MTV

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
MTV
Logo MTV masa kini
Diluncurkan 1 Agustus 1981
Pemilik Viacom Media Networks (Viacom)
Format gambar 1080i (HDTV)
480i (SDTV)
Kantor pusat Bendera Amerika Serikat New York, Amerika Serikat
Saluran saudara VH1, MTV2, MTV Tr3s, Nickelodeon, Spike TV
Situs web mtv.com
Ketersediaan
Satelit
DirecTV 331 (SD & HD)
1331 (on demand)
Dish Network 160 (SD)
1333 (HD)
Kabel
Tersedia di banyak penyedia tv kabel AS
IPTV
Verizon FiOS 210 (SD)
710 (HD)
AT&T U-verse 1502 (HD)
502 (SD)

MTV (sebelumnya merupakan singkatan dari Music Television) adalah stasiun televisi Amerika Serikat yang yang dimiliki oleh Viacom Media Networks Music & Logo Group, sebuah unit dari divisi Viacom Media Networks dari Viacom. Saluran itu sendiri berkantor pusat di New York, dan merupakan anak perusahaan dari Viacom Inc. Diluncurkan pada tanggal 1 Agustus 1981,[1] tujuan awal saluran ini adalah untuk memutar video musik dipandu oleh pembawa acara yang dikenal sebagai "video jockeys", atau VJ.[2] Pada tahun-tahun awal, sasaran utama MTV adalah orang dewasa muda, tapi hari ini, pemrograman utama MTV ditargetkan pada remaja.

MTV telah melahirkan berbagai saluran saudara di Amerika Serikat dan saluran afiliasinya di berbagai negara, salah satunya MTV Indonesia. Beberapa di antaranya sudah mandiri. MTV juga memiliki stasiun televisi kabel VH1. Pengaruh MTV pada penonton, termasuk isu-isu yang berkaitan dengan sensor dan aktivisme sosial, telah menjadi subyek perdebatan selama bertahun-tahun.

Peluncuran[sunting | sunting sumber]

Konsep sebelumnya (1964–77)[sunting | sunting sumber]

Beberapa konsep untuk program televisi musik video telah ada sejak awal 1960-an.

The Beatles telah menggunakan video musik untuk mempromosikan rekaman mereka dimulai pada pertengahan 1960-an. Penggunaan video musik kreatif dalam film debut mereka berjudul A Hard Day's Night di tahun 1964, khususnya penampilan "Can't Buy Me Love", yang satu dekade kemudian MTV memberi penghormatan untuk sang sutradara, Richard Lester, dengan sebuah penghargaan untuk "penemuan dasar" video musik.[3]

Dalam bukunya yang berjudul The Mason Williams FCC Rapport, penulis Mason Williams menyatakan bahwa dia mempunyai ide untuk CBS untuk program televisi yang menampilkan "video-radio," di mana disc jockey akan bermain karya seni avant-garde yang diset ke musik saat mengudara. CBS membatalkan ide tersebut, tapi Williams kemudian memainkan untuk pertama kali komposisi musiknya, "Classical Gas", di acara Smothers Brothers Comedy Hour, di mana ia adalah head writer-nya.

Pada tahun 1970, disk jockey yang berbasis di Philadelphia, Bob Whitney menciptakan The Now Explosion, serial televisi yang difilmkan di Atlanta dan disiarkan dalam sindikasi untuk stasiun televisi lokal lainnya di seluruh Amerika Serikat. Seri tersebut, yang menampilkan klip promosi dari berbagai artis populer, dibatalkan oleh distributor pada tahun 1971.

Beberapa program musik yang berasal di luar AS, termasuk Countdown dari Australia dan Top of the Pops dari Inggris, yang awalnya menayangkan video musik hanya sebagai pengganti penampilan dari artis yang tidak bisa melakukan siaran langsung, mulai menayangkan video musik secara rutin pada pertengahan 1970-an.

