Justin Bieber

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Justin Bieber
Believe Tour 2012.jpg
Justin Bieber pada saat konser Believe Tour tahun 2013
Latar belakang
Nama lahir Justin Drew Bieber
Lahir 1 Maret 1994 (umur 20)[1]
Asal Bendera Kanada London, Ontario, Kanada
Genre Pop, R&B[2], Dance-pop
Pekerjaan Penyanyi
Penulis lagu
Instrumen Vokal, gitar, piano, drum,[3] trompet[4]
Tahun aktif 2007–sekarang
Label Island
RBMG
Artis terkait Usher
Situs web justinbiebermusic.com
Tanda Tangan Justin Bieber
Justin Bieber Logo

Justin Drew Bieber[5] ( /ˈbbər/) (lahir di London, Ontario, Kanada, 1 Maret 1994; umur 20 tahun)[1] adalah penyanyi Pop dan R&B muda asal Kanada.[2]

Justin Bieber menjadi sensasi di Amerika Serikat pada tahun 2009 setelah ditemukan oleh Scooter Braun melalui video kompetisi menyanyi lokal "Stratford Star" di Ontario yang dipublikasikan di YouTube oleh ibu Justin pada tahun 2007, di mana Justin meraih peringkat kedua.[6] Scooter Braun, seorang agen pencari bakat dan mantan Marketing Eksekutif perusahaan So So Def melihat video ini dan memutuskan untuk mempertemukan Justin Bieber dengan Usher untuk audisi.[6] Singel pertamanya yang berjudul "One Time", diterbitkan secara serentak di seluruh dunia pada tahun 2009, dan menduduki peringkat 30 besar di lebih dari 10 negara. Albumnya pertamanya "My World" (Duniaku) kemudian mengikuti pada 17 November 2009 dan menerima penghargaan platinum di Amerika Serikat, dan menjadi penyanyi pertama yang memiliki tujuh lagu dari album pertama yang keseluruhannya berhasil mendapat peringkat di Billboard Hot 100, sebuah daftar lagu-lagu terkemuka yang sedang digemari.[7]

Kepopuleran Justin Bieber di seluruh dunia dalam waktu singkat dikenal sebagai "Bieber Fever" (Demam Bieber) di mana julukan ini diberikan pada penggemarnya dengan obsesi yang berlebihan terhadap Justin Bieber.[8] Banyak artis yang mengalami "Demam Bieber" di antaranya Jennifer Love Hewitt,[9] dan Beyonce diperingatkan agar hati-hati oleh suaminya Jay-Z, saat berfoto bersama Justin Bieber pada penghargaan Grammy ke 52.[7]

Walaupun dikenal akan suaranya, namun penyanyi ini juga mampu memainkan keyboards, piano, gitar, drum, dan bahkan trompet, yang keseluruhannya dipelajarinya sendiri (otodidak).[10]

Biografi

1994-2006: Awal Kehidupan

Bieber lahir pada tanggal 1 Maret 1994, di London, Ontario, di Rumah Sakit St. Joseph. Ia dibesarkan di Stratford, Ontario. Ia adalah anak tunggal dari Jeremy Jack Bieber dan Patricia "Pattie" Mallette. Orang tua Bieber tidak pernah menikah.[11] Pattie membesarkan anaknya dengan bantuan ibunya, Diane, dan ayah tirinya, Bruce[12] Ibunya adalah keturunan Perancis; ayah kakek buyutnya adalah keturunan Jerman, dan keturunan lain adalah Inggris dan Irlandia.[13] Ia juga menyatakan bahwa ia memiliki keturunan beberapa Aborigin-Kanada.

Melalui Jeremy, Bieber memiliki dua saudara tiri yang lebih muda, Jasmyn (lahir 2009) dan Jaxon (lahir 2010). Pattie bekerja di kantor sebagai pegawai berpenghasilan rendah, membesarkan Bieber sebagai ibu tunggal di perumahan dengan harga sewa murah. Bieber telah mempertahankan kontak dengan ayahnya.

Bieber memasuki sekolah dasar berbahasa Perancis di Stratford, Sekolah Katolik Jeanne Sauvé. Tumbuh, ia belajar bermain piano, drum, gitar, dan terompet. Pada awal tahun 2007, berusia 12, Bieber menyanyikan lagu Ne-Yo "So Sick" untuk sebuah kompetisi menyanyi lokal di Stratford dan berada di urutan kedua. Mallette memposting sebuah video penampilannya di YouTube untuk keluarga dan teman-teman mereka agar dapat melihatnya. Dia terus meng-upload video Bieber bernyanyi berbagai lagu R & B, dan popularitas Bieber di situs itu tumbuh.

