan penghargaan untuk Pendatang Baru Terbaik dan Penampilan Vokal Pop Terbaik.

Adele merilis album keduanya, 21 pada tanggal 24 Januari 2011 di Inggris dan 22 Februari di Amerika Serikat. Album ini sukses baik secara kritis dan komersial, menjual 208.000 kopi dalam minggu pertama di Inggris dan memulai debutnya pada nomor satu di UK Singles Chart, posisi tersebut berhasil bertahan selama enam belas minggu. Di Inggris, 21 telah disertifikasi 10x Platinum untuk penjualan sebesar 3 juta unit. Album ini memulai debutnya di nomor satu Billboard 200 di Amerika Serikat, menjual 352.000 kopi dalam minggu pertama. Album ini berada di nomor satu di tangga lagu 17 negara Eropa dan Amerika Serikat (Selengkapnya...)

sunting   

Album pilihan

Adele menyanyikan lagu "Someone Like You".

Teenage Dream adalah album studio ketiga oleh penyanyi Amerika Serikat, Katy Perry. Album ini dirilis di Amerika Serikat pada 24 Agustus 2010 dan memulai debutnya di nomor satu Billboard 200, menjual 192.000 kopi dalam minggu pertama. Teenage Dream telah melahirkan lima singel, masing-masing telah mencapai kesuksesan di tangga lagu. Singel yang dikeluarkan antara lain "California Gurls" yang menampilkan Snoop Dogg, "Teenage Dream", "Firework", "E.T." yang menampilkan Kanye West dan "Last Friday Night (T.G.I.F.)", yang semuanya menjadi hits internasional, masing-masing memuncak di nomor satu Billboard Hot 100 dan juga menempati puncak tangga lagu di negara lain. Semua singelnya juga menduduki puncak tangga lagu Digital dan Dance. Dengan singel kelima "Last Friday Night (T.G.I.F.)" yang menduduki puncak tangga lagu Hot 100, Katy Perry menjadi satu-satunya wanita dalam sejarah 53 tahun Billboard karena memiliki lima lagu dari album yang sama, yang telah menempati No. 1 di Hot 100. Sebelum itu, hanya Michael Jackson yang telah memenangkan pencapaian tersebut dengan albumnya, Bad, antara tahun 1987-1988. Selain itu, lagu "Peacock" meskipun tidak dirilis sebagai singel, juga telah mencapai nomor satu di tangga lagu Hot Dance Club. (Selengkapnya...)

sunting   

Gambar pilihan

We Found Love - Single.jpg


We Found Love adalah single pertama dari album Talk That Talk oleh Rihanna, lagu ini menampilkan penyanyi dan penulis lagu Calvin Harris asal Skotlandia. Lagu ini berhasil mencapai posisi #1 pada tangga lagu dunia termasuk Billboard Hot 100 selama 8 minggu, merupakan posisi terlama selama tahun 2011 setelah lagu Someone Like You oleh Adele selama 7 minggu. Lagu ini berjenis musik electro house dan dance-pop.

sunting   

Musik pilihan

Tentang suara ini Symphonie 5 c-moll - Allegro con brio

Herry Rajasa

sunting   

Alat Musik pilihan

Angklung.jpg

Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat berbahasa Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil. Angklung terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010.

sunting   

Musikus pilihan

Ludwig van Beethoven, sekitar tahun 1804.

Ludwig van Beethoven (dibaptis 17 Desember 1770 di Bonn, wafat 26 Maret 1827 di Wina) adalah seorang komponis musik klasik dari Jerman. Karyanya yang terkenal adalah simfoni kelima dan kesembilan, dan juga lagu piano Für Elise. Ia dipandang sebagai salah satu komponis yang terbesar dan merupakan tokoh penting dalam masa peralihan antara Zaman Klasik dan Zaman Romantik. Semasa muda, ia adalah pianis yang berbakat, populer di antara orang-orang penting dan kaya di Wina, Austria, tempatnya tinggal. Namun, pada tahun 1801, ia mulai menjadi tuli.

Ketuliannya semakin parah dan pada 1817 ia menjadi tuli sepenuhnya. Meskipun ia tak lagi bisa bermain dalam konser, ia terus mencipta musik, dan pada masa ini mencipta sebagian karya-karyanya yang terbesar. Ia menjalani sisa hidupnya di Wina dan tak pernah menikah.(Selengkapnya...)

sunting   

Lagu pilihan

Sampul single Skyscraper.

Skyscraper adalah sebuah lagu yang dibawakan oleh artis rekaman asal Amerika, Demi Lovato. Ditulis oleh Toby Gad, Lindy Robbins and Kerli Kõiv dan diproduseri oleh Gad untuk album studio ketiga Demi, Unbroken (2011). Lagu ini diinspirasi oleh sebuah gambar dari apokalips, dimana saat dunia hancur, dan di antara gedung-gedung yang runtuh, satu gedung pencakar langit masih kokoh berdiri. Kerli merekam "Skyscraper" dan Gad menawarkan lagu itu ke Demi, yang ingin merekamnya karena merasa dia dan penggemarnya bisa berkaitan dengan lagu ini. Saat merekam lagu ini pada 2010, Demi amat sangat emosional dan menyebabkan ia mulai menangis. Kemudian ditahun yang sama, dia masuk ke fasilitas pengobatan untuk menangani masalah-masalah pribadinya. Setelah menyelesaikannya pada awal 2011, Demi merekam ulang lagu itu, tapi mempertahankan rekaman awal karena merasa itu merupakan "simbol" dari dirinya. "Skyscraper" dirilis pada 12 Juli 2011 oleh Hollywood Records sebagai singel pertama dari Unbroken. Menurut Demi, lagu ini mewakili perjalanan yang telah dia lalui pada tahun sebelumnya. (Selengkapnya...)

sunting   

Tahukah anda?

  • ...bahwa musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme?
  • ...bahwa Kata ‘gitar’ atau guitar dalam bahasa Inggris, pada mulanya diambil dari nama alat musik petik kuno di wilayah Persia pada kira-kira tahun 1500 SM yang dikenal sebagai citar atau sehtar.
sunting   

Kategori

sunting   

ProyekWiki

Peralatan

ProyekWiki perbaikan kualitas artikel bertopik musik, atau boleh disebut proyekwiki musik atau PW Musik, adalah sebuah ProyekWiki yang bertujuan untuk mengkoordinasi artikel-artikel tentang musik. Hal-hal yang termasuk dalam bidang musik, lihat di sini. Silahkan juga mengunjungi Kategori Musik sebagai referensi lain.

sunting   

Wikiportal lainnya