Akira (film 1988)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Akira
Akira movie poster.jpg
Sutradara Katsuhiro Otomo
Produser Ryōhei Suzuki
Shunzō Katō
Penulis Katsuhiro Otomo
Izō Hashimoto
Pemeran Mitsuo Iwata
Nozomu Sasaki
Mami Koyama
Musik Shoji Yamashiro
Sinematografi Katsuji Misawa
Penyunting Takeshi Seyama
Distributor Bendera Jepang Nova Productions
Bendera Amerika Serikat Orion Pictures
Bendera Amerika Serikat Geneon
Tanggal rilis Bendera Jepang 16 Juli 1988
Bendera Amerika Serikat 25 Desember 1988
Bendera Britania Raya 25 Januari 1991
Bendera Australia 8 Mei 1991
Bendera Perancis 8 Mei 1991
Bendera Jerman 9 Mei 1991
Durasi 125 menit (versi Orion)
128 menit (versi Pioneer)
Bahasa Jepang
Anggaran ¥1.100.000.000
US$10.000.000


Akira (アキラ) merupakan anime tahun 1988 yang naskah dan penyutradaraannya ditangani oleh Katsuhiro Otomo. Diangkat dari manga populer berjudul sama yang juga dikarang oleh Katsuhiro Otomo. Manga-nya sendiri pernah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada awal 90-an. Genre yang diangkat pada film ini adalah cyberpunk, subkategori dari fiksi ilmiah, dan merupakan salah satu anime termahal yang pernah diproduksi pada masanya. Versi anime dari Akira merupakan ringkasan dari serial manga yang total memiliki 6 jilid. Versi anime maupun versi manga Akira mendapatkan sanjungan yang sangat baik dan dianggap sebagai salah satu animasi Jepang yang memperkenalkan anime ke dunia Barat.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Film ini berlatar pada tahun 2019 di kota futuristik Neo Tokyo. Dikisahkan pada tahun 1988 terjadi perang nuklir yang memporak-porandakan Tokyo. 31 tahun kemudian kota tersebut menjadi kota yang liar dengan tingkat kriminalitas yang tinggi. Dalam kondisi seperti itu, seorang pemuda bernama Shotaro Kaneda (金田 正太郎 Kaneda Shōtarō) menjalani hari-harinya sebagai pemimpin geng bermotor yang disebut dengan The Capsules, salah satu anggota geng motor The Capsules adalah teman baik Kaneda semasa kecil bernama Tetsuo Shima (島 鉄雄 Shima Tetsuo). Pada suatu hari geng The Capsules terlibat pertarungan dengan geng motor lainnya yang bernama The Clown. Pada saat adengan kejar-kejaran, secara kebetulan Tetsuo bertabrakan dengan Takashi yang merupakan salah satu Espers. Esper sendiri adalah manusia yang memiliki kekuatan super dan fisik mereka berbentuk sebagai anak kecil namun dengan perawakan keribut yang secara implisit umur mereka sangat tua namun memiliki tubuh seperti anak kecil. Ketika Kaneda berusaha menyelamatkan Tetsuo, pihak militer muncul lalu membawa Tetsuo beserta Takashi.

Selanjutnya Kaneda bertemu dengan Kei yang ternyata anggota teroris. Di pihak lain, pihak militer yang dipimpin oleh Kolonel Shikishima menemukan fakta bahwa Tetsuo memiliki potensi kekuatan yang menyamai Akira. Selanjutnya diketahui bahwa pihak militer sedang melakukan eksperimen terhadap manusia yang berusaha untuk melakukan evolusi yang dapat menciptakan manusia super. Akira sendiri adalah salah seorang anak yang merupakan salah satu objek penelitian mereka, selanjutnya, terungkap bahwa yang telah menyebabkan ledakan pada 1988 bukanlah nuklir namun kekuatan dari Akira. Semenjak saat itu, Akira lalu dikunci dan dibekukan ke dalam tanah karena pada masa tersebut para ilmuan ketakutan dengan potensi kekuatan yang dimiliki Akira. Tetsuo berkesempatan untuk melarikan diri dari rumah sakit militer dimana dia disekap. Lalu Tetsuo bertemu dengan pacarnya bernama Kaori dan berencana untuk kabur menggunakan sepeda motor milik Kaneda. Pada saat pelariannya, Tetsuo bertemu dengan geng The Clown yang ingin membalaskan dendam. Kaneda segera datang untuk menyelamatkan berdua namun berakhir dengan Tetsuo mengalami sakit kepala lalu Tetsuo kembali ditangkap oleh Kolonel Shikishima.

