Tale of the Sea King

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Tale of the Sea King, judul asli: Kaiouki (海皇紀?) adalah manga aksi karya mangaka Masatoshi Kawahara. Manga ini diterbitkan pertama kali oleh Kodansha pada tahun 2004. Seri pertama manga ini diterbitkan versi Indonesia oleh Elex Media Komputindo pada tahun 2008.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Manga ini menceritakan petualangan Fan Gamma Bizen, seorang jenius kapten kapal berwarna hitam berjuluk Kapal Bayangan. Kapal Bayangan merupakan kapal legendaris penguasa lautan milik suku laut. Meski jumlah resmi kapal ini hanya tujuh, tapi dia memegang kapal ke-8. Fan Gamma Bizen sendiri merupakan putra dari pemimpin suku laut terdahulu. Dalam petualangannya, dia ditemani oleh kru setia serta sahabat yang dia temui dalam perjalanannya seperti Tuban Sanoo. Selain berperang taktik dan strategi melawan saudara-saudaranya dalam perebutan jabatan penguasa suku laut, dia juga berupaya membantu seorang raja muda kharismatik dari negeri Wollhan bernama Kazaru Shei Ron untuk menjadi penguasa tunggal daratan. Lawan tangguh yang akhirnya menjadi sahabatnya adalah ahli strategi bernama Al Leonese Ur Gurula yang sebelumnya sempat merepotkannya dalam pertempuran melawan negara Garhasun.

Volume 27
Perebutan supremasi wilayah timur antara Wollhan dan Garhasun akhirnya dimenangkan Wollhan. Atas rekomendasi Fan, Kazaru Shei Ron berusaha menjadikan mantan penasihat militer musuhnya—Al Leonese Ur Gurula—sebagai penasehat militernya sendiri sebagai salah satu persiapannya menghadapi pertempuran melawan Ronaldia. Di sisi lain, Fan juga sedang berusaha memulai saganya sendiri di atas laut dengan mencari bantuan pihak-pihak lain, dia mengarahkan kapalnya menuju laut Sanal di perairan Barat. Semula semua menganggap dia mau menjadikan panglima laut Vinan Galoo atau Alea Moss sebagai sekutunya. Namun yang ditarget Fan justru adalah musuh suku laut sendiri, kelompok bajak laut Jigo Sanalia. Untuk bisa melakukan negoisasi, Fan harus masuk ke sarang musuhnya itu.

Volume 28
Fan Gamma Bizen yang berhasil membantu kelompok bajak laut Jigo Sanalia menenggelamkan beberapa kapal Ronaldia bermaksud mengambil mereka sebagai sekutu pribadinya, hal yang tidak mudak mengingat Jigo adalah musuh besar sukunya di lautan. Untuk memuluskan rencananya, Fan bahkan nekad mendatangi markas besar kelompok ini sendirian!. Kepala kelompok Jigo, Kubinla Baba Jigo yang suka nge baba, akhirnya setuju untuk bergabung dengan Fan dalam melakukan konfrontasi melawan suku laut dan Ronaldia, tapi dengan syarat, Fan harus mau menikahi cucu tunggalnya yang tomboy, Agna Mela. Menurut adat, Fan harus berhasil masuk rumah Agna dan menculiknya untuk bisa menjadi suaminya, tapi secara diam-diam Baba Jigo mengizinkan pemuda terkuat di Jigo, Inda, untuk membunuh Fan saat penghadangan. Sebenarnya Fan sudah berhasil setelah dengan cerdik bersembunyi di rumah itu hingga habis waktu, tapi atas nama kepercayaan, Fan justru mengulangi dari awal dan melawan seluruh penghadangnya yang berjumlah lebih dari 