All I Want for Christmas Is You

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"All I Want for Christmas Is You"
Gambar Mariah Carey mengenakan kostum Sinterklas dengan kedua belah tangan direntangkan ke atas. Ia berambutnya coklat dan tersenyum.
Singel oleh Mariah Carey
dari album Merry Christmas
Sisi-B "Miss You Most (At Christmas Time)"
"Joy to the World"
Dirilis 1 November 1994
Format Singel CD
Direkam 1994
Genre pop, R&B, dance-pop
Panjang 4:01
Label Columbia
Pencipta Mariah Carey, Walter Afanasieff
Produser Mariah Carey, Walter Afanasieff
Kronologi singel Mariah Carey
"Endless Love"
(1994)
"All I Want for Christmas Is You"
(1994)
"Fantasy"
(1995)

"All I Want for Christmas Is You" adalah lagu yang diciptakan oleh penyanyi/pencipta lagu Mariah Carey dan Walter Afanasieff dan dinyanyikan oleh Mariah Carey. Singel ini dirilis 1 November 1994 oleh Columbia Records sebagai singel utama dari album studio keempatnya, Merry Christmas. Kedua pencipta lagu ini juga merangkap produser. Dimaksudkan sebagai lagu cinta uptempo, lagu ini menggunakan banyak vokal latar, alat musik chimes serta synthesizer. Lirik lagu menyatakan bahwa sang protagonis tidak peduli mengenai hadiah atau lampu Natal. Satu-satunya yang dia inginkan adalah bertemu pria yang dicintainya.

Dua video musik dibuat untuk lagu ini. Keduanya difilmkan pada Desember 1993. Video musik utama lagu ini memperlihatkan video Carey dalam gambar video yang kabur bersama anjingnya dan keluarga semasa liburan akhir tahun. Carey juga tampil dalam kostum Sinterklas sedang bermain-main di lereng gunung bersalju. Tommy Mottola, suami Carey pada waktu itu, tampil sebagai figuran sebagai Sinterklas, membawakan hadiah dan naik kereta salju berwarna merah. Video kedua difilmkan dalam format hitam-putih. Carey berpakaian ala tahun 1960-an seperti anggota The Ronettes bersama penyanyi latar dan penari pria.

Sepanjang kariernya, Carey sering sekali menyanyikan "All I Want for Christmas is You" dalam penampilan-penampilannya di televisi dan konser-konser. Ia pertama kali menyanyikannya secara live sepanjang bagian tur Daydream World Tour (1996) di Jepang, Butterfly World Tour (1998), dan Charmbracelet World Tour (2002–03), serta Walt Disney World Christmas Day Parade 2004 dan 2010 yang keduanya ditayangkan oleh ABC. Versi remix A So So Def dirilis pada tahun 2000, dan sebuah dance mix dirilis pada tahun 2009. Pada tahun 2010, Carey merekam ulang lagu ini untuk album liburan keduanya, Merry Christmas II You dengan judul "All I Want for Christmas Is You (Extra Festive)".

"All I Want for Christmas Is You" mendapat banyak pujian dari kritikus. The New Yorker menyebutnya "salah satu dari beberapa kanon Natal yang berharga dari zaman modern".[1] Lagu ini juga sukses secara komersial, sampai di posisi nomor dua di tangga singel Australia, Jepang, serta Belanda, Norwegia, dan Britania Raya. Di sejumlah negara lainnya, lagu ini masuk ke urutan Top 10. Lagu ini berhasil menjadi singel digital terlaris nomor 19 abad ke-20, sekaligus singel dari penyanyi penyanyi wanita atau singel Natal yang mencapai posisi tertinggi dalam daftar itu.[2] The Daily Telegraph memuji "All I Want for Christmas Is You" sebagai lagu Natal paling populer dan paling sering diputar dalam satu dekade di Britania Raya.[3] Rolling Stone menempatkannya di peringkat ke-4 daftar Lagu Natal Rock and Roll Terbaik, dan menyebutnya sebagai lagu "liburan standar"[4] Dengan penjualan global di atas 12 juta kopi, lagu ini bertahan sebagai singel terlaris sepanjang masa.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki
Bibliografi