Suatu malam, Kaneda bersama teman-temannya terjebak dalam serangan teroris pada sebuah mall dan Kaneda bertemu dengan Kei yang secara tidak sengaja sampai ke tempat persembunyian para teroris. Setelah beradu pendapat, Kaneda dan para anggota teroris setuju untuk menyelamatkan Tetsuo dari pihak militer. Pada saat yang sama, Ketiga Espers, Takashi, Kiyoko, dan Masaru berencana untuk membunuh Tetsuo karena menganggap kekuatan Tetsuo akan menjadi sangat berbahaya jika bangkit. Namun rencana mereka gagal dan kekuatan Tetsuo mulai bangkit yang mengakibatkan kekacauan di instalasi rumah sakit militer tempat mereka berada. Ketika terjadi konflik antara Tetsuo dan ketiga Espers beserta Kolonel Shikishima, Kaneda dan Kei datang, lalu Tetsuo berhasil mengetahui tempat dimana Akira disekap yaitu dibawah tanah Stadium Olimpiade. Tetsuo lalu berpikiran untuk membangkitkan Akira demi mengetahui asal muasal dari kekuatannya. Selanjutnya Tetsuo kabur dari instalasi rumah sakit militer tersebut.

Kolonel Shikishima selanjutnya melakukan pemberontakan terhadap pemerintah Neo Tokyo lalu mengerahkan segala kekuatan militer untuk menghentikan Tetsuo sekaligus kerusuhan masal yang terjadi di seluruh pelosok kota. Tetsuo lalu membunuh Yamagata yaitu salah satu temannya di The Capsules. Kaneda yang mengetahui kematian Yamagata lalu bersumbah untuk menghentikan Tetsuo. Tetsuo lalu berusaha untuk mencapai Stadium Olimpiade dengan perlawanan sengit dari pihak militer namun kekuatan mereka tidak sebanding dengan kekuatan super milik Tetsuo sehingga mengakibatkan banyak orang tewas baik pihak tentara maupun pihak sipil. Lalu Kei yang dirasuki oleh Kiyoko, berusaha untuk melawan Tetsuo yang hampir mencapai dimana Akira namun usaha Kei gagal.

Pada akhirnya Tetsuo berhasil mengangkat kapsul cyrogenic dimana Akira disekap namun ia menerima kenyataan bahwa Akira sebenarnya sudah lama mati dan yang tersisa hanyalah organ-organ milik akira yang dibekukan. Lalu Kaneda berbekal dengan senjata laser yang diambilnya dari tentara militer menyerang Tetsuo namun usaha untuk menghentikan Tetuo belum berhasil. Selanjutnya Kolonel Shikishima menggunakan satelit yang dilengkapi dengan senjata pemusnah laser. Lagi-lagi karena kekuatan Tetsuo yang terlalu besar, satelit milik Kolonel Shikishima berhasil dihancurkan namun berhasil menghancurkan tangan kanan milik Tetsuo. Selanjutnya Tetsuo membawa masuk organ-organ milik Akira dan masuk ke dalam stadium, Di dalam stadium Tetsuo mengganti tangan kanannya dengan kumpulan material logam. Lalu Kaori menemui Tetsuo dan pertemuan ini mengakibatkan Tetsuo lepas kendali dan menyebabkan sebagian tubuh Tetsuo berubah menjadi gumpalan daging raksasa dan mulai menyerang Kaori. Kolonel Shikishima lalu berusaha melawan Tetsuo dan Kaneda datang dengan bantuan dari para Espers.

Kekuatan Tetsuo lalu semakin besar dan semakin tidak bisa dikontrol sehingga kini tubuh Tetsuo berbentuk raksasa lalu menelan Kaori dan membunuhnya. Lalu Tetsuo berubah menjadi bola energi yang sama seperti ketika Akira menghancurkan Tokyo. Para Espers lalu beranggapan satu hal yang dapat menghentikan Tetsuo adalah Akira sendiri lalu mereke berusaha untuk membangkitkan Akira dari sisa-sisa organ Akira. Secara mengejutkan Akira muncul dari sisa-sisa energi yang tersimpan dari organ-organ miliknya dan berubah menjadi bola energi yang berusaha untuk menyerap bola energi dari Tetsuo. Kaneda yang beranggapan masih ada untuk menyelamatkan Tetsuo masuk ke dalam bola energi dari Tetsuo. Para Espers menganggap tindakan Kaneda adalah mustahil namun mereka memutuskan untuk menyelamatkan Kaneda dengan ikut serta masuk ke dalam bola energi milik Tetsuo.

Dalam bola energi tersebut, Kaneda ditampilkan ingatan-ingatan masa kecilnya ketiga pertama kali bertemu dengan Tetsuo. Selanjutnya Kaneda diselamatkan oleh para Espers dan para Espers mengatakan kepada Kaneda untuk membawa Tetsuo persi ke suatu tempat dimana kekuatan Tetuso dapat meledak dengan aman. Lalu ledakan energi dari Tetsuo tiba-tiba menghilang. Lalu Kaneda berhasil dipindahkan dari ledakan dengan selamat dan bertemu kembali dengan Kei. Kolonel Shikishima juga tampak berhasil diselamatkan oleh para Espers. Pada akhir film tampak sebuah ledakan Bing-Bang yang ditutup dengan Tetsuo mengucapkan "I am Tetsuo"

Film ini dipenuhi dengan simbol-soimbol ajaran Budha serta nilai-nilai filosofis. Selain itu adegan-adegan dan efek khusus yang ada pada film tergolong baru untuk zamannya. Karena itu, beberapa sineas Hollywood seperti Wachowski bersaudara menjadikan film ini sebagai salah sumber ispirasi dan rujukan genre fiksi ilmiah.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]