100 orang dan orang terakhir yang harus dia hadapi tidak lain adalah Inda sendiri dalam sebuah pertarungan inda dan seleruh oarang jigo memakai senjata tetatpi fan hanya menggunakan tangan kosong dan berhasil mengalah kan dan bahkan mencuri hati semua orang yang ada di suku itu. setelah melewati inda fan berhasil sampai dan masuk ke bilik tidur yang sudah di tunggu oleh agna. akan tetapi agna masih mencoba berusaha membunuh fan dengan padang katana. tetapi itu pun behasil di elakan oleh fan yang hebat itu, setelah di elakkan muncul lah squall dari mata seorang agna mela yang tomboi. dan agna pun memulai membuka pakaianya dan tertidur pulas di samping fan

Karakter[sunting | sunting sumber]

  • Fan Gamma Bizen
    Konon Tokoh ini adalah putra dari mendiang penguasa Suku Laut(Regulus mariarki Seilios). Bersaudara tiri dengan 3 orang. Sangat jenius, baik dalam strategi maupun beladiri, ia mempunyai ilmu bela diri yang menyerupai aliran mutsu enmei ryu di shura no toki namun sikapnya terkesan malas dan angin-anginan. Bahkan diisukan sebagai reinkarnasi panglima besar laut legendaris Anuabissu Prosion. Tapi isu itu salah besar, karna Fan adalah Fan, tidak kurang dan tidak lebih, tak ada yang bisa menyamai nya bah kan Anuabissu Prosion sekalipun terlihat seperti anak kecil kalau di bandingkan dengan Fan. Memegang sebuah pedang katana pusaka warisan ibunya (mariseiyu bizen). Secara khusus mewarisi Kapal Bayangan ke-8 yang tidak tercatat sebagai kapal resmi penjaga lautan sehingga dia bebas bepergian kemanapun dengan kapal itu. Kalah saat sayembara perebutan kekuasaan suku laut karena dicurangi saudara-saudara tirinya, namun justru diserahi jabatan panglima besar laut yang dengan gemilang dimanfaatkannya untuk menggalang seluruh suku laut untuk bertempur dengan ronaldia. Selama petualangannya, dia bersahabat baik dengan seorang pendekar tangguh dari daratan bernama Tuban Sanoo, yang kononnya Fan tidak bisa menang dari pria ini dalam prihal adu pedang. dan seorang raja muda kharismatik Kazaru Shei Ron yang dibantunya menjadi penguasa daratan. Dia juga mempunyai 2 hewan peliharaan kesayanggannya yg selalu membantunya dalam perjalananya rufa dan nagia. Fan gamma bizen sudah seperti layak nya seorang Nabi pada zaman itu, ia bisa membaca dan melihat angin dengan mudah dan di cintai semua orang baik pria maupun wanita bahkan dicintai alam sekalipun, sampai2 seorang raja laut sol kapula seilios silau memandangnya, dan ingin membunuh nya dengan mercury o sucra (ice dagger). tapi rencana pembunuhan itu gagal terjadi berkat gerakan yg cekatan dari jin pable,(putra dari obkin pable) jin langsung meloncat ke arah mercury yang hendak menusuk Fan deangan belati es nya, jin mempertaruhkan nyawanya untuk melindungi Fan. untung nya agna mela jigo pun datang tak lama setelah itu, dan menusuk mercury dengan keahlian tombak nya, tapi sayang nyawa jin sudah tak terselamatkan. mulai saat itu fan gamma bizen pun akhirnya diserahi kuasa penuh untuk memegang kendali seluruh armada suku laut yang di pakai nya untuk menaklukan armada kanon ronaldia.
