Carl von Clausewitz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Carl Philipp Gottlieb von Clausewitz
Clausewitz.jpg
Carl von Clausewitz dengan seragam tentara Prussia,
dilukis oleh Karl Wilhelm Wach
Pengabdian Bendera Prusia Prussia (1792-1808, 1815-1831)
Bendera Rusia Russian Empire (1812-1815)
Lama dinas 1792–1831
Pangkat Major-General
Kesatuan Pasukan Legiun Russia-Jerman III
Komando Kriegsakademie
Perang Pertempuran Mainz
Perang Napoleon

Carl Phillip Gottfried von Clausewitz [1] (lahir 1 Juli 1780 – meninggal 16 November 1831 pada umur 51 tahun; lebih dikenal dengan nama Carl von Clausewitz) adalah seorang tentara Prusia dan intelektual. Ia menjabat sebagai prajurit lapangan praktis (dengan luas pengalaman tempur melawan pasukan Revolusi Perancis), sebagai perwira staf dengan politik/militer Prusia, dan sebagai pendidik militer terkemuka. Clausewitz pertama kali memasuki pertempuran sebagai kadet pada usia 13 tahun, naik pangkat Mayor Jenderal di usia 38, menikah dengan bangsawan tinggi, Countess Marie von Brühl, bergerak di kalangan intelektual langka di Berlin, dan menulis sebuah buku “On War” [2] (terjemahan dari “Vom Kriege”) yang telah menjadi karya paling berpengaruh terhadap filsafat militer di dunia Barat. Buku tersebut telah diterjemahkan ke hampir semua bahasa dan berpengaruh pada strategi modern di berbagai bidang.

Reputasi[sunting | sunting sumber]

Ketenaran Clausewitz's adalah teori perang dan strategi yang ditulis dalam buku “On War”. Teorinya menarik bagi strategi militer, sejarawan, ilmuwan politik, bisnis pemikir, dan ilmuwan. Tulisannya On War hanya mewakili tiga dari sepuluh volume dari karya yang dikumpulkan) berisi orang pertama yang penting, sejarah, dan analitis tentang peristiwa penting pada era Revolusi dramatis.

Clausewitz adalah seorang perwira asing yang relatif muda di tentara Rusia pada tahun 1812, ia muncul sebagai karakter minor dalam Tolstoy Perang dan Damai. Dia memainkan peran bawahan meskipun penting dalam kebangkitan dari Prusia setelah hampir dihancurkan oleh Perancis pada 18061807, dan kepala staf tentara Prusia yang memainkan peranan penting pada pertempuran Wavre dan kemenangan di pertempuran Waterloo.

Ide-Ide Clausewitz[sunting | sunting sumber]

Carl von Clausewitz muda.

Dari semua "buku besar" dalam kanon Barat, hanya dua menangani masalah-masalah mendasar dan strategi perang. Salah satunya oleh penulis Athena Thucydides: The Peloponnesia Perang (c. 400 SM). Lainnya adalah Clausewitz's On War (1832). Ide-ide Clausewitz tidak pernah sepenuhnya terserap, misalnya, Adam Smith's bekerja pada kapitalisme. Hal ini disebabkan sebagian pada kedalaman dan kesulitan dari karya asli dan karakter yang tidak biasa dari pendekatan dialektis Clausewitz, tetapi juga mengejutkan dari konsep-konsep modernitas: studi terakhir telah jelas membuat kesamaan antara pandangan dunia Clausewitz dan pendekatan ilmiah modern seperti non-linear dan teori kompleksitas. Setelah lebih dari satu setengah abad, karya Clausewitz tetap yang paling komprehensif, perseptif, dan Kontribusi modern politik/militer serta pemikiran strategis. Secara keseluruhan atau sebagian, itu tetap bacaan wajib di Amerika Serikat tingkat menengah dan senior sekolah militer, dan juga di banyak program studi strategis sipil. Sebagai contoh, National War College AY 2008 panduan instruktur. Pendekatan Clausewitz juga diajarkan di sekolah bisnis.

Daya tarik utama dari Clausewitz pemikir strategis modern adalah bahwa dia tidak berusaha untuk menjual program atau meresepkan solusi. Dia mengerti bahwa pembacanya akan menghadapi dunia yang strategis tak terduga berbeda dalam banyak hal dengan dirinya sendiri. Sebaliknya, teori nya adalah deskripsi tentang sifat-manusia-manusia pada masalah-masalah strategis; tujuannya adalah untuk mengembangkan modal manusia, yaitu untuk membantu pembaca mengembangkan sendiri penilaian strategis dalam rangka untuk berurusan dengan lingkungan strategis yang senantiasa berubah.

