Portal:Seni

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Budaya
Budaya
Budaya (k)
Filsafat
Filsafat
Filsafat (k)
Geografi
Geografi
Geografi (k)
Ilmu
Ilmu
Ilmu (k)
Indonesia
Indonesia
Indonesia (k)
Masyarakat
Masyarakat
Masyarakat (k)
Matematika
Matematika
Matematika (k)
Sejarah
Sejarah
Sejarah (k)
Seni
Seni
Seni (k)
Teknologi
Teknologi
Teknologi (k)
Tokoh
Tokoh
Tokoh (k)

Portal Seni

Selamat datang di Portal Seni

Kuas dan kanvas
Kuas dan kanvas

Seni merupakan hasil dari proses kreatif manusia, proses kreatif ini melibatkan pengalaman dari seluruh indera manusia. Seni tidak hanya ekspresi dari kreativitas melainkan juga mengandung intisari dari kehidupan seorang seniman. Dapat diartikan juga seni sebagai intisari dari ekspresi kreativitas manusia yang merespon kondisi lingkungannya yang berhubungan dengan budaya, interaksi sosial, keyakinan, politik, bahkan sampai dengan respon terhadap teknologi.

Seseorang yang ingin bergelut di dunia seni harus mempersiapkan dirinya bersedia memahami bahasa universal, kode-kode alam, dan ribuan keyakinan yang bermunculan. Kemudian, seniman akan menghasilkan karya seni dari pengalamannya tersebut ke dalam bentuk musik, sastra, lukisan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Karya seni, yang merupakan hasil dari kreativitas manusia terkadang sulit untuk dipahami oleh orang lain. Seni bisa dipahami oleh siapa saja asalkan dia mampu menangkap kode-kode yang tertera dalam karya seni yang telah diterbitkan. Tanpa pemahaman terhadap kode-kode karya seni tersebut, seorang individu akan kesulitan untuk memahami sebuah karya seni.

Dalam penciptaan karya seni, setiap artis yang bergelut di dunia seni memilih sendiri parameter kerjanya. Dia memiliki lingkungan yang mempengaruhinya, entah itu dari budaya, kepercayaan, atau pun interaksi sosial dari lingkungannya. Oleh karena itu, untuk mengartikan atau membaca sebuah karya seni tidak dapat dilepaskan dari keterlibatan seniman terhadap lingkungannya.

Bahwa masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya, masih bisa dikatakan bahwa seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu, dan suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu.

Sekalipun demikian, banyak seniman mendapat pengaruh dari orang lain masa lalu, dan juga beberapa garis pedoman sudah muncul untuk mengungkap gagasan tertentu lewat simbolisme dan bentuk (seperti bakung yang bermakna kematian dan mawar merah yang berarti cinta).

Artikel pilihan

Lukisan karya Alfred Sisley
Lukisan karya Alfred Sisley

Impresionisme adalah suatu gerakan seni dari abad 19 yang dimulai dari Paris pada tahun 1860an. Nama ini awalnya dikutip dari lukisan Claude Monet, "Impression, Sunrise" ("Impression, soleil levant"). Kritikus Louis Leroy menggunakan kata ini sebagai sindiran dalam artikelnya di Le Charivari.

Karakteristik utama lukisan impresionisme adalah kuatnya goresan kuas, warna-warna cerah (bahkan banyak sekali pelukis impresionis yang mengharamkan warna hitam karena dianggap bukan bagian dari cahaya), komposisi terbuka, penekanan pada kualitas pencahayaan, subjek-subjek lukisan yang tidak terlalu menonjol, dan sudut pandang yang tidak biasa.

Pengaruh impresionisme dalam seni rupa juga merambah ke bidang musik dan sastra. (Selengkapnya...)

Gambar pilihan

Mona Lisa
Mona Lisa

Mona Lisa, atau La Gioconda (La Joconde), adalah lukisan minyak di atas kayu poplar yang dibuat oleh Leonardo da Vinci pada abad ke-16. Lukisan ini sering dianggap sebagai salah satu lukisan paling terkenal di dunia dan hanya sedikit karya seni lain yang menjadi pusat perhatian, studi, mitologi, dan parodi. Lukisan ini dimiliki oleh pemerintah Prancis dan dipamerkan di Musée du Louvre di Paris. (Selengkapnya...)

Seniman pilihan

Affandi)
Affandi)

Affandi (1907-1990) adalah seorang pelukis yang dikenal sebagai Maestro Seni Lukis Indonesia, mungkin pelukis Indonesia yang paling terkenal di dunia internasional, berkat gaya ekspresionisnya yang khas. Pada tahun 1950-an ia banyak mengadakan pameran tunggal di India, Inggris, Eropa, dan Amerika Serikat. Sebelum mulai melukis, Affandi pernah menjadi guru dan pernah juga bekerja sebagai tukang sobek karcis dan pembuat gambar reklame. (Selengkapnya...)

Seniman terkenal

Kutipan pilihan

Edgar Degas
Tahukah anda?
edit    
Seratus Dollar AS
Seratus Dollar AS