Pada tahun 1974, Gary Van Haas, wakil presiden Televak Corporation, memperkenalkan konsep untuk mendistribusikan saluran video musik untuk toko kaset di seluruh Amerika Serikat, dan mempromosikan saluran Music Video TV kepada distributor dan pengecer di majalah Billboard edisi Mei 1974.[4][5] Saluran tersebut, yang menampilkan video disc jockeys, menandatangani kesepakatan dengan US Cabel pada tahun 1978 untuk memperluas cakupan penonton dari ritel ke televisi kabel. Layanan ini tidak lagi aktif pada saat MTV diluncurkan pada tahun 1981.

Cikal bakal (1977–81)[sunting | sunting sumber]

Cikal bakal MTV dimulai pada tahun 1977, ketika Warner Cable (sebuah divisi dari Warner Communications dari Warner Bros.), dan perusahaan induk Warner-Amex Satellite Entertainment (WASEC) meluncurkan sistem televisi kabel interaktif dua arah pertama, QUBE, di Columbus, Ohio. Sistem QUBE menawarkan banyak saluran khusus. Salah satu saluran khususnya adalah Sight on Sound, saluran musik yang menampilkan rekaman konser dan program televisi yang berorientasi musik; dengan layanan QUBE interaktif, pemirsa bisa memilih lagu-lagu dan seniman favorit mereka.

Format pemrograman asli dari MTV diciptakan oleh eksekutif media Robert W. Pittman, yang kemudian menjadi presiden dan chief executive officer (CEO) dari MTV Networks.[6] Pittman telah menguji coba format musik tersebut dengan memproduksi dan membawakan acara berdurasi 15 menit, Album Tracks, di stasiun televisi WNBC di New York pada akhir 1970-an.

Bos dari Pittman, yaitu wakil presiden eksekutif WASEC bernama John Lack, telah menggiring PopClips, serial televisi yang diciptakan oleh mantan personil The Monkees yang beralih menjadi artis solo bernama Michael Nesmith, yang telah beralih perhatiannya ke format video musik pada akhir 1970-an.[7] Inspirasi untuk PopClips berasal dari program serupa pada jaringan TVNZ Selandia Baru, Radio with Pictures, yang tayang perdana pada tahun 1976. Konsep itu sendiri sudah dalam pengerjaan sejak tahun 1966, ketika perusahaan rekaman besar mulai memasok New Zealand Broadcasting Corporation dengan klip musik promosi untuk dimainkan saat mengudara tanpa biaya (beberapa seniman membuat perjalanan panjang ke Selandia Baru untuk tampil secara langsung).

Debut MTV[sunting | sunting sumber]

Gambar pertama yang ditampilkan di MTV adalah montase Apollo 11 mendarat di bulan

Pada hari Sabtu, 1 Agustus 1981, pada pukul 00:01 Waktu Timur, MTV diluncurkan dengan kalimat "Ladies and gentlemen, rock and roll," diucapkan oleh John Lack, dan dimainkan pada rekaman hitung mundur peluncuran Space Shuttle Columbia yang pertama, yang berlangsung awal tahun itu, dan peluncuran Apollo 11. Kalimat tersebut segera diikuti oleh lagu tema asli MTV, sebuah lagu crunching rock disusun oleh Jonathan Elias dan John Petersen, dimainkan pada foto-foto dari pendaratan Apollo 11 di bulan, dengan sebuah bendera yang menampilkan logo MTV yang berubah ke berbagai warna, tekstur, dan desain. Produser MTV Alan Goodman dan Fred Seibert menggunakan rekaman domain publik ini sebagai sebuah kebanggaan yang berlebihan.[8] Seibert mengatakan mereka merencanakan untuk menggunakan kutipan "One small step" ("Satu langkah kecil") dari Neil Armstrong, tapi Armstrong menolak, sehingga kutipan tersebut diganti dengan suara bip.[9] Station id peluncuran pesawat ulang-alik tersebut dimainkan setiap jam sejak hari pertama MTV mengudara sampai ditarik pada awal 1986, setelah musibah Challenger.[10]

Video musik yang pertama ditayangkan di MTV adalah "Video Killed the Radio Star" dari The Buggles. Kemudian diikuti oleh video "You Better Run" versi Pat Benatar. Terkadang, layar akan menjadi hitam ketika seorang karyawan di MTV memasukkan tape ke dalam sebuah VCR.[11]Grafis lower third MTV yang muncul menjelang awal dan akhir dari video musik menggunakan jenis huruf Kabel selama sekitar 25 tahun, tapi grafis ini berbeda pada hari pertama MTV bersiaran; yang diatur dalam jenis huruf yang berbeda dan termasuk informasi label rekaman seperti tahun dan nama label.

