Genesis (grup musik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Genesis adalah kelompok musik progressive rock asal Britania Raya yang dibentuk pada tahun 1967. Mereka terakhir mengeluarkan album pada tahun 1998.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Formasi awal[sunting | sunting sumber]

Genesis: (dari kiri atas, searah jarum jam) Peter Gabriel, Steve Hackett, Mike Rutherford, Tony Banks dan Phil Collins

Genesis didirikan oleh Tony Banks, Mike Rutherford, Peter Gabriel, Anthony Phillips dan Chris Stewart. Setelah menandatangani kontrak dengan Jonathan King, seorang produser rekaman dan penulis lagu, mereka merilis album From Genesis to Revelation pada tahun 1969. Album ini berisi lagu-lagu pop bergaya Bee Gees yang sangat disukai oleh King. Setelah album ini gagal di pasaran, Genesis merasa dimanfaatkan oleh King dan berusaha untuk melepaskan diri dari kontrak dengan dalih bahwa mereka sudah bubar.

Setelah itu mereka tetap bermain musik di berbagai kesempatan sampai suatu hari ditemukan oleh perusahaan rekaman Charisma Records. Pada saat ini mereka mulai dikenal lewat lagu-lagunya yang bernuansa gelap. Pada tahun 1970, setelah mereka merilis Trespass, Anthony 'Ant' Phillips meninggalkan Genesis karena ketidakcocokan dalam arah musik yang dituju. Bagi Banks dan Rutherford, hal ini dirasa sangat traumatis dan mereka hampir membubarkan diri. Namun pada akhirnya mereka memutuskan diri untuk mencari pengganti Ant dan sekaligus memecat drummer John Mayhew. Pada saat inilah gitaris Steve Hackett dan drummer Phil Collins bergabung setelah membaca iklan baris di majalah Melody Maker. Album pertama Genesis dengan formasi klasik ini diberi judul Nursery Cryme dan dirilis pada tahun 1971.

Album selanjutnya Foxtrot (1972) membuat Genesis semakin terkenal; bukan saja lewat lagu "Supper's Ready" yang berdurasi 23 menit dan "Watcher of the Skies" yang terinspirasi oleh penulis fiksi ilmiah Arthur C. Clarke, pertunjukan konser merekapun semakin teatrikal, terutama Peter Gabriel yang di atas panggung kerap berganti kostum dan memperkenalkan setiap lagu dengan cerita-cerita sureal.

Selling England by the Pound adalah rekaman mereka selanjutnya dari tahun 1973. Judul album ini diambil dari salah satu komentar partai Buruh di Britania Raya saat itu bahwa partai Tory "sedang menjual Inggris secara kiloan" (walaupun mungkin lebih tepat dikatakan pound-an karena pound adalah satuan berat di Inggris saat itu). Selain itu ini juga adalah permainan kata karena mata uang Inggris adalah Pound sterling atau disingkat "Pound". Tema album ini sarat dengan kritik politik dan masyarakat saat itu, mulai dari kalimat pertama dari album ini "Can you tell me where my country lies..."

Pada saat ini, Steve Hackett dikenal sebagai salah satu gitaris pertama yang menggunakan teknik tapping (walaupun banyak orang mengatakan teknik ini ditemukan oleh Eddie Van Halen). Terutama hal ini dapat didengar dalam lagu-lagu "The Return of the Giant Hogweed", "Supper's Ready" dan "Dancing with the Moonlit Knight".

Album selanjutnya adalah album konsep berjudul The Lamb Lies Down on Broadway (1974). Terdiri dari dua keping, album ini menceritakan mengenai pengalaman seorang imigran dari Puerto Rico bernama Rael di Amerika. Walaupun sukses besar masih mengiringi Genesis, Peter Gabriel makin merasa terasing dari anggota band lainnya selama pembuatan album ini. Sebagian besar dari musik dalam album ini ditulis oleh personel Genesis lainnya, sementara Gabriel menulis liriknya secara terpisah. Faktor-faktor lain seperti pernikahannya dan kelahiran anaknya yang pertama kemudian membuatnya memutuskan untuk hengkang dari band ini dan bersolo karier. Gabriel kemudian melukiskan pengalamannya keluar dari Genesis dalam lagu "Solsbury Hill" dalam album solo pertamanya.