2007-2009: Awal karier dan My World

Bieber di Nintendo World Store pada bulan September 2009.

Ketika mencari video dari penyanyi yang berbeda, Scooter Braun, mantan eksekutif pemasaran So So Def, mengklik salah satu video Bieber pada tahun 2007 tanpa disengaja.Terkesan, Braun mendatangi teater tempat Bieber tampil, sekolah Bieber, dan akhirnya menghubungi Mallette, yang enggan karena Braun Yudaisme. Dia ingat pernah berdoa, "Tuhan, aku memberikannya kepadamu. Anda bisa mengirimkan saya seorang lelaki Kristen, label Kristen" dan "Tuhan, Anda tidak ingin anak Yahudi ini menjadi penjaga Justin, kan?" Namun, ketua gereja meyakinkannya untuk membiarkan Bieber pergi dengan Braun. Pada usia 13, Bieber pergi ke Atlanta, Georgia, dengan Braun untuk merekam kaset demo. Bieber mulai bernyanyi untuk Usher seeminggu kemudian.[14]

Bieber segera menandatangani kontrak dengan Raymond Braun Media Group (RBMG), perusahaan kerjasama antara Braun dan Usher.Justin Timberlake juga dilaporkan ingin melatih Bieber, tapi kalah penawaran dengan Usher. Usher kemudian meminta bantuan untuk mencari label rekaman untuk artisnya ke manajer Chris Hicks, yang membantu audisi dengan mengontak LA Reid dari The Island Def Jam Music Group[15] Reid menandatangani Bieber untuk Island Records pada bulan Oktober 2008 (yang melibatkan perusahaan kerjasama antara RBMG dan Island Records) dan mengangkat Hicks sebagai eksekutif Wakil Presiden Def Jam di mana ia akan mampu mengelola karir Bieber di label.Bieber kemudian pindah ke Atlanta dengan ibunya untuk mengembangkan karirnya dengan Braun dan Usher. Braun menjadi manajer Bieber pada tahun 2008.

Single pertama Bieber "One Time", dirilis ke radio sementara Bieber masih merekam album debutnya. Lagu ini mencapai nomor 12 di Canadian Hot 100 pada minggu pertama rilis pada bulan Juli 2009, dan kemudian memuncak di nomor 17 pada Billboard Hot 100. Selama musim gugur 2009, lagu ini telah sukses di pasar internasional. Lagu ini disertifikasi Platinum di Kanada dan Amerika Serikat dan Emas di Australia dan Selandia Baru. Album pertamanya yang rilis adalah sebuah extended play berjudul My World, dirilis pada tanggal 17 November 2009 single kedua album ini, "One Less Lonely Girl", dan dua single promo, "Love Me", dan "Favorite Girl", yang dirilis secara eksklusif di iTunes Store dan mencapai urutan kurang dari empat puluh Billboard Hot 100.

"One Less Lonely Girl" kemudian juga dirilis ke radio dan berada di tangga lagu lima belas besar Kanada dan Amerika Serikat, yang disertifikasi Emas. My World akhirnya disertifikasi di AS dan Double Platinum di Kanada dan Britania Raya. Untuk mempromosikan album, Bieber tampil pada beberapa acara langsung seperti mtvU 's VMA 09 Tour, program Eropa The Dome, YTV' s The Next Star, The Today Show , The Wendy Williams Show, Lopez Tonight , The Ellen DeGeneres Show , It's On with Alexa Chung, Good Morning America , Chelsea Lately , dan BET 's' '106 & Park' 'with Rihanna. Bieber juga menjadi bintang tamu dalam sebuah episode True Jackson, VP pada akhir 2009.

Bieber menyaynyikan lagu Stevie Wonder Someday at Christmast untuk Presiden AS Barack Obama dan ibu negara Michelle Obama di Gedung Putih di acara Christmast in Washington, yang disiarkan pada tanggal 20 Desember 2009, di jaringan televisi AS . TNT. Bieber juga salah satu penampil di Dick Clark's New Year's Rockin' Eve dengan Ryan Seacrest pada tanggal 31 Desember 2009. Bieber adalah seorang presenter di Grammy Awards ke 52 pada tanggal 31 Januari 2010. Dia diundang untuk menjadi vokalis untuk remake dari lagu "We Are the World"(lagu yang ditulis oleh Michael Jackson dan Lionel Richie) untuk ulang tahun ke 25 pemanfaatan Haiti setelah gempa Haiti 2010. Bieber menyanyikan bagian pembuka, yang dinyanyikan oleh Lionel Richie dalam versi asli.

