The Moody Blues

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Moody Blues
Moody Blues in 2011 concert.jpg
The Moody Blues saat konser 12 September 2011 di Verizon Wireless Arena di Manchester
Latar belakang
Asal Birmingham, Inggris
Genre Progressive rock, psychedelic rock, art rock, symphonic rock, synthpop, R&B
Tahun aktif 1964–1974
1977–sekarang
Label Decca, Deram, Threshold, Polydor, Universal, Ark 21, Eagle, Image
Situs web MoodyBluesToday.com
Anggota Graeme Edge
John Lodge
Justin Hayward
Mantan anggota Ray Thomas
Michael Pinder
Denny Laine
Clint Warwick
Rodney Clark
Patrick Moraz

The Moody Blues adalah grup musik psychedelic rock yang didirikan tahun 1964 di Birmingham, Inggris. Anggota pendirinya, Michael Pinder, Ray Thomas mulanya memainkan lagu berirama rhythm and blues bersama Graeme Edge dan musisi lainnya. Setelah bergabungnya John Lodge dan Justin Hayward, musik berubah haluan menjadi grup musik rock progresif, terutama dalam album konsep Days of Future Passed. Salah satu lagu dari album tersebut, "Nights in White Satin" dirilis sebagai singel, dan masuk di urutan 20 teratas Britania pada tahun 1968.[1] Mereka masih terus aktif hingga sekarang dalam bentuk konser-konser keliling di Amerika Serikat dan Britania Raya.

Masa awal[sunting | sunting sumber]

The Moody Blues dibentuk 4 Mei 1964 di Erdington, Birmingham, Inggris. Ray Thomas, John Lodge, dan Michael Pinder adalah anggota band El Riot & the Rebels yang terpaksa harus bubar. Anggota termudanya, John Lodge masuk ke akademi teknik, sementara Pinder masuk dinas ketentaraan. Setelah selesai dari dinas ketentaraan, Pinder bergabung dengan Ray Thomas membentuk Krew Cats. Pinder dan Thomas merekrut gitaris sekaligus vokalis Denny Laine, Graeme Edge (mantan manajer band yang beralih sebagai pemain drum), dan pemain bass Clint Warwick. Mereka berlima tampil pertama kali sebagai Moody Blues di Birmingham pada tahun 1964. Mereka menamakan diri sebagai Moody Blues karena mendapat sponsor dari pengilangan minuman M&B. Selain itu, mereka terinspirasi oleh lagu "Mood Indigo" dari Duke Ellington.[2]

Mereka dikontrak Ridgepride, sebuah kantor manajemen artis asal London yang dibentuk mantan tokoh Decca A&R bernama Alex Murray (Alex Wharton). Moody Blues mendapat bantuan Murray dalam mendapatkan kontrak dengan Decca Records pada musim semi 1964. Bersama Decca, mereka merilis singel "Steal Your Heart Away" yang berhasil masuk ke tangga lagu. Masih pada tahun yang sama, singel kedua "Go Now" menjadi singel pertama mereka (sekaligus satu-satunya) yang sampai di puncak tangga lagu Britania Raya, dan peringkat ke-10 tangga lagu Amerika Serikat. Album perdana mereka, The Magnificent Moodies dirilis pada tahun 1965 dengan Denny Cordell sebagai produser. Piringan hitam tersebut diisi dengan lagu-lagu asli karya Laine/Pinderb dan lagu-lagu blues klasik yang mereka bawakan kembali.

Pemain bass Warwick keluar pada musim panas 1966, dan digantikan untuk sementara oleh Rod Clark. Namun, Clark keluar bersama Laine pada bulan Oktober 1966. Posisi mereka berdua digantikan oleh mantan pemain bass El Riot bernama John Lodge, dan Justin Hayward mantan The Wilde Three. Mereka sadar bahwa memainkan kembali lagu-lagu blues dari Amerika tidak cocok lagi buat mereka, dan memutuskan hanya memainkan lagu ciptaan sendiri. Musik baru mereka menampilkan permainan melotron oleh Pinder dan flute oleh Ray Thomas.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hardy, Phil (1987). Encyclopedia of Rock. New York: Schirmer Books. hlm. 302. ISBN 0-0291-9562-4. 
  2. ^ "Gary James' Interview With Mike Pinder of The Moody Blues". classicbands.com. Diakses 26 Oktober 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]