Ide yang sering Dikutip[sunting | sunting sumber]

Pentingnya pendekatan teori strategis adalah realisme. Tidak berarti "realisme" dalam istilah ilmu politik tertentu teori atau sinisme belaka tentang politik dan kekuasaan. Sebaliknya, pendekatan Clausewitz sangat realistis dalam menggambarkan cara yang kompleks dan tidak pasti di mana kejadian-kejadian dunia nyata terbuka, dengan mempertimbangkan baik kelemahan sifat manusia dan kompleksitas dunia fisik dan psikologis.

Argumen Clausewitz paling terkenal adalah bahwa "Perang hanyalah merupakan kelanjutan dari politik" atau "kebijakan", "dengan cara lain." Dan dikutip secara luas dan disalahpahami secara luas. Memang, dalam hal apapun, tunduk pada jumlah yang sangat berbeda, meskipun kadang-kadang sama-sama berwawasan atau berguna-interpretasi. Hal ini berlaku bahkan jika ada yang berfokus pada apa yang sangat sempit. Ini hanyalah puncak gunung es dari teori Clausewitzian,

Beberapa frasa Clausewitzian dan konsep yang paling sering dikutip adalah:

  • Strategis dan operasional pusat gravitasi.
  • Yang "puncak dari serangan"
  • Yang "puncak dari kemenangan"
  • Pendekatan dialektis analisis militer
  • Metode "analisis kritis"
  • Penggunaan dan penyalahgunaan studi sejarah
  • Sifat keseimbangan kekuasaan-of-mekanisme
  • Hubungan Antara Politik Tujuan Tujuan dan Militer dalam Perang
  • Asimetris hubungan antara serangan dan pertahanan
  • Pertahanan secara inheren bentuk yang lebih kuat perang.
  • Sifat dari "jenius militer"
  • Yang "menarik trinitas" perang
  • Perang terbatas wakil perang "untuk membuat [musuh] politik militer tidak berdaya atau impoten"
  • "Mutlak perang" wakil "perang betulan"
  • Secara fundamental sosial-daripada artistik atau ilmiah-karakter perang
  • "Kabut" perang
  • "Gesekan"
  • Yang penting perang tidak dapat diprediksi

Kontroversial[sunting | sunting sumber]

Tinjauan Clausewitz's yang akurat menginspirasi banyak antagonisme. Buku Clausewitz sangat panjang dan cukup sulit untuk dibaca, dan banyak terjemahan dari On War ke dalam bahasa lain telah memperbesar masalah ini. Dalam bahasa Jerman juga sangat sulit namun Jerman modern sebenarnya lebih suka membaca dalam terjemahan bahasa Inggris versi terbaru karena relatif lebih mudah dipahami, akan tetapi, ada pendapat bahwa itu terlalu menyederhanakannya dan bahkan mendistorsi beberapa aspek penting argumen Clausewitz. Namun akan menemui kesulitan untuk mengerti tanpa memahami periode sejarah di mana ia bekerja dan arus budaya Idealisme Jerman.

Clausewitz adalah pemikir ilmiah yang nyata, tetapi pemahaman sebab-akibat hubungan di dunia nyata, kejadian aneh, bahkan "mistik," untuk pembaca dibesarkan dalam tradisi rasionalis murni yang berasal dari versi Perancis, meskipun pencerahannya sama sekali tidak mengejutkan untuk mereka yang akrab dengan sains nonlinier modern. Kesulitan-kesulitan ini diperparah oleh kenyataan bahwa Perang didasarkan pada serangkaian konsep yang belum selesai ditulis dalam jangka panjang dari evolusi intelektual, dikumpulkan pada sebuah buku oleh istrinya setelah kematiannya.

Para kritikus berdebat (cukup dengan benar, baik untuk alasan-alasan etis dan praktis) bahwa perang tidak boleh dipandang sebagai alat rutin lain untuk politisi, tapi Clausewitz akan setuju dengan istilah praktis, karena ia melihat perang sebagai kegiatan yang sangat berisiko dan tidak pasti instrumennya. Mereka juga keberatan dengan penolakan moderasi dalam perang sebagai sebuah elemen penting dari perang itu sendiri. Klaim tersebut sering membuat (khususnya oleh sejarawan Inggris) bahwa ide-ide Clausewitz "menyebabkan" bencana Perang Dunia I.

Pengaruh Clausewitz[sunting | sunting sumber]

Clausewitz adalah seorang prajurit Jerman dan pemikir militer. Tulisannya menerima keberadaan kekerasan politik sebagai tak terelakkan. Suatu pandangan bahwa setiap evolusi manusia dan sejarah harus dipertahankan. Meskipun demikian, di belakang agresi perang Jerman di abad ke-20, bahwa latar belakang secara inheren mencurigakan banyak orang. Jadi, adalah kenyataan bahwa teori-teori Clausewitz disesuaikan oleh Hitler dan oleh Marxis seperti Engels, Lenin, dan Mao.