Pada tanggal 12 Maret 2010,sebuah versi dari lagu K'naan "Wavin' Flag" direkam oleh musisi Kanada kolektif yang dikenal sebagai Seniman Muda untuk Haiti dirilis. Bieber menjadi bagian dalam lagu itu, menyanyikan bagian terakhir.

2010-sekarang: My World 2.0 dan Justin Bieber: Never Say Never

Bieber tampil pada Conseco Fieldhouse pada bulan Agustus 2010.
Justin Bieber pada saat acara Easter Egg Roll di Gedung Putih.

"Baby", singel utama dari album keduanya yang muncul, yang mana dinyanyikan berduet dengan rapper Ludacris, dirilis pada bulan Januari 2010 dan menjadi singel hit terbesarnya sejauh ini, mendapat chart ranting lima di US, dan mencapai sepuluh besar di tujuh negara lainnya.[16] Singel digital keduanya, "Never Let You Go", dan "U Smile" merupakan hit tiga puluh besar pada US Hot 100, dan dua puluh besar di Kanada.[16][17] Itu muncul yang pertama di US Billboard 200, membuat Bieber, artis penyanyi solo termuda untuk mencapai chart teratas sejak Stevie Wonder in 1963.[18] Album My World 2.0 juga muncul pada nomor satu di Canadian Albums Chart, Irish Albums Chart, dan Australian Albums Chart, dan New Zealand Albums Chart[16] dan mencapai sepuluh besar di lima belas negara lainnya.[19][20] Untuk mempromosikan albumnya, Bieber mucul menghadap beberapa orang atau langsung di program termasuk The View, Kids Choice Awards 2010, Nightline, The Late Show with David Letterman, The Dome (televisi), dan 106 and Park.[21] Pada April 2010, Bieber merupakan tamu dari konser musical Saturday Night Live.[22] Pada 4 Juli 2010, Bieber tampil di Macy's Fourth of July Fireworks Spectacular di New York City. Singel kedua dari album My World 2.0, "Somebody to Love", dirilis pada April 2010, dan versi lainnya atau remix dinyanyikan dengan mentor Bieber yaitu Usher. Pada Juni 2010, singel itu mencapai nomor 15 di Billboard Hot 100.

Pada 23 Juni 2010 tur Bieber dimulai di Hartford, Connecticut, untuk mempromosikan My World dan My World 2.0.[23] Pada Juli 2010 media Toronto Sun Kanada mengumumkan bahwa Bieber merajai pencarian terbanyak untuk selebritas melalui mesin pencari seperti Google di Internet.[24] dan video musiknya "Baby", mengungguli musik video Lady Gaga, "Bad Romance" dan menjadi video terbanyak yang pernah dilihat di YouTube.[25] Pada September 2010, Bieber mendapatkan 3 persen dari seluruh lalu lintas di Twitter, sebuah situs jejaring sosial .[26]

Pada Juli 2010 Justin merekam albumnya di New York City.[27] Dikarenakan Justin mengalami peralihan suara akibat pubertas, suara di albumnya menjadi lebih mendalam dari dibandingkan suaranya saat merekam album pertamanya. Penyanyi serta penulis lagu Inggris Taio Cruz memberikan informasi pada Juli 2010 bahwa ia sedang menulis lagu untuk album Bieber selanjutnya.[28] Sementara produser genre Hip hop Dr. Dre menelurkan dua lagu dengan Bieber pada Juli 2010[29] namun lagi tersebut belum ditentukan akan mengisi album yang mana. Bieber tampil menyanyikan "U Smile", "Baby," dan "Somebody to Love" di MTV Video Music Awards 2010 pada 12 September 2010.[30]

Bieber mengumumkan pada Oktober bahwa dia akan merilis album akustik yaitu My Worlds Acoustic.[31] Itu dirilis pada Black Friday di United States dan keistimewaan versi akustik dari album di lagu pada album sebelumnya, dan dia juga merilis singel pada album ini dan juga lagu baru yaitu "Pray".[32]

Selain itu, film biografi pertama Justin, Never Say Never, dirilis pada Februari 2011, namun review yang didapatkan sangatlah negatif. Rata-rata kritikus memberikan satu atau dua bintang dari total lima atau sepuluh bintang, meskipun peredarannya di bioskop lumayan lancar. Bahkan di IMDB, film ini hanya dapat nilai 1.1 dari total 10. Pada 15 Maret 2011, patung lilin Justin Bieber telah diremiskan di Museum Madame Tussauds, namun agaknya tidak semirip aslinya dan banyak yang kecewa termasuk para penggemarnya, namun Justin Bieber sangat bangga.[33]