Sebagai kepala pemrograman, Robert W. Pittman direkrut dan mengelola tim untuk peluncuran yang termasuk Tom Freston (yang menggantikan Pittman sebagai CEO MTV Networks), Fred Seibert, John Sykes, Carolyn Baker (pimpinan asli dari bagian bakat dan akuisisi),[12] Marshall Cohen (pimpinan asli bagian penelitian),[13] Gail Sparrow (bagian bakat dan akuisisi), Sue Steinberg (produser eksekutif),[14] Julian Goldberg, Steve Lawrence, Geoff Bolton; produser studio dan penulis MTV News/produser asosiasi Liz Nealon, Nancy LaPook dan Robin Zorn; Steve Casey (pencipta nama "MTV" dan direktur program pertama),[15] Marcy Brahman, Ronald E. "Buzz" Brindle, and Robert Morton. Kenneth M. Miller dikreditkan sebagai direktur teknis pertama yang secara resmi meluncurkan MTV dari fasilitas operasi jaringan yang berbasis di New York.[15]

Efek MTV segera terjadi di daerah di mana saluran video musik baru tersebut disiarkan. Dalam waktu dua bulan, toko kaset di daerah di mana MTV tersedia menjual musik yang tidak diputar di stasiun radio lokal, seperti Men at Work, Bow Wow Wow, dan The Human League.[16] MTV memicu "invasi inggris kedua", dengan musisi-musisi Inggris yang telah terbiasa menggunakan video musik selama setengah dekade, sangat banyak ditayangkan pada saluran tersebut.[17][18]

Konsep berikutnya (1981–92)[sunting | sunting sumber]

HBO juga memiliki program video musik berdurasi 30 menit, yang disebut Video Jukebox, yang pertama kali ditayangkan sekitar waktu peluncuran MTV dan berlangsung hingga akhir 1986. Juga sekitar waktu ini, HBO, serta saluran premium lainnya seperti Cinemax, Showtime dan The Movie Channel, kadang-kadang akan memainkan satu atau beberapa video musik di antara film-film.

SuperStation WTBS meluncurkan Night Tracks pada tanggal 3 Juni 1983, dengan maksimal 14 jam video musik diputar setiap akhir pekan larut malam pada tahun 1985. Perbedaan yang paling mencolok adalah bahwa karya seniman kulit hitam juga diputar, yang pada awalnya MTV mengabaikannya. Program ini berjalan hingga akhir Mei 1992.

Beberapa pasar juga meluncurkan saluran musik termasuk KVMY Las Vegas (saluran 21), yang memulai debutnya pada musim panas 1984 sebagai KRLR-TV dan bermerek "Vusic 21". Video pertama dimainkan pada saluran itu adalah "Video Killed the Radio Star", mengikuti jejak MTV.

Tak lama setelah TBS memulai Night Tracks, NBC meluncurkan program video musik yang disebut Friday Night Video, yang dianggap sebagai jawaban atas berdirinya MTV. Kemudian berganti nama menjadi hanya Friday Night, program berjalan dari 1983 hingga 2002. Kontribusi ABC untuk program video musik pada tahun 1984, ABC Rocks, jauh kurang berhasil, hanya berlangsung satu tahun.

Pendiri TBS, Ted Turner memulai Cable Music Channel pada tahun 1984, dirancang untuk memainkan genre video musik yang lebih luas dari MTV yang hanya bergenre rock. Tapi setelah satu bulan sebagai perusahaan yang merugi, Turner menjualnya kepada MTV, yang mengembangkan kembali saluran tersebut menjadi VH1.

