Billboard Hot 100

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Billboard Hot 100 adalah sebuah tangga lagu yang memuat 100 singel terlaris di Amerika Serikat. Tangga lagu ini diterbitkan secara mingguan oleh majalah Billboard dan merupakan standar resmi popularitas sebuah lagu di Amerika Serikat.

Billboard Hot 100 dibuat dengan merangking atau mengurutkan 100 buah singel berdasarkan penjualan dan pemutaran di radio-radio di wilayah Amerika. Memegang singel yang mencapai posisi 1 di tangga lagu ini merupakan sebuah kebanggaan bagi seorang artis. Hingga saat ini, figur yang paling banyak memegang singel no. 1 di Billboard Hot 100 adalah The Beatles dengan total 20 buah singel. Sementara posisi kedua dipegang oleh Mariah Carey dengan 18 buah singel no. 1. Mariah Carey juga merupakan figur dengan minggu terlama diposisi 1, yaitu 93 minggu.

Lagu terlama yang menghuni posisi puncaknya adalah "One Sweet Day" dari Mariah Carey, yang menghuni posisi puncak selama 16 minggu. Lagu debut yang paling sukses di chart ini adalah "Tik Tok" dari Kesha yang menghuni posisi puncak selama 9 minggu. Lagu yang paling lama bertahan di chart ini adalah "I'm Yours" dari Jason Mraz selama 76 minggu. Lagu Born This Way milik Lady Gaga merupakan single ke seribu yang mendapat peringkat satu di Billboard.

Lagu yang saat ini menghuni posisi pertama adalah Blurred Lines dari Robin Thicke