Pertempuran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pertempuran adalah suatu kontak senjata antara dua atau lebih pihak di mana masing-masing pihak bertujuan mengalahkan pihak lainnya. Pertempuran umumnya terjadi dalam suatu perang atau kampanye militer dan biasanya terjadi pada waktu, lokasi, dan aktivitas tertentu. Perang dan kampanye dijalankan dengan strategi, sedangkan pertempuran adalah suatu arena di mana taktik dipergunakan.

Efek Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Pertempuran memengaruhi seseorang yang terlibat dalam pertempuran. Pertempuran pribadi berkisar dari masalah-masalah psikologis ringan, permanen dan melumpuhkan, cedera. Banyak yang selamat mengalami mimpi buruk tentang kondisi mereka alami, atau reaksi abnormal pemandangan atau suara tertentu. Beberapa menderita kilas balik. Efek fisik pertempuran dapat mencakup bekas luka, amputasi, luka, kehilangan fungsi tubuh, kebutaan, kelumpuhan dan kematian karena ledakan atom.

Pertempuran juga memengaruhi politik. Sebuah pertempuran dapat menyebabkan pihak yang kalah menyerah, sementara Kemenangan Piris seperti Pertempuran Isandlwana dapat menyebabkan pihak pemenang untuk mempertimbangkan kembali tujuan jangka panjang. Pertempuran dalam perang saudara sering memutuskan nasib monarki atau faksi-faksi politik.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]