Pada tanggal 31 maret 2012 Justin mengatakan bahwa dia ingin berduet dengan Demi Lovato.[34]

Gambaran

Surat kabar The Observer di Inggris menerbitkan sebuah laporan yang menunjukkan bahwa Justin Bieber lebih berpengaruh di bidang jaringan sosial daripada Barack Obama atau Dalai Lama.[35]

Konser Justin Bieber di Indonesia

Pada Januari 2011 koran The Jakarta Post mencatat ribuan pengemar di Jakarta antre untuk mendapatkan tiket konser Justin Bieber di Jakarta.[36] Sejumlah 10.500 lembar tiket dipersiapkan, dan sebanyak 4.000 tiket habis terjual di hari pertama.[37] Konser Justin Bieber pada tanggal 23 April 2011 yang bertempat di Sentul International Convention Center memiliki harga tiket bervariasi mulai dari Rp500.000 (US $55) hingga Rp1 juta.[38] Justin Bieber juga mengucapkan terima kasihnya kepada para pengagum di Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Diskografi

Tur

  • 2009: Urban Behavior Tour
  • 2010: My World Tour

Filmografi

Film

Tahun Judul Peran Keterangan
2010 Cubed Pizzi's Best Friend Serial TV (1 episode)
2010-2011 CSI: Crime Scene Investigation Jason McCann TV series (2 episode: "Shock Waves" dan "Targets of Obsession")
2011 Justin Bieber: Never Say Never[39] Himself
2012 Men in Black 3 Alien on TV Monitors Uncredited
Cameo appearance
2012 Katy Perry: Part of Me Himself Biopic[40]
2012 Zendaya: Behind the Scenes Himself Biopic
2013 Justin Bieber's Believe Himself Concert film/Biopic
2014 Behaving Badly Cameo Man In the Jail

Televisi

Tahun Judul Peran Catatan
2009 True Jackson, VP Himself TV series (1 episode)
2009 My Date With... Himself Guest star
2010 Silent Library Himself TV series (1 episode)
2010 School Gyrls Himself Cameo
2010 Saturday Night Live Performer Saturday Night Live (season 35), episode 18
2010 American Idol Performer Musim 9, episode 40
2010 Hubworld Guest star Musim 1, episode 1
2010 The X Factor Performer Musim 7, minggu 8
2011 Extreme Makeover: Home Edition Guest star[41]
2011 Khloé & Lamar Himself (uncredited) TV series (1 episode: "The Father in Law")
2011 Dancing with the Stars Performer Week 7 Result Show
2011 So Random! Himself
2011 Disney Parks Christmas Day Parade Guest star Performed at Walt Disney World Resort
2011 The X Factor Performer Series 8, week 9
2011 The X Factor USA Performer Season 1, Week 9, Final
2012 Punk'd Punker TV series (1 episode: "Taylor Swift, Rob Dyrdek, Sean Kingston")
2012 Dancing with the Stars Performer Week 1 Result Show
2012 Make Your Mark: Shake It Up Dance Off 2012 Guest
2013 Saturday Night Live Himself Host and musical guest
2013 The Simpsons Himself (voice) Cameo[42]