Formasi empat orang[sunting | sunting sumber]

Setelah mempertimbangkan beberapa penyanyi, mereka akhirnya mengambil keputusan untuk tidak merekrut anggota baru, melainkan Phil Collins akan mengambil alih tugas sebagai vokalis utama selain tetap bermain drum. Walaupun pada awalnya diragukan banyak pihak, Collins terbukti seorang penyanyi handal dan suaranya juga mirip dengan Gabriel (setidaknya pada awalnya). Genesis membuktikan diri bahwa mereka lebih dari sekedar band latar untuk vokalis mereka lewat album-album A Trick of the Tail dan Wind & Wuthering. Untuk pertujukan live mereka menggunakan drummer dari luar band agar Collins dapat berkonsentrasi pada bidang tarik suara. Bill Bruford yang baru saja keluar dari King Crimson sempat mengiringi mereka pada tahun 1976, dan setelah itu ia digantikan oleh Chester Thompson, drummer veteran mantan anggota Weather Report dan Frank Zappa.

And Then There Were Three[sunting | sunting sumber]

Steve Hackett meninggalkan Genesis pada 1977, dan Mike Rutherford mengambil alih posisi gitaris dan Genesis menjadi trio. Hal ini tercermin dari judul album mereka dari tahun 1978, ...And Then There Were Three. Mulai album ini terasa perubahan dalam arah musik Genesis, menjauh dari lagu-lagu epik berdurasi 10-menit atau lebih, ke lagu-lagu bernuansa pop yang banyak diputar di radio. Album ini menghasilkan hit mereka yang pertama di Amerika, "Follow You Follow Me". Album selanjutnya Duke meraih status platinum dan menelurkan dua hit besar "Turn It On Again" dan "Misunderstanding". Perjalanan Genesis pada tahun 80-an menjadi band pop menjadi makin mantap, walaupun banyak penggemar dari zaman Peter Gabriel merasa terasing. Setiap album yang mereka luncurkan semakin komersil dan mereka mendapat banyak penggemar baru. Pada akhir 80-an dan awal 90-an, Genesis mengadakan konser di stadion-stadion besar secara teratur. Di bulan Juli 1987 mereka menjadi band pertama yang bermain 4 malam berturut-turut di Wembley Stadium.

Pertunjukan konser mereka didukung oleh komitmen pada teknologi terbaru. Genesis adalah band pertama yang menggunakan Vari*Lites, layar Jumbotron dan sistem suara Prism, dan semua hal ini sekarang telah menjadi hal yang standar untuk konser-konser rock besar.

Sementara itu, Collins juga menjadi bintang sebagai artis solo, dengan album-albumnya sendiri, karier sebagai aktor (termasuk pemunculan di serial televisi Miami Vice), dan menjadi drummer tamu untuk konser-konser Robert Plant dan Eric Clapton. Kesuksesan Collins sebagai artis solo bisa jadi telah memengaruhi kesuksesan dan arah musik Genesis. Ketika ia juga cabut dari band ini pada tahun 1996, banyak orang meramalkan ini adalah akhir untuk Genesis.