  • Tuban Sanoo
    Pada mulanya, tokoh ini hanya sekedar ingin memuaskan rasa lapar akan pertarunganya karena pertarungan yang tertunda oleh pelindung hutan/prajurit tanah di tengah perbatasan ontana, orang2 mengira bahwa tuban berhasil mengusir pelingdung hutan. tapi faktanya, pelindung hutan bukan lah di usir oleh tuban sano akan tetapi tuban sano lah yang keluar dari wilayah pelindung hutan itu, maka pelindung hutan berbalik ke sarangnya tuban pun tidak berusaha mengejarnya karna tuban takut. karna itu ia penasaran ingin bertanding ulang dengan pelindung hutan. di jilid terakhir tale of the sea king tuban berhasil bertemu kembali oleh pelindung hutan yang di gerakan oleh manusia akan tetapi tuban sama sekali bukan tandingan pelindung hutan, tuban pun di acak2 oleh pelindung hutan sehingga warna bajunya berubah menjadi merah karna darahnya sendiri dan mengakibatkan kematian pada mriseiyu bizen(ibu fan gamma bizen) karna ke tidak mampuan yang terlalu di paksakan oleh tuban sano maia malah ter balik melindungi tuban sanoo dan tertembak oleh peluru laser pelindung hutan dan sekarat, karna itu terpaksa mariseiyu bizen menyerah kan obat terakhirnya kepada maia, sehingga ia tidak bisa lagi awet muda. seandainya saja pada saat itu tuban sanoo mau menirima ide giris dan fan pada waktu itu yaitu mengalahkan pelindung hutan bersama2 mungkin hal ini tak akan terjadi, tapi akibat ke egoisan tuban sanoo karna mau mengalahkanya sendirian padahal tak mampu maka di situ lah kesalahan ter besarnya.pada awalnya tuban ingin membantu seorang wanita yaitu maia swall ontanela(putri kerajaan ontana yang kerajaanya di hancurkan oleh ronaldia. untuk mencari iruanja(kagaku). Namun kemudian dia bertemu dengan Fan Gamma Bizen dan menjadi sahabatnya, meski sebelumnya sempat mengadu ilmu beladiri. Disebut jenius beladiri karena selama hidupnya tidak pernah mengalami kekalahan dalam pertarungan. Melanglang buana bersama Fan karena tertarik dengan prinsip dan tujuan hidup Fan.
  • Maia Swall Ontanella
    Wanita ini merupakan keturunan terakhir dari kerajaan Ontana yang selamat dari penyerbuan kerajaan Ronaldia. Dipertemukan dengan Fan Gamma Bizen atas perantaraan Tuban Sanoo. Semula dia meragukan kehebatan Fan yang terkesan malas dan bodoh, namun lama kelamaan dia diam-diam mencintai pemuda ini setelah tahu kemampuan Fan yang sebenarnya.
  • Soll Kapula Seilios
    Raja suku laut berikutnya. Dia merupakan saudara tiri Fan Gamma Bizen yang memenangi sayembara pemilihan raja baru suku laut melawan Fan atas bantuan beberapa tetua melalu beberapa kecurangan, meski dia sendiri kurang begitu senang dengan kenyataan itu yang berarti mengecilkan kemampuannya. Sangat cerdas dan taktis. Persaingannya dengan Fan melahirkan perang saudara untuk memperebutkan tahta suku laut.
  • Giris Wedai
    Ayahnya dulunya adalah anggota rendahan Evil Gwen, yang terdampar di sebuah pulau dekat Gurihara dan ketika Fan mampir di pulau tersebut, dia menculik Maia. Namun karena berhasil di kalahkan oleh Fan, dia lalu menjadi sekutunya. Sifatnya terkadang agak malas, tapi bisa dipercaya. Setelah Wollhan berhasil menduduki Garhasun, Giris dan Meldaza lalu pergi ke Ronaldia untuk mencari ayah Meldaza, Anaharamu.
  • Meldaza
    Anak Anaharamu dan teman masa kecil Giris ketika di pulau Gurihara. Dia awalnya sekutu si kembar Kasuto dan Luguss yang lalu dikucilkan. Sebenarnya, hasil tetasan telur panyah ada di dalam Meldaza, sehingga dia bisa menggunakan mantra-mantra kuno dan pada volume 43 diketahui mampu mengendalikan Pelindung Hutan Terato. Dia meninggalkan Fan ketika Wollhan berhasil menduduki Garhasun dan bertemu kembali setelah Ronaldia jatuh, namun sebagai musuh yang dikendalikan oleh Chrassa Rai dan Anaharamu.
  • Chrassa Rai
    Majikan para iblis Evil Gwen saat ini dan juga sahabat ibu Fan ketika di desa Bizen. Dulu menyukai ibu Fan tapi karena sangat patuh pada aturan yang menyatakan bahwa pemimpin Evil Gwen tidak boleh menikahi pelindung telur panyah. Namun kemudian mencuri telur panyah dan menetaskannya. Sekarang ada di pihak Ronaldia dan juga mengutuk Meldaza supaya menuruti perintahnya dan mengendalikan Pelindung Hutan Terato.