Penghargaan

Referensi

  1. ^ a b Anderson, Kyle (22 Februari 2010). "Justin Bieber Joins The Ranks Of Youngest 'SNL' Performers". MTV. Diakses 2010-2-24. 
  2. ^ a b Collar, Matt. "allmusic ((( Justin Bieber > Overview )))". Allmusic. Macrovision Corporation. Diakses 2009-10-21. 
  3. ^ Mitchell, Gail (26 April 2009). "Usher Introduces Teen Singer Justin Bieber". Billboard. e5 Global Media. Diakses 23 Juli 2009. 
  4. ^ "MTV- Justin Bieber artist profile". Diakses 22 Desember 2009. 
  5. ^ Greenblatt, Leah (10 Maret 2010). "My World 2.0 (2010)". Entertainment Weekly (Time). Diakses 11 Juni 2010. 
  6. ^ a b Billboard.com: Justin Bieber
  7. ^ a b CBS News: Justin Bieber Fever Hits Miami
  8. ^ Urban Dictionary: Bieber Fever
  9. ^ Disneydreaming.com: Jennifer Love Hewitt Says She Has Bieber Fever
  10. ^ Hub Pages: How Old is Justin Bieber
  11. ^ ABC News: 7 hal untuk diketahui tentang ibu Justin Bieber
  12. ^ The Star: justin Beiber guide added to hometown pf Stratfords tourism
  13. ^ Toronto Sun: Justin Beiber sebagai ulang tahun selebriti paling top pada 1 Maret 2014
  14. ^ TJ (August 11, 2009). "Neon Limelight Interviews: Usher Protegé Justin Bieber: Accidental Star". Neon Limelight. Diakses August 11, 2009. 
  15. ^ "Interview with Chris Hicks". HitQuarters. August 23, 2011. Diakses August 25, 2011. 
  16. ^ a b c "Justin Bieber Chart History- Billboard.com". Billboard. e5 Global Media. Diakses 11 Maret 2010. 
  17. ^ "Justin Bieber – My World 2.0 – Metacritic". Metacritic. CBS Interactive. Diakses 23 Maret 2010. 
  18. ^ "Justin Bieber Tops Billboard 200 With 'My World 2.0'". Billboard. e5 Global Media. 31 Maret 2010. 
  19. ^ "Justin Bieber – My World – Music Charts". αCharts. Diakses 14 April 2010. 
  20. ^ "Justin Bieber – My World 2.0 – Music Charts". αCharts. Diakses 14 April 2010. 
  21. ^ Cheung, Nadine (23 Maret 2010). "Justin Bieber Makes Millions Happy With the Release of 'My World 2.0'". JSYK. AOL. Diakses 23 Maret 2010. 
  22. ^ "Justin Bieber Coming Back To NY For Saturday Night Live". Long Island Press. 21 Februari 2010. Diakses April 10, 2010. 
  23. ^ "Justin Bieber's 2010 North American summer tour dates: 'My World' to hit New York in August". New York Daily News. 17 Maret 2010. 
  24. ^ Bieber the king of the Internet Toronto Sun 7 July 2010
  25. ^ "Justin Bieber is Officially King of YouTube". The Wall Street Journal (staff blog). 15 July 2010. Diakses 16 Juli 2010. 
  26. ^ "Justin Bieber Accounts for 3 Percent of All Twitter Traffic". TVGuide.com. Diakses 8 September 2010. 
  27. ^ Reth, Jerry (8 Mei 2010). "Justin Bieber New Album To Be Recorded In New York". Newsopi. [apakah terpercaya?]
  28. ^ Bhansali, Akshay (2010-03-19). "Taio Cruz Talks Collaborating With Ludacris, Ke$ha – News Story | Music, Celebrity, Artist News | MTV News". Mtv.com. Diakses 2010-06-21. 
  29. ^ Koroma, Salima (20 Juli 2010). "Dr. Dre". HipHopDX. Diakses 21 Juli 2010. 
  30. ^ MTV VMA Recap: Stage Rewind with Eminem, Rihanna, Taylor, Kanye and Bieber. Singersroom.com (2010-09-13). Diakses 21 Oktober 2010.
  31. ^ Vena, Jocelyn (2010-10-18). "Justin Bieber To Release Acoustic Album - Music, Celebrity, Artist News". MTV. Diakses 2010-11-14. 
  32. ^ "How Will Justin Bieber’s My Worlds Acoustic Rank Against Great Unplugged Albums? » MTV Newsroom". Newsroom.mtv.com. 10 November 2010. Diakses 14 November 2010. 
  33. ^ Patung Lilin Justin Bieber Mengecawakan. KapanLagi. Diakses pada 19 Maret 2011
  34. ^ Pop Crush: Friends Demi Lovato
  35. ^ Rushe, Dominic (2 Januari 2011). "Justin Bieber is more influential online than the Dalai Lama or US president". The Guardian (Britania Raya). Diakses 11 Januari 2011. 
  36. ^ The Jakarta Post:Justin Bieber Hustle and Tussle for Tickets
  37. ^ Ehotmedia:Justin Bieber Concert Sol Out
  38. ^ The Jakarta Globe:Baby Justin Bieber Confirmed for Jakarta
  39. ^ "Justin Bieber Never Say Never – Official website". Diakses 17 Februari 2011. 
  40. ^ "Lady Gaga Cameo in Katy Perry Movie! — Sneak Peek". YouTube. Google. 22 Juni 2012. Diakses 23 Juni 2012. 
  41. ^ Jocleyn, Vena (25 Januari 2011). "Justin Bieber Addresses Dangers of Texting And Driving On 'Extreme Makeover'". MTV. Diakses 8 Februari 2011. 
  42. ^ "Bieber to appear on The Simpsons". Sydney Morning Herald (Fairfax Media). 23 Agustus 2012. Diakses 13 September 2012. 

Bacaan lebih lanjut

Pranala luar