Tak lama setelah peluncurannya, The Disney Channel menayangkan sebuah program yang disebut D-TV, plesetan dari akronim MTV. Program tersebut menggunakan potongan musik, baik dari seniman saat ini dan masa lalu. Alih-alih video musik, program tersebut menggunakan klip dari berbagai kartun klasik Disney dan film animasi untuk dimainkan dengan lagu-lagu. Program ini ditayangkan dalam berbagai format, kadang-kadang di antara acara, kadang-kadang sebagai program sendiri, dan di waktu lain sebagai one-off specials. Program ditayangkan pada berbagai waktu antara tahun 1984 dan 1999. Pada tahun 2009, Disney Channel menghidupkan kembali konsep D-TV dengan seri terbaru berbentuk segmen pendek yang disebut Re-Micks.

Video Musik[sunting | sunting sumber]

Tujuan asli dari MTV adalah untuk menjadi "music television" ("televisi musik"), memainkan video musik 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, dipandu oleh pembawa acara yang dikenal sebagai VJ, atau video joki. Slogan asli dari MTV adalah "You'll never look at music the same way again" ("Anda tidak akan pernah memandang musik dengan cara yang sama lagi"), dan "On cable. In stereo." Meskipun saluran asli MTV tidak lagi memainkan video musik 24/7, beberapa saluran spin-off masih melakukannya, termasuk MTV Hits dan MTV Jams. Selain itu, pemirsa dapat memutar video musik on-demand di MTV.com. MTV terus mendukung pilihan yang luas dari video musik pada saluran internasionalnya juga.

Logo MTV dengan tulisan "Music Television", yang digunakan dalam berbagai bentuk dari tanggal 1 Agustus 1981 hingga 8 Februari 2010, dan di luar AS hingga 30 Juni 2011.

VJ and format asli (1980–94)[sunting | sunting sumber]

Format awal MTV adalah meniru model radio AOR (album-oriented rock/album berorientasi rock); MTV bertransisi untuk menjadi stasiun "top 40" penuh pada tahun 1984. Pria dan wanita muda berwajah segar direkrut untuk menjadi pembawa acara program saluran itu dan memperkenalkan video musik yang sedang dimainkan. Istilah VJ (video jockey) diciptakan, yang merupakan plesetan dari singkatan DJ (disc jockey). Banyak VJ akhirnya menjadi selebriti. Lima orang VJ MTV asli pada tahun 1981 adalah Nina Blackwood, Mark Goodman, Alan Hunter, JJ Jackson, dan Martha Quinn.[19]

VJ akan merekam segmen "intro" dan "outro" untuk video musik, bersama dengan berita musik, wawancara, tanggal konser dan promosi. Segmen ini akan muncul saat mengudara dan di seluruh jadwal program MTV 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, meskipun segmen itu sendiri dipra-rekam dalam waktu seminggu kerja reguler di studio MTV.[20]

Awalnya, video musik yang sebagian besar dimainkan oleh MTV pada tahun 1980-an adalah video promosi (atau "promos", sebuah istilah yang berasal dari Inggris) dari perusahaan rekaman untuk penggunaan internasional atau klip konser dari sumber yang tersedia.

Band rock dan penyanyi dari tahun 1980-an yang telah diputar di MTV berkisar dari jenis new wave ke hard rock atau grup band heavy metal[21] seperti Adam Ant, Bryan Adams, Blondie, Eurythmics,[22] Culture Club,[23] Mötley Crüe, Split Enz, Prince, Ultravox, Duran Duran,[24] Van Halen,[25] Bon Jovi, RATT,[26] Def Leppard,[27] The Police, dan The Cars.

