Portal:Militer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Portal Militer


sunting   

Selamat Datang di Portal Militer

Austerlitz-baron-Pascal.jpg
Pertempuran Austerlitz oleh François Gerard.

Militer dapat diartikan sebagai angkatan bersenjata dari suatu negara, atau segala sesuatu yang berhubungan dengan angkatan bersenjata.

Perang adalah keadaan konflik antara dua pihak yang besar, seperti negara, organisasi, dan kelompok sosial, yang dikarakterisasikan dengan adanya pemakaian senjata mematikan. Gambaran umum tentang perang adalah kampanye militer antara dua atau lebih pihak yang bertentangan atas kedaulatan, daerah kekuasaan, sumber daya alam, agama, dan isu-isu lainnya. Perang untuk membebaskan negara yang terokupasi sering disebut "perang kemerdekaan", sementara perang antara pihak-pihak dalam satu negara dapat disebut perang saudara.

Battle of Gibraltar 1607.jpg
Pertempuran Gibraltar oleh Hendrick Cornelisz Vroom.

Selain manusia, spesies lain yang diketahui melakukan konflik dengan skala besar hanyalah semut, yang sering melakukan perang antar koloni.

Pertempuran adalah suatu kontak senjata antara dua atau lebih pihak di mana masing-masing pihak bertujuan mengalahkan pihak lainnya. Pertemuran umumnya terjadi dalam suatu perang atau kampanye militer dan biasanya terjadi pada waktu, lokasi, dan aktivitas tertentu. Perang dan kampanye dijalankan dengan strategi, sedangkan pertempuran dijalankan dengan taktik.

Sejarah militer adalah dokumentasi, secara tertulis maupun tidak, akan kejadian-kejadian dalam sejarah manusia yang masuk dalam kategori konflik. Dari perang antar dua suku, perang antar angkatan bersenjata, sampai perang dunia yang mempengaruhi hidup sebagian besar manusia.

Tampilkan isi pilihan baru...
sunting   

Artikel pilihan

Soldiers Western Wall 1967.jpg

Perang Enam Hari (bahasa Ibrani: מלחמת ששת הימים Milkhemet Sheshet HaYamim, bahasa Arab: حرب الأيام الستة ħarb al-ayam as-sita), juga dikenali sebagai Perang Arab-Israel 1967, merupakan peperangan antara Israel yang menghadapi gabungan tiga negara Arab, yaitu Mesir, Yordania, dan Suriah, dimana ketiganya juga mendapatkan bantuan aktif dari Irak, Kuwait, Arab Saudi, Sudan dan Aljazair. Perang tersebut berlangsung selama 132 jam 30 menit (kurang dari enam hari), hanya di front Suriah saja perang berlangsung enam hari penuh.

sunting   

Gambar pilihan

sunting   

Kategori



sunting   

Tokoh pilihan

Joan of arc miniature graded.jpg

Jeanne d'Arc (Lorraine, Perancis, 6 Januari 1412Rouen, Normandia, 30 Mei 1431), (dalam bahasa Inggris: Joan of Arc) adalah pahlawan negara Perancis dan orang suci (santa) dalam agama Katolik. Di Perancis ia dijuluki La Pucelle yang berarti "sang dara" atau "sang perawan". Ia mengaku mendapat suatu pencerahan, yang dipercayainya berasal dari Tuhan, dan menggunakannya untuk membangkitkan semangat pasukan Charles VII untuk merebut kembali bekas wilayah kekuasaan mereka yang dikuasai Inggris dan Burgundi pada masa Perang Seratus Tahun.

sunting   

Tahukah anda

sunting   

ProyekWiki

ProyekWiki perbaikan kualitas artikel bertopik militer adalah sebuah ProyekWiki yang bertujuan untuk mengkoordinasikan perbaikan kualitas artikel-artikel bertopik militer. Kalau anda ingin bergabung dan ikut membantu ProyekWiki ini, silahkan masuk kedalam halaman proyek ini dan menambahkan nama anda di daftar partisipan.