Reputasi Clausewitz juga telah dikaburkan oleh propaganda Inggris dan Perancis dan ditulis selama Perang Dunia, tulisan-tulisan yang berusaha untuk menarik garis lurus dari agresi Frederick Agung, melalui Clausewitz, sampai Hitler. Kebingungan telah dihasilkan oleh distorsi atau kesalahpahaman murni dari calon pesaing, terutama BH Liddell Hart dari tahun 1920 hingga 1970 dan Martin van Creveld, dan oleh ketidaktahuan semata-mata sejarawan seperti John Keegan (Keegan terbukti tahu tentang Clausewitz, dan tidak pernah membaca tulisan-tulisannya, tapi ia telah diterima secara luas sebagai komentator besar tetap.) Van Creveld pengertian " perang non-Clausewitzian," yaitu, " perang non-trinitarian ", didasarkan pada salah membaca lima paragraph kunci dalam “On War” oleh lain (pro-Clausewitz) penulis, Kolonel Harry G. Summers. Ada juga fakta bahwa pendukung Clausewitz sendiri cenderung untuk mengikat erat reputasinya terlalu istimewa gagasan mereka sendiri dan keprihatinan kontemporer. Sebagai contoh, editor Inggris-nya 1908, Kolonel FN Maude, antusias memasukkan semua macam anakronistis imperialis dan gagasan Darwinis Sosial ke dalam edisi “On War”.

Relatif sedikit orang yang membaca Clausewitz's asli bekerja untuk diri sendiri, berorientasi masa kini, bekerja dari pendukung mengarah pada pola, sedang Clausewitz menyatakan sudah ketinggalan zaman setiap kali ada perubahan luas dalam dunia politik/situasi militer sebagai, misalnya, dengan akhir Perang Dingin. Clausewitz selalu akan dibangkitkan. Namun, karena setiap generasi baru, pemikir kreatif, pergi mencarinya di tempat yang klasik untuk wawasan strategis sesuai dengan relevansi zaman mereka sendiri, terutama ketika militer "baru" atau ide-ide strategis dangkal atau malapetaka membuktikan salah.

Kronologis Biografi[sunting | sunting sumber]

  • 1 Juni 1780: lahir Carl Phillip Gottfried von Clausewitz di Burg, Kerajaan Prusia.
  • 1792: memasuki tentara Prusia sebagai kadet (Fahnenjunker) di Resimen Infantri 34.
  • 1793-1794: perkelahian dalam kampanye melawan Perancis.
  • 1795: di garnisun di Neuruppin; dipromosikan menjadi letnan.
  • 1801: ke akademi perang di Berlin.
  • 1804: lulus dengan peringkat teratas di akademi.
  • 1806: perkelahian dalam kampanye 1806, ditangkap oleh Perancis.
  • 1807-1808: di rumah tahanan di Perancis dan Swiss.
  • 1808: menjadi asisten untuk Scharnhorst dan mengambil bagian dalam reorganisasi tentara Prusia.
  • 1810: diangkat menjadi dosen di akademi perang dan bertanggung jawab untuk pendidikan militer putra mahkota; menikah dengan Countess Marie von Brühl.
  • 1812-1813: militer menolak untuk bekerja sama dengan Perancis, tentara Prusia bergabung dengan tentara Rusia. Naskah dan Prinsip Perang sebagai instruksi untuk putra mahkota. Perkelahian selama kampanye di Rusia, memainkan peran penting dalam mewujudkan pembelotan Yorck Prusia dari tentara Perancis, dan menjadi perwira penghubung dengan markas besar Blucher, kemudian diangkat menjadi kepala staf pasukan Jerman-Rusia.
  • 1814: menduduki kembali jabatan dalam tentara Prusia
  • 1815: perkelahian di pertempuran Waterloo sebagai kepala staf untuk Umum Thielmann's III korps tentara Prusia.
  • 1816-1818: menjabat sebagai staf Gneisenau Umum di Coblentz.
  • 1818: dipromosikan menjadi Mayor Jenderal; bernama direktur perang perguruan tinggi di Berlin, ia akan menduduki pos administratif sampai 1830. Selama 12 tahun, ia akan setia terutama untuk penelitian.
  • 1830: diangkat menjadi kepala staf untuk Gneisenau tentara, ditempatkan di perbatasan Polandia yang sedang Revolusi.
  • 16 November 1831: meninggal di Breslau terjangkit kolera di lapangan dan dimakamkan di Burg.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Christopher Bassford's Clausewitz dalam bahasa Inggris: The Penerimaan dari Clausewitz di Britania dan Amerika (New York: Oxford University Press, 1994).
  • Clausewitz's Major Works, terutama On War (Vom Kriege), diterbitkan setelah kematiannya di bawah perawatan istrinya, di Berlin 1832-1837.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]