Setelah kepergian Collins[sunting | sunting sumber]

Rutherford dan Banks memutuskan untuk jalan terus dan mengganti Collins dengan penyanyi mantan band Stiltskin, Ray Wilson. Ia bukan satu-satunya yang dipertimbangkan untuk posisi itu. Menurut rumor, Paul Carrack dan Paul Young, vokalis grup solo Rutherford Mike & The Mechanics juga disebut-sebut. Nama-nama lainnya termasuk Fish, mantan penyanyi Marillion, Sting dari The Police dan Peter Gabriel yang diharapkan banyak penggemar prog untuk kembali. Namun menurut produser Nick Davis, satu-satunya kandidat yang dipertimbangkan secara serius adalah David Langdon, yang belum pernah menjadi vokalis di suatu band sebelumnya. Karena itulah Wilson dipilih. Album Calling All Stations terjual laris di Eropa namun gagal di Amerika, di mana hip-hop, alternative rock, dan teen pop sedang merajalela dan menggantikan classic rock di peringkat lagu. Genesis membatalkan rencana tur di Amerika karena penjualan yang sedikit.

Genesis telah praktis bubar saat ini, tapi anggota-anggotanya (termasuk Phillips dan Hackett, tapi tak termasuk Gabriel) masih berhubungan dengan teratur, dan belum pernah menolak kemungkinan reuni. Tony Banks melukiskan Genesis sebagai "sedang istirahat" dan Collins (yang mulai kehilangan pendengaran di satu telinga) pernah menyatakan harapan bahwa formasi klasik Genesis akan bermain musik bersama lagi suatu saat. Untuk saat ini sebuah band asal Montreal The Musical Box memberikan perasaan berada di konser Genesis pada tahun 70-an dengan konser-konser mereka yang didesain semirip mungkin dengan aslinya, termasuk panggung, pakaian dan lagu-lagu yang dimainkan. Formasi klasik Genesis merekam satu versi baru dari "Carpet Crawlers" (walaupun tidak bersama-sama dalam satu studio melainkan di-mix dari berbagai sesi rekaman) untuk album kumpulan hits pada 1999. Hampir semua anggota dari formasi awal juga terlibat dalam persiapan dua kompilasi "arsip". Penerbitan ulang sebagian besar dari album studio Genesis dalam format SACD diumumkan pada tahun 2004.

Genesis Reuni[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2007, Genesis kembali berkumpul (Collins, Banks dan Rutherford) bersama lagi dengan Daryl Stuermer dan Chester Thompson melakukan konser reuni di Eropa pada tahun 2007 selama 4 bulan penuh yang berakhir 14 Juli 2007 di Roma dan diabadikan menjadi video musik DVD "When In Rome 2007". Konser ini berlangsung secara sukses, menggunakan Jumbotron yang hebat dengan penonton yang heboh (dihadiri sekitar 500.000 orang!) dari segala umur dan atraksi panggung yang semakin dahsyat. Sayang Peter Gabriel tidak dapat mengikutinya. Pada tahun 2008 ini mereka melakukan tur "Genesis Tour It On Again Tour" keliling Inggris pada bulan April 2008 dan keliling Amerika Serikat pada bulan Mei 2008. Genesis tidak bubar dan mereka semakin menjadi.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Anggota pendiri[sunting | sunting sumber]

Anggota lainnya[sunting | sunting sumber]

Musisi pendukung dalam konser[sunting | sunting sumber]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Genesis
Tony Banks | Phil Collins | Peter Gabriel | Steve Hackett | Mike Rutherford
Anthony Phillips | John Mayhew | John Silver | Chris Stewart | Daryl Stuermer | Ray Wilson
Discography
Studio albums and extended plays: From Genesis to Revelation | Trespass | Nursery Cryme | Foxtrot | Selling England by the Pound |
The Lamb Lies Down on Broadway | A Trick of the Tail | Wind & Wuthering | ...And Then There Were Three... | Duke | Abacab | Genesis |
Invisible Touch | We Can't Dance | Calling All Stations | Spot the Pigeon | 3 X 3
Live albums: Genesis Live | Seconds Out | Three Sides Live | Live/The Way We Walk, Volume One: The Shorts | Live/The Way We Walk, Volume Two: The Longs
Compilations: Turn It On Again: The Hits | The Platinum Collection
Box sets: Genesis Archive 1967-75 | Genesis Archive 2: 1976-1992