Saluran ini juga memutar video musik dari "Weird Al" Yankovic, yang memparodikan video musik artis lain.[28] MTV juga menayangkan beberapa yang spesial dari "Weird Al" pada 1980-an dan 1990-an dengan judul Al TV. MTV juga memainkan rock klasik dari musisi-musisi tahun 1980-an dan dekade sebelumnya, termasuk David Bowie, Dire Straits (yang menyanyikan lagu "Money for Nothing" yang mana lagu tersebut merujuk ke MTV dan juga termasuk slogan "I want my MTV" di liriknya), Journey, Rush, Linda Ronstadt, Genesis, Billy Squier, Aerosmith, The Rolling Stones, The Moody Blues, John Mellencamp, Billy Joel, Robert Palmer, Rod Stewart, The Who, dan ZZ Top; musisi terbaru seperti Peter Gabriel, Robert Plant, Phil Collins, Paul McCartney, David Lee Roth, dan Pete Townshend; supergroup seperti Asia, The Power Station, Yes, The Firm, dan Traveling Wilburys, serta musisi yang terlupakan seperti Michael Stanley Band, Shoes, Blotto, dan Taxxi. Band hard rock Kiss muncul ke publik tanpa makeup mereka untuk pertama kalinya di MTV pada tahun 1983.

Selama hari-hari awal bersiaran, MTV sesekali membiarkan bintang lainnya mengambil alih saluran dalam satu jam sebagai "VJ tamu"; tamu ini termasuk musisi seperti Adam Ant, Billy Idol, Phil Collins, Simon Le Bon, dan Nick Rhodes dari Duran Duran, Tina Turner; dan komedian seperti Eddie Murphy, Martin Short, Dan Aykroyd, dan Steven Wright; ketika mereka memilih video musik favorit mereka.

Film Flashdance (1983) adalah film pertama di mana promotornya mengambil segmen musik dari film itu dan diberikan kepada MTV sebagai video musik, yang kemudian disiarkan secara rutin di saluran tersebut.[29]

Selain membawa seniman yang kurang dikenal, MTV berperan dalam menambah ledakan gelombang tarian era delapan puluhan. Anggaran video meningkat, dan seniman mulai menambahkan bagian tarian koreografi sepenuhnya. Musik Michael Jackson menjadi identik dengan tarian. Selain menghafalkan lirik, penggemar juga menghafalkan koreografinya sehingga mereka bisa menari bersama. Madonna memanfaatkan tarian di videonya, menggunakan jazz dan penari latar. Bersama dengan pemakaian kostum dan dandanan yang beragam, Duran Duran menggunakan elemen kesukuan, diambil dari teknik Dunham, di lagu "The Wild Boys", dan Kate Bush menggunakan tarian duet modern di lagu "Running Up That Hill". MTV membawakan lebih dari sekadar musik ke dalam pandangan publik, menambahkan kebangkitan tarian yang terus berkembang pada awal 1980-an yang telah dibawa hingga saat ini.

Pada tahun 1984 lebih banyak perusahaan rekaman dan seniman yang mulai membuat video klip untuk musik mereka daripada di masa lalu, menyadari popularitas MTV dan pertumbuhan media. Dalam menjaga masuknya video, MTV mengumumkan perubahan daftar putar dalam majalah Billboard edisi 3 November 1984 yang akan berlaku pada minggu berikutnya. Kategori daftar putar diperluas, dari yang awalnya 3 (Light, Medium, Heavy) menjadi 7, yaitu New, Light, Breakout, Medium, Active, Heavy, dan Power. Hal ini akan memastikan seniman dengan lagu hit di tangga lagu akan mendapatkan eksposur yang selayaknya, dengan Medium menjadi rumah untuk hits yang masih mendaki ke urutan 10 teratas; dan Heavy menjadi rumah untuk hits besar.[30]

MTV di luar Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Eropa[sunting | sunting sumber]

Asia[sunting | sunting sumber]

Penghargaan yang dibuat MTV[sunting | sunting sumber]

MTV awards di USA[sunting | sunting sumber]

MTV award diseluruh dunia[sunting | sunting sumber]

Di Dunia Musik[sunting | sunting sumber]

Di Dunia Film[sunting | sunting sumber]

Di Dunia Fashion[sunting | sunting sumber]

