Für Elise

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
E – D# – E, Nada-nada awal melodi Für Elise
Elisabeth Röckel

Für Elise (dari bahasa Jerman "Kepada Elise") adalah nama populer bagi Bagatelle in A minor, WoO 59, sebuah musik piano solo karya Ludwig van Beethoven, ditulis sekitar tahun 1810.[1][2][3]

Elise yang misterius[sunting | sunting sumber]

Para peneliti Beethoven tidak tahu siapa sebenarnya Elise yang dimaksud. Teori yang terkenal mengatakan bahwa pada mulanya karya tersebut berjudul Für Therese. Therese yang dimaksud adalah Therese Malfatti von Rohrenbach zu Dezza (1792-1851), wanita yang ingin dinikahi Beethoven tahun 1810. Sayangnya, ia menikahi pria lain sebelum Beethoven menyatakan perasaan cinta kepadanya. Ia adalah puteri seorang saudagar dari Wina, Jacob Malfatti von Rohrenbach (1769-1829). Ketika karya tersebut dipublikasikan tahun 1865, penemunya, Ludwig Nohl, salah menyalin judulnya sehingga menjadi "Für Elise". Tanda tangannya hilang.

Sebuah buku yang diterbitkan pada tahun 2010 oleh musikolog Jerman Klaus Martin Kopitz memuat hipotesis bahwa Beethoven menulis sepotong untuk penyanyi Elisabeth Röckel. Dia menikah tahun 1813 dengan komposer Johann Nepomuk Hummel.

Melodi pembuka Für Elise yang terkenal menjadi petunjuk inisial wanita yang dicintai Beethoven. Melodinya dimulai dengan nada E – D# – E, atau enharmoninya E – E♭ – E, dibaca E – Es – E, huruf yang menjadi nada lagu dari nama ThErESE atau bahkan EliSE.

Musik yang terkenal[sunting | sunting sumber]

Di beberapa daerah di Taiwan, Iran dan mungkin di beberapa negara lain, nada tersebut dimainkan oleh truk sampah untuk memperingatkan orang-orang agar membawa sampahnya keluar untuk diangkut. Di Brazil dan Turki, nada tersebut dimainkan oleh truk yang menjual gas untuk memberitahu orang-orang bahwa truk sudah dekat.

Lagu Fur Elise juga muncul dalam game. Dalam game musikal, O2 Jam, lagu ini bisa dimainkan dengan tingkat kesulitan cukup tinggi.

Di beberapa sekolah di Indonesia digunakan sebagai bunyi bel pergantian pelajaran atau dibunyikan sebelum jam pelajaran berlangsung.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ William Kinderman, The Cambridge Companion to Beethoven, Cambridge: Cambridge University Press, 2000, p. 125–126, ISBN 978-0-521-58934-5
  2. ^ Dorothy de Val, The Cambridge Companion to the piano, Cambridge: Cambridge University Press, 1998, p. 131, ISBN 978-0-521-47986-8, "Beethoven is here [in the 1892 Repertory of select pianoforte works] only by virtue of 'Für Elise', but there is a better representation of later composers such as Schubert ... , Chopin ... , Schumann ... and some Liszt."
  3. ^ Morton Manus, Alfred's Basic Adult All-In-One Piano Course, Book 3, New York: Alfred publishing, p. 132, ISBN 978-0-7390-0068-7

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]