Portal:Militer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Portal Militer


sunting   

Selamat Datang di Portal Militer

Austerlitz-baron-Pascal.jpg
Pertempuran Austerlitz oleh François Gerard.

Militer dapat diartikan sebagai angkatan bersenjata dari suatu negara, atau segala sesuatu yang berhubungan dengan angkatan bersenjata.

Perang adalah keadaan konflik antara dua pihak yang besar, seperti negara, organisasi, dan kelompok sosial, yang dikarakterisasikan dengan adanya pemakaian senjata mematikan. Gambaran umum tentang perang adalah kampanye militer antara dua atau lebih pihak yang bertentangan atas kedaulatan, daerah kekuasaan, sumber daya alam, agama, dan isu-isu lainnya. Perang untuk membebaskan negara yang terokupasi sering disebut "perang kemerdekaan", sementara perang antara pihak-pihak dalam satu negara dapat disebut perang saudara.

Battle of Gibraltar 1607.jpg
Pertempuran Gibraltar oleh Hendrick Cornelisz Vroom.

Selain manusia, spesies lain yang diketahui melakukan konflik dengan skala besar hanyalah semut, yang sering melakukan perang antar koloni.

Pertempuran adalah suatu kontak senjata antara dua atau lebih pihak di mana masing-masing pihak bertujuan mengalahkan pihak lainnya. Pertemuran umumnya terjadi dalam suatu perang atau kampanye militer dan biasanya terjadi pada waktu, lokasi, dan aktivitas tertentu. Perang dan kampanye dijalankan dengan strategi, sedangkan pertempuran dijalankan dengan taktik.

Sejarah militer adalah dokumentasi, secara tertulis maupun tidak, akan kejadian-kejadian dalam sejarah manusia yang masuk dalam kategori konflik. Dari perang antar dua suku, perang antar angkatan bersenjata, sampai perang dunia yang mempengaruhi hidup sebagian besar manusia.

Tampilkan isi pilihan baru...
sunting   

Artikel pilihan

Evstafiev-Soviet-soldier-Afghanistan.jpg

Perang Soviet-Afganistan merupakan masa sembilan tahun dimana Uni Soviet berusaha mempertahankan pemerintahan Marxis Afganistan, yaitu Partai Demokrasi Rakyat Afganistan, menghadapi mujahidin Afganistan yang ingin menggulingkan pemerintahan. Uni Soviet mendukung pemerintahan Afganistan, sementara para mujahidin mendapat dukungan dari banyak negara, antara lain Amerika Serikat dan Pakistan.

Pasukan Soviet pertama kali sampai di Afganistan pada 25 Desember 1979, dan penarikan pasukan terakhir terjadi pada 2 Februari 1989. Uni Soviet lalu mengumumkan bahwa semua pasukan mereka sudah ditarik dari Afganistan pada tanggal 15 Februari 1989. Karena banyak negara adidaya ikut dalam konflik ini, Perang Soviet-Afganistan sama besarnya dengan Perang Vietnam.

sunting   

Gambar pilihan

sunting   

Kategori

sunting   

Tokoh pilihan

General of the Army Dwight D. Eisenhower 1947.jpg

Dwight David Eisenhower atau dikenal juga dengan nama panggilan Ike adalah Presiden Amerika Serikat ke-34 dan menjabat pada tahun 1953 hingga 1961.

Pada Perang Dunia II, ia adalah kepala pasukan (Supreme Commander) Sekutu di Eropa dengan pangkat General of the Army. Pada 3 Januari 1959, ia meresmikan penetapan Alaska sebagai negara bagian yang ke-49 yang merupakan wilayah terluas di Amerika. Eisenhower adalah satu-satunya presiden yang pernah berdinas dalam Perang Dunia I maupun Perang Dunia II.

sunting   

Tahukah anda

sunting   

ProyekWiki

ProyekWiki perbaikan kualitas artikel bertopik militer adalah sebuah ProyekWiki yang bertujuan untuk mengkoordinasikan perbaikan kualitas artikel-artikel bertopik militer. Kalau anda ingin bergabung dan ikut membantu ProyekWiki ini, silahkan masuk kedalam halaman proyek ini dan menambahkan nama anda di daftar partisipan.