Daftar acara[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "80Music.about.com". 80Music.about.com. August 1, 1981. Diakses 2010-08-07. 
  2. ^ "CNN – MTV changed the music industry on August 1, 1981 – July 31, 1998". Diakses 2010-05-13. 
  3. ^ "Richard Lester: A hard day's life". Salon.com. June 26, 1999. Diakses June 22, 2012. 
  4. ^ Billboard Magazine, May 25, 1974
  5. ^ Billboard – Google Books. Books.google.gr. May 25, 1974. Diakses 2014-05-19. 
  6. ^ "The Museum Broadcast Communications – Bob Pittman". 
  7. ^ "Scotsman.com Living". 
  8. ^ "The 100 Greatest Moments in Rock Music: The '80s". Entertainment Weekly. May 1999. Diakses 2008-06-25. 
  9. ^ "Birth of an MTV Nation". 
  10. ^ "More than 75,000 times.". 
  11. ^ "MTV won't say how old it is (but it's 25): A list of Music Television's notable moments". CNN. April 30, 2005. Diarsipkan dari aslinya tanggal August 11, 2006. Diakses 2006-08-01. 
  12. ^ Serge Denisoff, R (January 1, 1988). Inside MTV, p. 97. Transaction Publishers. ISBN 978-0-88738-864-4. 
  13. ^ Serge Denisoff, R (January 1, 1988). Inside MTV, p. 43. Transaction Publishers. ISBN 978-0-88738-864-4. 
  14. ^ Serge Denisoff, R; Schurk, William L (January 1, 1986). Tarnished gold: the record industry revisited, p. 367. Transaction Publishers. ISBN 978-0-88738-618-3. 
  15. ^ a b Pittman, Robert (July 28, 1991). "Cover Story – The Man Behind the Monster". Los Angeles Times. Diakses 2009-08-30. 
  16. ^ Inside MTV – Google Books. Books.google.com. January 1, 1988. ISBN 978-0-88738-864-4. Diakses 2010-08-07. 
  17. ^ Simon Reynolds, Rip It Up and Start Again Postpunk 1978–1984, pp. 340, 342–3.
  18. ^ Molanphy, Chris (July 29, 2011). "100 & Single: The Dawning Of The MTV Era And How It Rocket-Fueled The Hot 100 Village Voice July 29, 2011". Blogs.villagevoice.com. Diakses 2014-01-19. 
  19. ^ "Sirius Satellite Radio: Big '80s". 
  20. ^ Bernstein, Fred (October 17, 1983). "A Hard Day's Night with MTV's Video Jocks". People Magazine. Diakses 2012-06-22. 
  21. ^ Lane 2006, hlm. 126
  22. ^ Erlewine, Stephen Thomas (2000). [(Inggris) MTV di Allmusic "Eurythmics – Biography"]. AllMusic. Diakses 2008-02-19. 
  23. ^ Erlewine, Stephen Thomas (1999). [(Inggris) MTV di Allmusic "Culture Club – Biography"]. AllMusic. Diakses 2008-02-19. 
  24. ^ Erlewine, Stephen Thomas (2007). [(Inggris) MTV di Allmusic "Duran Duran – Biography"]. AllMusic. Diakses 2008-02-19. 
  25. ^ Erlewine, Stephen Thomas; Prato, Greg (2002). [(Inggris) MTV di Allmusic "Van Halen – Biography"]. AllMusic. Diakses 2008-02-19. 
  26. ^ Erlewine, Stephen Thomas; Prato, Greg (2002). [(Inggris) MTV di Allmusic "Ratt – Biography"]. AllMusic. Diakses 2008-02-19. 
  27. ^ Erlewine, Stephen Thomas (2006). [(Inggris) MTV di Allmusic "Def Leppard – Biography"]. AllMusic. Diakses 2008-02-19. 
  28. ^ Ankeny, Jason (2007). [(Inggris) MTV di Allmusic "Weird Al Yankovic – Biography"]. AllMusic. Diakses 2008-02-19. 
  29. ^ Litwak, Mark (1986). Reel Power: The Struggle for Influence and Success in the New Hollywood. New York: William Morrow & Co. hlm. 245. ISBN 0-688-04889-7. 
  30. ^ Seideman, Tony (1984). Changes in MTV Playlist (expansion to seven categories) (November 3, 1984). billboard magazine. hlm. 42.