Today (program berita NBC)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Today
Today logo 2013.png
Genre program berita
Pembuat Sylvester L. Weaver Jr.
Pembawa acara Matt Lauer
(1994-sekarang)
Meredith Vieira
(2006-sekarang)
Al Roker
(1996-sekarang)
Ann Curry
(1997-sekarang)
Natalie Morales
(2006-sekarang)
Kathie Lee Gifford
(2008-sekarang)
Hoda Kotb
(2007-sekarang)
Lainnya:
Willard Scott
(1980-sekarang)
Gene Shalit (1973-sekarang)
Slogan There's More Today Everyday
Negara  Amerika Serikat
Jumlah episode 20.718 (data 1 Januari 2008)
Produksi
Produser eksekutif Malcolm Solomon
Lokasi Studio 1A, Rockefeller Center
Durasi 240 menit (4 jam)
Siaran
Saluran asli NBC
Format gambar 480i (SDTV),
1080i (HDTV)
Periode siaran 14 Januari 1952–masih ditayangkan
Pranala luar
http://www.todayshow.com


Today atau The Today Show adalah program berita pagi yang ditayangkan setiap pagi hari kerja di televisi NBC, Amerika Serikat. Acara ini pertama kali ditayangkan pada 14 Januari 1952 dan merupakan program pertama dalam genre program pagi hari. Today menjadi inspirasi bagi program berita dan hiburan sejenis yang bermunculan di Amerika Serikat dan seluruh dunia.

Acara ini berada di urutan ke-3 program televisi Amerika yang bertahan paling lama setelah Meet the Press dan CBS Evening News. Acara ini awalnya hanya ditayangkan setiap hari kerja sepanjang dua jam. Edisi hari Minggu dibuat sejak tahun 1987 dan edisi Sabtu sejak tahun 1992. Pada tahun 2000, lama tayang diperpanjang menjadi 3 jam sebelum nantinya menjadi 4 jam pada tahun 2004.

Rating pemirsa program pagi hari didominasi oleh Today hingga posisinya diambil alih oleh Good Morning America (ABC) pada akhir tahun 1980-an. Namun Today sudah bangkit kembali sebagai program pagi dan gelar wicara dengan rating tertinggi setiap minggunya sejak 11 Desember 1995.

Pembawa acara[sunting | sunting sumber]

Dua jam pertama dibawakan oleh Matt Lauer dan Meredith Vieira, dibantu presenter prakiraan cuaca Al Roker, jangkar berita Ann Curry dan koresponden Natalie Morales. Roker, Curry, dan Morales bersama-sama melanjutkan sebagai pemandu acara setelah dua jam pertama berakhir. Setelah itu, Hoda Kotb dan Kathie Lee Gifford memandu acara untuk satu jam terakhir hingga selesai. Edisi akhir pekan Weekend Today dibawakan oleh Lester Holt, Amy Robach (Sabtu), dan Jenna Wolfe (Minggu).

Curry atau Morales biasanya menjadi jangkar cadangan ketika Vieira sedang berhalangan. Pengganti Lauer biasanya adalah Holt atau koresponden Gedung Putih NBC News David Gregory.

Koresponden nasional lainnya adalah Robach, Wolfe, koresponden Capitol Hill Kelly O'Donnell, Bob Dotson, Jamie Gangel, dan Tiki Barber. Gene Shalit bertindak sebagai kritikus bidang hiburan, dan Peter Greenberg sebagai redaktur perjalanan. Jean Chatzky, editor-at-large Money Magazine mengisi segmen keuangan mingguan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Acara ini mengudara pertama kali pada 14 Januari 1952. Idenya berasal dari Pat Weaver yang waktu itu menjabat wakil direktur NBC. Weaver menjabat direktur NBC dari 1953 hingga 1955 ketika acara serupa untuk larut malam, The Tonight Show mulai mengudara.

Today adalah perintis acara pagi di televisi. Pemandu acara Today yang pertama adalah Dave Garroway. Acara ini mencampur berita utama nasional, wawancara dengan tokoh pembuat berita, gaya hidup, berita dari televisi lokal, dan berita ringan. Sepanjang tahun-tahun awal penayangannya, acara ini menampilkan seekor simpanse bernama J. Fred Muggs. Today menjadi inspirasi bagi beberapa acara pagi yang serupa, di antaranya Good Morning America di ABC dan The Early Show di CBS' .

Format acara ini ditiru di Britania Raya sebagai BBC Breakfast dan Good Morning Britain di ITV. Di Kanada, CTV membuatnya sebagai Canada AM. Di Filipina, ABS-CBN membuatnya sebagai Umagang Kay Ganda (Pagi yang Indah).

Pada awalnya, Today hanya bisa disaksikan pemirsa di zona waktu Timur dan Tengah. Program yang memiliki lama tayang dua jam ini hanya bisa disaksikan selama dua jam di masing-masing zona waktu. Selanjutnya, Today setiap Senin pagi melakukan siaran langsung selama 5 jam. Namun pemirsa di masing-masing zona waktu hanya bisa menyaksikannya selama 2 jam. Sejak tahun 1958, penayangan Today dilakukan sebagai siaran tunda untuk berbagai zona waktu yang berbeda. Selama beberapa tahun, acara ini ditayangkan selama dua jam, dari pukul 07.00 pagi hingga 09.00 pagi di semua zona waktu, kecuali Alaska, Hawaii, dan Kepulauan Virgin Amerika Serikat. Acara ini diperpanjang NBC menjadi 3 jam mulai 2 Oktober 2000, dan kembali diperpanjang menjadi 4 jam sejak 10 September 2007.

Studio[sunting | sunting sumber]

Gedung GE tempat studio NBC untuk Today

Acara ini ditayangkan dari Studio 1A di Rockefeller Center, New York yang berseberangan dengan kantor pusat NBC di Gedung GE.

Acara Today pertama kali ditayangkan dari Aula Pameran RCA di 49th Street yang sekarang menjadi rumah lelang Christie's. Pengambilan gambar dilakukan di studio yang berfungsi sebagai ruangan pemberitaan. Secara bertahap, sejumlah mesin dan personel untuk mengumpulkan berita dan laporan cuaca ditempatkan sebagai latar belakang, dan konsep ruangan pemberitaan ditinggalkan pada tahun 1955. Dari tahun 1958 hingga awal tahun 1960-an, pengambilan gambar dilakukan di Studio 3K Gedung RCA. Sejak 9 Juli 1962, pengambilan gambar dipindahkan ke studio tepi jalan tempat yang nantinya dipakai Florida Showcase. Pada 13 September 1965, pengambilan gambar Today pindah ke Gedung RCA untuk memulai tayangan berwarna. Selama duapuluh tahun berikutnya, acara ini ditayangkan dari serangkaian studio di lantai 3, lantai 6, dan lantai 8 di kantor pusat NBC.

2009-2013

Personel[sunting | sunting sumber]

Jangkar[sunting | sunting sumber]

Barbara Walters sudah bertugas sebagai jangkar berita mulai tahun 1966, namun baru secara resmi disebut jangkar berita sejak 1974. [2]

Jangkar berita[sunting | sunting sumber]

Prakiraan cuaca[sunting | sunting sumber]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Barbara Walters Bio" (html). abc.com. 2006. Diakses 5 September 2006. 
  2. ^ "Barbara Walters Bio" (html). abc.com. 2006. Diakses 5 September 2006. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]