Good Morning America

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Good Morning America
Gma2007orange.gif
Telop Good Morning America sejak 22 Oktober 2007
Format Program berita
Pembuat Donald L. Perris
William F. Baker
Pemeran George Stephanopoulos
(2009-sekarang)
Robin Roberts
(2002-sekarang)
Sam Champion
(2006-sekarang)
JuJu Chang
(2009-sekarang)
Negara  Amerika Serikat
Jumlah episode 9.830 (data 5 Juli 2013)
Produksi
Lokasi Times Square Studios
New York, New York
Durasi 180 menit
120 menit
Siaran
Saluran asli ABC
Format gambar 480i (SDTV),
720p (HDTV)
Penayangan awal 3 November 1975 – masih ditayangkan
Pranala luar
http://abcnews.go.com/GMA/

Good Morning America (GMA) adalah program berita pagi dan gelar wicara yang ditayangkan di jaringan televisi ABC, Amerika Serikat. Acara ini mengudara setiap hari kerja selama dua jam, dan sejak tahun 2007, jam ketiga dipakai untuk ABC News Now. Edisi akhir pekan sepanjang satu jam mulai ditayangkan sejak tahun 2004.

Acara ini menyajikan berita, gelar wicara, dan prakiraan cuaca. Good Morning America ditayangkan secara langsung dari Times Square Studios di New York City dan diumpan ke seluruh stasiun televisi yang berafiliasi dengan ABC. Pemandu acara yang sekarang adalah Diane Sawyer dan Robin Roberts. Charles Gibson sudah tidak lagi membawakan Good Morning America, dan sekarang menjadi jangkar berita World News with Charles Gibson.

Dalam hal rating pemirsa, GMA biasanya selalu berada di bawah Today dari NBC. Namun sempat mengalahkan NBC dari akhir tahun 1980-an hingga pertengahan tahun 1990-an ketika dibawakan tim Gibson dan Joan Lunden. Acara ini telah memenangi Penghargaan Emmy untuk Program Pagi Terbaik sebanyak dua kali, tahun 2007 dan 2008. Penghargaan Emmy tahun 2007 dimenangi Good Morning America bersama Today dari NBC.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tahun perdana (1975)[sunting | sunting sumber]

Pada 6 Januari 1975, ABC meluncurkan acara pagi AM America untuk bersaing dengan The Today Show di NBC. Acara dibawakan oleh acara Bill Beutel dan Stephanie Edwards, serta Peter Jennings membacakan berita. Good Morning America tidak mampu bersaing dengan The Today Show yang dipandu Jim Hartz dan Barbara Walters. ABC mengetahui bahwa salah satu stasiun televisinya, WEWS di Cleveland, Ohio tidak merelai siaran A.M. America melainkan menayangkan produksi lokal bernama The Morning Exchange.

Tidak seperti halnya A.M. America dan The Today Show, acara The Morning Exchange disajikan secara santai dan hanya diselingi berita dan prakiraan cuaca selama beberapa menit di akhir/awal setiap jamnya. Waktu selebihnya dipakai untuk membahas topik hiburan dan topik yang bersifat umum. The Morning Exchange juga memiliki sekolompok tamu reguler yang terdiri dari pakar dalam bidang kesehatan, hiburan, masalah konsumen, dan perjalanan. Tidak seperti acara pagi NBC dan ABC yang ditayangkan dari studio yang mirip ruang pemberitaan, The Morning Exchange ditayangkan dari studio yang dibuat mirip ruang tamu di pinggiran kota.

ABC mengambil sebuah episode dari The Morning Exchange menayangkannya sebagai episode contoh. Pemirsa ternyata menyukainya sehingga format The Morning Exchange diambil dan diluncurkan sebagai acara baru yang disebut Good Morning America sejak bulan November 1975. Pembawa acara yang pertama adalah David Hartman bersama Nancy Dussault. Pada tahun 1977, Dussault digantikan oleh Sandy Hill.

Pengembangan acara (1976-1989)[sunting | sunting sumber]

Rating acara ini naik secara perlahan sepanjang tahun 1970-an dan tahun 1980-an sementara The Today Show mengalami sedikit penurunan jumlah pemirsa, terutama setelah Barbara Walters pindah dari NBC ke ABC. Pada 30 Agustus 1976, The Today Show dibawakan sendiri oleh Tom Brokaw sementara NBC sedang mencari penyiar wanita sebagai pengganti Walters. Masih pada tahun yang sama, rating The Today Show kembali berada di atas Good Morning America. The Today Show kembali merebut perhatian pemirsa berkat pasangan Tom Brokaw dan penyiar baru Jane Pauley, serta koresponden seni dan hiburan, Gene Shalit.

Sepanjang tahun 1980-an, rating Good Morning America selalu berada di bawah The Today Show. Keadaan berubah setelah The Today Show ditinggalkan oleh Brokaw untuk menjadi jangkar NBC Nightly News bersama Roger Mudd. Good Morning America untuk pertama kalinya menjadi program pagi dengan rating pemirsa tertinggi di Amerika Serikat, sementara The Today Show jatuh di urutan kedua. Permulaan Good Morning America berupa gelar wicara yang dibawakan pembawa acara David Hartman bersama seorang asisten pembawa acara (Nancy Dussault atau Sandy Hill). Pada tahun 1980, Sandy Hill keluar dan digantikan oleh Joan Lunden, jangkar dari WABC, New York. Pasangan Hartman dan Lunden sukses membawakan acara selama beberapa masim tayang. Kepopuleran Lunden membuatnya diangkat sebagai jangkar bersama Hartman. Kemitraan Lunden-Hartman berakhir ketika Hartman pensiun pada 20 Februari 1987.

Setelah Hartman pensiun, Lunden dipasangkan dengan Charles Gibson mulai 20 Februari 1987, dan rating Good Morning America menjadi melonjak. Berkat pasangan Lunden-Gibson, GMA untuk pertama kalinya secara teratur memenangi persaingan rating pemirsa melawan Today dari NBC.

Pemandu acara/jangkar[sunting | sunting sumber]

Sekarang[sunting | sunting sumber]

Mantan pemandu acara[sunting | sunting sumber]

Mantan jangkar berita[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]