  • Kazaru Shei Ron
    Raja muda Wollhan ini mempunyai visi dan kemampuan tempur di atas rata-rata. Tidak heran jika dalam waktu yang relatif singkat dia mampu memperluas batas kerajaannya. Cita-citanya adalah menyatukan seluruh daratan dalam satu kerajaan. Sangat disegani karena ambisinya. Mempunyai hubungan pertemanan yang unik dengan Fan Gamma Bizen. Rival sekaligus partner ini bahu-membahu untuk menegaskan dominasinya di dua kawasan berbeda, darat dan laut.
  • Al Leonese Ur Gurula
    Ahli strategi jenius ini semula mengabdi pada kerajaan Garhasun yang menentang dan sempat menyulitkan ekspansi militer Kazaru Shei Ron. Namun setelah dia dikhianati koleganya(Isac, panglima kerajaan garhasun) serta atas rekomendasi Fan Gamma Bizen, dia justru beralih menjadi ahli siasat yang sangat berguna bagi Kazaru dalam usahanya mempersatukan daratan. bisa di bilang hampir semua peperangan yang dimenangkan kazaru itu berkat kecerdikan Al Leonese, bahkan kanon dan api dold ruvo(granat di zaman itu) pun di buat seperti mainan anak2. Al Leonese mempunyai seorang guru yang melegenda yang bernama chada.
  • Alea Moss
    Pria flamboyan ini adalah kapten kapal bayangan ke-4. Kalem dan pandai bicara, berakting juga ahli membaca strategi yang brillian. Seringkali membayangi petualangan Fan karena terkesan dengan kemampuan tempur dan strateginya. Meski tidak secara eksplisit menjadi sekutu Fan akibat kode etik suku laut, tapi keberadaannya sangat membantu lancarnya rencana dan strategi yang disusun oleh Fan karena si paman tua ini sangat jago dan lihai dalam berakting. sampai2 sang raja laut pun di buat tak berdaya oleh gerak gerik nya. Alea meninggal dunia tanpa mempunyai seorang istri akan tetapi banyak gosip yang mengatakan bahwa alea mempunyai anak di seluruh pelosok dunia. bukan hanya jago mengendalikan kapal rupanya ia juga jago dalam hal perempuan.
  • Agna Mela
    Gadis tomboy ini adalah cucu tunggal pemimpin kelompok bajak laut Jigo Sanalia, Kubinla Baba Jigo pemimpin jigo yang mempunyai mata ke 3 yang juga mencoba membunuh Fan dengan mengumpankan cucunya(agna). Orang tuanya gugur saat perang melawan suku laut, itulah sebabnya dia begitu membenci semua orang suku laut, termasuk Fan pada mulanya. karna ayah dan ibu nya telah di bunuh oleh panglima suku laut terdahulu dendamnya pada suku laut kian lah besar. akan tetapi ia pun terlena oleh tipu muslihat Fan gamma bizen, sehingga ia tak mampu menebaskan pedangnya pada Fan,
  • Inda
    Pemuda terkuat dan terpandai dalam kelompok Jigo dia lah penghalang terakhir bagi Fan setelah Fan berhasil melwati 100 orang yang bersenjata kan tombak panjang dan pedang pendek. ketika Fan ingin sampai ke bilik tidur agna dalam sayembara jigo. Ia menjadi Tembok raksasa yang sangat tinggi bagi Fan pada saat itu, sehingga seorang Fan gamma bizen yang hebat pun sampai di buat repot karna nya. akan tetapi karena Fan memiliki aliran mutsu enmei ryu yang tak pernah mengalami kekalahan dan bantuan panggilan suara hati dari Nikka Tambura(yang kata raja laut keberadaanya bagi Fan sama dengan keberadaan bagi mercury untuknya) . Sebenarnya dia terlihat diam-diam menyukai Agna, tapi hati nya terlanjur di rebut oleh Fan sehingga ia menjadi aset yang sangat berharga bagi Fan untuk memerangi suku laut dengan korban seminimal mungkin baik dari pihak kawan maupun lawan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]