Duran Duran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Duran Duran
Duran Duran.jpg
Duran Duran pada tahun 2003
Latar belakang
Asal Birmingham, U.K
Genre Rock
New Wave
New Romantic
Tahun aktif 1978–Sekarang
Label EMI / Capitol Records
Hollywood Records
Epic Records
Situs web www.duranduran.com
Situs resmi fan
Anggota Simon Le Bon
Nick Rhodes
John Taylor
Roger Taylor
Mantan anggota Andy Taylor
Sterling Campbell
Warren Cuccurullo
Stephen Duffy
Andy Wickett
Simon Colley
Alan Curtis
Jeff Thomas

Duran Duran adalah grup musik electronic pop/rock yang banyak mengandalkan synthenizer pada tiap singelnya, mereka melanjutkan 'invasi kedua Britania Raya' yang diawali The Beatles dan The Rolling Stones. Mereka menempatkan banyak lagu di tangga lagu Britania dan beberapa singel di Billboard Top 100.

Formasi awal Duran Duran ialah Simon Le Bon pada vokal, Andy Taylor pada gitar, Nick Rhodes pada keyboard, John Taylor pada bass dan Roger Taylor pada drum. Pada tahun 1986 Andy dan Roger keluar dari grup meninggalkan gitar dan drum yang kosong. Pada 1989, Warren Cuccurullo resmi menggantikan Andy hingga 2001 dan Sterling Campbell menggantikan Roger hingga 1991.

Anggota Bergabung[sunting | sunting sumber]

Grup musik ini berasal dari 2 sahabat karib, Nick Rhodes & John Taylor, mereka menyetujui nama Duran Duran, yang berasal dari Film "Barbarella". Mereka Mengajak Roger Taylor(Drum) dan Andy Taylor(Gitar), beserta Stephen Duffy(Vokal), Ia lalu digantikan oleh Simon Le Bon(Vokal)lalu mereka meneken kontrak dengan EMI/Parlophone untuk meluncurkan album pertama mereka.

Mereka meluncurkan album self-titled mereka pada 1981 dan dengan bermodalkan singel Planet Earth, Careless Memories, dan Girls On Film, album mereka lumayan mendulang keberhasilan, video Girls On Film yang dibuat maestro Godley & Crime disensor oleh BBC karena ada adegan dimana wanita telanjang bermain gulat-lumpur. tetapi karena video itu, Duran duran dikenal di Australia tanpa tur kesana.

Sukses Di depan Mata[sunting | sunting sumber]

Setelah sukses dengan album pertama, Duran Duran meluncurkan album kedua mereka tahun 1982, berjudul "Rio", album ini berhasil membawa kesuksesan besar, Setelah meluncurkan singel "My Own Way", "Save a prayer", "Hungry Like The Wolf", dan "Rio", Duran Duran berhasil meraih kesuksesan.

Meraih Puncak[sunting | sunting sumber]

SimonLiveAid.jpg

Tahun 1983 mereka merilis singel "Is There something i should know", yang kemudian berada di album Duran Duran, mereka juga merilis album terbaru "Seven and the ragged tiger". Bersenjatakan "New moon on monday", "Union of the snake", serta Hit single nomor satu, "The Reflex" album ini meraih kesuksesan. Tahun 1984 mereka mengadakan tur di Amerika Serikat, lalu meluncurkan album live mereka bertitel "Arena", dari konser mereka itulah dirilis DVD "Sing Blue Silver" dan "Arena(An Absurd Notion)", tahun 1985 mereka terbelah dua menjadi The Power Station(John, Andy, dengan Robert Palmer&Tony Thompson) serta Arcadia(Nick, Simon, Roger), namun mereka kembali mengusung nama Duran Duran dan membuat lagu yang dimasukan kedalam OST. 007- A view To A Kill, Video klip lagu tersebut mengambil set di Paris dan memopulerkan kalimat Ace Simon LeBon, yaitu "My name is Bon, Simon LeBon", Pada 13 Juli tahun 1985, Mereka mengadakan konser terakhir(hingga 2003) dengan Personil Original, konser tersebut bertajuk "Live Aid", yang digagaskan Bob Geldof, di konser itu mereka menyanyikan lagu "A view to a kill", "Union of the snake", "Save a Prayer"(Lagu ini juga dinyanyikan Duran Duran tanggal 2 Juli 2005 saat konser Live 8 di Circus Maximus, Roma), dan "The Reflex".


Formasi Baru[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1986 Duran Duran kembali menelorkan album bertajuk Notorious, album ini menyisakan 3 personel Duran Duran, yaitu Nick, John, dan Simon, yang ditinggal mundur oleh Roger dan Andy, masing-masing karena stres dan solo karier. Tetapi di album ini Andy memberikan kontribusi dengan memainkan beberapa singel.

Tahun 1988 Duran Duran mengeluarkan album yang berjudul Big Thing, pada tahun 1989 Duran Duran merekrut personel baru, yaitu Warren Cuccurullo(Gitar) dan Sterling Campbell(Drum) mereka kembali membuat album tahun 1991 dengan judul Liberty, namun Campbell mundur meninggalkan posisi Drummer yang kosong, akhirnya Duran Duran kembali menghasilkan album sukses yaitu Duran Duran/The Wedding Album, yang memiliki cover bergambar pernikahan para orang tua personel band, pada album ini terdapat salah satu lagu terbaik Duran Duran, "Ordinary World", yang memenangkan Ivor Novello songwriting Award, serta "Come Undone", pada tahun 1993 juga mereka tampil di MTV Unplugged.

Terima Kasih, dan kehilangan pamor[sunting | sunting sumber]

Tahun 1995 mereka menelorkan album berjudul Thank You, di album ini mereka membawakan 2 lagu remake milik Lou Reed dan Granmaster Flash(yang ikut bernyanyi juga) dan masing-masing berjudul "Perfect Day" dan "White Lines", lalu masuk dapur rekaman kembali, namun the Frontman, John Taylor memutuskan untuk keluar dari band dan membentuk the Terroristem, tapi album itu keluar juga dan diberi judul Meddazaland, album ini merosot, tapi ketika Lady Diana meninggal dan keluarganya Membuat Tribute concert, Duran Duran diminta untuk tampil, tahun 2000 mereka membuat album Pop Trash dan merosot tajam, tetapi lagu somoene else not me menjadi lagu pertama yang menggunakan Macromedia flash player dalam pembuatan video klipnya


Next Level Of Pop[sunting | sunting sumber]

Setelah vakum sekian lama, Simon LeBon dan John Taylor bertemu di Paris untuk menghidupkan kembali Duran Duran, lalu band telah kembali dengan Formasi awal, tahun 2004 mereka mendapat deretan Award, seperti Brit Awards, dan MTV VMA.

Pertengahan 2004 mereka mengeluarkan single "Reach Up For The Sunrise", yg mendapat sambutan dari banyak kalangan.

Oktober 2004, Astronaut, album mereka keluar, dan mereka mulai kembali meniti ke puncak karier.


Oktober 2006, 2 tahun setelah keluarnya album Astronaut, Andy Taylor, Keluar dari Band, untuk sementara gitar diisi oleh Dominic Brown, yang telah menjadi session guitarist untuk duran Duran, mereka akan membuat album baru, yang rencana akan keluar tahun 2007

Album Red Carpet Massacre adalah album terakhir yang dirilis pada akhir tahun 2007, dalam rangka promosi album tersebut Duran Duran mengadakan tour dunia termasuk ke Indonesia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]